Kesehatan

30 Agustus 2021

Leher Terasa Tercekik hingga Sesak Napas? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Bisa juga disebabkan oleh maag lho Moms
placeholder

Foto: freepik.com/cookie_studio

placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Leher seseorang berguna untuk menopang kepala dan melindungi saraf yang mengangkut informasi ke seluruh tubuh. Karena memiliki tingkat fungsionalitas yang luar biasa, tidak menutup kemungkinan leher mengalami banyak tekanan sehingga terkadang seseorang bisa saja berpikir bahwa leher terasa tercekik.

Leher menampung sejumlah struktur penting, termasuk:

  • Trakea atau tenggorokan, yang memungkinkan seseorang untuk bernapas
  • Pita suara, yang memungkinkan seseorang untuk berbicara
  • Kerongkongan atau pipa makanan, yang menghubungkan mulut dan perut
  • Kelenjar tiroid, yang membantu mengatur metabolisme tubuh
  • Bagian atas leher, yang terhubung dengan tulang belakang dan menopang kepala

Bagian tubuh yang sangat kompleks dan fleksibel ini juga mengandung arteri, saraf, dan struktur lain yang penting untuk kelangsungan hidup.

Seseorang sangat mungkin untuk merasa tidak nyaman, sakit yang tajam, tegang kaku, nyeri, sesak, hingga leher terasa tercekik. Leher terasa tercekik, terutama di bagian depan leher mungkin memiliki penyebab yang relatif jinak atau mungkin menunjukkan adanya satu atau lebih masalah. 

Ada sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan sensasi leher terasa tercekik mulai dari gangguan kecemasan hingga reaksi alergi. Sensasi leher terasa tercekik juga dapat membuat seseorang merasa tidak mampu untuk mendapatkan cukup oksigen sehingga menjadi keadaan darurat medis.

Baca Juga: Cara Mudah Meredakan Leher Kaku

Penyebab Leher Terasa Tercekik karena Penyakit

Berikut ini adalah beberapa penyebab leher terasab tercekik terutama di bagian depan leher yang juga dapat membuat sesak nafas atau tidak mendapatkan oksigen, yaitu:

1. Reaksi Alergi

leher terasa tercekik

Foto: healthline.com

Alergi sering terjadi dan data dari Asthma and Allergy Foundation of America menyebutkan bahwa penyakit asma mempengaruhi lebih dari 50 juta orang di Amerika Serikat setiap tahun. Menurut American Academy of Allergy, Asthma & Immunology, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki alergi sampai mereka mengalami reaksi alergi parah yang dikenal sebagai anafilaksis.

Salah satu gejala potensial anafilaksis adalah perasaan leher terasa tercekik. Selain leher terasa tercekik, gejala lain yang mungkin terjadi yaitu:

  • Kesulitan berbicara atau menelan
  • Sesak napas atau mengi
  • Suara serak
  • Batuk
  • Pusing
  • Gatal-gatal, bengkak, atau ruam
  • Mual atau muntah

Beberapa pemicu yanng umum akan alergi hingga membuat leher terasa tercekik, yaitu makanan seperti kacang kacangan, kacang pohon, kerang, ikan, susu, telur, dan bahan pengawet. Sengatan serangga juga bisa menjadi penyebab misalnya sengatan lebah dan sengatan tawon. Obat obatan seperti antibiotik juga terkadang menjadi penyebab. 

Siapa pun yang mengalami anafilaksis, harus mencari pertolongan medis darurat. Tanpa perawatan segera, kondisi ini bisa mengancam nyawa. Untuk perawatan alergi jangka panjang, sebagian tergantung pada tingkat keparahan alergi dan kemungkinan orang tersebut bersentuhan dengan alergen di masa depan.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merujuk orang dengan alergi ke ahli alergi untuk melakukan tes diagnostik dan menentukan penyebab reaksi alergi termasuk leher terasa tercekik. 

Baca Juga: 9 Penyebab Sakit Leher Sebelah Kiri, Salah SatunyaTerlalu Lama Menatap Layar!

2. Gondok

leher terasa tercekik

Foto: medicalnewstoday.com

Gondok adalah istilah medis untuk pembengkakan kelenjar tiroid. Kelenjar berbentuk kupu-kupu ini duduk di bagian depan leher dan menghasilkan hormon yang membantu mengatur metabolisme.

Gondok tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, gejala yang mungkin terjadi antara lain:

Beberapa kemungkinan penyebab gondok yaitu kekurangan yodium, gangguan tiroid autoimun, seperti penyakit Hashimoto atau penyakit Graves

tiroid yang kurang aktif, atau hipotiroidisme, serta riwayat keluarga gondok.

Beberapa gondok bisa hilang dengan sendirinya. Jika gejala seseorang tidak parah, dokter mungkin hanya perlu melakukan pemantauan atau menunggu dengan waspada.

Seorang dokter dapat merekomendasikan operasi untuk gondok yang menyebabkan gejala parah, seperti kesulitan menelan, hingga leher terasa tercekik dan sulit bernapas. Dalam kasus di mana operasi bukanlah pilihan yang sesuai, dokter mungkin menawarkan terapi radioiodine untuk mengecilkan atau menghancurkan sel-sel tiroid untuk mengurangi tingkat hormon yang dihasilkan tiroid.

3. Maag atau GERD

leher terasa tercekik

Foto: gastrodoxs.com

Heartburn atau maag mengacu pada sensasi leher terasa tercekik hingga terbakar di dada atau tenggorokan. Ini adalah hasil dari asam lambung yang bocor keluar dari perut dan kembali ke kerongkongan.

Gejala maag lainnya, yaitu:

  • Rasa asam di belakang mulut
  • Suara serak
  • Sensasi benjolan di tenggorokan
  • Kejang tenggorokan
  • Batuk
  • Sulit bernafas
  • Mengi
  • Mual dan muntah

GERD adalah istilah medis untuk sakit maag yang sering terjadi. Penelitian dari Missouri Medicine Missouri State Medical Association menyebutkan bahwa GERD adalah kondisi umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.  Orang yang mungkin mengalami GERD hingga gejala leher terasa tercekik, yaitu:

  • Usia yang lebih tua
  • Merokok
  • Kegemukan
  • Memiliki gejala kecemasan dan depresi
  • Makan makanan berlemak, berminyak, atau asam
  • Makan menjelang tidur.

Baca Juga: Maag Vanessa Angel Kerap Kambuh selama di Penjara, Apa Hubungan Maag dan Depresi?

4. Tonsilitis

Tonsilitis.jpeg

Foto: leogenic.com

Tonsilitis adalah istilah medis untuk infeksi dan peradangan pada amandel. Penyebab paling umum dari tonsilitis adalah virus flu biasa dan sejenis infeksi bakteri yang disebut infeksi streptokokus.

Beberapa gejala tonsilitis selain leher terasa tercekik yaitu demam, amandel bengkak, sakit atau nyeri tenggorokan, serta nyeri atau kesulitan menelan. Pada sebagian besar waktu, tonsilitis akan sembuh dengan sendirinya.

Namun, beberapa orang mungkin menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid untuk mengurangi pembengkakan dan mengatasi rasa sakit leher terasa tercekik.

Jika perlu, dokter mungkin meresepkan kortikosteroid untuk mengurangi peradangan, atau antibiotik untuk membersihkan infeksi bakteri.  Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk menghilangkan amandel.

5. Kecemasan

Gejala kecemasan.jpeg

Foto: helpguide.org

Kecemasan adalah perasaan khawatir dan takut yang ditandai dengan gejala seperti kesulitan berkonsentrasi, sakit kepala, masalah tidur, lekas marah, hingga leher terasa tercekik. Dikutip dari Medicinenet, kecemasan adalah penyakit medis serius yang mempengaruhi sekitar 19 juta orang dewasa Amerika. Perawatan untuk kecemasan dapat menggabungkan obat-obatan dan psikoterapi.

Baca Juga: 13 Cara Mengatasi Leher Sakit saat Hamil, Sederhana Banget!

Penyebab Leher Terasa Tercekik karena Gaya Hidup

Selain penyakit, terdapat pula kebiasaan buruk atau gaya hidup yang menyebabkan leher terasa tercekik. Mulai dari kebiasaan tidur yang buruk hingga bagaimana seseorang menggunakan atau menempatkan barang-barang yang bisa memicu leher terasa tercekik.

6. Postur Tubuh

leher terasa tercekik

Foto: bodybuilding.com

Leher seseorang menopang kepala dan rata-rata berat kepala manusia sekitar 4,5 kg. Jika postur tubuh seseorang buruk, otot leher harus bekerja dengan cara yang tidak efisien untuk menopang berat kepala. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan rasa sesak di leher hingga leher terasa tercekik.

7. Komputer

Jika seseorang menghabiskan berjam-jam duduk di depan komputer, lengan dan kepala akan diposisikan ke arah depan bagian tubuh lainnya untuk waktu yang lama. Hal ini menyebabkan otot leher rahim berkontraksi dan memicu sesak di leher dan yang akhirnya terasa sakit atau leher terasa tercekik. 

8. Gadget

leher terasa tercekik

Foto: gadget-cover.com

Jika seseorang membungkuk di depan ponsel atau gadgetnya, memeriksa media sosial, bermain game atau menonton video streaming, maka dia mungkin pada akhirnya akan merasakan sesak di leher atau leher terasa tercekik dan biasa disebut text neck.

Baca Juga: Sakit Leher Sebelah Kanan, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

9. Tas

Menggunakan tali bahu untuk membawa dompet berat, tas kerja, atau tas travel dapat menyebabkan ketegangan yang tidak merata pada otot leher yang dapat menyebabkan rasa sesak, juga leher terasa tercekik. Jadi, pintar-pintarlah memilih dan menggunakan tas untuk kegiatan hari-hari agar tidak memicu leher terasa tercekik. 

10. Kebiasaan Tidur

leher terasa tercekik

Foto: runtastic.com

Cobalah untuk tidur dengan kepala dan leher sejajar dengan bagian tubuh lainnya. Pertimbangkan juga untuk tidur telentang dengan bantal di bawah lutut dan hindari bantal yang terlalu meninggikan leher agar ketika leher sakit, maka leher terasa tercekik tidak akan dirasakan.

11. Pekerjaan

Tahukah Moms jika pekerjaan mengharuskan untuk melakukan gerakan berulang dengan lengan dan tubuh bagian atas, ternyata hal itu dapat memengaruhi otot leher seseorang? Tanda awal dampak dari waktu ke waktu bisa berupa perasaan tegang dan berujung leher terasa tercekik.

Baca Juga: Leher Kaku dan Nyeri, Apa Penyebabnya?

Cara Mencegah Leher Terasa Tercekik

leher terasa tercekik

Foto: prevention.com

Seseorang tidak selalu dapat mencegah sensasi leher terasa tercekik di tenggorokan, terutama jika seseorang tidak dapat mengidentifikasi penyebabnya. Jika leher terasa tercekik karena hasil dari reaksi alergi, maka seseorang harus mencoba untuk menghindari pemicu alergi yang diketahui.

Jika gejala leher terasa tercekik disebabkan oleh gondok atau mulas, maka mungkin menemukan modifikasi gaya hidup tertentu membantu meringankan gejala mereka. Dalam beberapa kasus, sesak di tenggorokan atau leher terasa tercekik bisa disebabkan oleh infeksi.

Seseorang dapat membantu mencegah infeksi dengan mengikuti praktik kebersihan yang tepat, seperti mencuci tangan secara teratur, termasuk dalam situasi berikut:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Setelah menyentuh sampah
  • Setelah menggunakan toilet atau mengganti popok
  • Setelah membersihkan hidung, batuk, atau bersin
  • Sebelum dan sesudah merawat orang yang muntah atau diare
  • Sebelum dan sesudah merawat luka apapun
  • Setelah menyentuh hewan, kotoran hewan, atau makanan hewan

Jika sabun dan air tidak tersedia, seseorang harus menggunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol untuk menghindari infeksi yang bisa berujung pada sesak di leher atau sensasi tenggorokan terasa tercekik.

Untuk gaya hidup yang buruk dan memicu leher terasa tercekik, maka solusinya hanyalah mengubah pola atau gaya hidup. Leher seseorang, dengan banyak pekerjaannya seperti mengangkat dan menggerakkan kepala ke berbagai arah, menanggung banyak tekanan. 

Belum lagi membungkuk di atas telepon dan duduk untuk waktu yang lama dengan tangan pada keyboard komputer atau setir mobil. Ketegangan di leher yang memicu leher terasa tercekik mungkin merupakan sinyal bahwa seseorang harus merawat lehernya dengan lebih baik dalam segala hal yang dilakukan mulai dari mempertahankan postur yang lebih sehat hingga tidur dalam posisi yang lebih baik serta bahkan membuat tempat kerja yang lebih ergonomis.

Baca Juga: Leher Kaku dan Nyeri, Apa Penyebabnya?

Diagnosa Leher Terasa Tercekik

leher terasa tercekik

Foto: medicalnewstoday.com

Ada banyak potensi penyebab sesak di bagian depan leher atau leher terasa tercekik. Itulah mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis leher terasa tercekik tersebut.

Seorang dokter kemungkinan akan mengambil riwayat medis lengkap dan melakukan pemeriksaan fisik. Mereka mungkin meraba leher untuk memeriksa tanda-tanda nyeri tekan atau mati rasa.  

Mereka mungkin juga meminta pasien leher terasa tercekik tersebut untuk menggerakkan kepala mereka ke atas dan ke bawah dan dari sisi ke sisi untuk memeriksa rentang gerak di leher. Jika perlu, dokter akan memesan tes lebih lanjut untuk menentukan penyebab sesak atau peher terasa tercekik seperti Sinar X, CT Scan atau MRI, elektromiografi, dan juga tes darah. 

Itulah sebabnya seseorang harus menghubungi dokter jika mereka mengalami sensasi sesak atau leher terasa tercekik dengan parah, terus-menerus, atau berulang di leher. Rasa sesak atau leher terasa tercekik yang tiba-tiba dan parah di leher bisa menjadi tanda anafilaksis. Siapa pun yang mengalami gejala anafilaksis harus menelepon layanan darurat.

Baca Juga: Dari Leher Panjang Sampai Tempel Plester Oplas, Ini Standar Kecantikan Unik di Berbagai Negara

Sensasi leher terasa tercekik di bagian depan leher bisa terjadi akibat alergi, peradangan, atau infeksi. Itu juga bisa terjadi sebagai respons terhadap gangguan pencernaan, seperti mulas atau GERD dan buruknya gaya hidup. 

Beberapa penyebab leher terasa tercekik bisa hilang tanpa perlu perawatan medis. Namun, penderita leher terasa tercekik tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika gejalanya parah atau terus-menerus dan memburuk dari waktu ke waktu. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin melakukan tes untuk menentukan penyebab leher terasa tercekik. 

  • https://www.healthline.com/health/tightening-in-neck#causes
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/tightness-in-front-of-neck#causes
  • https://www.medicinenet.com/throat_tightness_cant_get_enough_air_and_shortness_of_breath/multisymptoms.htm
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait