Rupa-rupa

19 Juni 2021

Bukan Hanya Mie, Berikut 16 Makanan Khas Aceh yang Harus Moms Coba

Mendatangi serambi Mekah Indonesia, rasanya sayang bila tak mencicipi makanan khas Aceh
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Karla Farhana

Daftar isi artikel

Aceh sering disebut sebagai tempat persinggahan para pedagang Cina, Eropa, India, dan Arab sehingga menjadikan darerah pusat perdagangan lada dan kayu manis di Indonesia. Maka, tak heran makanan khas Aceh didominasi oleh makanan berbahan dasar rempah.

Menurut website provinsi Aceh, ragam makanan khas Aceh amat sangat memanjakan lidah. Walaupun gaya hidup saat ini serba instan dan memiliki kontribusi hilangnya warisan budaya seperti kuliner.

Makanan Khas Aceh

Berikut rekomendasi makanan khas Aceh yang pastinya mengundang selera Moms dan Dads:

1. Kuah Pliek

Kuah Pliek

Foto: website/goethe.de

Ini adalah makanan khas Aceh yang paling disukai oleh masyarakatnya terutama yang berada di daerah Timur Aceh, Aceh Pidie dan sekitarnya. Bahan utama dari kuah pliek ini adalah pliek u, yaitu sisa perahan kelapa pada pembuatan minyak kelapa bukan melalui pemanasan tetapi melalui pembusukan terlebih dahulu.

Ciri makanan khas Aceh ini adalah pencampuran berbagai sayuran yang telah dipotong kecil-kecil termasuk cabe hijau. Jadi, bila Moms dan Dads pecinta pedas makan kuah pliek ini tidak dapat dihindarkan dari rasa tersebut.

2. Asam Keueng

Asam Keueng

Foto: website/yummy.co.id

Makanan khas Aceh ini dapat ditemui secara mudah di warung-warung Aceh dimanapun Moms dan Dads berada. Kuah asam keueng ini adalah masakan ikan biasanya ikan tongkol, ikan lele atau lainnya, yang diolah dengan rasa asam keueng. Asam ini yang digunakan adalah asam sunti, yaitu asam yang dibuat dair buah belimbing wuluh yang sudah dikeringkan.

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 17 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

3. Masak Mirah

Masak Mirah

Foto: cookpad/w.anggraeni

Masak mirah merupakan makanan khas Aceh yang banyak ditemukan di pesta perkawinan atau kenduri lainnya bahkan pada hari menyambut bulan puasa atau menjelang hari raya puasa. Pada hari itu, masyarakat Aceh pasti akan membeli daging lembu atau kerbau yang dimasak sebagia pertanda puasa akan tiba.

Bila Moms dan Dads datang ke Aceh pada waktu puasa, pasti akan temukan aroma masakan daging hampir di seluruh rumah. Masak Mirah yang menggunakan daging sapi atau kerbau atau juga ayam kampong ini pakai bubuk cabai merah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Sehingga, warna khas masakan itu terlihat dan pasti akan menambah selera makan.

4. Masak Puteh

Masak Puteh

Foto: website/budayaindonesia

Makanan khas Aceh yaitu masak puteh juga menggunakna daging sapi atau lembu tapi tak jarang bebek pun digunakan. Masakan ini tidak pakai cabai, tetapi sebagai penambah rasa pedang digunakan lada, tak lupa kapulaga dan tidak boleh menggunakan kelapa ginseng merah tetapi harus kelapa ginseng putih serta semua bumbu harus digiling halus.

5. Sie Itek

Sie Itek

Foto: website/acehtrend

Sie itek atau daging bebek juga banyak ditemukan di Kota Banda Aceh sebagai masakan khas Aceh untuk dijadikan makan malam.

Baca Juga: 6 Makanan Ringan Khas Indonesia yang Terbuat Dari Bahan Kelapa

6. Sie Ruboh

Sie Ruboh

Foto: website/selerakhasnusantara

Sie ruboh ini makanan khas Aceh Besar. Sie Ruboh ini dibuat dari daging sapi yang telah diawetkan dengan cara direbus pakai cuka terlebih dahulu. Rebusan daging ini bisa memakan waktu lama, setelah itu dagingnya dimasak kembali atau digoreng sesuai selera Moms dan Dads. Sie Reuboh ini dapat bertahan hampir satu tahun. Orang Aceh Besar yang merantau biasanya setiap tahun ada kiriman sie ruboh dari keluarganya.

7. Eungkot Paya

Eungkot Paya

Foto: cookpad/w.anggraeni

Makanan khas Aceh selanjutnya adalah berasal dari ikan payau dengan menggunakan bumbu khas. Ini juga banyak ditemukan di daerah Aceh Besar.

8. Gulee Keumamah

Gulee Keumamah

Foto: Cookpad/Iwa Kartika

Resep keumamah ini adalah ikan tongkol yang sudah diawetkan secara pemanasan. Selain keumamah, juga dikenal sebagai ikan kayu karena memang mirip dengan kayu kalau Moms dan Dads perhatikan.

Baca Juga: 9 Makanan Berbumbu Kacang Khas Indonesia, Manis dan Gurih!

9. Asam Drien

Asam Drien

Foto: cookpad/mama Vina

Makanan khas Aceh ini hanya ditemukan di daerah Aceh Barat Selatan. Resep Asam drien dikenal juga dengan tempoyan karena memang sangat disukai oleh masyarakat Aceh Barat Selatan.

10. Asam Udeueng

Asam Udeueng

Foto: Cookpad/Nuraezy Setyo

Asam udeueng (udang), ini biasanya dibuat seperti sambal. Udang sungai atau udang laut yang sudah direbus terlebih dahulu kemudian digiling menggunakan cabe dan menggunakan asam belimbing wuluh (boh limeng) yang masih segar. Belimbing yang masih segar ini adalah ciri khas dari asam udeung ini. Biasanya menjadi menu pada saat orang Aceh berladang.

Baca Juga: Icip-Icip Makanan Khas Pontianak yang Menggugah Selera!

11. Tumeh Engkot Muloh

Tumeh Engkot Muloh

Foto: Cookpad/Trixie Gayatri

Nah, tumeh engkot muloh ini makanan khas Aceh utara dan sekitarnya. Pada daerah tersebut bila ada pesta perkawinan di daerah Aceh Utara dan sekitarnya itu, Tumeh Engkot Muloh menjadi menu utama. Bahkan masakan daging tidak ada bila menu utama Engkot Muloh.

12. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap

Foto: Website/Resep Koki

Ayam Tangkap, masakan ini merupakan beberapa tahun terakhir terdengar di Aceh. Bahkan dapat diperoleh pada warung khas yang memang menu utamanya ada Ayam Tangkap. Ayam Tangkap, satu ayam digoreng menggunakan bumbu yang digoreng bersamaan dengan daun biasanya daun teumeurui.

13. Timphan

Timphan

Foto: Cookpad/Firli

Timphan adalah kue wajib menjamu tamu di Aceh. Hampir semua rumah di Aceh menyajikan makanan itu pada hari raya. Bahkan anggota keluarga yang pulang mudik ke rumah orang tuanya, menuntut kue itu jauh-jauh hari. Kue itu bisa tahan sepekan.

Kue itu berbentuk pipih lonjong dengan berbungkus daun pisang muda, seukuran dua atau tiga kali ukuran jari orang dewasa. Timphan lembek dengan bahan utama tepung dan pisang serta isi dalamnya kelapa plus gula ataupun srikaya. Isi dalamnya tergantung selera.

Baca Juga: 7 Makanan Khas dari Aceh

14. Kue Bhoi

Kue Bhoi

Foto: cookpad/Nathalia Lia

Kue Bhoi adalah makanan khas Aceh Besar yang dikenal luas oleh masyarakat Aceh. Bentuk kue ini sangat bervariasi, seperti; bentuk ikan, bintang, bunga, dan lain-lain. Kue Bhoi ini dapat menjadikan salah satu buah tangan ketika akan berkunjung ke sanak saudara atau tetangga yang mengadakan hajatan atau pesta, seperti sunatan dan kelahiran.

Kue Bhoi juga dijadikan sebagai salah satu isi dari bingkisan seserahan yang dibawa oleh calon pengantin pria untuk calon pengantin perempuan pada saat acara pernikahan.

15. Ie Bu Peudah

Ie Bu Peudah

Foto: website/acehtourism.travel

Ie bu peudah adalah masakan yang diolah dari 44 macam jenis dedaunan hutan. Dimasak dengan campuran lada, kunyit, lengkuas, dan bawang putih. Adonan rempah itu kemudian dicampur dengan beras dan kelapa yang telah diparut. Rempah yang digunakan sebagai bumbu itu memang berasa sedikit pedas. Karena itu, kemudian makanan ini disebut ie bu peudah, atau air nasi pedas.

16. Pengat Ikan Depik

Pengat Ikan Depi

Foto: Instagram/Idn_kuliner

Makanan khas Aceh lainnya adalah penganan dari ikan depik. Jenis ikan langkañ bahasa latinnya ëRasbora Tawarensisíñini hanya hidup dan terdapat di danau laut tawar, Aceh Tengah. Depik yang hanya berukuran sebesar telunjuk orang dewasa sering dimasak menjadi dedah depik kering, peyek depik dan pengat depik.

Pengat jenis kuliner gulai yang rasanya agak asam dan pedas. Bumbu masakannya tidak selangka ikannya, cukup bawang merah, cabai merah, kunyit dan asam sunti dan air jeruk nipis, semuanya digiling halus. Bumbu ini tidak ditumis dengan minyak sebagaimana memasak gulai ikan lainya, tapi dicampur dengar air dan depik sekalian, jangan lupa garam secukupnya.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini

Biar lebih enak, depik segar langsung diolah dan dibersikan kalau tidak lemak-lemak dari ikan depik akan keluar. Selanjutnya media masak biasanya kuali dari tanah, dan dimasak hingga kering hingga bumbunya agak mirip masakan pepes.

Itu dia makanan khas Aceh yang bisa Moms dan Dads coba ketika mendatangi provinsi Serambi Mekah Indonesia, kira-kira tertarik yang mana nih?

  • https://acehprov.go.id/berita/kategori/jelajah/pengat-ikan-depik
  • https://acehprov.go.id/berita/kategori/jelajah/resep-kari-aceh
  • https://acehprov.go.id/berita/kategori/jelajah/bhoi-kue-tradisional-aceh
  • https://acehprov.go.id/berita/kategori/jelajah/idul-fitri-di-aceh-kue-timphan-wajib-tersaji-di-meja
  • https://acehprov.go.id/berita/kategori/jelajah/sepintas-wisata-kuliner-aceh
  • https://acehprov.go.id/berita/kategori/jelajah/kanji-samalanga
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait