Kesehatan

KESEHATAN
15 Mei 2020

Langkah Mudah untuk Menjaga Kesehatan Secara Holistik Selama Masa Pandemi COVID-19

Coba dipraktekkan ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pandemi virus corona (COVID-19) di Indonesia, belum juga mereda. Bahkan jumlah korban positif semakin bertambah setiap harinya, dan pasien meninggal pun menembus angka 1.000 orang.

Meski begitu, berbagai upaya terbaik telah dilakukan, mulai dari memberhentikan sebagian besar aktivitas sementara untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, seperti kegiatan perkantoran dan sekolah.

Bukan hanya itu saja, banyak imbauan dan strategi pun telah dilakukan oleh pemerintah, mulai dari menerapkan PSBB di sebagian wilayah dan melarang masyarakat untuk mudik, untuk mencegah penyebaran ke daerah-daerah.

Jika Moms dan keluarga telah mentaati imbauan ini sudah menjadi satu langkah yang tepat. Namun untuk kesehatan kita dan keluarga, Moms juga harus memperhatikan kesehatan holistik.

MenurutOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO), krisis COVID-19 menimbulkan stres di seluruh populasi. Makanya dibutuhkan dukungan mental dan kesejahteraan psikososial selama wabah COVID-19.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

Gerakan Wellness Made Easy dari Avrist Assurance

Avrist

Di tengah momentum #DiRumahAja sambil menjaga kesehatan seharusnya bukan perkara sulit. Sebab, rumah memang bisa jadi pangkal kesehatan. Penataan ruangan, pilihan material, hingga pencahayaan berpengaruh pada kesehatan Moms.

Berada di rumah pun sesungguhnya dapat membantu kita untuk mencapai Wellness, yaitu 4 pilar pending untuk menunjang kehidupan yang lebih baik:

  • Eatwell – mendorong kebiasaan makan yang sehat dan bertanggung jawab untuk meningkatkan nutrisi tubuh
  • Movewell – mendorong gerakan harian melalui latihan sederhana di mana saja dan kapan saja
  • Thinkwell – menciptakan ritual untuk meningkatkan pikiran dan jiwa
  • Sleepwell – meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik sebagai faktor penting untuk kesehatan total dan kinerja yang unggul

Diary ala Wellness Made Easy

Avrist

Bila Moms tertarik untuk mencoba memulai gaya hidup sehat holistik, coba ikuti alur diary ala Wellness Made Easy by Avrist Assurance yuk Moms.

Diary ini memuat kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari jam 06.00 - 22.00 malam.

1. Pukul 06.00-10.00

Avrist
  • Thinkwell, Moms bisa memulai hari yang baru dengan melakukan meditasi. Menurut Ahli meditasi Erin Doppelt, jam 03.00 hingga 06.00 pagi adalah waktu terbaik untuk bermeditasi. Tidak perlu terlalu lama, hanya 5 menit saja sudah cukup.
  • Eatwell, jangan melewatkan sarapan. Moms setidaknya harus makan sesuatu, karena sarapan mampu meningkatkan energi dan konsentrasi, serta mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung dalam jangka panjang. Menu sarapan sehat menurut ahli gizi Prof. Dr. Ir. Hardinsyah adalah karbohidrat kompleks, lemak tak jenuh, protein, serat, vitamin dan mineral.
  • Movewell, jangan lupakan aktivitas fisik. Olahraga ringan di pagi hari sebelum sarapan bisa membantu tubuh membakar lemak lebih efektif. Bahkan juga bisa meningkatkan kecerdasan dan kemampuan memori sepanjang hari.

2. Pukul 10.00 - 14.00

Avrist
  • Thinkwell, WFH memang menguras banyak tenaga, bahkan pekerjaan seperti tidak ada habisnya. Namun perlu diingat, penting bagi kita untuk beristirahat sejenak. Ciptakan sedikit waktu untuk memanjakan diri atau ngobrol sejenak dengan keluarga. Cukup 10 menit saja kok.
  • Eatwell, jangan lewatkan makan siang! Menu makan siang bergizi seimbang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, sayuran atau buah, dan lemak baik. Sebagai contoh, Moms bisa makan gado-gado, mie sayuran, atau sandwich.
  • Movewell, tidak dipungkiri, otot akan menjadi kaku jika terlalu banyak duduk atau menghadap komputer. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan waktu istirahat siang dengan berolahraga ringan.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Bantu Lawan Infeksi Virus

3. Pukul 14.00 - 18.00

Avrist
  • Thinkwell, tidak terasa hari sudah semakin sore. Stamina sudah terkuras, rasa penat dan badan lelah pun kian terasa. Solusinya, Moms harus istirahat kembali dan lakukan hal-hal menyenangkan dan menenangkan, seperti mendengarkan musik atau tea time.
  • Movewell, tidak ada salahnya untuk keluar rumah sebentar, termasuk ke halaman belakang atau depan rumah. Moms juga bisa olahraga kecil di waktu ini. Di sore hari, tubuh akan membakar kalori 10 persen lebih banyak ketimbang pagi dan malam.

4. Pukul 18.00 - 22.00

Avrist
  • Eatwell, malam bisa jadi waktu makan paling menyenangkan. Tidak tergesa seperti pagi, pun waktunya tak sempit seperti makan siang di sela-sela bekerja. Makan malam adalah momen kita bercengkrama dengan keluarga juga. Namun perhatikan menu yang dipilih ya, jangan sampai bikin gemuk dan sulit tidur. Moms mungkin bisa coba salad sayur, ikan salmon untuk keluarga, dan camilan cokelat hitam untuk anak.
  • Sleepwell, tibalah dipenghujung hari. Penting untuk mendapatkan tidur berkualitas, agar siap menghadapi tantangan besok hari. Atur suhu kamar dan nyalakan aromatherapy bisa sangat membantu.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

Itu dia Moms hal-hal yang bisa dilakukan selama satu hari penuh untuk menjaga kesehatan holistik dan langkah-langkah menuju hidup sehat ala Wellness Made Easy.

Kunjungi microsite wellnessmadeeasy.id untuk dapatkan beragam inspirasi dan tips menarik, untuk memulai gaya hidup sehat dari rumah bersama Wellness Made Easy by Avirst Assurance. Selamat mencoba!

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait