Trimester 1

28 Februari 2020

Makan Seafood saat Hamil, Begini Aturannya

Begini aturan makan seafood yang harus dilakukan oleh ibu hamil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, siapa yang tidak suka dengan seafood? Coba sebut saja beberapa makanan seafood yang terkenal seperti ikan, kepiting, udang, kerang, dan cumi-cumi, semua dapat menggugah selera makan, ya?

Ketika Moms hamil, setiap asupan makanan yang dikonsumsi punya pengaruh penting dalam tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Untuk itu, mengonsumsi seafood pun tidak boleh sembarangan lagi. Ada beberapa aturan yang harus Moms patuhi ketika makan seafood saat hamil.

Aturan Makan Seafood saat Hamil

Pertanyaannya, seberapa batasan aman makan seafood saat hamil? Lalu, apakah Moms boleh makan semua jenis seafood saat hamil? Ini ulasannya.

1. Ikan, Seafood yang Baik Dikonsumsi Bumil

Makan Seafood saat Hamil, Begini Aturannya-1.jpg

Foto: todaysparent.com

Ikan adalah salah satu jenis seafood yang baik untuk dikonsumsi saat hamil.

American Pregnancy Association mengungkapkan, wanita yang sedang hamil memang disarankan untuk makan lebih banyak ikan untuk mendapatkan nutrisi penting termasuk omega 3, protein, serta vitamin dan mineral seperti vitamin B6, B12, D.

Ikan juga mengandung zat besi, niasin, kalium, selenium, dan tiamin yang membantu perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Sebagai catatan, pilih ikan yang murni dan kaya nutrisi dengan memerhatikan kebersihannya. Hindari ikan yang memiliki potensi seperti merkuri dan zat-zat berbahaya lainnya.

Natural Resources Defense Council mengungkapkan, jenis-jenis ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi, seperti ikan tenggiri, tuna, hiu, marlin, dan tuna.

Jangan sepelekan paparan merkuri pada ibu hamil. US Environmental Protection Agency memperkirakan, lebih dari 75.000 bayi dilahirkan setiap tahun berisiko alami disabilitas karena paparan merkuri pada ibu mereka.

Untuk itu, lebih baik tanyakan pada dokter kandungan Moms masing-masing tentang jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi saat hamil.

Baca Juga: 3 Manfaat Ikan Lele untuk Ibu Hamil, Sehat Banget!

2. Makan Ikan saat Hamil dalam Keadaan Matang

Makan Seafood saat Hamil, Begini Aturannya-2.jpeg

Foto: sheknows.com

Menurut European Food Safety Authority Scientific Committee merekomendasikan, wanita hamil mengonsumsi 1-4 porsi ikan dalam seminggu.

Pastikan Moms mengonsumsi ikan dalam keadaan matang, ya. Untuk itu, Moms dilarang untuk mengonsumsi sushi yang terbuat dari ikan mentah.

“Sushi yang terbuat dari ikan mentah memiliki risiko parasit dan bakteri yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin terganggu,” ungkap Dr. Darria Long Gillespie, dokter yang berasal dari Georgia.

Selain itu, efek samping makan sushi mentah saat hamil atau kebersihannya yang tidak terjaga, maka dapat berisiko terinfeksi bakteri yang berbahaya.

“Keracunan makanan saat hamil dapat terjadi dan sebabkan infeksi usus dari bakteri termasuk E.coli dan salmonella. Jika terlambat penanganannya, maka dapat berbahaya dan sebabkan dehidrasi, serta membahayakan kehamilan,” ungkap Dr. Adeeti Gupta, ginekolog berasal dari New York.

Baca Juga: 5 Fakta Penting saat Ibu Hamil Makan Ikan

3. Selain Ikan, Bumil Bisa Makan Seafood Ini

Makan Seafood saat Hamil, Begini Aturannya-3.jpg

Foto: momjunction.com

Moms harus mendapatkan nutrisi seimbang dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi.

Seafood yang aman untuk Moms konsumsi saat hamil adalah salmon, sarden, udang, dan ikan kod.

Namun, pastikan Moms mengonsumsi makanan tersebut dalam keadaan matang, ya.

Sebaliknya, Moms disarankan untuk menghindari kerang mentah saat hamil karena dapat memiliki kontaminasi virus, bakteri atau racun lainnya, yang tidak aman untuk bayi Moms.

Selain itu, Moms sebaiknya menghindari beberapa jenis seafood yang dapat memicu keracunan makanan, seperti kepiting, tiram, dan remis.

Baca Juga: Mengapa Makan Ikan Saat Hamil Sangat Dianjurkan? Ini Ulasannya!

Jika terjadi suatu masalah pencernaan sesaat setelah Moms mengonsumsi seafood, bisa segera memeriksakan diri ke dokter.

Ingat, makanan yang dikonsumsi saat hamil harus benar-benar teliti. Jangan lupa juga untuk menyeimbangkan nutrisi dan cukupkan hidrasi tubuh dengan minum air putih secukupnya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait