Kehamilan

KEHAMILAN
14 September 2020

Coba 12 Makanan Ibu Hamil Ini Agar Bayi Berkulit Putih

Benarkah dengan memakan makanan ini ibu hamil akan mendapatkan bayi berkulit putih?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Melahirkan bayi yang sehat dan sempurna mungkin menjadi impian dari banyak ibu hamil. Oleh karena itu, banyak yang begitu menerapkan pola hidup sehat untuk mendapatkannya. Para ibu akan melakukan banyak hal agar Si Kecil terlahir dengan kondisi yang terbaik.

Nutrisi penting untuk tumbuh kembang, kesehatan, kecerdasan dan penampilan fisik bayi akan tergantung pada gaya hidup dan jenis makanan yang dikonsumsi seorang perempuan selama kehamilannya.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah para ibu begitu ingin memiliki bayi yang berkulit putih.

Menurut Dr Saroja Balan, seorang neonatologist dan dokter anak, sebenarnya warna kulit bayi ditentukan oleh gen pada saat pembuahan.

“Genetika menentukan jumlah melanin di kulit bayi Anda. Melanin adalah pigmentasi yang mewarnai kulit. Semakin banyak melanin yang dimiliki kulit bayi Anda, semakin gelap warna kulitnya. Melanin melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya, sinar matahari yang menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit,” jelasnya.

Bayi baru lahir terlihat cantik saat lahir dengan kulit yang berwarna merah muda.

Warna tersebut berasal dari pembuluh darah merah yang terlihat melalui kulit tipis bayi. “Kebanyakan orang tua beranggapan bahwa ini adalah warna kulit bayi mereka yang sebenarnya.

Tapi kulit bayi yang baru lahir menjadi sedikit lebih gelap karena lebih banyak pigmen alami yang memberi warna yang diproduksi kemudian,” tambahnya.

Ada orang-orang yang percaya bahwa ada beberapa makanan untuk ibu hamil agar bayi berkulit putih saat lahir.

Penelitian tentang makanan terbaik yang dapat dikonsumsi perempuan hamil untuk kulit bayi memang terbatas. Namun, secara umum, Moms bisa mengkonsumsi beberapa makanan ini agar Si Kecil memiliki kulit yang cantik dan sehat.

Dr Archana Dhawan Bajaj, seorang Dokter IVF, ginekolog, dokter kandungan serta spesialis infertilitas yang berpengalaman yang bertugas di Delhi mengatakan, sains menjelaskan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara makanan dan kulit bayi.

“Namun, fakta ilmiah sering kali dibanjiri oleh mitos-mitos yang berlaku di masyarakat kita dan orang-orang yang terus mengikutinya dengan patuh, karena mereka percaya bahwa tradisi harus terus berjalan. Jika Anda selalu percaya dengan fakta tradisional tersebut, ada beberapa makanan yang akan membantu Anda memiliki warna yang cerah pada bayi Anda,” kata dia.

Makanan untuk Dikonsumsi agar Bayi Berkulit Putih

Mau tahu apa saja makanan ibu hamil yang dikonsumsi agar bayi berkulit putih? Cek di sini.

Baca Juga: Mengenal Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

1. Ceri dan Beri

12 Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih

Foto: Orami Photo Stock

Buah-buahan dari ceri dan beri seperti blueberry, stroberi, raspberry dan blackberry, termasuk buah yang mengandung antioksidan tertinggi, dilansir dari penelitian di American Chemical Society.

Antioksidan dapat membantu mencegah penuaan dini dengan mengurangi efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas .

Jenis buah beri ini juga mengandung karbohidrat, vitamin C dan serat. Jumlah vitamin C yang tinggi juga membantu tubuh menyerap zat besi. Vitamin C penting untuk kesehatan kulit dan fungsi tubuh pada Moms dan bayi.

Buah beri memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Buah beri mengandung air dan serat yang memberikan rasa yang enak dan nutrisi yang dengan sedikit kalori.

2. Ikan Berlemak di Laut Dalam

"Ikan berlemak laut dalam seperti tuna, salmon, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3," kata Ms Kellie Kong, Ahli Gizi dari Departemen Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Perempuan dan Anak KK, Singapura.

Asam lemak esensial ini juga dapat membantu memperbaiki membran sel yang terus bertambah akan membantu memastikan elastisitas kulit bayi. Studi di National Institute of Health menunjukkan bahwa orang yang rutin makan ikan berlemak, seperti salmon, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit seperti penyakit jantung, demensia, dan depresi .

Baca Juga: Mitos Seputar Makanan Pada Masa Kehamilan

3. Alpukat

12 Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih -3

Foto: Orami Photo Stock

Alpukat merupakan buah yang dikenal kaya akan serat, vitamin C, K, kalium, asam lemak tak jenuh dan vitamin E. Kedua vitamin ini dikenal dengan sifat antioksidannya.

Vitamin C juga membantu mengurangi peradangan dan penting untuk produksi kolagen dalam tubuh. Produksi kolagen pada alpukat juga mampu meningkatkan kesehatan kulit bayi.

Selain memberikan warna kulit yang lebih baik, alpukat juga dapat membantu meredakan kram kaki yang merupakan gejala kehamilan.

Alpukat memberikan energi pada tubuh yang membantu pergerakan bagian tubuh yang lebih baik selama kehamilan.

4. Tomat

Likopen, antioksidan kuat yang ditemukan pada tomat terutama pada bagian kulitnya, memberi warna merah cerah pada buah ini.

Penelitian telah menemukan bahwa likopen mampu membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dari paparan sinar matahari.

Penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine menunjukkan bahwa sifat antioksidan likopen dapat membantu menjaga keseimbangan kadar radikal bebas, melindungi tubuh dari beberapa kondisi penyebab kerusakan yang disebabkan oleh pestisida, herbisida, monosodium glutamat (MSG) dan beberapa jenis jamur.

Baca Juga: Fakta dan Mitos Makanan untuk Ibu Hamil

5. Jeruk

12 Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih -5

Foto: Orami Photo Stock

Buah buahan ini merupakan sumber folat dan vitamin C yang sangat baik. Ini akan membuat seseorang tetap sehat dan terhidrasi. Oleh karena itu, jeruk sebaiknya terus dikonsumsi selama kehamilan.

Vitamin C diketahui akan membantu pertumbuhan anak yang lebih baik.

Selain itu, jeruk juga termasuk makanan untuk ibu hamil agar memiliki bayi berkulit putih. Moms harus mengonsumsi minimal 2 buah jeruk sehari yang memenuhi kebutuhan Vitamin C selama kehamilan.

Kesegaran yang dimiliki oleh jeruk juga akan membuat Moms merasa bertenaga.

6. Anggur

Anggur mengandung zat Alpha Hydroxy Acid (AHA). Diketahui, AHA juga bisa menjadi makanan untuk ibu hamil agar bayi berulit putih.

Ada berbagai manfaat lain dari anggur dan jus anggur, salah satunya seperti membantu mengurangi keasaman, sembelit, bengkak, dan kram saat hamil.

Ibu hamil bisa mengonsumsi hampir 60 ml jus anggur dua kali sehari atau setidaknya sekali sehari. Selain bisa membantu bayi mendapatkan kulit yang putih dan cerah, mengkonsumsi pure anggur juga mengindarkan Moms dari penyakit seperti sakit gigi dan pusing.

Baca Juga: 5 Makanan yang Menjadi Musuh Ibu Hamil

7. Jambu Biji

12 Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih -7

Foto: OramiPhotoStock

Jambu biji adalah buah yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh selama kehamilan. Ini adalah sumber makanan yang kaya akan polifenol, vitamin E dan C, folat, isoflavonoid, dan karotenoid.

Jambu biji merupakan makanan yang ideal bagi seorang perempuan selama masa kehamilan karena memiliki kombinasi nutrisi yang bervariasi.

Vitamin C dan folat yang ada di Jambu biji juga dipercaya akan membantu memberikan warna kulit cerah untuk bayi selama kehamilan.

Selain itu, jambu biji juga dapat membantu merelaksasi otot, dan memperbaiki sistem pencernaan .

8. Delima

Buah ini adalah sumber kalsium, folat, vitamin K, protein, zat besi, dan serat yang kaya. Makanan ini juga membantu agar kulit bayi bercahaya, bersinar, dan berkulit putih yang sangat disarankan untuk ibu hamil. Ini juga menjaga tingkat hemoglobin dan sumber energi yang baik.

Delima juga bisa mencegah kekurangan zat besi. Selain itu, Vitamin K yang ada dalam buah delima membantu menjaga kesehatan tulang bayi. Delima bisa disajikan sebagai camilan yang sehat yang dimasukkan dalam desert buah-buahan lain yang tak kalah segar.

Baca Juga: Mau Tumbuh Kembang Janin Optimal? Ini Gizi Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

9. Susu Kunyit

12 Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih -9

Foto: Orami Photo Stock

Inilah salah satu tradisi yang masih dijalankan hingga kini, bahwa saat perempuan yang cukup mengkonsumsi susu kunyit pada saat hamil akan mendapatkan bayi berkulit putih cerah. Kandungan kunyit sangat dipercaya dapat membantu membuat kulit bayi menjadi cerah.

Bahkan, Moms juga diminta untuk tetap meminumnya setelah melahirkan agar tetap memiliki warna kulit yang putih dan cerah. Meski sebenarnya tidak ada bukti khusus bahwa makanan ini saat dikonsumsi ibu hamil dapat membuat bayi berkulit putih, namun minuman ini juga penuh dengan ramuan baik yang dapat dikonsumsi selama kehamilan dan mendapatkan manfaatnya.

10. Daging dan Air Kelapa

Ini dianggap sebagai makanan yang paling penting bagi ibu hamil agar melahirkan bayi berkulit putih. Cukup meyakinkan juga saat Moms diminta untuk makan banyak daging kelapa saat hamil untuk mendapatkan bayi yang sehat.

Menurut kepercayaan di India, daging di dalam inti kelapa dapat membantu melahirkan bayi dengan kulit yang cerah. Selain itu, saat Moms mengonsumsi air kelapa saat air dipercaya akan mendapatkan bayi yang lembut tanpa adanya lapisan putih yang sering menempel di kulit bayi saat dilahirkan atau Vernix . Banyak perempuan India yang mengkonsumsi air kelapa secara ketat untuk mendapatkan hasil tersebut.

Baca Juga: Makanan yang Ampuh Meredakan Mual Muntah saat Hamil Muda

11. Kacang Almond

12 Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih -11

Foto: OramiPhotoStock

Ternyata, kacang almond yang direndam atau dikeringkan juga dapat menjadi makanan bagi ibu hamil agar mendapatkan bayi yang berkulit putih. Ini karena kandungan kacang almond yang dapat membantu memperbaiki warna kulit pada bayi.

Moms dapat menggiling beberapa almond dan menambahkannya ke dalam susu hamil untuk dikonsumsi. Itu akan menambah nutrisi pada susu dan meningkatkan khasiat almond juga. Moms juga dapat menambahkannya pada makanan atau bisa dijadikan camilan yang enak.

Tips Makan Saat Hamil

Daftar makanan di atas selain diharapkan membuat kulit bayi putih, juga akan meningkatkan kesehatan selama kehamilan. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait makanan saat hamil, yakni:

  • Pantau makanan yang akan dikonsumsi. Diutamakan untuk memilih makanan yang segar dan organik selama kehamilan.
  • Makanan olahan, makanan bergula, makanan yang diawetkan, makanan beraroma, alkohol, merokok, dan apa pun yang berkontribusi pada gaya hidup tidak sehat harus dihindari selama kehamilan, karena bukan hanya akan buruk pada Moms, tapi juga berdampak tidak baik pada janin.
  • Hindari juga daging mentah, ikan dengan merkuri, kerang mentah dan kafein. Ini akan meningkatkan kemungkinan kontaminasi, sehingga menimbulkan komplikasi atau keguguran.
  • Selalu cuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi. Kuman yang masuk ke dalam daging atau buah ketika dipotong dapat menimbulkan masalah bagi ibu hamil dan janin.
  • Untuk menambah asupan buah dan sayur, sertakan dalam makanan lain. Potong sayuran dan tambahkan ke dalam menu sarapan atau semangkuk oatmeal atau juga bubur. Ada beberapa cara untuk memasukkan buah-buahan ke dalam makanan harian.
  • Konsumsi suplemen untuk memenuhi asupan harian zat besi, vitamin D, dan asam folat. Konsultasikan dengan dokter untuk dosis yang akurat. Pastikan untuk mengikuti tip-tip ini dan memasukkan makanan-makanan ini ke dalam makanan Anda untuk memastikan perkembangan otak bayi yang sehat.
  • Untuk memenuhi kebutuhan kalori dan gizi, penting untuk memilih makanan yang padat gizi, sarat nutrisi dan sehat. Kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan adalah hal yang normal. Ini bisa didapatkan saat mendapatkan asuoan nutrisi yang maksimal.

Meski belum banyak riset yang membuktikan, tetapi daftar makanan untuk ibu hamil agar berkulit putih ini juga bisa meningkatkan nutrisi selama kehamilan. Selama menjalani kehamilan yang sehat, mendapatkan bayi berkulit cantic adalah berkat lain. (FAR)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait