Jalan-jalan

JALAN-JALAN
5 Desember 2020

14 Makanan Khas Banjarmasin yang Enak dan Menggugah Selera!

Berkunjung ke Banjarmasin? Jangan lupa cicipi berbagai makanan khasnya berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Apakah Moms sedang ada rencana untuk mengunjungi kota Banjarmasin?

Jika Moms hendak berkunjung ke sana untuk urusan pekerjaan atau mungkin untuk mengunjungi sanak saudara, maka Moms tak boleh melewati kuliner lezat di sana.

Kota yang memiliki julukan sebagai kota seribu sungai ini memiliki perjalanan sejarah yang tak lepas dari Kerajaan Banjar.

Kota ini juga memiliki topografi wilayah yang bersungai-sungai sehingga menjadikannya unik.

Baca Juga: Nikmat, 14 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Moms Coba!

Namun, keunikan itu juga datang dari makanan khas Banjarmasin yang dikenal enak dan sudah terkenal akan kelezatannya hingga ke berbagai daerah di Nusantara.

Makanan Khas Banjarmasin

Jadi, jika Moms sedang berada di Banjarmasin, atau sedang ingin tahu seperti apa cita rasa khas dari ragam makanan-makanan tradisional Banjarmasin, Moms bisa lihat beberapa jenis makanan khas Banjarmasin yang enak berikut ini!

1. Soto Banjar

Soto Banjar

Foto: agolf.xyz

Inilah makanan khas Banjarmasin pertama yang wajib Moms cicipi ketika sampai di kota Banjarmasin.

Mungkin Moms pernah mencicipi soto ini di sekitar tempat tinggal, namun tampaknya Moms tetap perlu mencicipi soto Banjar di kota asalnya untuk mengetahui cita rasa yang sesungguhnya yang pastinya akan berbeda dan lebih nikmat.

Soto Banjar ini umumnya menggunakan olahan daging ayam sebagai bahan utamanya, dan daging ayam tersebut akan disuir suir dengan ukuran kecil- kecil.

Soto banjar juga biasanya dilengkapi dengan perkedel dan juga telur setengah matang yang sudah diiris.

Nah, tambahan telur setengah matang ini adalah salah satu yang membedakan soto banjar dengan berbagai jenis soto- soto lainnya yang biasa Moms santap.

Tak hanya itu, ada satu hal lagi yang bikin soto ini berbeda dengan yang lain, yakni penggunaan kayu manis sebagai rempahnya dan bukan kunyit. Alhasil, soto ini memiliki warna yang terlihat lebih bening.

Sebagai pelengkap, Moms bisa memakannya dengan tambahan nasi dan taburan bawang goreng dan daun bawang pada bagian atasnya.

2. Sop Mutiara

Sop Mutiara

Foto: cookpad.com

Saat cuaca sedang mendung atau lebih dingin dari biasanya, mungkin Moms ingin mencicipi sesuatu yang hangat untuk menghangatkan badan.

Moms bisa mencicipi sop mutiara yang juga merupakan sajian khas Banjarmasin yang tak boleh dilewatkan.

Tenang, Moms tidak akan makan mutiara sungguhan, Moms akan menemukan olahan daging ayam yang digiling halus dan dibentuk bulat seperti bakso berukuran kecil.

Uniknya, kuah dari sop ini tidak seperti kuah sop pada umumnya. Kuah sop mutiara biasanya menggunakan susu, pala, bawang merah dan bawang putih sehingga rasanya sangat gurih.

Sop mutiara ini sangatlah nikmat jika disantap sore hari atau untuk menu makan siang di hari yang mendung.

Baca Juga: Resep Bakso Ayam Homemade dengan Kuah yang Lezat

3. Nasi Kuning Banjarmasin

Nasi Kuning Banjarmasin

Foto: jejakpiknik.com

Mungkin Moms sudah biasa mencicipi nasi kuning, namun Moms harus mencicipi nasi kuning khas Banjarmasin.

Pasalnya, nasi kuning yang dimiliki oleh daerah Banjar berbeda dengan nasi kuning dari daerah-daerah lain. Moms bisa menemukan perbedaannya dari jenis beras yang digunakan.

Selain jenis berasnya, orang Banjar juga umumnya menggunakan bumbu yang berbeda sehingga memberikan ciri khas yang wajib Moms cicipi.

Nasi kuning khas Banjarmasin lebih sering menggunakan beras pera, bukan beras pulen seperti pada umumnya.

Sementara untuk bumbunya, orang Banjar mempunyai selera yang cukup berbeda dengan orang Jawa.

Kalau nasi kuning khas Jawa terasa lebih harum karena diberikan daun salam dan serai, maka nasi kuning banjar hanya menggunakan sedikit bumbu.

Rempah yang digunakan antara lain kunyit untuk mewarnai nasi alami dan daun pandan sebagai penambah aroma.

Tak hanya itu, makanan khas Banjarmasin yang satu ini juga mempunyai cara saji yang berbeda.

Jika di tempat-tempat lain, nasi kuning umumnya menggunakan orek tempe dan aneka lauk lain, maka di daerah Banjar, nasi kuning disajikan bersama lauk bumbu habang atau bumbu merah dan serundeng untuk pelengkap dan memberikan cita rasa gurih. Wah, Moms pasti jadi ingin mencobanya kan?

4. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut

Foto: twitter.com

Untuk Moms yang gemar makan makanan dengan cita rasa gurih, maka Moms juga wajib mencoba kuliner khas Banjarmasin selanjutnya yakni nasi itik gambut.

Sesuai namanya, makanan asal Banjarmasin ini adalah olahan nasi dan itik yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Banjar.

Pengolahan bumbunya pun tidak sembarangan, sehingga cita rasa pedas nan manis dari bumbu kuliner khas Banjarmasin ini menyerap hingga ke dalam daging itik.

Selain itu, makanan ini umumnya disajikan dalam bungkusan daun pisang. Alhasil, aroma sedap dari masakan ini akan semakin bertambah.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

5. Cacapan Asam

Cacapan Asam

Foto: hstore.oomph.co.id

Makanan khas Banjarmasin yang enak selanjutnya adalah cacapan asam. Inilah yang membedakan antara orang Banjar dengan suku lainnya, seperti Jawa.

Kalau orang Jawa terkenal dengan ciri khas makanannya yang dominan manis, maka orang Banjar senang akan menu masakan yang bercita rasa pedas, manis, asam, dan gurih.

Dalam bahasa Banjar, cacapan berarti cocolan. Jadi cacapan asam menurut orang Banjar adalah cocolan asam.

Cita rasa kaya yang dihasilkan merupakan hasil perpaduan dari bumbu-bumbu berupa garam, bubuk penyedap rasa, cabai rawit, bawang merah, asam jawa, dan cincangan buah-buahan yang rasanya asam.

Selain itu, cacapan asam juga dilengkapi dengan tambahan terasi yang sudah dibakar.

Di Banjarmasin, cacapan asam umumnya disantap sebagai makanan pendamping untuk berbagai kuliner khas Banjarmasin, terutama makanan yang diproses dengan cara dibakar, direbus, digoreng, dan diasinkan.

Nantinya, makanan-makanan tersebut akan dicocol ke cacapan asam dan kemudian disantap bersama nasi beserta lauk pauk lainnya.

6. Sambal Acan

Sambal Acan

Foto: resepsambal1007.web.app

Tak hanya cacapan asam, ada lagi makanan terkenal di Banjarmasin yang merupakan pelengkap makanan dan diberi nama sambal acan.

Sambal acan adalah sambal tradisional yang terkenal di tanah Banjar.

Tak berbeda jauh dengan cacapan asam, sambal acan juga dicampurkan dengan buah-buahan yang bisa mengundang selera makan seperti gandaria, mangga asam, limau wangkang, terong asam, dan binjai.

Sambal acan biasanya disajikan dalam piring, namun setelah tahu kalau masyarakat begitu antusias dengan sambal ini, maka kini sudah ada sambal acan kemasan botol.

Sambal acan botolan juga bisa menjadi salah satu makanan khas Banjarmasin untuk oleh-oleh. Moms bisa memberikannya kepada kerabat di kota asal.

Cita rasa pedasnya yang begitu menyengat di lidah menjadi salah satu yang khas.

Ini karena sambal acan menggunakan cabai rawit khas Banjar yang berbeda dari cabai-cabai rawit dari daerah lain.

7. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

Foto: pegipegi.com

Jika Moms ingin menikmati makanan khas Banjarmasin yang enak dan berkuah, maka Moms bisa coba ketupat kandangan.

Ketupat ini tak jauh beda dengan ketupat pada umumnya, tapi ada perbedaan pada isian dari ketupat tersebut.

Ketupat ini diisi dengan potongan ikan haruan asap atau dikenal dengan ikan gabus asap sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda dan pastinya lezat.

Selain itu ketupat ini juga biasanya dilengkapi dengan sajian ikan patin dan ikan gurame yang sudah diasap.

Jadi saat dicampur dengan kuah yang sangat kental yang terbuat dari santan dan rempah-rempah lainnya, Moms akan benar-benar merasakan cita rasa ketupat yang benar-benar beda dan hanya ditemukan di Banjarmasin.

Baca Juga: 5 Menu Masakan Harian untuk Suami, Mudah dan Lezat!

8. Lontong Orani

Lontong Orani

Foto: cookpad.com

Mungkin lontong orani hampir serupa dengan ketupat kandang. Dan meskipun rasa dari lontong orani khas Banjarmasin tak berbeda jauh dengan lontong pada umumnya, Moms tetap wajib mencicipinya saat mengunjungi Banjarmasin.

Pasalnya lontong orani memiliki bentuk unik yang berbeda daripada lontong-lontong yang umumnya ditemukan di daerah lain di Indonesia.

Salah satu yang membuatnya unik adalah hidangan pendamping seperti irisan labu, buncis, ikan gabus, serta telur yang dimasak dengan bumbu kemerahan dan disiram kuah santan yang gurih nan lezat.

9. Patin Baubar

Patin Baubar

Foto: tribunnewswiki.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Banjarmasin adalah kota dengan banyak sungai di sana. Sehingga tak mengherankan jika makanan dengan bahan dasar ikan menjadi lebih umum ditemukan di sana.

Nah, salah satu olahan ikan yang juga wajib dicicipi adalah patin baubar. Ini adalah pepes yang terbuat dari ikan patin dengan bumbu rempah khas Banjarmasin yang lezat.

Ikan patin juga merupakan ikan yang sangat mudah didapatkan dari sungai-sungai di Kalimantan Selatan, sehingga akan ada banyak sekali orang yang akan memasak dan menjual patin baubar ini saat Moms berada di Banjarmasin.

Baca Juga: 5 Resep Masakan untuk Anak 5 Tahun, Gampang Dibuat!

10. Manday

Manday

Foto: cookpad.com

Mungkin Moms belum pernah mendengar hidangan ini sebelumnya. Mandat adalah makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari kulit cempedak atau tiwadak dalam bahasa Kalimantan.

Kulit tersebut diawetkan dalam waktu yang lumayan lama dengan cara dicampur garam dan didiamkan ditempat yang tertutup. Semakin lama diawetkan, maka rasanya akan semakin nikmat.

Umumnya manday biasanya dimasak dengan cara digoreng, namun Moms juga akan menemukan manday yang dimasak dengan cara dibakar.

11. Bingka

Bingka Banjarmasin

Foto: mmc.kalteng.go.id

Apakah Moms sedang mencari makanan khas Banjarmasin untuk oleh-oleh?

Mungkin Moms bisa memilih makanan khas Banjarmasin yang enak satu ini.

Bingka adalah cemilan khas suku Banjar yang memiliki rasa yang manis dan teksturnya lembut meskipun agak sedikit berlemak. Bingka ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, gula pasir, dan garam.

12. Brownies Labu

Brownies Labu

Foto: dreamers.id

Jangan takut kehabisan ide untuk mencari makanan khas Banjarmasin untuk oleh-oleh.

Moms juga bisa mencoba brownies labu yang terkenal dan terbuat dari buah labu yang banyak tumbuh subur di kawasan Kalimantan, khususnya Banjarmasin.

Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasanya manis. Harganya pun cukup terjangkau, satu loyang brownies labu umumnya dijual seharga 35 ribu rupiah saja.

Baca Juga: 5 Resep Brownies yang Lezat dan Menggoda

13. Kerupuk Ikan

Kerupuk Ikan Kalimantan

Foto: indonesiakaya.com

Makanan khas Banjarmasin untuk oleh oleh lainnya adalah kerupuk ikan. Karena begitu melimpahnya ikan di Banjarmasin, Moms bisa mendapatkan berbagai jenis kerupuk yang diolah dari beragam ikan air tawar.

Ada kerupuk ikan belut, ikan gabus, dan juga ikan patin yang umumnya dijual seharga 25 ribu rupiah saja per bungkus.

Tak hanya murah, kerupuk ikan khas Banjarmasin juga sangat lezat dan cocok untuk dijadikan cemilan atau pelengkap makanan.

14. Olahan Ikan Kering

Olahan Ikan Kering

Foto: bidanku.com

Tak hanya kerupuk ikan, Banjarmasin juga mempunyai berbagai olahan ikan kering lainnya yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Ada ikan asin tenggiri, ikan seluang merah, ikan sepatu samu masak dan abon ikan haruan.

Moms bisa menjadikan olahan ikan kering tersebut menjadi oleh-oleh karena makanan ini dibuat dari kekayaan alami khas Banjarmasin.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Makanan Pengganti Kerupuk Agar Anak Makan Lahap

Itulah beberapa makanan khas Banjarmasin yang enak dan cocok untuk oleh-oleh. Selamat mencoba ya Moms!

Artikel Terkait