Balita dan Anak

13 September 2020

5 Manfaat dan Ide Makan Siang Sehat untuk Anak

Dukung kelancaran tumbuh kembang Si Kecil dengan makan siang yang sehat dan seimbang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bukan cuma sarapan, menu makan siang sehat juga rupanya sangat penting untuk mendukung aktivitas Si Kecil lho, Moms.

Menurut rekomendasi dari Victoria’s Department of Health and Human Services, menu makan siang sehat untuk anak sebaiknya terdiri dari berbagai komponen bahan makanan sehat, seperti:

  • Buah potong atau jus buah rendah gula.
  • Sayuran renyah, seperti wortel, brokoli, kol, atau paprika.
  • Sumber protein, seperti daging tanpa lemak, telur, ikan, atau selai kacang.
  • Produk olahan susu rendah lemak, seperti parutan keju, keju lembaran, atau yogurt.
  • Makanan berpati, seperti roti, pasta, biskuit, atau nasi.
  • Air putih.

Manfaat Baik dari Menu Makan Siang Sehat untuk Anak

Nah, inilah berbagai manfaat yang akan dirasakan anak dari menu makan siang sehat setiap hari yang perlu Moms ketahui.

1. Meningkatkan Konsentrasi Belajar

5 Manfaat Makan Siang Sehat Untuk Anak Sekolah 1.jpeg

Foto: Huffingtonpost.ca

Tahukah Moms, kalau nutrisi dari makanan yang dikonsumsi anak sangat berpengaruh pada konsentrasi dan performa otaknya dalam belajar?

Makan siang dengan tambahan sayuran hijau, buah potong, oatmeal, atau telur akan memberikan asupan vitamin B, C, D3, dan magnesium yang diketahui bisa meningkatkan energi, konsentrasi, dan produktivitas belajar.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

2. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

5 Manfaat Makan Siang Sehat Untuk Anak Sekolah 2.jpg

Foto: Treehugger.com

Makan siang sehat untuk anak seharusnya bisa memenuhi sepertiga kebutuhan kalori dan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil, terutama untuk sistem kekebalan tubuhnya yang masih dalam masa perkembangan.

Dengan menu makan siang sehat yang mengandung vitamin A, C dan E, protein, serta zat besi, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan Si Kecil lebih terlindung dari berbagai penyakit yang mudah menular.

3. Menjaga Perilaku

5 Manfaat Makan Siang Sehat Untuk Anak Sekolah 3.jpg

Foto: Bubhub.com.au

Melansir laporan studi dari The Sidney Morning Herald, rasa lapar dan kekurangan nutrisi dapat membuat mood anak menjadi buruk, memicu masalah perilaku, dan mempengaruhi keterampilan sosial.

Nah, menu makan siang sehat dan seimbang dapat membuat Si Kecil merasa kenyang sekaligus membantu mengisi kembali energi dan nutrisi yang telah berkurang setelah beraktivitas seharian. Dengan begitu ia bisa kembali bermain dan belajar di sisa harinya tanpa masalah.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 7 Bahaya Makanan Kaleng Bagi Kesehatan

4. Mencegah Obesitas

5 Manfaat Makan Siang Sehat Untuk Anak Sekolah 4.jpg

Foto: Nutritiouslife.com

Anak yang mengonsumsi makan siang sehat akan merasa kenyang dan berenergi lebih lama, sehingga cenderung tidak mudah tergoda makan camilan berkalori tinggi. Dengan begitu, berat badannya tetap terjaga dan terhindar dari obesitas.

Mencegah obesitas memang penting untuk anak. Selain untuk mendukung tumbuh kembang optimal, anak sehat dengan berat badan ideal juga cenderung tidak gampang sakit.

5. Mendukung Performa Atletik

5 Manfaat Makan Siang Sehat Untuk Anak Sekolah 5.jpg

Foto: Augusta.edu

Makan siang sehat juga penting untuk anak yang suka berolahraga, karena asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya akan secara langsung mempengaruhi tingkat energi, produktivitas, dan performanya di lapangan.

Selain itu, menu makan siang sehat juga akan memberikan asupan protein, zinc, vitamin C dan A, juga karbohidrat yang berperan penting dalam penyembuhan luka dan cidera yang bisa terjadi akibat olahraga.

Baca Juga: Memilih Perlengkapan Makan dan Minum yang Tepat Bagi Kesehatan Anak

Ide Menu Makan Siang Sehat untuk Anak

Maka dari itu, menyiapkan menu makan siang sehat untuk anak adalah hal yang tepat. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi menu makan siang sehat untuk anak. Silahkan dicoba!

1. Madu, Selai Almond, dan Pisang

makan siang sehat untuk anak

Foto: parenting.com

Rekomendasi menu makan siang anak yang pertama adalah roti isi madu, selai almond, dan pisang. Menu sehat ini merupakan perpaduan yang bagus untuk makan siang anak.

Caranyanya, siapkan 2 iris roti gandum, olesi salah satunya dengan selai almond atau selai kacang. Kemudian, iris pisang dengan tipis dan letakkan di atas selai.

Lalu, untuk irisan roti satunya, olesi madu, kemudian satukan dengan bagian roti yang lain. Sandwich roti dengan madu, selai, dan pisang pun siap disantap oleh Si Kecil.

2. Buah Pir dan Avokad

makan siang sehat untuk anak, bekal anak

Foto: parenting.com

Rekomendasi menu makan siang sehat untuk anak yang kedua adalah roti isi pir dan avokad. Walaupun jarang terdengar, pir dan avokad bisa jadi perpaduan yang menggoda, lho Moms.

Pertama-tama haluskan setengah potong buah avokad dengan cara di-blender supaya lebih halus. Lalu tambahkan sedikit perasan lemon dan berikan garam secukupnya serta lada sebagai perasa.

Oleskan selai avokad yang sudah siap pada dua iris roti dengan merata. Iris tipis buah pir, dan letakkan di atas selai avokad. Tutup dengan menggabungkan kedua bagian rotinya. Siap diberikan pada Si Kecil nih, Moms!

Baca Juga: 4 Cara Agar Anak Suka Makanan Sehat

3. Stroberi dan Keju

makan siang sehat untuk anak, bekal anak

Foto: parenting.com

Rekomendasi menu makan siang sehat untuk anak yang selanjutnya adalah roti isi stroberi dan keju.

Untuk rotinya, Moms bisa menggunakan roti tawar atau roti bulat yang bisa dengan mudah kita temui di supermarket, atau bisa juga menggunakan croissant. Selanjutnya bagi roti menjadi dua, olesi keduanya dengan keju atau krim kocok.

Sebagai isiannya, tambahkan selai stroberi lengkap dengan irisan buah stroberinya. Satukan keduanya, anak pun siap menyantap menu makan siang sehat ini.

4. Sandwich Salad Telur

makan siang sehat untuk anak, bekal anak

Foto: parenting.com

Rekomendasi menu makan siang sehat untuk anak yang selanjutnya adalah sandwich salad telur. Sandwich ini bisa Moms sajikan dengan roti gandum.

Pertama-tama rebus dua buah telur sampai matang. Setelahnya, haluskan kedua buah telur rebus tersebut dan campurkan dengan mayo atau yogurt tawar, garam, dan merica secukupnya.

Oleskan pada roti gandum. Maka, menu makan siang sehat dengan telur pun siap disantap Si Kecil.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Mata Si Kecil

5. Mini Pizza

makan siang sehat untuk anak, bekal anak

Foto: thegirlonbloor.com

Rekomendasi menu makan siang sehat untuk anak yang selanjutnya adalah pizza mini. Si Kecil pasti akan senang jika menyantap pizza mini.

Moms bisa menyiapkan saus marinaranya terlebih dahulu. Lalu, Moms bisa menggunakan roti manis bulat atau menggunakan roti tawar lalu dibentuk bulat.

Olesi roti dengan saus marinara, Moms bisa tambahkan brokoli kukus atau bayam pada saus marinaranya. Taburkan parutan keju mozarella di atasnya. Panggang dengan suhu 350 derajat celcius selama 5 menit.

Mini pizza siap disantap oleh Si Kecil untuk makan siang!

Baca Juga: 5 Cara Mengemas Makanan Sehat untuk Anak Picky Eater

Itulah beberapa rekomendasi menu makan siang sehat untuk anak yang bisa dibuat sendiri di rumah. Moms juga bisa melengkapinya dengan camilan ringan seperti biskuit asin, kacang berprotein, gummies, atau buah-buahan segar favoritnya.

Nah, apa yang biasanya Moms buatkan untuk makan siang Si Kecil?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait