Kesehatan

KESEHATAN
9 September 2020

5 Buah untuk Bantu Redakan Radang Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Tak hanya kaya akan kandungan nutrisi lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat Moms atau anggota keluarga yang lain sedang radang tenggorokan, menelan pasti jadi terasa sulit dan menyakitkan. Ketika radang tenggorokan menyerang, maka kita harus paham betul makanan apa saja yang perlu dikonsumsi untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini.

Jangan sampai karena radang tenggorokan, Moms malah tidak berselera makan. Pasalnya tubuh tetap membutuhkan nutrisi untuk membantu mempercepat kesembuhan.

Dengan makan dan minum yang benar, maka ini juga bisa mengurangi rasa sakit sakit tenggorokan dan bahkan dapat mempercepat proses pemulihan. Selain itu, ada juga beberapa jenis buah untuk radang tenggorokan yang bisa Moms coba nih. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: Meredakan Radang Tenggorokan, Coba 8 Makanan Ini!

Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

Secara umum, buah yang lembut dan yang sangat mudah ditelan biasanya aman dikonsumsi saat radang tenggorokan. Buah dengan tekstur yang lembut akan membantu membatasi jumlah iritasi pada tenggorokan. Beberapa jenis buah untuk radang tenggorokan yang bisa dicoba antara lain:

1. Delima

Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

Foto: cdnparenting.com

Dikutip dari National Center for Complementary and Integrative Health, nutrisi dalam jus delima dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan. Buah dengan nama ilmiah Punica granatum ini dilaporkan telah membantu memulihkan peradangan dengan cara diberikan dalam bentuk jus sebanyak tiga kali seminggu selama setahun.

Mereka yang mengonsumsi jus delima dengan rutin pun mengalami lebih sedikit memiliki tanda peradangan, dibandingkan dengan mereka yang tidak diberikan jus delima. Buah ini juga dilaporkan sangat baik untuk membantu mengontrol plak gigi, bahkan memperbaiki beberapa tanda penyakit jantung.

2. Pisang

Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

Foto: indianexpress.com

Buah ini juga menjadi salah satu buah andalan untuk radang tenggorokan karena teksturnya lembut. Tak hanya dimakan langsung, buah ini juga nikmat untuk dijadikan jus atau dimakan dalam kondisi dingin. Nilai gizinya di dalam buah pisang juga sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

3. Alpukat

Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

Foto: foodrevolution.org

Buah untuk radang tenggorokan yang selanjutnya adalah alpukat. Teksturnya sangat lembut dan nikmat untuk dikonsumsi. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan memiliki antioksidan tinggi. Dengan begitu, buah ini akan meredam respons peradangan tubuh.

Sifat anti-inflamasi dari alpukat ini bahkan bisa mengimbangi pilihan makanan yang kurang sehat. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus , mengonsumsinya langsung, atau menambahkan susu kental manis atau gula untuk menambah rasanya.

3. Buah Naga

Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

Foto: eatingrichly.com

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit pada tubuh. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Antioksidan dalam buah naga akan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Dikutip dari National Library of Medicine, buah dengan nama latin Stenocereus pruinosus ini juga mengandung beberapa jenis antioksidan yang kuat, seperti Vitamin C, betalains, dan karotenoid seperti beta-karoten dan likopen.

Mau dibuat jus atau dimakan langsung, buah ini sangat nyaman untuk dimakan dan pastinya memberikan nutrisi yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan.

4. Pepaya

Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

Foto: draxe.com

Buah yang baik untuk radang tenggorokan selanjutnya adalah pepaya. Ini karena tekstur buah pepaya juga lembut sehingga mudah ditelan. Buah pepaya juga memiliki antioksidan tinggi dan membantu mengurangi penanda peradangan pada tubuh.

Buah pepaya juga dapat dengan mudah Moms dapatkan di pasar atau swalayan dengan harga yang sangat terjangkau. Moms bisa membuatnya menjadi jus atau mengonsumsinya langsung.

Baca Juga: 8 Obat Alami yang Mujarab Atasi Radang Tenggorokan

Jenis Makanan Lain yang Baik untuk Atasi Radang Tenggorokan

Tak hanya buah-buahan di atas yang baik untuk atasi radang tenggorokan, ada beberapa jenis makanan lain yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan. Makanan tersebut antara lain:

  • Makanan Beku. Es loli atau buah yang dibekukan juga efektif untuk membantu menenangkan tenggorokan yang terasa sakit.
  • Sup Ayam. Sayuran rebus dan ayam dalam sup ayam juga memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu membersihkan saluran udara. Dengan begitu, konsumsi sup ayam selagi hangat dapat membuat tenggorokan nyaman dan mengurangi gejala sakit tenggorokan.
  • Kunyit. Banyak orang yang kini telah menggunakan rempah ini sebagai teh atau dalam campuran herbal berbasis susu. Kunyit juga memiliki sifat penyembuhan, antiseptik, dan anti-inflamasi sehingga cocok dikonsumsi saat Moms atau anggota keluarga yang lain sedang sakit tenggorokan.
  • Madu. Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu melawan infeksi dan membantu penyembuhan luka. Namun, madu sebaiknya tidak diberikan pada anak dengan usia dibawah satu tahun. Ini karena mengonsumsi madu bisa sebabkan bayi alami botulisme.
  • Jahe. Rempah satu ini juga kini tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk teh dan bubuk. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan. Kamu bisa membuat teh jahe dengan merebus sesendok jahe segar cincang dalam setengah liter air. Tambahkan lebih banyak jahe untuk rasa yang lebih kuat.
  • Teh. Teh hangat juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Dikutip dari U.S. National Library of Medicine, berkumur larutan teh hijau juga efektif meredakan sakit tenggorokan setelah operasi. Ini karena teh tidak mengandung bahan berbahaya dan memiliki sifat anti-inflamasi.
  • Smoothie dan Yogurt. Makanan lembut ini biasanya terbuat dari beberapa campuran buah dan sayur yang sehat sehingga membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk penyembuhan sekaligus meredakan sakit tenggorokan.
  • Telur Orak-Arik. Telur adalah sumber protein yang baik, yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Telur orak-arik biasanya cukup lembut untuk ditoleransi oleh tenggorokan yang meradang.

Baca Juga: 7 Teh Terbaik untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Hindari Makanan Ini Saat Radang Tenggorokan

Hindari Makanan Ini Saat Radang Tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Moms atau anggota keluarga yang sedang radang tenggorokan juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang dapat membuat tenggorokan semakin iritasi atau makanan yang sulit ditelan. Beberapa makanan tersebut misalnya:

  • Biskuit
  • Roti kering
  • Bumbu atau saus pedas
  • Soda
  • Kopi
  • Alkohol
  • Makanan ringan kering, seperti keripik kentang, pretzel, atau popcorn
  • Sayuran segar dan mentah
  • Buah-buahan asam, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, tomat, dan anggur.

Pada beberapa orang, susu dapat menebal atau meningkatkan produksi lendir, jadi ia memungkinkan seseorang lebih sering berdeham. Alhasil, susu bisa memperparah sakit tenggorokan.

Kapan Radang Tenggorokan Harus Diperiksakan ke Dokter?

Kapan Radang Teggorokan Harus Diperiksakan ke Dokter?

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Medical News Today, radang tenggorokan dapat terjadi karena berbagai alasan, mulai dari flu biasa hingga infeksi mono, herpes, atau HIV. Untuk radang tenggorokan yang ringan, ia biasanya bisa hilang setelah beberapa hari.

Namun, Moms atau anggota keluarga yang sakit perlu mengunjungi dokter jika sakit tenggorokan berlangsung selama enam hari atau lebih. Atau saat mereka mengalami demam dan beberapa gejala lainnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa gejala sakit tenggorokan berdasarkan penyebabnya:

Radang Tenggorokan Akibat Virus

Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, seseorang biasanya dapat mengobatinya dengan pengobatan rumahan. Selain sakit tenggorokan, gejalanya sering kali meliputi:

  • Batuk
  • Pilek
  • Suara yang serak
  • Mata merah muda
  • Sakit tenggorokan karena alergi

Jika alergen atau polutan, seperti asap, menyebabkan sakit tenggorokan, pilihan terbaik adalah menghindari pemicunya jika memungkinkan.

Radang Tenggorokan Akibat Bakteri

Sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri umumnya membutuhkan perawatan medis. Beberapa kasus disebabkan oleh radang tenggorokan, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A.

Radang tenggorokan jenis ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti infeksi amandel dan sinus, demam rematik, atau bentuk penyakit ginjal yang disebut glomerulonefritis. Sulit untuk mengetahui apakah sakit tenggorokan menimbulkan risiko lebih lanjut atau tidak.

Namun, karena risiko komplikasi, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mengatasi radang tenggorokan.

Berikut ini adalah gejala umum radang tenggorokan akibat bakteri:

  • Sakit, sakit tenggorokan
  • Demam ringan yang tak kunjung hilang
  • Demam tinggi
  • Kesulitan menelan
  • Tidak adanya batuk
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Amandel yang meradang, dengan bercak putih atau nanah
  • Muncul bintik-bintik merah kecil di atap mulut

Semakin banyak gejala seseorang, semakin besar kemungkinan mereka menderita radang tenggorokan yang tidak biasa dan perlu ditangani oleh tenaga medis profesional.

Baca Juga: A-Z Radang Tenggorokan pada Ibu dan Anak

Itulah beberapa buah untuk radang tenggorokan, pantangan makanan dan beberapa informasi tambahan tentang radang tenggorokan. Ingat, Moms tak boleh menyepelekan kondisi ini, pasalnya jika radang tenggorokan yang tak diobati dengan benar bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Artikel Terkait