Kesehatan Umum

4 Agustus 2021

Lucid Dream: Ciri, Keuntungan dan Cara Memimpikannya

Mimpi tapi sadar? Itulah yang dinamakan lucid dream
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Pernahkah Moms mulai bermimpi dan tiba-tiba menyadari bahwa sedang bermimpi? Pernahkah Moms berhasil mendapatkan kendali atas narasi mimpi tersebut? Jika jawaban untuk salah satu dari ini adalah "ya", maka Moms telah mengalami apa yang disebut lucid dream.

Melansir Very Well Mind, lucid dream terjadi ketika seseorang sedang tidur tetapi sadar bahwa mereka sedang bermimpi.

Dalam keadaan tersebut, seseorang dapat mengendalikan narasi mimpi mereka sampai tingkat tertentu, dan pada dasarnya membimbing dan mengarahkan jalannya mimpi mereka sendiri.

Tidak seperti yang diyakini banyak orang, fenomena lucid dream sebenarnya tidak berkaitan dengan fenomena gaib atau hal mistis tertentu.

Nah Moms, berikut ini adalah serba-serbi seputar lucid dream yang menarik untuk kita simak.

Baca Juga: Cara Menenangkan Balita yang Bermimpi Buruk

Ciri-Ciri Lucid Dream

mimpi sadar

Foto: quora.com

Selain Moms mengetahui kalau Moms sedang bermimpi, sebenarnya ada banyak tanda lainnya yang menunjukkan kalau mimpi tersebut termasuk lucid dream. Dilansir dari World of Lucid Dream, ada beberapa ciri-ciri lucid dream.

1. Ingat tentang Mimpi

Banyak orang yang bermimpi, tetapi lantas lupa ketika sudah terbangun. Berbeda dengan lucid dream, biasanya Moms akan ingat dengan jelas mimpi yang baru saja Moms alami.

2. Kamu Bisa Mengontrolnya

Mimpi biasanya bunga tidur yang akan membawamu mengikuti jalan cerita tak nyata. Biasanya, mimpi tidak bisa dikontrol. Namun, salah satu ciri lucid dream adalah Moms bisa mengontrolnya dengan baik. Bahkan, Moms bisa mengontrol kapan Moms ingin bangun dari tidur atau pun tetap berada dalam mimpi tersebut.

Keuntungan dari Lucid Dream

lucid dream.jpg

Foto: greatist.com

Sebagian ahli memercayai bahwa fenomena lucid dream berkaitan dengan aktivitas pada area kortikal pada otak bagian depan (prefrontal cortex).

Namun, perlu menjadi catatan bahwa kejadian dalam lucid dream belum tentu masuk akal. Seperti mimpi lainnya, Moms bisa melakukan hal-hal yang tidak mungkin terjadi pada dunia nyata atau bertemu dengan orang-orang yang tak terduga.

Melansir WebMD, ternyata ada manfaat kesehatan dari lucid dream lho, Moms. Apa sajakah itu? Yuk disimak penjelasannya.

1 Mengurangi Kecemasan

Rasa kontrol yang Moms rasakan selama lucid dream mungkin tetap ada dan membuat Moms merasa kuat.

Saat sadar bahwa sedang bermimpi, serta bisa membentuk cerita dan akhir ceritanya, hal ini mungkin berfungsi sebagai terapi bagi orang-orang yang mengalami mimpi buruk, mengajari mereka cara mengendalikan mimpi mereka, dan dalam beberapa kasus bisa mengurangi kecemasan.

2. Keterampilan motorik yang lebih baik

Studi terbatas menunjukkan bahwa mungkin untuk meningkatkan hal-hal sederhana seperti mengetuk jari lebih cepat dengan "berlatih" selama mengalami lucid dream.

Bagian yang sama dari otak menjadi aktif karena Moms dapat membayangkan gerakan saat terjaga atau menjalankannya selama lucid dream.

Baca Juga: Sering Mimpi saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya!

3. Lebih kreatif

Beberapa orang yang menjadi bagian dalam studi lucid dream, mengaku bahwa mampu memunculkan ide atau wawasan baru lebih cepat dan terkadang dengan bantuan karakter dalam mimpi mereka.

Cara Mendapatkan Lucid Dream

lucid dreams.jpg

Foto: pinterest.com

Teknik lucid dream dapat melatih pikiran untuk memerhatikan kesadaran diri sendiri. Ini membuat beberapa orang mengikuti langkah berikut ini agar bisa mengalami lucid dream.

Moms juga ingin merasakan pengalaman lucid dream? Berikut langkahnya dikutip dari Healthline.

1. Pengujian realitas

Pengujian realitas, atau pengecekan realitas, adalah bentuk pelatihan mental. Ini meningkatkan metakognisi dengan melatih pikiran untuk memperhatikan kesadaran Anda sendiri.

Menurut Cognitive Neuropsychiatry, tingkat metakognisi serupa dalam keadaan terjaga dan bermimpi. Jadi, metakognisi yang lebih tinggi saat tubuh bangun dapat menyebabkan metakognisi yang lebih tinggi saat sedang bermimpi.

Ada beberapa cara untuk melakukan  percobaan realitas, berikut diantaranya:

  • Ceriman, jika bermimpi refleksi tidak akan tampak normal.
  • Cubit hidung. Jika berada dalam mimpi Moms akan tetap bisa bernafas meski hidungmu di pencet.
  • Bacaan, cobalah mengalihkan pandangan dari teks bacaan, kemudian lihat kembali. jika berada dalam mimpi, teks tersebut akan berubah.
  • Pilih salah satu percobaan realitas dan praktekan selama beberapa kali sehari. Jangan ragu untuk bereksperimen dalam percobaan realitas ini. dengan begitu, Moms akan menemukan cara melakukan lucid dream termudah dan paling tepat untuk membedakan dunia nyata dan mimpi.

2. REM Sleep

Lucid dream hanya akan terjadi saat kamu mengalami REM Sleep (rapid eye movement).

Maka dari itu Moms harus mengalami REM Sleep dengan cara:

  • Tidur cukup dan berkualitas dapat meningkatkan kemungkinan mengalami REM Sleep.
  • Atur jadwal tidur
  • Olahraga secara rutin
  • Jangan bermain alat elektronik sebelum tidur
  • Ciptakan Suasana yang nyaman di kamar kost
  • Hindari mengkonsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur.

Baca Juga: Benarkah Balita Bisa Mimpi Buruk? Ini Dia Fakta dan Penyebabnya!

3. Wake Back to Bed (WBTB)

Wake back to bed (WBTB) melibatkan memasuki REM sleep saat Moms masih sadar.

Cara untuk WBTB:

  • Setel alarm selama lima jam setelah waktu tidur.
  • Pergi tidur seperti biasa.
  • Saat alarm berbunyi, tetap terjaga selama 30 menit. Nikmati aktivitas yang tenang seperti membaca.
  • Kembali tertidur.
  • Saat kembali tidur, kemungkinan besar Moms akan mengalami lucid dream. Saat terjaga, pilih aktivitas apa pun yang membutuhkan kewaspadaan penuh.

Baca Juga: Ini Nih 8 Mimpi yang Jadi Pertanda Akan dapat Rezeki Melimpah

Demikian Moms informasi seputar lucid dream yang ternyata memiliki manfaat. Bagaimana, tertarik mencoba?

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323077#techniques
  • https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/how-to-lucid-dream#how-to-lucid-dream
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4160044/
  • https://www.verywellmind.com/what-is-a-lucid-dream-5077887
  • https://www.webmd.com/sleep-disorders/lucid-dreams-overview
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait