Gaya Hidup

GAYA HIDUP
24 Juni 2020

5 Ide Makanan Bebas Gula

Makanan apa saja yang bisa Moms konsumsi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Untuk Moms yang sedang diet gula, mungkin rasanya tersiksa sekali tidak bisa makan makanan favorit seperti dessert. Tapi siapa bilang jika diet, kita tidak bisa menikmati makanan penutup yang enak?

Berdasarkan jurnal artikel dalam Multidisciplinary Digital Publishing Institute, disebutkan bahwa konsumsi gula tambahan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas serta peningkatan faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk dislipidemia, tekanan darah, dan diabetes.

Baca Juga: 6 Gejala Diabetes pada Wanita yang Mudah Dikenali

Ada beberapa makanan manis yang memang mengandung gula alami dan tidak berbahaya jika dinikmati dalam jumlah sedang.

Jadi walaupun Moms saat ini sedang menjalani diet rendah gula, yang berarti harus mengganti sumber energi tubuh dari makanan yang mengandung lemak atau protein, Moms tetap bisa menikmati kue-kue yang nikmat.

Daftar Makanan Bebas Gula

Berikut ini ada beberapa makanan bebas gula yang bisa Moms konsumsi tanpa perlu khawatir dietnya akan kacau.

1. Es Loli Stroberi

makanan bebas gula

Foto: pinterest.com

Makanan bebas gula pertama yang bisa Moms coba adalah es loli stroberi. Dengan mengkombinasikan buah pir dan stroberi, bisa menjadi ide yang cemerlang untuk membuat makanan penutup yang enak dan sehat.

Haluskan langsung buah pir dan buah stroberi untuk mengeluarkan rasa manis alaminya. Kemudian Moms bisa tambahkan perisa mawar juga agar lebih harum. Jika sudah dihaluskan, masukkan semuanya ke dalam cetakan, dan tambahkan beberapa potong stroberi segar untuk mempercantiknya.

Baca Juga: Resep Es Krim Rumahan yang Pasti Disukai Keluarga

2. Cheesecake Bebas Gula

makanan bebas gula

Foto: goodhousekeeping.com

Cheesecake memang menjadi salah satu makanan penutup yang sangat tidak boleh dilewatkan. Moms bisa lho membuat cheesecake yang bebas gula untuk dinikmati.

Cheesecake ini menggunakan tepung almond, tepung kelapa, dan sedikit stevia sebagai pengganti gula halus untuk menghasilkan rasa manis. Namun, jangan makan semua kue sekaligus ya, karena krim kejunya tentu saja mengandung banyak lemak.

3. Kue Cokelat

makanan bebas gula

Foto: delish.com

Krim keju, mentega, dan taburan gula alternatif yang ramah keto atau karbohidrat bisa menghasilkan kue cokelat yang nikmat. Bubuk kakao yang tanpa pemanis juga membantu untuk menciptakan makanan bebas gula.

Baca Juga: Resep Bola Cokelat Lemon yang Manis dan Segar Aromanya

4. Frozen Yogurt Ukuran Bite Size

makanan bebas gula

Foto: pinterest.com

Moms bisa menggunakan yogurt bebas gula, dan jangan menggunakan madu. Sebagai gantinya cobalah gunakan buah-buahan segar karena sudah cukup manis. Bekukan dalam cetakan kecil dan dalam jumlah besar agar bisa dinikmari sepanjang minggu.

5. Biskuit Kelapa

makanan bebas gula

Foto: pinterest.com

Kelapa, pisang, dan tepung almond dicampur bersama untuk membuat camilan sehat yang bebas gula ini. Coba tambahkan dengan bahan bebas gula lainnya seperti dark chocolate. Berani coba?

Itu dia Moms beberapa makanan yang bisa Moms makan tanpa khawatir kandungan gula di dalamnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait