Balita dan Anak

7 Juli 2020

5 Makanan Paling Baik Saat Gejala Asam Lambung Anak Menyerang

Sajikan makanan-makanan di bawah ini saat asam lambung menyerang Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Asam lambung merupakan salah satu masalah pencernaan yang dapat menyerang siapapun termasuk anak-anak.

Asam lambung dapat terjadi pada anak-anak karena sistem esophagus atau kerongkongan mereka masih berkembang dan belum berfungsi seefisien orang dewasa.

Menurut penelitian Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas yang berjudul “Hubungan Pola Makan dan Tingkat Stres terhadap Kekambuhan Gastritis di Wilayah Kerja Puskesmas Tarok Kota Payakumbuh Tahun 2017”, asam lambung bisa menjadi berbahaya jika terus dibiarkan karena akan menimbulkan kerusakan lapisan lambung.

Gejala yang ditimbulkan pada orang dewasa seperti merasa mulas, timbul sensasi panas pada dada, hingga rasa terbakar pada mulut. Sedangkan untuk gejala asam lambung pada bayi dan anak seperti gumoh yang berkelanjutan, sedikit makan, sendawa basah, sering mual bahkan muntah setelah makan, hingga berat badan yang tidak naik.

Memperhatikan pola makan dan menu makan menjadi salah satu cara untuk mencegah timbulnya asam lambung. Ada beberapa makanan yang harus dihindari, misalnya saja makanan pedas.

Sebab, menurut penelitian berjudul “Riwayat Makanan yang Meningkatkan Asam Lambung Sebagai Faktor Risiko Gastritis” dari Departemen Gizi Kesehatan, Universitas Airlangga, makanan pedas memicu tingginya sekresi asam lambung. Selain makanan pedas, hindari pula minuman bersoda, makanan berlemak seperti junk food, makanan asam, cokelat, kopi, saus, makanan dengan bahan dasar tomat, bawang putih, dan bawang bombay.

Makanan Baik untuk Asam Lambung Anak

Makanan yang baik untuk asam lambung anak adalah makanan yang mengandung protein dari sumber rendah kolesterol, karbohidrat tertentu, buah-buahan kaya serat, dan sayuran hijau.

Untuk itu, Moms dapat memperhatikan pola makan anak dengan memberikan menu makanan yang aman untuk mencegah terjadinya asam lambung. Berikut merupakan contoh makanan yang baik untuk asam lambung anak.

1. Buah Pisang dan Melon

makanan baik untuk asam lambung anak 1.jpg

Foto: Pixabay.com

Buah pisang dan melon merupakan makanan baik untuk asam lambung anak. Buah pisang memiliki kandungan asam yang rendah dan dapat mengurangi ketidaknyamanan karena asam lambung.

Buah pisang akan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Kandungan pektinnya juga dapat membantu memindahkan isi lambung melalui saluran pencernaan karena makanan yang terus menempel akan menghasilkan asam.

Sedangkan buah melon memiliki sifat yang sama dengan pisang yakni basa. Sumber magnesium pada buah melon juga dapat membantu meredakan asam lambung. Pilihan buah-buahan lainnya adalah apel, pir, dan avokado.

Baca Juga: Bukan Hanya Enak, Ini 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

2. Sayuran Hijau

makanan baik untuk asam lambung anak 2.jpg

Foto: Pixabay.com

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, selada, brokoli, dan asparagus bisa menjadi sayuran hijau pilihan untuk menu makan Si Kecil.

Sayur-sayuran ini memiliki sifat basa yang cocok untuk gejala asam lambung. Selain itu, kandungan lemak dan gula yang rendah juga dapat mengurangi asam lambung.

3. Oatmeal dan Beras Merah

makanan baik untuk asam lambung anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Oatmeal dan beras merah sama-sama berserat tinggi, Moms. Kandungan serat ini dapat membantu penyerapan asam pada perut dan mencegah asam lambung lebih parah.

Selain oatmeal dan beras merah sebagai makanan baik untuk asam lambung anak, roti gandum pun dapat menjadi pilihan.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 5 Olahan Beras Merah Ini Bisa Bikin Ketagihan

4. Jahe

makanan baik untuk asam lambung anak 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Jahe dapat menjadi obat dan pencegah asam lambung sebab jahe mengandung antiinflamasi yang dapat menjadi obat alami untuk asam lambung.

Moms dapat mencampurkan jahe ke dalam sup atau dibuat menjadi minuman hangat yang dicampur madu.

5. Yogurt

makanan baik untuk asam lambung anak 5.jpg

Foto: Pixabay.com

Yogurt memiliki efek menenangkan sehingga dapat memberikan rasa nyaman pada perut. Kandungan probiotik pada yogurt membantu sistem kekebalan tubuh serta sumber protein di dalamnya meningkatkan kemampuan untuk mencerna makanan.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Asam Lambung pada Anak yang Harus Dihindari

Paparan di atas merupakan beberapa makanan baik untuk asam lambung anak. Moms dapat mengatur menu makanan Si Kecil agar dapat menghindari terjadinya asam lambung.

Makanan baik untuk asam lambung anak di atas dapat divariasikan agar lebih mudah dikonsumsi dan Si Kecil pun tidak bosan.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait