Jalan-jalan

30 Juli 2021

7 Lokasi Terbaik untuk Menyaksikan Aurora, Megah dan Indah Sekali!

Minimnya polusi cahaya di Abisko, Swedia, menjadikannya sebagai lokasi terbaik melihat aurora
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa yang belum tahu Aurora? Menurut National Geography, Aurora adalah cahaya alami yang berkilauan di langit.

Aurora seperti lampu warna-warni biru, merah, kuning, hijau dan orange yang bergeser perlahan lalu berubah bentuk seperti tirai yang ditiup lembut.

Aurora hanya terlihat pada malam hari, dan biasanya hanya muncul di daerah kutub bawah. Aurora terlihat hampir setiap malam di dekat Lingkaran Arktik dan Antartika, yaitu sekitar 66,5 derajat utara dan selatan Khatulistiwa.

Di utara, tampilannya disebut aurora borealis atau cahaya utara. Di selatan, itu disebut aurora australis atau cahaya selatan.

Aurora adalah hasil dari emisi foton di atmosfer atas Bumi (di atas 80 km), dari atom nitrogen terionisasi yang mendapatkan kembali elektron, dan dari elektron dari atom oksigen dan nitrogen yang kembali dari keadaan tereksitasi ke keadaan dasar.

Angin matahari yang berasal dari matahari adalah asal dari proton dan elektron bermuatan yang merangsang oksigen dan nitrogen dan menyebabkan aurora.

Lokasi Terbaik Melihat Aurora

Space.com mengungkap lokasi terbaik melihat aurora adalah Alaska dan Kanada Utara, tetapi mengunjungi hamparan luas dan terbuka ini tidak selalu mudah. Lalu, di mana saja lokasi terbaik melihat aurora?

1. Abisko, Swedia

Abisko, Swedia

Foto: seetheaurora.com

Abisko, Swedia merupakan lokasi terbaik melihat aurora. Pemandanganya adalah pegunungan, danau, dan hutan. Abisko sendiri adalah desa yang sangat kecil di tepi Taman Nasional Abisko di Swedia Utara. Hampir tidak ada polusi cahaya di sekitar karena sangat terpencil.

Namun walaupun berada di tempat terpencil, ternyata sangat mudah dijangkau dengan kereta api. Bandara terdekat ada di Narvik, Norwegia, Kiruna, Swedia. Bahkan dimungkinkan untuk naik kereta api dari Stockholm.

Dengan mudahnya transportasi, menyewa mobil tidak sepenuhnya diperlukan guna membantu menekan biaya ke lokasi terbaik melihat aurora ini. Ada beberapa hotel di area ini untuk dipilih, serta hostel dan perkemahan berbiaya lebih rendah.

Waktu berkunjung melihat aurora baiknya antara 6 Desember dan 6 Januari karena matahari tidak terbit di sini. Abisko adalah area yang indah di sebelah danau Torneträsk dan dikelilingi oleh pegunungan.

Kegiatan siang hari meliputi ski lereng dan lintas alam, naik eretan anjing, dan hiking. Pastikan untuk mengunjungi Aurora Sky Station, di mana kursi gantung akan membawa ke puncak gunung di malam hari.

2. Fairbanks, Alaska

Fairbanks, Alaska

Foto: seetheaurora.com

Lokasi terbaik melihat aurora selanjutnya jatuh kepada Fairbanks yang terletak di Alaska. Pemandangannya yaitu pegunungan tinggi, hutan, sungai yang bisa dibilang tempat terbaik di Amerika Serikat untuk melihat aurora borealis.

Penduduk di Fairbanks ini sekitar 31.644, tetapi memiliki banyak polusi cahaya untuk kota ini. Jadi, baiknya Moms dan Dads sedikit tinggalkan kotanya untuk mendapatkan pemandangan terbaik. Baiknya, pesan tur atau sewa mobil dan berkendara ke tempat yang lebih gelap seperti Cleary Summit.

Ada banyak pemandangan dengan Pegunungan Alaska di selatan dan Pegunungan Putih di utara, serta banyak danau dan sungai. Karena lokasi pedalamannya jauh dari pantai, cuaca cerah berlimpah.

Tapi ini juga berarti cuaca menjadi sangat dingin di musim dingin. Meskipun dimungkinkan untuk mengemudi di sini melalui Alaska Highway, terbang jelas jauh lebih cepat. Bandara Fairbanks memiliki koneksi ke Anchorage dan Seattle.

Baca Juga: 7 Tempat Terbaik untuk Melihat Gerhana Bulan Bersama Si Kecil

3. Tromso, Norwegia

Tromso, Norwegia

Foto: seetheaurora.com

Tromso adalah kota terbesar di atas lingkaran Arktik di luar Rusia. Terletak di sebuah pulau, dikelilingi oleh pegunungan dan fjord yang indah dengan populasi 75.000 orang. Ada banyak wisata cahaya utara yang dapat dipilih, dan Tromso juga merupakan tujuan pelayaran yang populer.

Bandara ini menawarkan koneksi ke beberapa kota Eropa lainnya. Bepergian ke sana dengan mobil atau kereta api dan bus juga merupakan pilihan, tetapi perjalanannya jauh lebih lama. Norwegia memang cenderung menjadi negara yang mahal untuk dikunjungi, tetapi Moms atau Dads mungkin dapat menemukan beberapa penawaran jika memesan cukup jauh sebelumnya.

Matahari tidak terbit antara 26 November dan 15 Januari. Kelemahan dari kota sebesar ini adalah banyak polusi cahaya. Jadi, mungkin ingin memesan tur, atau menyewa mobil dan meninggalkan kota untuk mendapatkan pemandangan langit terbaik.

4. Churchill, Manitoba, Kanada

Churchill, Manitoba, Kanada

Foto: seetheaurora.com

Churchill adalah desa kecil berpenduduk 900 orang yang terletak di Teluk Hudson di Manitoba utara. Ini dikenal sebagai "Ibukota Beruang Kutub Dunia", tetapi juga merupakan tempat yang sangat baik untuk melihat aurora.

Churchill melihat sejumlah besar malam yang cerah serta suhu yang sangat dingin. Mengunjungi memang cenderung mahal karena penerbangan mahal dan akomodasi terbatas untuk dipilih. Tidak ada jalan menuju Churchill.

Tetapi mulai Desember 2018, bepergian dengan kereta api sekali lagi menjadi pilihan dari Winnipeg atau Thompson. Karena lokasinya yang sangat terpencil, polusi cahaya sangat minim.

Baca Juga: Yu, Intip 13 Lokasi Negeri di Atas Awan Terbaik di Indonesia!

5. Yellowknife, Wilayah Barat Laut, Kanada

Yellowknife, Wilayah Barat Laut, Kanada

Foto: seetheaurora.com

Yellowknife adalah tempat bagus lainnya di Kanada untuk melihat aurora. Terletak di tepi Great Slave Lake di Northwest Territories. Meskipun dapat dicapai dengan mobil, jaraknya jauh dari sebagian besar tempat sehingga mungkin lebih baik untuk terbang ke sana.

Dengan populasi 19.569, polusi cahaya tidak terlalu buruk. Tapi mengemudi ke luar kota masih merupakan pilihan untuk ke lokasi terbaik melihat aurora di sini.

Ingraham Trail di sebelah timur adalah perjalanan berpemandangan indah yang mengarah ke danau, sungai, dan air terjun yang memberikan banyak kesempatan berfoto. Kunjungi juga area melihat Aurora Village. Iklim yang dingin dan kering di Yellowknife adalah salah satu yang terbaik dengan kemungkinan langit cerah yang tinggi.

6. Nuuk, Greenland

Nuuk, Greenland

Foto: seetheaurora.com

Wilayah Greenland Denmark adalah salah satu tempat paling unik yang dapat Moms dan Dads kunjungi untuk lokasi terbaik melihat aurora. Nuuk adalah pulau terbesar di dunia, tetapi 75 persen darinya ditutupi oleh lapisan es sehingga semua kota dapat ditemukan di sepanjang pantai.

Dengan populasi hanya 56.000, itu adalah wilayah berpenduduk paling sedikit di dunia yang membuat polusi cahaya tidak menjadi masalah. Dengan gletser dan gunung es, pegunungan dan fjord, Greenland tidak kekurangan pemandangan. Sayangnya penerbangan di sini cukup mahal, dengan koneksi dari Kopenhagen atau Reykjavik.

Nuuk adalah ibu kota dan kota terbesar, tetapi kota-kota lain (dengan harga tiket pesawat yang sama) yang mungkin ingin kalian kunjungi termasuk Kangerlussuaq, Ilulissat, atau Kulusuk. Tidak ada jalan yang menghubungkan desa, tetapi naik feri adalah pilihan.

Greenland umumnya memiliki iklim yang jelas dan kering terutama dibandingkan dengan negara tetangga Islandia.

Baca Juga: 5 'Tempat Gaul' untuk Bayi Agar Tak Mudah Bosan

7. Reykjavik, Islandia

Reykjavik, Islandia

Foto: seetheaurora.com

Pantai, gunung, gletser, air terjun adalah alasan mengapa pariwisata ke Islandia meledak dalam beberapa tahun terakhir. Dengan gunung berapi dan gletser, pantai dan fjord, mata air panas dan air terjun, Islandia adalah negara yang indah. Banyak maskapai murah sekarang menawarkan penerbangan murah ke Reykjavik.

Sejauh polusi cahaya terjadi, Moms dan Dads akan ingin menghindari Wilayah Ibu Kota, karena merupakan rumah bagi lebih dari 60 persen populasi. Tetapi jika kalian menyewa mobil, ada jaringan jalan yang bagus di seluruh pulau sehingga mudah untuk berkeliling.

Ada juga banyak wisata cahaya utara yang tersedia. Makanan dan akomodasi bisa mahal. Tetapi kalian dapat menghemat uang dengan membeli dari toko kelontong dan tinggal di perkemahan yang dapat ditemukan di sebagian besar kota kecil.

Itu dia beberapa lokasi terbaik melihat aurora yang bisa masuk ke bucket list liburan Moms dan Dads!

  • https://www.space.com/15139-northern-lights-auroras-earth-facts-sdcmp.html
  • https://www.rmg.co.uk/stories/topics/what-causes-northern-lights-aurora-borealis-explained
  • https://www.aurorahunter.com/what-are-the-northern-lights.html
  • https://www.theaurorazone.com/about-the-aurora/about-the-aurora
  • https://www.nationalgeographic.com/travel/article/7-aurora-destinations
  • https://seetheaurora.com/10-best-places-in-the-world-to-see-the-aurora
  • https://www.nordicvisitor.com/blog/best-times-places-northern-lights-europe/
  • https://spaceplace.nasa.gov/aurora/en/
  • https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/aurora/
  • https://www.britannica.com/science/aurora-atmospheric-phenomenon
  • https://www.forbes.com/sites/laurabegleybloom/2020/12/30/best-places-to-see-the-northern-lights-in-2020/?sh=5d0445aa77d7
  • https://www.nationalgeographic.com/science/article/auroras-heavenly-lights
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait