2-3 tahun

2-3 TAHUN
20 Oktober 2020

6 Makanan dengan Nutrisi Otak Tinggi agar Anak Tumbuh Cerdas, Moms Wajib Baca!

Apa yang mereka makan sejak usia dini itu amat penting.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apa Moms tahu kalau otak anak berumur 1-3 tahun berkembang dengan cepat? Moms perlu memberikan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi penting untuk mendukung perkembangannya, lho. Sebab, apa yang mereka makan sejak usia dini itu amat penting.

Dikutip dari jurnal Frontiers in Human Neuroscience, apa yang Si Kecil asup sejak dini sangat penting untuk memengaruhi fokus dan keterampilan kognitifnya.

Anak juga mulai mengeksplor lingkungan sekitarnya. Dengan berbagai kegiatannya, otak anak berkembang dengan pesat seiring mereka mengeksplorasi sekitarnya dan memperoleh banyak informasi.

Makanan dengan Nutrisi Otak Tinggi untuk Anak

Oleh karena itu, Moms perlu menunjang buah hari dengan makanan dengan nutrisi otak yang dapat membantu pikiran Si Kecil tetap tajam dan memengaruhi perkembangannya di masa depan.

Apa sajakah? Yuk, simak di sini.

1. Telur

Telur - Makanan dengan Nutrisi Otak

Foto: Orami Photo Stock

Protein dan nutrisi dalam telur membantu anak-anak berkonsentrasi, dikutip dari jurnal Current Development of Nutrition. Agar tidak bosan, Moms bisa membuat telur orak-arik dan menyajikannya ke dalam roti gandum utuh untuk sarapan yang mengenyangkan atau camilan sore hari.

Baca Juga: Unik! 10 Negara Ini Punya 10 Olahan Telur yang Berbeda

2. Greek Yogurt

Greek yogurt - Makanan dengan Nutrisi Otak

Foto: Orami Photo Stock

Greek yogurt penuh lemak baik dan memiliki lebih banyak protein daripada yogurt lain sehingga dapat membantu menjaga sel-sel otak anak dalam kondisi yang baik untuk mengirim dan menerima informasi.

Moms bisa menyajikan greek yogurt dalam makan siang dengan campuran sereal, blueberry, atau choco chips. Bahan-bahan ini bisa membuat otak anak berpikir dengan lebih baik karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau - Makanan dengan Nutrisi Otak

Foto: Orami Photo Stock

Penuh folat dan vitamin, bayam dan kangkung mengurangi risiko gangguan otak pada anak di kemudian hari. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan dan nutrisi lainnya yang membantu pertumbuhan sel-sel otak baru. Namun, untuk sebagian anak, sayuran hijau sulit disukai. Berikut ini ide manambahkan sayuran kepada makanan anak yang bisa Moms coba:

- Dicampur dengan smoothie untuk kudapan.

- Menambahkannya ke omelet atau lasagna.

- Dibuat keripik. Potong sayuran dari batangnya, beri minyak zaitun dan sedikit garam, lalu panggang.

Baca Juga: Berikan 9 Sayuran Terbaik Ini Pada Balita, Bernutrisi!

4. Ikan

Ikan - Makanan dengan Nutrisi Otak

Foto: Orami Photo Stock

Ikan adalah sumber vitamin D dan omega-3 yang baik, yang melindungi otak dari penurunan kemampuan, juga meningkatkan daya ingat. Berbagai jenis ikan, baik salmon, tuna, dan sarden, semuanya kaya omega-3.

Dikutip dari BMC Medicine Journal, semakin banyak omega-3 yang bisa kita dapatkan ke otak, semakin baik fungsinya dan semakin baik anak-anak untuk dapat fokus.

Untuk menyajikannya kepada anak, coba buat fish and chips dengan saus untuk celupan, atau Moms bisa juga membuat sandwich tuna untuk makan siang ala Barat, lho.

5. Kacang dan Biji

Kacang - Makanan untuk Nutrisi Otak

Foto: Orami Photo Stock

Mengandung protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan mood anak dan menjaga sistem saraf anak tetap terkendali. Moms bisa membuat roti dengan selai kacang.

Moms pun bisa membuat saus pesto untuk pasta. Kacang-kacangan yang dikombinasikan dengan minyak zaitun, sayuran hijau, dan keju bisa jadi saus yang menyehatkan dan lezat. Sajikan dengan pasta berbentuk lucu seperti macaroni atau fusilli.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkan Kacang-kacangan Ke Bayi?

6. Susu Bernutrisi Tinggi

Untuk mendukung anak agar dapat tumbuh menjadi cerdas dan mendapatkan nutrisi maksimal bagi otaknya, Moms bisa memberikan susu dengan gizi yang tinggi.

Enfagrow Essential 3 mampu menjawab kebutuhan Moms untuk memenuhi nutrisi otak anak dengan kandungan DHA 25 mg/takar saji serta Omega 3 dan 6 yang tinggi.

Selain menutrisi otak, Enfagrow Essential 3 juga memiliki kandungan vitamin A, C, dan E, serta mineral berupa zinc dan zat besi yang tinggi untuk meningkatkan sistem imun anak.

Selain itu, Enfagrow Essential 3 juga memiliki kandungan gula 0 gram dengan rasa tetap enak untuk si kecil, Moms.

Yuk, berikan selalu makanan dengan nutrisi otak terbaik untuk anak, demi kesehatan dan pertumbuhannya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait