Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
3 Juni 2019

Lip Balm Mint Bikin Bibir Makin Kering, Ketahui 3 Bahan Terbaiknya

Ini bahan lip balm yang terbaik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketika bibir kering, hal pertama yang biasanya langsung dilakukan adalah memakai lip balm.

Begitu juga sebelum mengaplikasikan lipstik atau lip cream, lip balm digunakan untuk menjaga kelembapan bibir. Baik itu menggunakan lip balm berwarna atau polos.

Ada banyak kandungan pada lip balm yang dapat menutrisi, tapi tahukah Moms bahwa menthol atau mint adalah kandungan buruk yang justru membuat bibir kering?

"Menthol memiliki efek mendinginkan pada kulit yang menjadi alasan mengapa banyak orang menikmati rasanya dalam produk perawatan kulit mereka," kata Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di New York dikutip dari wellandgood.com.

Namun, ia menambahkan, “Bibir itu sangat sensitif. Menthol dapat menyebabkan iritasi kulit dengan menghalang kulit, serta terjadinya peradangan."

“Pada akhirnya ini dapat menyebabkan lebih banyak kekeringan, menciptakan lingkaran 'setan' di mana kita merasa perlu menerapkan lebih banyak produk lip balm menthol. Saya pribadi merekomendasikan agar menghindari produk yang mengandung menthol,” tutupnya.

Untuk menjaga kelembapan bibir, pilih lip balm dengan kandungan yang dapat mengatasi bibir kering. Berikut daftarnya!

Baca Juga: Ini 8 Alasan Anda Wajib Pakai Lip Balm!

1. Minyak Kelapa

bahan terbaik lip balm-1.jpg

Salah satu bahan yang bisa mengatasi bibir kering adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa dibuat dari buah pohon kelapa, baik melalui daging kelapa segar atau daging kering yang kemudian dimasak.

“Minyak kelapa adalah multitasker utama. Secara alami kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak esensial, menjadikannya perawatan intensif yang melembapkan dan menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah," Kiana Cabell, pendiri dan direktur kreatif Kopari.

Minyak kelapa juga menjadi antimikroba dan anti-inflamasi alami, sehingga dapat melawan bakteri dan memiliki sedikit SPF alami.

"Minyak kelapa tidak hanya pelembap yang sangat baik, tetapi juga meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki kulit lebih cepat," kata Sage Lehman, pendiri LOVE + SAGE.

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Atasi Dengan 7 Cara Alami Ini

2. Minyak Jojoba

bahan terbaik lip balm-2.jpg

Minyak kaya vitamin ini dibuat dari biji tanaman jojoba. Beberapa kelebihan minyak jojoba yaitu ringan dan menyejukkan.

Minyak jojoba juga dapat mengatasi bibir kering karena dapat menembus ke dalam lapisan bibir untuk menjaga kelembapan agar tahan lama.

"Jojoba kaya akan vitamin dan mineral dan menenangkan kulit yang teriritasi dan pecah-pecah serta mengembalikan keseimbangan alami kulit," kata Lehman.

Baca Juga: Bibir Kering Saat Puasa? Atasi dengan 7 Lip Balm di Bawah 50 Ribu Ini

3. Lanolin

memakai lip balm-1.jpg

Lanolin adalah zat yang ditemukan secara alami pada mantel domba, bahan ini menjaga agar bulu domba tetap terlindungi dan kering sepanjang tahun.

"Struktur molekul lanolin secara alami paling mirip dengan lipid kulit kita daripada bahan lainnya (alami atau sintetis), menjadikannya bahan yang paling kompatibel untuk digunakan pada kulit," kata Kirsten Carriol, pendiri Lano.

Bahan lanolin juga memungkinkan bibir tetap terhidrasi dari dalam, sehingga dapat mengatasi bibir kering secara maksimal.

"Saya menyebutnya pelembab alami yang menakjubkan. Lanolin adalah yang terbaik karena meniru minyak pada manusia dengan begitu sempurna," jelas Carriol.

Itu dia beberapa bahan yang dapat mengatasi bibir kering. Mulai sekarang, hindari lip balm dengan kandungan menthol atau mint ya, Moms!

Artikel Terkait