Kesehatan

KESEHATAN
16 November 2020

6 Manfaat Granola untuk Diet, Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Bisa dijadikan makanan dan camilan sehat juga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Beberapa waktu lalu, makanan yang satu ini sempat booming di kalangan masyarakat, yaitu granola. Makanan ini digadang-gadang sebagai makanan sehat dan baik untuk diet. Sehingga, tak heran banyak orang yang mencari makanan yang satu ini.

Granola sendiri merupakan sereal sarapan yang dibuat dari gandum murni, beberapa kacang atau biji dan buah kering.

Namun, muncul sebuah isu bahwa granola kurang baik bagi kesehatan tubuh. Benarkah demikian?

Apa sebenarnya manfaat granola untuk kesehatan tubuh kita? Yuk sama-sama kita cek, Moms.

Baca Juga: Yuk Berkreasi Membuat MPASI Sereal dan Buah Untuk Si Kecil!

Manfaat Granola untuk Diet

Makan Granola untuk Kesehatan Tubuh Ini Faktanya!

Foto: hellofresh.com

Granola padat kalori, serta kaya protein, serat, dan mikronutrien. Secara khusus, mungkin menyediakan zat besi, magnesium, seng, tembaga, selenium, vitamin B, dan vitamin E untuk tubuh kita.

Namun, nutrisi di dalamnya sangat bervariasi tergantung pada bahan khusus yang digunakan.

Meskipun hanya ada sedikit penelitian ilmiah tentang granola, bahan-bahan umum, seperti gandum, biji rami, biji chia, dan almond, dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Yuk kita lihat apa saja manfaat granola.

1. Bernutrisi dan Mengandung Serat Tinggi

Kebanyakan granola kaya akan protein dan serat, yang keduanya berkontribusi pada rasa kenyang. Ini menjadi manfaat granola yang pertama. Protein bahkan memengaruhi tingkat hormon kepenuhan penting seperti ghrelin dan GLP-1.

Bahan protein tinggi dalam granola mungkin termasuk kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan kacang mede, dan biji-bijian seperti rami, labu, dan wijen.

Selain itu, dalam jurnal Dietary Fiber and Energy Regulation, makanan berserat tinggi seperti gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian memperlambat pengosongan perut dan meningkatkan waktu pencernaan, yang dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

2. Mudah Dibawa Bepergian

Manfaat granola dikenal lama sebagai makanan utama bagi pejalan kaki dan backpacker, karena mudah disimpan dan disimpan untuk waktu yang lama. Sama seperti campuran jejak, ini memberikan energi dan protein ekstra selama aktivitas ketahanan.

Granola juga dibuat menjadi snack bar, yang lebih mudah untuk dibagikan dan dikemas. Namun, ini cenderung lebih banyak diproses dan sarat dengan tambahan gula, minyak, dan aditif.

Baca Juga: Terapkan 4 Cara Ini untuk Siapkan Camilan Sehat untuk Anak

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Granola cukup tinggi kalori tetapi meski begitu, tetap dianggap sebagai makanan yang sangat membantu dalam hal penurunan berat badan.

Hal ini dikarenakan granola mengandung serat, yang membantu membuat kita merasa kenyang lebih lama. Jika Moms merasa kenyang, maka tentu akan makan lebih sedikit, dan akan mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Manfaat granola ini juga membantu menjaga kadar glukosa darah kita stabil, yang menyebabkan lonjakan insulin. Sebagai informasi, insulin adalah hormon penyimpan lemak sehingga sangat bermanfaat.

Membuat Moms bisa memantau kalori, granola hampir pasti akan membantu kita menurunkan berat badan lebih cepat.

4. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat granola juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Makanan ini mengandung gandum yang menyediakan beta glukan, sejenis serat yang dikenal untuk menurunkan kadar kolesterol total dan jahat dalam tubuh.

Artinya, makan granola bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Memberikan Lemak yang Bermanfaat

Manfaat granola adalah sumber lemak sehat yang baik, yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak yang dikandungnya.

Satu porsi granola memberi kita sekitar 4 gram asam lemak tak jenuh tunggal dan sekitar 4 gram asam lemak tak jenuh ganda. Kedua bentuk lemak ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi peradangan.

Efek ini dapat membantu mencegah atau mengelola penyakit jantung, diabetes, kanker, dan kondisi peradangan. Asam lemak omega-3, sejenis asam lemak tak jenuh ganda, dalam granola sangat penting untuk fungsi otak yang tepat.

6. Sumber Mineral yang Baik

Manfaat granola mengandung hampir setiap mineral penting untuk kesehatan kita. Magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan dan selenium hadir dalam persen tertinggi dari kebutuhan harian kita.

Magnesium berperan dalam lebih dari 300 reaksi enzim di tubuh, termasuk produksi energi, penggunaan kalsium, dan pemeliharaan tulang yang sehat.

Fosfor membantu keseimbangan asam-basa dalam tubuh kita dan produksi beberapa protein. Selenium, seng, tembaga dan mangan, meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh kita, sangat penting untuk pembentukan jaringan ikat, sel darah merah dan tulang.

Mereka juga membantu menjaga kesehatan fungsi sistem kekebalan, saraf dan kardiovaskular; bantuan dalam mengatur tiroid; dan berkontribusi pada penyembuhan yang tepat.

Baca Juga: 9 Makanan Sumber Mineral Esensial untuk Anak

Efek Samping Granola untuk Tubuh

Makan Granola untuk Kesehatan Tubuh Ini Faktanya!

Foto: thepioneerwoman.com

Granola yang terbuat dari gandum murni, beberapa kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering. Moms sudah mengetahui ragam manfaat granola untuk tubuh, khususnya bagi diet.

Lalu, adakah dampak dari mengonsumsi granola?

Menurut Nancy Clark, seorang penasihat nutrisi olahraga dan ahli diet yang berbasis di Boston, granola baik untuk kesehatan.

Oats dipenuhi dengan serat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol, sementara kacang-kacangan memberikan lemak sehat dan buah-buahan kering mengandung kalium, elektrolit yang penting untuk proses tubuh termasuk fungsi sel dan kontraksi otot.

Granola juga dikemas dengan karbohidrat.

"Untuk orang yang aktif, granola terkenal karena menjadi sumber karbohidrat untuk bahan bakar otot dan memberikan energi untuk hari yang sibuk. Biji-bijian sangat baik bagi orang-orang atletik untuk menggerakkan otot," kata Nancy Clark.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah gula atau pemanis yang lengket yang biasa "merekatkan" granola.

"Namun seringkali, bahan-bahan seperti gandum dan kacang-kacangan diikat oleh pemanis lengket," ujar Cynthia Sass, ahli diet yang berbasis di New York dan Los Angeles.

Gula adalah salah satu hal yang harus dihindari. Tak cuma itu, jika kita membeli produk granola, pastikan produk granola tersebut tidak mengandung lemak trans dan rendah dari lemak jenuh.

Banyak varietas granola mencantumkan minyak sawit dan minyak terhidrogenasi pada daftar bahannya.

Bahkan, menurut American Heart Association, minyak dalam granola juga akan meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL sehingga membahakan kesehatan jantung kita.

Baca Juga: Oat, Gandum, dan Granola, Apa Sih Bedanya?

Nah, untuk Moms penggemar granola, berikut cara terbaik untuk bisa menikmati makanan satu ini.

  • Alih-alih menambahkan gula atau memakan produk granola dengan pemanis buatan yang tinggi, kita bisa menambahkan bahan makanan sehat lainnya.
  • Menambahkan susu atau yogurt alami dan buah segar akan membantu membuat sarapan lebih seimbang, dan akan menambah kalsium, protein, vitamin dan mineral. Kita juga dapat mencoba menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis untuk menambah rasa. Cynthia Sass juga merekomendasikan granola ditambah buah segar dengan yogurt atau telur organik untuk menjadi camilan sehat.

Seorang ahli gizi, Nicola Shubrook memberikan tips untuk siapapun yang ingin mencoba granola, yakni cobalah untuk memilih produk dengan kadar gula yang rendah dan selalu baca label nutrisi jika ingin membuat pilihan yang lebih sehat.

"Carilah merek yang memiliki kandungan gandum, kacang-kacangan dan biji yang lebih tinggi karena mereka biasanya lebih tinggi dalam mengisi protein dan serat dan lebih rendah gula dan garam," ujar Nicola.

Sekarang setelah mengetahui berbagai manfaat granola, pasti Moms akan semakin memilih granola sebagai makanan atau camilan dong?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait