Kesehatan

30 November 2019

Suka Makan Cabai Bikin Usus Buntu? Mitos atau Fakta?

Sebelum mempercayai cerita yang beredar di masyarakat, ketahui dulu penyebab usus buntu berikut ini Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms mungkin pernah mendengar jika makan cabai bikin usus buntu. Sebenarnya cerita itu hanya mitos masyarakat atau fakta ya?

Usus buntu atau umbai cacing adalah kantong kecil berbentuk jari yang terletak di sisi kanan perut, terhubung ke usus besar.

Sedangkan radang usus buntu atau yang lebih dikenal dengan istilah ilmiah apendisitis adalah suatu kondisi di mana usus buntu menjadi bengkak, meradang, dan dipenuhi dengan nanah. Hal ini dapat membuat usus buntu menjadi pecah.

Usus buntu yang pecah dapat menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Maka dari itu sebelum meradang, bernanah, dan pecah, radang usus buntu perlu segera diobati, biasanya dengan pembedahan.

Mayo Clinic menyebutkan Moms tidak dapat benar-benar mencegah radang usus buntu. Mengonsumsi makanan pedas juga bukan penyebab usus buntu menjadi pecah.

Baca Juga: Walau Tidak Suka Pedas, Bisakah Seseorang Mengalami Usus Buntu?

Penyebab Radang Usus Buntu

cabai bikin usus buntu

Sebelum mengaitkan hubungan cabai dengan usus buntu, mari kita cari tahu dulu apa penyebab utama usus buntu. Berikut Orami rangkum 6 hal yang dapat menjadi penyebab usus buntu:

1. Terserang Infeksi di Saluran Pencernaan

Infeksi saluran cerna ini disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau cacing yang bernama Enterobius vermiculari.

Cacing ini kemudian menyebar ke bagian usus buntu dan menyumbat bagian rongga usus. Penyumbatan ini bisa bersifat sebagian atau menutupi seluruh bagian

2. Genetik

Faktor genetik atau keturunan juga menjadi salah satu faktor terjadinya usus buntu. Ketika salah satu di antara kedua orang tua pernah mengalami usus buntu kemungkinan besar akan berdampak pada keturunannya.

Risiko seorang anak terjangkit usus buntu meningkat sepuluh kali lipat jika orang tuanya memiliki usus buntu, dibandingkan dengan anak yang tak punya ikatan darah usus buntu.

Baca Juga: 6 Fakta Usus Buntu yang Tidak Banyak Diketahui

3. Feses yang Menumpuk

Feses yang menumpuk akan jadi rumah baru bagi bakteri. Lama kelamaan jika kita biarkan hal itu bisa mengakibatkan masalah besar, yaitu pembengkakan, peradangan usus buntu .

4. Trauma atau Cedera pada Perut

Cedera atau trauma yang pernah dialami oleh perut bisa juga mengakibatkan rongga usus bermasalah.

Bisa karena cedera setelah operasi caesar, atau terluka karena alasan lain. Sehingga menyebabkan infeksi pada bagian jaringan dinding usus buntu atau di bagian tubuh lainnya.

Benarkah Cabai Bikin Usus Buntu?

cabai bikin usus buntu

“Apendisitis kronis adalah suatu penyakit yang menjadi kontroversial karena sering salah didiagnosis,” ungkap ahli radiologi David Kim dari University of Wisconsin di Madison.

“Spesialis biasanya mempertimbangkan radang usus buntu kronis seperti Monster of Loch Ness , sesuatu yang ada di luar sana, tetapi tidak ada yang melihatnya dengan benar," kata Ran Goldman, seorang dokter darurat pediatri di University of British Columbia dan Rumah Sakit Anak BC, yang telah ikut menulis sebuah studi tentang radang usus buntu kronis pada anak-anak.

Berdasarkan hal tersebut maka banyak sekali ilmuwan dan tim dokter di seluruh dunia seringkali menyebutkan tidak ada penyebab pasti dari radang usus buntu. Sehingga banyak spekulasi terkait penyebab radang usus buntu, salah satunya adalah cabai yang memicu usus buntu.

Namun, Moms tidak perlu khawatir jika menyukai makanan pedas atau cabai. Selama Moms tidak berlebihan dan mengunyah makanan dengan baik, maka makan cabai tidak akan menyebabkan usus buntu.

Baca Juga: Nyeri Perut Mendadak, Bisa Jadi Gejala Usus Buntu

Seperti yang dijelaskan di atas, tidak ada satupun penelitian yang bisa memastikan jika makan cabai atau sesuatu yang banyak bijinya menyebabkan usus buntu.

Dilansir dari American Academy of Family Physicians, beberapa gejala usus buntu yang harus diwaspadai antaranya:

  • Sakit di bagian kanan perut
  • Pembengkakan di perut
  • Hilang nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Sembelit atau diare
  • Susah buang angin
  • Demam

Rutin cek kesehatan secara berkala agar Moms dan keluarga dapat terhindar dari usus buntu maupun penyakit lainnya ya.

(DH)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait