Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Makanan | Jan 16, 2018

10 Makanan Ini Akan Bikin Kita Beruntung Sepanjang Tahun, Yuk Coba!

Bagikan


Setiap negara selalu punya tradisi masing-masing untuk merayakan pergantian tahun. Termasuk soal makanan apa yang mereka hidangkan saat perayaan menjelang tahun baru. Konon, makanan-makanan ini ‘wajib’ dihidangkan saat pergantian tahun, agar hidup kita selalu beruntung sepanjang tahun. Percaya atau tidak, tak ada salahnya kita berkenalan dengan 10 jenis makanan pembawa keberuntungan berikut.

1. Mie

Foto: killingthyme.net

Di China, Jepang, dan beberapa negara Asia lainnya, dikenal tradisi untuk menyantap mie panjang saat pergantian tahun. Mie panjang ini menandakan umur yang panjang, makanya, mie ini juga jadi santapan wajib seseorang di hari ulang tahunnya. Mie bisa diolah dengan cara apapun, baik digoreng atau direbus.

2. Babi

Foto: themoonblushbaker.com

Di beberapa negara, termasuk Kuba, Spanyol, Portugal, Hungaria, dan Austria, babi melambangkan kemajuan. Ada yang bilang hal itu karena babi tidak pernah bergerak mundur, sementara yang lain percaya bahwa hal itu dikarenakan oleh kebiasaan makan mereka (babi mendorong moncong mereka maju ke tanah ketika mengais makanan).

Babi yang dimaksud di sini tidak hanya daging babi, lho. Tapi juga aneka makanan yang berbentuk atau bergambar babi, termasuk cookies atau roti.

3. Buah berbentuk bulat

Foto: livestrong.com

Meskipun jumlah buah yang harus dikonsumsi amat bervariasi di setiap wilayah, buah berbentuk bulat populer sebagai makanan tradisi tahun baru di banyak negara. Di Filipina, misalnya, jumlah buah yang disarankan dikonsumsi adalah 13, karena dianggap sebagai angka keberuntungan mereka.  

Sedangkan di Eropa dan Amerika Serikat, jumlah buah umumnya 12 untuk melambangkan jumlah bulan dalam setahun. Kenapa buah berbentuk bulat? Itu karena bentuk bulat dianggap menyerupai bentuk koin (uang), dan rasanya yang umumnya manis.

Baca juga: Yuk, Mengenal Berbagai Macam Masakan Kari di Asia!

4. Ikan utuh

Foto: mydeliciousblog.com

Dalam bahasa China, kata ‘ikan’ terdengar seperti kata ‘berlimpah’. Inilah yang jadi alasan mengapa ikan dianggap sebagai makanan pembawa keberuntungan. Kenapa harus ikan utuh? Hal ini untuk memastikan agar kita melewati tahun yang baik dari awal sampai akhir.

5. Delima

Foto: thespruce.com

Delima merupakan makanan keberuntungan di Turki karena berbagai alasan; yakni warna merahnya mewakili hati manusia, menunjukkan kehidupan dan kesuburan; manfaatnya sebagai tanaman obat mewakili kesehatan; dan memiliki biji bulat yang berlimpah di dalam satu buahnya, mewakili kemakmuran.

6. Sayuran hijau

Foto: foodlicious.club

Dari pesisir Amerika Selatan hingga Eropa, orang-orang mengonsumsi sayuran berdaun hijau, termasuk kale, sawi, dan kubis, pada perayaan tahun baru. Warna hijau pada sayuran ini menyerupai warna uang kertas. Dan diyakini, semakin banyak kita mengonsumsinya, semakin makmur dan sehat juga kita di tahun yang akan datang.

Baca juga: 5 Ide Mengolah Bahan Makanan Murah Jadi Bergengsi

7. Lentil

Foto: cleanfooddirtygirl.com

Makanan tahun baru yang populer di Italia adalah lentil hijau dengan sosis. Alasannya, karena memiliki warna kehijauan dan penampilan seperti koin. Selain itu, sifat lentil yang menyerap air dan menjadi mengembang ketika dimasak, konon melambangkan kekayaan yang terus tumbuh.

8. Acar ikan herring

Foto: mummyicancook.com

Di Jerman, Polandia, dan Skandinavia, percaya bahwa makan ikan herring di tengah malam menjelang tahun baru akan mendatangkan satu tahun yang penuh dengan rezeki, seperti halnya berlimpahnya ikan herring di seluruh Eropa Barat. Ditambah lagi, warna keperakan ikan herring menyerupai koin, dan dianggap sebagai pertanda baik untuk masa depan.

9. Kacang polong hitam

Foto: homejules.blogspot.com

Dianggap sebagai makanan keberuntungan karena tampilannya yang seperti uang sen dan sifatnya yang menggerombol. Kacang polong banyak dinikmati di Amerika Serikat bagian selatan, dan biasanya disajikan dalam sebuah piring yang disebut Hoppin 'John. Setelah perayaan tahun baru, sisa "Hoppin 'John" akan menjadi "Skippin' Jenny," dimaksudkan untuk menunjukkan sikap berhemat dan mempromosikan kemakmuran di tahun baru.

Baca juga: 5 Perbedaan Jenis Minyak yang Bisa Dipakai Masak Sehari-hari dan Fungsinya

10. Roti jagung

Foto: taste.com.au

Roti jagung sangat dianggap istimewa saat tahun baru di Amerika Serikat bagian selatan karena warnanya yang menyerupai emas. Untuk memastikan tambahan keberuntungan, beberapa orang menambahkan biji jagung tambahan, yang merupakan simbol dari emas batangan.

Kira-kira, makanan khas tahun baru yang mana yang jadi favorit Moms? Share di kolom komentar, yuk!

(VAN)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.