Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Balita | Apr 10, 2018

Langka, Balita 18 Bulan Ini Alergi Air, Kenapa Bisa Terjadi?

Bagikan


Ivy Angerman, seorang balita berusia 18 bulan di Minnesota didiagnosis dengan kondisi langka yang disebut dengan urtikaria aquagenic. Di mana urtikaria aquagenic tersebut berarti sebuah alergi terhadap seluruh jenis air. Bahkan keringat dan air matanya sendiri dapat menyebabkan lecet, gatal dan ruam.

Tak peduli seberapa panas atau dingin air yang menyentuh kulitnya, ia akan mengalami iritasi kulit yang parah dan terjadi dengan cepat setelah tersentuh air.

Kejadian ini pertama kali disadari oleh sang ibu saat melihat tubuh Ivy tang mengalami ruam setelah mandi. Awalnya sang ibu berpikir hal ini karena ia mandi menggunakan busa sabun ataupun sampo. Namun nyatanya, setelah dihilangkan pun ruamnya masih sangat parah.

foto: thisisinsider.com

Ibu Ivy bahkan masih mengira bahwa Ivy memang tak bisa terlalu sering dimandikan, sehingga ia sempat memandikannya seminggu sekali atau dua kali. Tak hanya itu, mereka juga menjauhkan Ivy dari krayon maupun spidol. Namun ternyata segala dugaan tersebut tetap salah, bahkan ketika bermain dan berkeringat, ruam tersebut tetap muncul.

Kejadian yang lebih memilukan kerap terjadi, seperti saat Ivy dititipkan pada penitipan anak dan menangis, air matanya malahan membuat wajar terbakar. Segala keinginan keluarganya untuk mengenalkan Ivy pada alam dan laut terasa mustahil.

Hidup keluarga mereka berangsur berubah terlebih setelah alergi semakin parah, yaitu saat Ivy mulai alergi secara internal. Bahkan saat mengkonsumsi air, tenggorokannya membengkak.

Upaya yang dilakukan keluarga untuk Ivy memang sangat luar biasa, mereka pindah ke rumah dengan sumur di mana sistem air dimurnikan, udara sentral seperti AC juga tak lagi digunakan.

Baca juga: Berbahayakah Alergi Untuk Tumbuh Kembang Balita?

Aquagenic Urticaria

Dari berbagai jenis alergi yang ada di dunia ini, aquagenic urticaria dapat dikatakan sebagai jenis alergi yang paling aneh, di mana alergi ini dapat menyebabkan penderitanya gatal-gatal setelah bersentuhan dengan air dalam segala suhu. Penderita alergi ini tidak banyak, yakni hanya hanya sekitar 30-40 orang di seluruh dunia.

Gejala

Pada penderita alergi air ini biasanya gatal-gatal biasanya muncul setelah melakukan kontak dengan air, entah saat mereka mandi, kehujanan, berkeringat, atau menangis. Gatal-gatal ini biasanya berubah menjadi bercak merah kecil dengan tepian yang jelas, dalam beberapa kasus, bekas tersebut masih tetap terasa gatal.

Biasanya, rasa gatal iini menyerang daerah leher, tubuh bagian atas, dan lengan. Pada sebagian kasus yang lebih parah, penderita alergi ini bahkan juga mengalami gatal-gatal pada kerongkongan ketika mereka minum air.

Baca juga: Kenali Berbagai Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Dingin!

Penyebab

Hingga saat ini, belum ada penyebab pasti dari alergi ini. namun beberapa peneliti menduga alergi ini terkait dengan hal genetik, khususnya pada kromosom 2q21. Namun, National Institutes of Health melaporkan bahwa kondisi medis ini jarang menurun dalam keluarga.

Para ilmuwan juga tidak yakin apa yang menyebabkan alergi, meskipun mereka berhipotesis bahwa alergi disebabkan oleh zat terlarut dalam air daripada air itu sendiri, atau bisa juga karena interaksi antara air dan zat yang ditemukan pada kulit.

Pengobatan terhadap penyakit ini juga masih terasa minim, biasa melalui pemberian antihistamin dan steroid yang telah terbukti berguna pada beberapa penderita. Selain itu, perawatan Sinar ultraviolet B dan menggunakan krim sebagai penghalang antara kulit dan air, juga dapat membantu.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.