Jalan-jalan

14 Juli 2019

10 Makanan Khas Bogor yang Patut Dicicip Pelancong!

Kuliner Bogor tak hanya asinan lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Makanan khas Bogor tentu banyak dicari. Apalagi banyak orang, terutama dari pelancong Ibu Kota yang memilih untuk menghabiskan waktu berlibur di Bogor.

Nampaknya banyak orang yang mengatakan asinan Bogor sebagai kuliner populer di kota ini. Namun, ada makanan khas Bogor lain yang patut dicoba lho, Moms.

Tak hanya hidangan asin, Bogor memiliki kuliner dengan cita rasa yang beragam dan tentu saja lezat. Apalagi, untuk berkunjung ke sana pun juga mudah, Moms bisa menggunakan angkutan umum seperti KRL.

Makanan Khas Bogor

Karenanya, bila merencanakan pergi ke Bogor untuk berakhir pekan bersama keluarga, berikut 6 rekomendasi kuliner khas Bogor yang bisa dicicipi.

1. Laksa Bogor

kuliner bogor-laksa bogor.jpg

Foto: instagram.com/joanneyeohdiary

Laksa Bogor menjadi salah satu hidangan yang juga dikenal sebagai makanan khas Bogor. Laksa Bogor kerap dihidangkan di acara syukuran, pesta, atau acara kebudayaan.

Sekilas tampak seperti soto, dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning, dan telur rebus. Laksa Bogor menggunakan banyak rempah-rempah, dan juga kuah oncom untuk memberikan cita rasa yang khas.

Moms bisa mengunjungi Laksa Pak Inin yang berjualan sejak 1965, berlokasi di Jl. Palasari, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Yuk Buat Soto Mie Bogor Untuk Menu Berbuka Puasa!

2. Es Pala

kuliner bogor-es pala.jpg

Foto: instagram.com/bukit_tajhal

Mungkin namanya jarang terdengar, namun es pala juga menjadi kuliner Bogor yang bertahan hingga saat ini. Kuliner segar ini memiliki keunikan rasa, dari asam khas pala, manis dari gula dan segar dari es yang ditambahkan di dalamnya.

Salah satu kuliner es pala yang bisa dicoba adalah es pala Pak Ujang. Berlokasi di Pasar Bogor, Moms bisa menikmati es segar ini seharga Rp5.000 per gelas.

Baca Juga: Yuk Mengenal Ketogenic, Diet Karbo dan Tinggi Lemak!

3. Toge Goreng

kuliner bogor-toge goreng.jpg

Foto: instagram.com/kangmpy

Dilansir dari TravelingYuk, toge goreng merupakan kuliner yang menyajikan toge dengan cara gurih dan segar. Seporsi toge ini disajikan bersama lontong, irisan tahu, kemudian disiram dengan saus gurih dari oncom.

Salah satu kuliner toge goreng yang bisa menjadi rekomendasi adalah Toge Goreng Haji Omah, yang melegenda dan hingga saat ini.

Berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Bogor, Moms bisa dapatkan seporsinya dengan harga Rp15.000.

Baca Juga: 5 Resep Udang Saus Padang yang Pedas Menggoda, Yuk Buat!

4. Ngo Hiang Gang Aut

kuliner bogor-Ngo Hiang Gang Aut.jpg

Foto: instagram.com/melidoyanmakan

Ngo Hiang Gang Aut merupakan makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor. Di negeri asalnya, ngo hiang gang aut berbahan dasar daging babi. Tetapi, makanan ini sudah diubah ketika masuk ke Indonesia.

Olahan daging pada sajian ini dibalut dengan tepung dan digoreng, dicampur saus khas Ngo Hiang, yang memberikan rasa asam dan manis, ditambah acar lobak untuk menambah cita rasa.

Jika berkunjung ke Bogor, jangan sampai kelewatan dan tidak mencoba makanan ini ya, Moms!

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 7 Kuliner Khas Palembang yang Harus Dicoba

5. Roti Unyil

kuliner bogor-roti unyil.jpg

Foto: instagram.com/cynthiahali

Makanna khas Bogor yang terkenal lainnya adalah roti unyil. Roti unyil juga merupakan salah satu kuliner yang kerap menjadi oleh-oleh dari Bogor. Roti unyil memiliki bentuk yang kecil, sehingga cocok dijadikan kudapan saat senggang.

Roti unyil memiliki banyak isi dan bentuk yang unik, sehingga tidak heran bila roti unyil terkenal dan digemari oleh banyak masyarakat.

Baca Juga: Gurih, Coba 6 Resep Singkong Keju Merekah untuk Camilan Keluarga

6. Mie Glosor

kuliner bogor-mie glosor.jpg

Foto: instagram.com/diet.kapan2

Makanan khas Bogor lainnya adalah mie glosor. Mie glosor biasanya dijadikan sebagai menu berbuka puasa untuk umat Muslim di kota Bogor. Mie ini kerap disajikan dengan sambal kacang, dilengkapi kerupuk mie, dan gorengan.

Ciri khas mie glosor yaitu mie yang berwarna kuning keemasan, karena menggunakan bahan dasar dari tepung singkong dan kunyit.

Baca Juga: 4 Makanan Lebaran yang Cocok Dimakan Bersama Ketupat

7. Doclang

doclang

Foto: instagram/nw.harrison

Doclang adalah salah satu makanan khas Bogor. Dilihat dari bentuknya, jenis kuliner ini memang sangat mirip dengan lontong sayur atau yang biasa disebut dengan kupat tahu.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat doclang sendiri terdiri dari pesor, irisan kentang goreng, tahu goreng, dan telur rebus kemudian disiram bumbu kacang dan kecap.

Ciri khas dari doclang sendiri adalah pesor atau ketipat yang terbuat dari beras yang dibungkus daun putat untuk kemudian direbus selama beberapa jam.

Daun putat sendiri adalah jenis tanaman yang tumbuh di kaki Gunung Salak. Jadi, hal inilah yang menjadi ciri khas makanan ini.

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 17 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

8. Cungkring

Makanan Khas Bogor

Foto: instagram.com/infobogor

Makanan khas Bogor tentu beraneka ragam. Salah satu kuliner Kota Seribu Angkot yang paling terkenal adalah cungkring,

Cungkring sendiri biasanya dijadikan sebagai menu sarapan oleh masyarakat Bogor. Makanan Bogor ini terbuat dengan bahan dasar kaku sapi.

Kaki sapi itu dipotong menjadi 4 bagian. Jadi, dalam 1 porsi cungkring, Moms bisa mendapatkan kulit, kikil, urat dan dampal. Empat bagian yang sudah dipisahkan tadi, kemudian diolah dengan cara khusus dan disajikan dengan memberikan kenikmatan tersendiri.

Baca Juga: Tak Perlu Ke Purwakarta, Ini 5 Resep Sate Maranggi Empuk dan Lezat

9. Pepes Sagu

Makanan Khas Bogor

Foto: instagram/kaarsekar

Makanan khas Bogor selanjutnya adalah pepes sagu. Makanan khas bogor yang satu ini adalah merupakan salah satu makanan tradisional.

Seperti namanya, Moms, pepes sagu sendiri terbuat dari bahan bakar sagu. Tentunya inilah yang menjadikan pepes ini berbeda dari sajian pepes yang sering dijual.

Jika biasanya pepes sendiri terbuat dari sayuran atau daging, kini pepes yang dibuat sendiri berbahan sagu.

Pepes sagu sendiri biasanya memiliki berbagai macam varian rasa seperti nangka, pisang dan juga keju.

Baca Juga: Ini 10+ Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Harus Dicoba

10. Bajigur

bajigur

Foto: instagram.com/nitalanaf

Meski tidak bisa disebut makanan khas Bogor, namun bajigur adalah salah satu menu kuliner yang sangat khas dan melekat pada kota Bogor. Banyak pelancong yang tak ingin kehilangan kesempatan menyeruput bajigur dari kota asalnya nih, Moms!

Bajigur sendiri adalah minuman tradisional khas Sunda yang sering dijual dengan cara berkeliling menggunakan gerobak yang khas.

Dilansir dari BogorRainCake, minuman khas Sunda ini terbuat dari santan, yang dicampurkan gula aren serta sedikit garam, jahe dan bubuk vanili.

Dalam penyajian bajigur, biasanya minuman ini ditambahkan dengan irisan kolang kaling. Uniknya minuman ini adalah, meski bisa menghangatkan tubuh bajigur bisa dinikmati dengan cara ditambahi es dan juga langsung dikonsumsi saat hangat.

Baca Juga: 5 Resep Bika Ambon yang Mudah Dibuat, Legit dan Wangi!

11. Bika Bogor Talubi

Bika Bogor Talubi

Foto: shopee.co.id

Salah satu makanan khas Bogor yang kerap dijadikan oleh-oleh adalah Bika Bogor. Jika Moms bingung dengan Bika Ambon yang ternyata bukan dari Ambon, kini Moms nggak perlu bingung dengan asal Bika Bogor.

Bika Bogor sendiri adalah salah satu makanan khas Bogor yang rasanya pun tak kalah lezat. Hal yang membedakan Bika Bogor dan Bika Ambon adalah bahan utamanya.

Bika Bogor sendiri terbuat dari umbi talas yang membuat rasanya sangat ciamik.

Bika Bogor yang paling terkenal adalah Bika Bogor Talubi. Teksturnya sangat lembut dan memiliki banyak sekali varian rasa. Beberapa varian rasa yang bisa Moms icip sendiri adalah cokelat, coco pandan, cokelat, nangka serta green tea.

Nggak perlu khawatir mengenai keamanan makanan khas Bogor yang satu ini, ya Moms! Bika Bogor Talubi sendiri aman untuk dikonsumsi karena tak menggunakan bahan pengawet.

Baca Juga: 5 Manfaat Super Oregano, Daun Aromatik Pelengkap Pasta dan Pizza

12. Macaroni Panggang

Makanan Khas Bogor

Foto: Zomato

Pasta memang bukan makanan khas Indonesia. Namun sepertinya hal ini tidak menjadi patokan makanan yang kerap dibeli di suatu daerah. Macaroni panggang, misalnya.

Meski pasta adalah makanan khas Italia, namun macaroni panggang adalah salah satu makanan khas Bogor yang bisa Moms cicip atau bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Makaroni panggang sendiri bisa dibilang mirip dengan makaroni schotel. Meski demikian, teksturnya lebih kering dan bagian atasnya biasa diberi keju parut sebagai topping.

Dilansir dari Traveloka, ada 2 jenis macaroni panggang yang bisa Moms pilih di Bogor. Moms bisa membeli macaroni panggang yang biasa atau yang spesial.

Beda macaroni panggang biasa dan spesial adalah macaroni panggang spesial menggunakan daging dan jamur yang lebih banyak dari macaroni biasa.

Tak hanya macaroni panggang nih yang menjadi satu-satunya kuliner budaya barat yang menjadi makanan khas Bogor. Moms bisa menyicipi steik, lasagna, klappertaart hingga berbagai olahan daging ayam dan iga.

Toko legendaris yang menjual makanan khas Bogor ini adalah toko Macaroni Panggang di depan Taman Kencana.

Baca Juga: 10 Restoran Korea di Jakarta Wajib Coba, Ada yang All You Can Eat!

13. Kacang Bogor Istana

Makanan Khas Bogor

Foto: instagram.com/Iwang_Frendzoy

Tahukah Moms kalau kacang adalah salah satu makanan khas Bogor yang patut dicicipi? Berbeda dengan kacang tanah biasanya, kacang yang menjadi makanan khas Bogor ini memiliki bentuk bulat yang berwarna ungu.

Kacang ini pun terkenal dengan nama Kacang Bogor Istana. Meski demikian, makanan ini ternyata berasal dari Afrika Barat dan memiliki nama Vigna Suterranea.

Perlu ketahui bahwa kacang ini tak bisa tumbuh dan dipanen sepanjang tahun. Jadi, ketika musimnya datang, masyarakat Bogor pun mengolahnya menjadi kacang Bogor goreng yang bisa dinikmati dalam waktu yang panjang.

Kacang Bogor juga biasanya diolah dengan berbagai macam bumbu yang menggiurkan lho, Moms! Bumbu yang biasa dicampurkan pada kacang Bogor istana adalah keju, barbecue, dan juga balado.

Baca Juga: Yuk Buat Soto Mie Bogor Untuk Menu Berbuka Puasa!

Nah, itu dia Moms 13 kuliner khas Bogor selain asinan Bogor yang bisa dicoba bila berkunjung ke sana. Jangan hanya mencari dan juga menyantap makanan khas Bogornya saja ya, Moms! Kota Bogor sendiri menawarkan berbagai macam wisata alam menarik yang bisa Moms nikmati bersama dengan keluarga!

  • https://travelingyuk.com/taoge-goreng-di-bogor/106289
  • https://www.bogorraincake.com/2018/02/07/minum-hangat-bogor/#:~:text=Bajigur%20merupakan%20minuman%20yang%20terbuat,kolang%2Dkaling%20yang%20diiris%20tipis.
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait