Jalan-jalan

7 Juli 2021

11 Makanan Khas Cirebon yang Nikmat dan Tempat Terbaik untuk Menyantapnya, Mau Coba?

Otentik dan menggugah selera.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Jalan-jalan ke Kota Cirebon wajib banget mencoba makanan khas Cirebon. Selain dikenal sebagai kota penghasil terasi udang, Cirebon juga terkenal dengan kulinernya yang lezat dan menggugah selera lho.

Contohnya nasi jamblang, empal gentong hingga jajanan ringan seperti tahu gejrot. Masing-masing makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda-beda.

Tertarik untuk menjelajahi kekayaan kuliner Cirebon ketika berkunjung ke sana? Mari intip makanan khas Cirebon yang banyak direkomendasikan oleh para pemburu kuliner ini.

Baca Juga: 15+ Makanan Khas Bandung, Mana Saja yang Sudah Pernah Dicicipi?

Rekomendasi Makanan Khas Cirebon

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/aboutcirebonfood

Dari sekian banyak makanan khas Cirebon yang enak-enak, makanan-makanan berikut sudah mendapat pengakuan dari para food lovers, lho. Kira-kira rekomendasi makanan yang mana saja dan di mana tempat menyantapnya? Simak yuk!

Baca Juga: 13+ Makanan Khas Jawa yang Paling Terkenal Enaknya

1. Sate Kalong

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/disporbudparkotacirebon

Makanan khas Cirebon yang wajib banget kamu cobain salah satunya adalah sate kalong. Meski namanya sate kalong, tetapi sate ini dibuat dari daging kerbau atau daging sapi. Disebut sate kalong karena dulunya hanya dijajakan pada malam hari setelah matahari terbenam.

Sate kalong punya cita rasa yang unik, yaitu kombinasi rasa manis dan aroma rempah. Berbeda dengan sate-sate lainnya, sate ini dibuat dengan daging kerbau yang dimasak terlebih dahulu sampai empuk, lalu dicelupkan ke dalam bumbu rempah dan dibakar.

Sebagai pelengkap, sate kalong disajikan dengan bumbu kacang berupa oncom serta kaldu rebusan daging kerbau.

Ingin mencoba makanan khas Cirebon yang satu ini? Kamu bisa menyantap Sate Kalong M.Joni yang berlokasi di Kesambi Dalam, Cirebon yang banyak direkomendasikan para penikmat kuliner lokal.

2. Nasi Jamblang

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/aboutcirebonfood

Kalau Betawi punya nasi uduk dan Madiun punya nasi pecel, Cirebon punya nasi jamblang atau sering disebut sego jambal. Konon, nama nasi jamblang diambil dari nama sebuah desa bernama Desa Jamblang yang ada di Kabupaten Cirebon.

Makanan khas Cirebon yang satu ini cukup unik karena dibungkus dengan daun jati, dan disajikan dengan tempe, tahu, sate kentang, semur ati, sambal serta lauk-pauk lainnya.

Nasi jamblang sudah menjadi makanan sehari-hari orang Cirebon sehingga mudah ditemukan di setiap sudut kota. Salah satu yang paling sering direkomendasikan adalah Nasi Jamblang Ibu Ina di Jl. Kebon Cai, yang unik dan beda karena menggunakan sambal cabe ijo.

Ke sini harus sebelum jam 9 pagi biar tidak kehabisan ya. Oh ya, di sini kamu juga bisa mencicipi Empal Asem yang tak kalah enak.

Baca Juga: Ini Dia 8 Resep Nasi Uduk yang Enak dan Gurih!

3. Empal Gentong

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/aboutcirebonfood

Berkunjung ke Cirebon rasanya kurang afdol kalau tidak mencicipi empal gentong, makanan khas Cirebon yang mirip dengan gulai. Bedanya, jika gulai menggunakan daging sapi dan kambing, empal gentong ditambahkan usus dan babat.

Konon, di zaman dulu empal gentong dibuat dengan daging kerbau dan menjadi makanan untuk orang-orang keturunan ningrat. Di masa sekarang, empal gentong menjadi santapan sehari-hari.

Empal gentong punya cita rasa gurih dan cocok dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam. Umumnya disajikan dengan lontong dan taburan daun kucai.

Ada banyak tempat makan empal gentong di Cirebon yang jadi favorit para food lovers. Salah satunya, kedai Empal Gentong Mang Darma yang masih mempertahankan resep dan cara masak tradisional menggunakan gentong dan kayu bakar. Kalau main-main Cirebon, jangan lupa mampir ke kedai ini, ya.

4. Docang

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/cirebonkuliner_

Docang adalah makanan khas Cirebon berupa campuran berbagai bahan makanan di antaranya lontong, daun singkong, lontong, tauge, daun kucai, parutan kelapa dan kerupuk. Kemudian disiram dengan kuah dage atau oncom.

Sajian ini adalah menu sarapan favorit warga lokal Cirebon, dan paling pas dinikmati selagi panas. Dari sekian banyak warung makan yang menjual docang, kamu wajib banget nyobain Docang Ibu Kapsah di Jl. Siliwangi No.77. Rasa kuahnya gurih, pekat dan benar-benar otentik. Bisa bikin kamu ketagihan buat datang lagi.

5. Nasi Lengko

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/cirebonkuliner_

Istilah nasi lengko berasal dari nasi langka, yang dalam dialek Cirebon berarti jarang atau tidak ada, dan merupakan makanan rumahan bagi orang-orang Cirebon.

Sajian nasi lengko sangatlah sederhana, yaitu nasi dilengkapi dengan lauk sepert tahu, tempe, daun kucai, tauge, mentimun dan siraman bumbu kacang pecel. Sedikit mirip dengan nasi pecel dari Jawa Timur.

Saat jalan-jalan ke Cirebon, kamu bisa mencicipi Nasi Lengko H. Barno di Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan. Warung makan ini termasuk yang legendaris. Nasi lengkonya bercita rasa yang khas karena dimasak dengan cara tradisional menggunakan arang. Menyantap nasi lengko H. Barno makin sempurna dengan sajian sate kambing yang rasanya tak kalah sedap.

Baca Juga: 3 Resep Nasi Lengko, Makanan Khas Cirebon yang Lezat

6. Mie Koclok

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/kulinercirebon

Penggemar mie wajib banget mencoba mie koclok. Mie koclok adalah singkatan dari Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay, yang menandakan kalau mie ini merupakan kuliner asli Cirebon yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

Mie koclok dibuat dari mie basah, diberi kuah campuran kaldu ayam dengan tepung tapioka, yang menghasilkan warna putih pekat. Lalu disajikan dengan telur rebus, suwiran ayam, sayur kol, tauge, daun bawang dan taburan bawang goreng.

Tertarik ingin mencicipi mie unik ini? Coba mampir ke Mie Koclok Gombang Pak Rasita, salah satu warung mie koclok legendaris di Cirebon. Lokasinya berada di jalan Desa Gombang No.05 Blok Dana Lampa Plumbon.

Baca Juga: Dijamin Menggugah Selera, Yuk Coba 5 Resep Mie Ayam Berikut Ini Moms!

Hidangan nan Unik

Masakan khas Cirebon ternyata bukan hanya lezat tetapi juga unik. Ada banyak makanan yang mirip dengan makanan khas daerah lain, namun tetap memiliki ciri khasnya tersendiri.

7. Gado-Gado Ayam

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/doyankuliner

Makanan khas Cirebon ini sangat unik dan hanya bisa ditemukan di Cirebon. Kalau umumnya gado-gado dibuat dengan campuran aneka jenis sayuran dan diberi bumbu kacang, gado-gado ayam ditambahkan dengan suwiran ayam dan disiram kuah kuning berupa kaldu ayam ataupun kari.

Isi gado-gado ayam berupa lontong, telur, tahu, suwiran ayam, tauge, timun, emping, kerupuk dan ditaburi dengan bawang goreng.

Walau kuliner ini tak sepopuler nasi jamblang dan empal gentong, namun tak ada salahnya dicoba saat main-main ke Cirebon. Salah satu kedai yang terkenal dengan kenikmatan gado-gado ayamnya adalah Gado-Gado Hj. Tarkanci yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Berlokasi di Jalan Kembar Cirebon, tepat di seberang rel kereta stasiun Cirebon. Paling pas disantap sebagai menu sarapan. Seporsinya sudah bikin perut kenyang.

8. Tahu Gejrot

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/aboutcirebonfood

Tahu gejrot hampir ditemui di semua daerah, tapi tau gak kalau tahu gejrot ternyata makanan khas Cirebon. Makanya kurang lengkap kalau berkunjung ke Kota Udang, tidak menyantap makanan ini.

Ada banyak penjual tahu gejrot dengan rasa otentik di Cirebon. Misalnya saja, Tahu Gejrot Kanoman di Jalan Kanoman Pekalipan. Di sini tahu gejrot disajikan dengan bumbu bawang puting, bawang merah dan gula, serta diberi taburan cabai yang banyak. Selain itu, ada Tahu Gejrot Mang Dio di kawasan Kesambi, yang disajikan dengan piring kecil berbahan dasar tanah liat dan bisa request level kepedasan.

Kamu tinggal pilih ingin mencoba yang mana. Jangan khawatir karena rasa tahu gejrot di kedua tempat ini sudah diakui kelezatannya oleh para pemburu kuliner lokal.

9. Empal Asem

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/kulinercirebon/

Empal asem sebenarnya agak mirip dengan empal gentong, sama-sama masakan berkuah dengan bahan utama daging sapi, babat dan usus.
Bedanya, kuah empal asem bening seperti sop, karena tidak menggunakan santan. Selain itu, diberi tomat dan belimbing wuluh untuk memberikan cita rasa asam segar.

Sebagian besar rumah makan yang menjual empal gentong, pasti juga menyediakan empal asem. Jadi, kalau kamu sedang mengurangi makanan tinggi kolesterol dan beraroma kuat seperti empal gentong, menu empal asem bisa jadi pilihan.

Kamu bisa mencoba empal asem di warung Empal Gentong Mang Darma, atau di warung H. Apud yang tersebar di beberapa lokasi di Cirebon.

10. Rujak Kangkung

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/kulinercirebon/

Makanan khas Cirebon yang satu ini mirip dengan pecel, hidangan khas Jawa Tengah berupa sayur rebus yang disiram bumbu kacang. Bedanya, rujak kangkung menggunakan sayur kangkung sebagai bahan utama dan sambal asem yang pedas.

Makanan ini sering juga disebut rujak kangkung dadakan, lantaran kangkung direbus mendadak dan diaduk sendiri bersama sambal saat disajikan.

Saat berada di Cirebon kamu bisa mencicipi makanan unik di warung Rujak Kangkung Dadakan Ibu Mega yang berlokasi di Jalan Rajawali atau di Warung Merah Hitam di Jalan Olahraga. Keduanya menyediakan gorengan yang enak disantap bersama rujak kangkung.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Gurih dan Kenyal dalam 4 Resep Rujak Cingur Ini

11. Pedesan Entog

makanan khas cirebon

Foto: https://www.instagram.com/tukangjajanid/

Jalan-jalan ke Cirebon wajib banget mencoba pedesan entog, terutama kalau kamu pecinta pedas. Sebenarnya makananan ini khas Indramayu, kota tetangga Cirebon. Namun, sudah melegenda di Kota Para Wali alias Cirebon karena sangat digemari.

Pedesan entog dibuat dari daging entog, unggas berbulu putih yang mirip itik. Dagingnya diolah dengan dicampur rempah-rempah dan diberi banyak cabai untuk menambah rasa pedas.

Pedesan entog bisa kamu santap di warung Pedesan Entog Mas Nana, di Jalan Fatahillah. Warung Mas Nana terkenal karena menggunakan teknik khusus dalam memasak sehingga daging entog yang alot menjadi lembut saat dimakan. Rempah-rempah yang digunakan juga berkualitas sehingga lebih enak dan gurih.

Selain warung Mas Nana, banyak juga yang merekomendasikan Warung Pedesan Haji Dakila yang berlokasi di Food Row, Grage City Mall. Di sini pedesan entog diberi kemangi untuk menambah aroma. Selain pedesan entog, warung Haji Dakila juga menyediakan hidangan pedesan yang lain, contohnya pedesan ayam yang tak kalah enak.

Baca Juga: 16 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Akan Kelezatannya!

Well, itu dia rekomendasi makanan khas Cirebon beserta tempat untuk menyantapnya. Tampak sangat menggiurkan, bukan? Semoga pandemi bisa cepat usai, agar bisa jalan-jalan ke Cirebon sambil berwisata kulineran, ya!

  • http://repository.stp-bandung.ac.id
  • https://www.instagram.com/
  • http://www.doyankuliner.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait