Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Bermain dan Belajar | Nov 30, 2018

Main ke Peternakan, Yuk! Ada Banyak Manfaatnya untuk Balita, Lho

Bagikan


Main ke Peternakan, Yuk! Ada Banyak Manfaatnya untuk Balita, Lho

Belakangan tempat wisata dan bermain dengan nuansa peternakan semakin menjamur, ya, Moms. Bukan tanpa sebab, karena ternyata manfaat balita main ke peternakan itu banyak sekali lho, Moms.

Selain menawarkan keseruan dan pengalaman baru, seperti halnya anak belajar mengenal hewan. Rupanya bermain ke peternakan bersama balita punya sejumlah manfaat baik lainnya.

Apa saja?

1. Stimulasi Sensori

Bagi balita yang masih banyak belajar dan menyerap informasi melalui panca indera, bermain ke peternakan dapat memberikan banyak variasi stimulasi sensori. Mulai dari tekstur bulu hewan, aroma rumput dan pakan ternak, suara hewan ternak, dan masih banyak lagi.

Yang penting jangan lupa bawa sabun atau cairan pembersih yang mengandung anti bakteri ya, Moms.

Supaya Si Kecil bebas menjelajah dan berpetualang di peternakan tapi tetap terlindung dari kuman penyebab penyakit.

2. Mendorong Aktivitas Motorik

Bisa bayangkan bagaimana serunya memanjat tumpukan jerami, berlarian di sekitar kandang hewan ternak, atau berusaha menangkap ayam di peternakan kan, Moms?

Walau terlihat seperti bermain, semua aktivitas fisik tadi sangat baik untuk mendorong aktivitas motorik kasar balita.

Tidak ketinggalan, motorik halus balita juga akan ikut terasah saat dia memberi makan hewan ternak maupun saat memetik buah atau bunga yang ada di sekitar peternakan.

3. Mengurangi Stress

Beraktivitas di area peternakan luar ruangan yang menyatu dengan alam itu baik sekali untuk meningkatkan mood dan mengurangi stress balita lho, Moms.

Ini sesuai dengan hasil studi yang dilansir dalam jurnal ScienceDirect, yang menyatakan bahwa menghabiskan waktu sebentar untuk beraktivitas di tengah alam akan mengurangi tingkat stress sebanyak 28 persen. Dijamin berlaku untuk Moms dan Dads juga, lho!

4. Mengenalkan Ilmu Alam

Saat berinteraksi langsung dengan kehidupan peternakan, secara tidak langsung balita juga berkenalan dengan berbagai cabang ilmu alam, seperti botani (ilmu tentang tanaman) dan zoologi (ilmu tentang hewan).

Supaya manfaat balita main ke peternakan semakin terasa, tidak ada salahnya Moms memberikan penjelasan sederhana yang berhubungan dengan situasi yang dilihatnya, seperti siklus kehidupan hewan, jenis makanan yang cocok untuk hewan, cara hewan berinteraksi, dan sebagainya.

5. Menanamkan Kecintaan pada Alam

Di peternakan, balita dapat melihat langsung bagaimana manusia, tumbuhan, dan hewan sebenarnya adalah bagian tidak terpisahkan dari alam yang saling bergantung satu sama lain lho, Moms.

Bermain ke peternakan menjadi waktu yang pas untuk membangun hubungan positif antara anak dengan alam, sehingga di masa depan dia bisa menjalankan kehidupan yang ramah lingkungan.

Siapa lagi yang akan mengajarkan anak untuk mencintai alam kalau bukan Moms, kan? 

Supaya pengalaman balita semakin lengkap, boleh juga kalau dilanjutkan dengan berkunjung ke lahan pertanian atau perkebunan lho, Moms.

Bagaimana menurut Moms, apa ada lagi manfaat balita main ke peternakan yang belum disebutkan di atas?

(WA)

Sumber : beginningfarmers.org, garden-play.com, skilledatlife.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.