Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Jalan-jalan | Apr 26, 2018

Luar Biasa! 4 Bekas Tambang Ini Disulap Jadi Destinasi Cantik untuk Wisata

Bagikan


Bekas tambang. Mendengarnya saja kita sudah membayangkan suatu lokasi yang bentuknya mungkin tak karuan malah cenderung berantakan dan merusak alam. Tapi, yang luar biasa, beberapa bekas tambang ini justru disulap jadi destinasi cantik untuk wisata, lho.

Pasti kita tak menyangka bahwa 4 tempat ini dulunya bekas pertambangan. Penasaran? Yuk, kita lihat satu per satu.

Tebing Breksi

Tebing Breksi

Moms mungkin pernah mendengar tentang wisata Tebing Breksi yang dibuka 3 tahun silam ini di Yogyakarta.

Di bekas pertambangan ini dibangun tempat wisata cantik berbentuk amphitheatre yang terdapat tempat duduk dari batu tertata rapi yang melingkari sebuah panggung alam beralaskan rumput hijau dimana biasanya digunakan sebagai pertunjukan ataupun drama.

Tak hanya itu, di atas tebing breksi ini Moms juga bisa melihat jalur landasan penerbangan Bandara Internasional Adi Sutjipto. Tampak pula Situs Ratu Boko dan Candi Prambanan yang megah. Ditambah juga pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu. Tebing Breksi ini hanya berjarak sejauh 7 Km dari Candi Prambanan dan letaknya sebelum Candi Ijo.

Fasilitas yang disediakan di Tebing Breksi ini diantaranya tempat istirahat berupa warung-warung yang didirikan oleh penduduk setempat, Masjid dan tempat parkir yang aman. Ada juga jajanan ringan seperti cilok dijajakan di sekitar parkiran.

Baca Juga : 5 Restoran Bandung dengan Night View yang Mengagumkan


Bukit Daun

bukit daun

Foto : media indonesia

Bukit Daun, tempat wisata yang memanfaatkan lahan pasca tambang ini berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek. Butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Taman yang sangat rindang dan sejuk ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata untuk melepas penat atau sekadar melihat pemandangan yang bisa dinikmati keluarga.

Tak hanya itu, taman ini juga memiliki sepuluh tanaman langka yang jarang dijumpai. Seperti kawista, damar, gaharu, ulin, duwet, kurma, dan tanaman jenis obat-obatan yang memang khusus ditanam di lahan tersebut. 

Fasilitasnya juga lengkap antara lain tempat parkir yang luas, toilet, dan sejumlah spot foto yang menarik untuk diunggah di media sosial Moms.

Baca Juga : Ini 6 Tips Memilih Destinasi Wisata Ramah Bayi

Aik Rusa Berehun 

aik rusa berehun

Foto : belitungisland.com

Salah satu destinasi wisata di Belitung yang kini semakin dilirik adalah Aik Rusa Berehun. Taman yang dilengkapi danau ini dulunya adalah bekas tambang timah yang tidak terawat.

Dengan dana desa yang ada, bekas tambang ini disulap jadi beberapa saung di pinggir danau. Wisatawan bisa menikmati alam sekaligus kuliner khas daerah tersebut. Desa Terong ini sebenarnya mempunyai empat destinasi wisata.

Selain bekas tambang atau Aik Rusa Berehun, masih ada lagi Bukit Tebalu, kawasan hutan serta mangrove. Tak hanya itu, di sini, wisatawan bisa sekaligus berkebun atau agrowisata dan juga ada jalur hiking dan tracking bagi wisatawan.

Bidang agrowisatanya pun diolah menjadi produk berdaya saing. Salah satunya adalah mengolah sawi menjadi keripik sawi gurih serta kue bolu sawi.

Baca Juga : Tak Harus Mahal Kok, Ini 6 Tips Hemat Traveling Bersama Anak-Anak

Salina Turda

salina turda

Sekarang mari kita intip destinasi wisata mancanegara, Rumania berhasil membuat terobosan baru, yakni sebuah taman rekreasi yang dibangun di perut bumi, lho. Salina Turda sangatlah indah karena memanfaatkan lahan bekas tambang garam.

Ternyata sejak tahun 1992 bekas tambang ini menjadi semacam rekreasi yang dilengkapi dengan berbagai pilihan wahana bermain diantaranya lapangan golf mini, arena bowling, biliar, amfiteater, museum, danau buatan hingga bianglala setinggi 20 meter, yang disebut dengan Big Wheel.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pemandangan gua tambang raksasa dari ketinggian.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.