Kesehatan

29 Juni 2021

Cari Tahu Kapan Waktu yang Tepat dan Manfaat Lari Sore untuk Kesehatan

Apa saja perbedaan dari lari sore, pagi, dan malam?
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Selain berjalan kaki, lari juga menjadi tren olahraga yang kembali digemari. Umumnya, mungkin Moms melakukan lari di pagi hari sebelum beraktivitas. Tapi, ada juga yang memilih untuk lari sore hari.

Moms mungkin bertanya-tanya apa manfaat lari sore bagi kesehatan tubuh. Adakah perbedaannya dengan manfaat yang didapatkan dari lari di waktu yang lain?

Berikut ini adalah informasi seputar lari sore dan manfaatnya. Semoga dapat membantu ya, Moms!

Baca Juga: Jalan Kaki vs Jogging, Mana Paling Bermanfaat untuk Kesehatan?

Lari vs Jogging, Mana yang Lebih Baik?

Jogging

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Better Health, perbedaan antara lari dan jogging adalah intensitasnya. Berlari lebih cepat, menggunakan lebih banyak kilojoule dan menuntut lebih banyak upaya dari jantung, paru-paru, dan otot daripada jogging.

Berlari juga membutuhkan tingkat kebugaran keseluruhan yang lebih tinggi daripada jogging.

Baik lari maupun joging adalah bentuk latihan aerobik. Istilah aerobik berarti setiap aktivitas fisik yang menghasilkan energi dengan menggabungkan oksigen dengan glukosa darah atau lemak tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Jogging dan Tipsnya Agar Tidak Cedera

Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan

crop-sportive-person-running-sidewalk_23-2147757966.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Berlari setiap hari mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan. Dari sebuah studi yang dikutip Healthline menunjukkan bahwa berlari hanya 5 hingga 10 menit setiap hari dengan kecepatan sedang dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung, stroke, dan penyakit umum lainnya.

Tetapi penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa manfaat ini mencapai 4,5 jam seminggu, yang berarti Moms tidak perlu berlari berjam-jam setiap hari.

Berlari adalah latihan berdampak tinggi dan latihan berlebihan dapat menyebabkan cedera seperti fraktur stres dan shin splints.

Adapun manfaat dari olahraga lari bagi tubuh melansir dari Jurnal Progress in Cardiovascular Disease antara lain, meliputi:

  • Pengurangan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke
  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
  • Risiko lebih rendah terkena kanker
  • Risiko lebih rendah terkena penyakit neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson

Baca Juga: Tren Berlari Bisa Berikan Risiko Kesehatan, Ini Cara Mencegah Dampak Negatif Lari

Apakah Berlari Aman Dilakukan Setiap Hari?

running-1022.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Berlari setiap hari dapat meningkatkan risiko cedera akibat aktivitas berlebihan.

Cedera ini adalah akibati dari terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, terlalu cepat, dan tidak membiarkan tubuh menyesuaikan diri. Atau bisa juga karena kesalahan teknik, seperti berlari dengan bentuk tubuh yang buruk dan kelebihan beban otot tertentu.

Untuk menghindari cedera, Moms bisa menerapkan langkah berikut:

  • Pastikan Moms memiliki sepatu lari yang sesuai dan sering-seringlah mengganti sepatu tersebut.
  • Secara bertahap tingkatkan jarak yang dijalankan setiap minggu.
  • Kombinasikan olahraga lari dengan latihan silang, seperti bersepeda atau berenang.
  • Lakukan pemanasan sebelum berlari dan lakukan peregangan setelahnya.
  • Pastikan berlari dengan postur yang tepat.

Jika Moms mengalami cedera lari, hentikan latihan dan temui dokter untuk rencana pemulihan. Moms juga bisa menerapkan RICE (rest, ice, compression, elevation) agar lekas pulih.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik untuk Ibu Hamil, Marathon, Jogging atau Sprint?

Lebih Baik Lari Sore, Pagi, Atau Malam?

running4

Foto: Orami Photo Stock

Untuk Moms yang mungkin penasaran, apakah lari pada waktu tertentu memiliki perbedaan manfaat, hal tersebut dijawab oleh Dr. Grace Joselini Corlesa, Sp. KO, MMRS, yang merupakan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga RS. Pondok Indah.

"Semua waktu sebenarnya baik untuk berolahraga, yang penting konsisten dan merupakan waktu ternyaman dari masing-masing individu," jelasnya.

Sedangkan untuk lari di malam hari, Moms perlu memperhatikan rentang waktu antara selesai berolahraga dengan waktu istirahat yaitu sekitar 3-4 jam, agar nadi sudah kembali normal dan tidak mengganggu istirahat.

Baca Juga: Tips Berolahraga Walau Sedang Berpuasa

"Pada orang-orang yang memilih olahraga di pagi hari, biasanya mendapatkan manfaaat lebih segar, lebih bertenaga, dan fokus saat seharian bekerja," imbuh Dr. Grace menjelaskan tentang lari pagi.

Lalu bagaimana dengan lari sore?

Menurut Dr. Grace, manfaat olahraga yang didapat dari masing-masing waktu tetap sama saja, asalkan tetap dilakukan dengan kaidah Baik, Benar, Terukur, dan Teratur.

Namun, banyak yang menganggap lari sore lebih efektif. Karena biasanya orang mempunyai waktu lebih luang ketika di sore hari, setelah semua aktivitas pekerjaan selesai dilakukan.

Bukan hanya itu, lari sore juga diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur lebih baik. Tentu hal ini sangat baik dilakukan bagi orang-orang yang mempunyai gangguan tidur.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Manfaat Olahraga Lari Sore

healthy woman running on the beach anna omelchenko

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip dari Night Tech Gear, ada beberapa manfaat lari sore yang bisa mempengaruhi tubuh sebagian orang. Ini juga bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan ya, Moms.

1. Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat lari sore berikutnya yaitu dapat membantu tidur lebih nyenyak. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang melakukan latihan olahraga intensitas sedang hingga tinggi selama 1-2 jam sebelum jam tidur, mempunyai kualitas tidur yang lebih baik.

Jika sedang berusaha untuk memperbaiki pola tidur, manfaat lari sore satu ini sangat cocok untuk Moms.

2. Lebih Efektif

Manfaat lari sore kedua adalah, lari sore juga dinilai sebagai strategi latihan yang lebih efektif. Perlu diketahui, pada kondisi sore atau malam hari biasanya tubuh dan indera lebih reaktif dan memiliki tingkat reflek lebih tajam. Tentu ini sangat baik dimanfaatkan untuk menggerakkan tubuh.

Suatu penelitian membuktikan bahwa performa tubuh akan meningkat di sore hari, tepatnya sekitar pukul 2–6 petang. Pada waktu ini, fungsi tubuh, termasuk fungsi otot, berada dalam level yang optimal. Selain itu, pada sore hari penyerapan oksigen dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

3. Menurunkan Stres

Pada dasarnya berolahraga memang bisa menjadi penurun kadar stres dalam tubuh. Nah, jika Moms melakukan lari sore sepulang kerja, aktivitas ini dapat membantu menghilangkan perasaan stres yang dialami seharian.

Lari sore hari bisa menjadi cara untuk membuat tubuh lebih rileks dari penat keseharian. Latihan ini juga dapat membantu tubuh Moms melepaskan hormon endorfin sehingga bisa membuat tubuh lebih nyaman dan tenang.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Gymnastic Untuk Balita

4. Membebaskan Stres Pagi Hari

Manfaat lari sore hari yang tidak kalah penting adalah dapat mencegah kondisi stres yang bisa muncul pada pagi hari. Dengan memilih jadwal latihan olahraga di sore hari, bisa membantu membebaskan Moms dari beban stres di pagi hari akibat banyaknya aktivitas yang harus dilakukan.

5. Tubuh Akan Lebih Siap

Manfaat lari sore bagi kesehatan yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu dapat membuat tubuh lebih siap.

Memilih jadwal olahraga di sore hari dapat memberikan Moms lebih banyak waktu untuk memenuhi nutrisi harian melalui makanan yang dikonsumsi di pagi dan siang hari.

Dengan begitu tubuh akan lebih siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya, termasuk lari sore hari.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Atasi Cedera Saat Olahraga Setelah Melahirkan

Selain manfaat-manfaat di atas, dengan lari sore berarti Moms juga tidak perlu bersusah payah bangun pagi-pagi untuk pergi berolahraga.

Moms bisa lebih santai dan menikmati waktu berolahraga dengan lari sore. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Moms adalah tipe orang yang lebih banyak aktif pada sore hingga malam hari.

Nah, itu dia Moms beragam informas tentang lari sore. Bagaimana, tertarik untuk melakukannya hari ini?

  • https://runningmagazine.ca/sections/training/morning-vs-evening-runs-which-are-better/
  • https://www.nighttechgear.com/blogs/blog/the-top-5-benefits-of-nighttime-running
  • https://www.verywellfit.com/difference-between-running-and-jogging-2911122
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/running-and-jogging-health-benefits
  • https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/running-everyday#how-to
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0033062017300488
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait