Kesehatan Umum

27 Oktober 2021

Leher Bergaris, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Leher bergaris bisa jadi tanda penuaan, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Leher bergaris merupakan ciri dari kerutan yang dapat terjadi di bagian lain, seperti mulut, mata, tangan, atau dahi.

Kerutan adalah bagian alami dari penuaan, tetapi ada faktor-faktor tertentu seperti merokok atau paparan sinar ultraviolet (UV) yang berkepanjangan dapat memperburuk kondisi ini.

Kondisi leher bergaris memang tida bisa dihindari. Mengutip Dermato Endocrinology luas garis leher dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya sebagian ditentukan oleh genetika.

Namun, leher bergaris dapat dikurangi dengan mengubah gaya hidup dan juga menggunakan produk tertentu. Simak selengkapnya dalam artikel ini yuk Moms.

Baca juga: 7 Cara Memutihkan Leher secara Alami, Moms Bisa Coba di Rumah!

Penyebab Leher Bergaris

Penyebab leher bergaris

Foto: Orami Photo Stock

Leher bergaris memang umum terjadi saat pertambahan usia. Namun, beberapa faktor berikut ini juga bisa menyebabkan leher begaris lho Moms. Simak yuk!

1. Paparan Sinar Matahari

Leher adalah bagian tubuh yang sering dilupakan saat akan keluar rumah. Moms biasanya hanya menggunakan krim SPF untuk wajah, sementara leher dibiarkan terpapar sinar matahari.

Padahal, mengaplikasikan krim SPF di leher juga penting lho Moms. Karena leher yang tidak terlindungi dari sinar matahari, dapat menyebabkan kerutan dini.

2. Genetika

Faktor genetika memainkan peran besar dalam bagaimana dan kapan kulit akan menua. Namun, Moms dapat memperlambat tanda-tanda garis leher dengan melembabkan, tidak merokok, dan memakai tabir surya.

3. Gerakan Berulang

Melakukan satu gerakan berulang-ulang, seperti menyipitkan mata akan menghasilkan kerutan. Perhatikan seberapa sering Moms melihat ke bawah atau ke samping, karena gerakan berulang dapat menyebabkan leher bergaris.

4. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami menjadi kurang elastis dan lebih rapuh. Penurunan produksi minyak alami mengeringkan kulit dan membuatnya tampak lebih keriput.

Lemak di lapisan kulit yang lebih dalam berkurang. Hal ini menyebabkan kulit kendur dan kendor serta garis dan celah yang lebih jelas.

Baca juga: Ini Usia Tepat Kenalkan Pasta Gigi Anak ke Si Kecil

Cara Menghilangkan Leher Bergaris

cara mengatasi leher bergaris

Foto: Orami Photo Stock

Leher bergaris memang kondisi yang tidak mungkin dihindari oleh Moms. Namun, kondisi ini dapat dicegah dan juga dihilangkan dengan cara-cara berikut ini lho. Simak penjelasan lengkapnya yuk.

1. Perhatikan Cara Memegang Ponsel

Moms mungkin pernah mendengar tentang “text neck”, yang merupakan rasa sakit atau nyeri di leher yang disebabkan oleh melihat ke bawah pada ponsel. Annals of Dermatology menjelaskan kebiasaan menunduk saat memegang ponsel bisa menjadi salah satu penyebab leher bergaris.

Gerakan berulang saat melihat ponsel ini lama kelamaan akan berubah menjadi kerutan permanen di leher Moms.

Saat menggunakan ponsel, coba posisikan di depan wajah dan lihat lurus ke depan. Kebiasaan ini mungkin terasa agak aneh pada awalnya, tetapi perubahan gaya hidup ini dapat mencegah pembentukan garis leher.

2. Serum Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang bagus untuk kulit.

Studi yang dipublikasikan oleh Dermatology Surgery menunjukkan bahwa vitamin sebenarnya dapat membalikkan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan faktor lingkungan lainnya dengan menonaktifkan radikal bebas.

Pengurangan kerutan dalam penelitian ini diamati pada 12 minggu, jadi tetap gunakan serum setidaknya selama 3 bulan.

3. Tabir Surya

Dalam sebuah studi 2013 menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya secara teratur dapat memperlambat tanda-tanda penuaan kulit. Pakai SPF minimal 30 setiap hari, dan pastikan untuk menerapkan setidaknya setiap 2 sampai 3 jam.

4. Tidak Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama penuaan dini. Asap tembakau merusak kolagen, dan nikotin menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang berarti kulit mendapat lebih sedikit oksigen dan akan terlihat lebih tua dan lebih berkerut.

Sebuah studi 2013 yang dilakukan pada kembar identik menemukan bahwa mereka yang merokok memiliki kerutan secara signifikan lebih banyak daripada kembaran mereka yang tidak merokok.

Bahkan jika Moms saat ini merokok, sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa dengan berhenti merokok, kulit akan meremajakan dirinya sendiri dan terlihat 13 tahun lebih muda.

Moms yang ingin terhindar dari penuaan dini, sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan merokok. Jika hal ini sulit, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter ya.

Baca juga: Waspada, Berikut 7 Bahaya Merokok bagi Kesehatan

5. Konsumsi Makanan Sehat

Selain menurunkan berat badan, mengatur pola makan juga dapat membantu Moms terhindar dari penuaan dini seperti leher bergaris.

Ada beberapa bukti bahwa vitamin yang ada pada sayuran dan buah dapat membantu melindungi kulit dari kerutan.

Walaupun masih diperlukan banyak penelitian, tetapi Moms tetap harus mengkonsumsi makanan sehat yang terdiri dari buah dan sayuran agar kulit tetap sehat.

6. Pakai Krim Retinoid

Retinoid berasal dari vitamin A. Mereka adalah salah satu bahan anti-penuaan yang paling banyak dipelajari dan dirayakan. Beberapa produk memiliki persentase retinol yang lebih tinggi, tetapi jumlah yang disarankan dokter hanyalah 2 persen tidak boleh lebih.

Yang terbaik adalah memulai dengan jumlah kecil setiap beberapa hari. Jika tidak, bahan tersebut dapat menyebabkan kekeringan dan pengelupasan yang ekstrem.

Dengan lima bentuk retinol untuk dipilih, ada baiknya untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan tentang mana yang tepat untuk.

7. Pelembap

Banyak orang ingat untuk melembabkan wajah mereka, tetapi mudah untuk melupakan leher. Beberapa produk pelembab dibuat khusus untuk leher.

Sebuah studi 2015 menunjukkan satu krim leher yang tidak ditentukan memiliki kemampuan cepat dan berkelanjutan untuk meningkatkan tanda-tanda penuaan yang dirasakan sendiri di leher, termasuk kerutan dan garis-garis halus.

Melembabkan kulit akan membantunya terlihat segar sehingga kerutan tidak terlalu terlihat, dan juga dapat membantu mencegah terbentuknya lipatan di kemudian hari.

Cari pelembab yang mengandung asam hialuronat, sebuah studi tahun 2014 memiliki kandungan ini memiliki efek pelembab yang signifikan secara statistik. Asam hialuronat juga hadir dalam pengisi yang dapat disuntikkan yang menurut penelitian awal efektif mengurangi garis leher horizontal.

Baca juga: 6 Pelembap Wajah untuk Ibu Hamil yang Aman

8. Masker Leher

Moms juga bisa menggunakan masker leher untuk menghilangkan kerutan di bagian ini.

Walaupun belum banyak penelitian mengenai penggunaan ini, tetapi sudah banyak Moms yang mengaku bahwa masker leher dapat meningkatkan penampilan, tekstur kulit, dan mengurangi leher bergaris.

Saat ini sudah banyak masker leher dengan bahan silikon 100 persen, yang membantu menarik kelembapan dari lapisan bawah kulit, sehingga menyamarkan tampilan kerutan yang ada.

9. Suntik Botox

Cara yang paling cepat menghilangkan leher bergaris adalah melakukan suntikan botok. Saat ini banyak Moms lebih memiliki prosedur ini karena dianggap lebih cepat memerangi penuaan normal dan kerutan yang terkait dengan leher.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa Botox juga memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri leher kronis.

Botox adalah jenis injeksi toksin botulinum. Dari sudut pandang kosmetik yang ketat, Botox bekerja dengan memblokir sinyal kimia dari saraf yang memberi tahu otot untuk berkontraksi, menurut Mayo Clinic. Hal ini membuat kulit tampak lebih halus.

Botox akan bertahan sekitar 3 hingga 4 bulan, tergantung pada faktor-faktor tertentu, seperti usia dan elastisitas kulit.

Baca juga: 5 Tanda Kita Butuh Perawatan Suntik Botox

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan cari mengatasi leher bergaris yang bisa Moms coba. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.healthline.com/health/neck-lines#reduce-prevent
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/symptoms-causes/syc-20354927
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait