Home & Living

21 Februari 2021

Manfaat Tanaman Lidah Mertua dan Tips Mudah Perawatannya di Rumah

Tanaman ini ternyata sangat baik untuk sirkulasi udara di rumah dan merawatnya pun sangat mudah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms salah satu orang yang gemar mengurus tanaman hias di rumah? Jika Moms memiliki hobi ini, maka Moms pasti tak asing dengan tanaman lidah mertua.

Kepopuleran tanaman hias seperti lidah mertua sebetulnya bukan baru belakangan ini saja terjadi, sudah sejak lama lidah mertua menjadi favorit banyak orang.

Lidah mertua atau dikenal juga dengan Sansevieria trifasciata adalah salah satu jenis tanaman hias yang terkenal dan dapat dengan mudah Moms temukan.

Tanaman yang juga disebut dengan snake plants ini adalah tanaman asli Asia dan Afrika dan mereka dapat dikenali dari daunnya yang berbentuk pedang hijau yang tumbuh tegak, dan hampir menyerupai dedaunan buatan.

Mereka juga memiliki akar pendek dengan sentuhan warna kuning pada daunnya yang membuatnya semakin menarik.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias Depan Rumah yang Cantik

Lidah mertua juga mudah dirawat dan hanya membutuhkan air untuk bertahan hidup. Keunikan dari tanaman lidah mertua inilah yang kemudian memikat hati para penggemar tanaman hias.

Supaya Moms makin tertarik merawat tanaman lidah mertua di rumah, sebaiknya Moms ketahui manfaat lidah mertua dan tips perawatannya di rumah melalui ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua di Rumah

Manfaat Tanaman Lidah Mertua di Rumah

Foto: freepik.com

Tanaman lidah mertua adalah tanaman hias yang bisa tumbuh di mana saja dengan tinggi mulai dari 15 cm hingga hampir satu meter.

Selain memberikan suasana yang lebih segar dan indah, ternyata lidah mertua juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, misalnya:

1. Menyaring Udara dalam Ruangan, Bahkan di Malam Hari

Mirip dengan tanaman hias rumah lainnya, tanaman lidah mertua bisa membantu menyaring udara dalam ruangan.

Yang unik dari tumbuhan ini adalah ia merupakan salah satu dari sedikit tumbuhan yang dapat mengubah karbondioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari.

Kualitas ini menjadikannya tanaman lidah mertua sangat ideal untuk dekorasi kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat.

2. Menghilangkan Polutan Beracun

Tanaman lidah mertua juga dikenal karena kemampuannya membantu menghilangkan polutan udara beracun.

Meksi kontribusinya kecil, namun menurut artikel dari The University of Arizona, tanaman ular ini dapat menyerap polutan penyebab kanker, antara lain CO2, benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene.

Dengan kemampuan menyerap dan mengeluarkan racun berbahaya, tanaman ular dapat berperan sebagai pertahanan efektif terhadap alergi udara.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tapi ada juga bahaya lidah mertua yang perlu Moms ketahui. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa lidah mertua ternyata mengandung racun.

Selain itu, tanaman hias ini perlu dijauhkan dari anak-anak karena bentuknya yang tajam dan dikhawatirkan bisa melukai mereka saat bermain.

Kadar racun dalam tanaman lidah mertua memang tidak begitu tinggi, namun saat dimakan dalam jumlah yang banyak, maka ia bisa sebabkan akibat serius.

Jika Moms, anak, atau hewan peliharaan di rumah tak sengaja memakannya, maka akan ada efek samping yang ditimbulkan seperti muntah-muntah dan diare.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

Mengenal Jenis Tanaman Lidah Mertua

Dedaunan tanaman lidah mertua yang paling umum adalah daun yang hijau ramping dengan garis horizontal abu-abu atau perak.

Tanaman ini dapat tumbuh setinggi beberapa sentimeter dan tumbuh dengan baik di area yang kurang cahaya. Ada berbagai macam tanaman ini. Beberapa yang lebih umum termasuk:

1. Sansevieria trifasciata

Sansevieria Trifasciata - Lidah Mertua

Foto: greenforesto.com

Jenis tanaman lidah mertua yang satu ini adalah salah satu jenis tanaman lidah mertua yang paling populer dan paling umum ditemukan.

Tanaman ini mempunyai daun dengan panjang mulai dari 10 cm hingga 30 cm dan Moms bisa menyesuaikan panjangnya dengan cara membatasi asupan gizi dari tanaman ini.

Jenis ini juga tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari yang banyak dan membuatnya bisa diletakkan di dalam rumah agar tanaman ini tetap bisa tumbuh subur sendiri dengan baik.

2. Sansevieria gracilis

Sansevieria Gracilis - Lidah Mertua

Foto: agaveville.org

Jenis ini mempunyai bentuk daun yang sedikit berbeda dengan lidah mertua yang lainnya.

Tanaman lidah mertua ini mempunyai ukuran yang lebih ringkas dan kecil sehingga Moms bisa menanamnya pada ruangan yang berbeda-beda dalam pot yang kecil.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Buah ini Juga Bisa Menyehatkan Badan, Mana Favorit Moms?

3. Sansevieria canaliculata

Sansevieria Canaliculata - Lidah Mertua

Foto: worldofsucculents.com

Variasi lidah mertua yang berikutnya adalah Sansevieria canaliculata yang sebetulnya mempunyai bentuk daun yang serupa dengan Sansevieria gracilis.

Namun, ukuran dari daunnya yang cenderung lebih panjang dan tipis sehingga membuat tanaman ini paling cocok untuk ditanam di halaman rumah.

4. Sansevieria patens

Sansevieria Patens - Lidah Mertua

Foto: worldofsucculents.com

Jenis ini memiliki warna daun kehijauan yang sangat cerah dengan permukaan daun tak terlalu lebar.

Saat berbunga, maka tanaman ini akan mengeluarkan bunga yang mempunyai warna putih keabu-abuan sehingga membuatnya terlihat sangat indah dan menarik.

5. Sansevieria laurentii

Sansevieria Laurentii - Lidah Mertua

Foto: crocus.co.uk

Lidah mertua Sansevieria laurentii juga merupakan salah satu tanaman yang sangat populer di Indonesia, pasalnya ia memiliki keunikan tersendiri.

Daunnya mempunyai aksen berwarna keemasan di daunnya dan membuatnya terlihat sangat indah dan unik.

Kebanyakan tanaman ini jarang terserang hama dan penyakit. Saat tanaman ini menjadi terikat pot, mereka akan menghasilkan anakan, namun ini dapat dipotong dan dipindahkan.

Ketika tanaman menjadi lebih tua dan benar-benar terikat pada pot, mereka akan mekar dengan sedikit bunga berwarna putih kehijauan dan mengeluarkan aroma yang harum.

Baca Juga: 5 Manfaat Memelihara Kaktus di Dalam Ruangan dan Cara Mudah Merawatnya

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua

Foto: freepik.com

Ada semakin banyak bukti bahwa paparan tanaman dan ruang hijau, dan khususnya berkebun dan merawat tanaman hias memiliki manfaat bagi kesehatan mental maupun fisik.

Seperti salah satunya disebutkan dalam Journal of Royal College of Physicians, sehingga para profesional kesehatan pun mendorong pasien mereka untuk memanfaatkan ruang hijau dan menghabiskan banyak waktu di kebun atau mengurus tanaman hias mereka.

Untuk Moms yang belum mecoba memiliki tanaman hias, kegiatan ini benar-benar merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan. Hobi baru ini bisa membantu melepaskan rasa stres yang membebani pikiran Moms.

Apalagi setiap tanaman membutuhkan perawatan agar bisa tumbuh kembang dengan baik, sehingga tanaman lidah mertua juga perlu dirawat dengan baik.

Inilah beberapa cara merawat lidah mertua yang perlu Moms ketahui:

1. Jangan Terlalu Sering Disiram

Kebutuhan air lidah mertua relatif minimal karena sifatnya yang sukulen, dan karena kemampuannya dalam menahan air.

Jika Moms memilih untuk menghias rumah dengan tanaman lidah mertua, maka Moms perlu memastikan agar tanah sudah mengering dan tidak lembab sebelum hendak menyiramnya lagi.

Selain itu, tanaman ini lebih aman untuk berada di dalam rumah supaya ia terhindar dari air hujan yang malah bisa membuatnya cepat membusuk.

2. Tempatkan di Ruang yang Teduh

Pada kenyataannya, lidah mertua tidak terlalu banyak memerlukan pencahayaan matahari. Lidah mertua bisa tetap hidup meskipun ia ditempatkan dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim.

Lidah mertua harus disimpan di lokasi dengan cahaya terang dan suhu antara 10 ° hingga 23 ° Celsius.

Paparan suhu di bawah ambang batas yang lebih rendah ini akan mengakibatkan kerusakan daun dan harus dihindari.

Jadi, Moms perlu memastikan juga agar tanaman ini tidak terkena langsung oleh cahaya supaya daunnya bisa tetap berwarna hijau cerah.

Baca Juga: 3 Mitos Tanaman Lidah Mertua yang Tak Perlu Dipercaya

3. Berikan Pupuk

Moms bisa memberikan campuran pupuk pada media tanam supaya daun dari tanaman lidah mertua tetap memiliki warna yang cerah dan segar serta tumbuh kuat.

4. Gunakan Pestisida

Moms bisa semprotkan tanaman ini dengan pestisida secara rutin supaya ia terhindar dari hama atau binatang yang akan memakan daunnya.

Namun, jika Moms sudah tertarik untuk menanam tanaman lidah mertua sendiri di rumah. maka Moms bisa mengikuti cara menanamnya yang sangat mudah berikut ini:

  • Pertama, pastikan agar Moms memilih pot tanaman yang terbuat dari plastik dan memiliki lubang pada bagian bawahnya supaya air bisa mengalir keluar dengan mudah.
  • Moms perlu menggunakan tanah atau media tanam yang mempunyai kandungan yang tidak mudah menyerap air. Sebab lidah mertua bisa cepat membusuk jika tanahnya terlalu basah dan lembab.
  • Tanamkan bibit tanaman Sansevieria ke dalam media tanam dan biarkanlah selama beberapa waktu supaya ia bisa tumbuh dengan subur. Pastikan juga untuk selalu merawatnya dengan baik sesuai tips yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Mandi

Itulah informasi mengani manfaat lidah mertua, jenis, dan cara mudah merawatnya di rumah. Semoga informasi ini menginspirasi ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait