Kesehatan

16 Desember 2020

11+ Makanan Khas Gorontalo, Unik!

Sudah sampai Gorontalo, bingung mau makan apa?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gorontalo merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sulawesi bagian utara. Selain keindahan alamnya yang eksotis, Gorontalo juga terkenal akan kulinernya yang tidak kalah lezatnya dengan kuliner daerah lain.

Makanan Khas Gorontalo yang Terkenal

Gorontalo merupakan provinsi di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 5 Desember 2020 yang sebelumnya tergabung dalam Sulawesi Utara.

Gorontalo memiliki sebutan sebagai kota “Serambi Madinah”, sebab tradisi masyarakat Gorontalo yang mengacu pada ajaran Islam. Sama seperti halnya provinsi-provinsi lain di Indonesia, Gorontalo juga memiliki ragam pariwisata budaya, alam dan kuliner yang khas.

Makanan khas Gorontalo memiliki cita rasa dan terbuat dari bahan-bahan yang unik. Saking uniknya, makanan khas Gorontalo cukup sulit ditemui di tempat-tempat lain. Sehingga sangat wajib hukumnya menikmati ragam kuliner khas Gorontalo jika mengunjungi kota ini.

Lalu, apa saja makanan khas Gorontalo yang terkenal dan siap menggoyang lidah?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini

1. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta makanan khas Gorontalo

Foto: Reddoorz.com

Sajian binte biluhuta menjadi salah satu makanan khas Gorontalo yang terkenal. Dalam bahasa Indonesia, binte biluhuta berarti jagung yang disiram.

Bisa ditebak, binte biluhuta bahan utamanya adalah jagung. Lalu ada aneka seafood sebagai tambahan protein, seperti ikan cakalang atau udang, dimasak dengan bumbu khas Gorontalo.

Binte biluhuta memiliki cita rasa manis, asin dan pedas. Jika dilihat dari kandungan gizinya, binte biluhuta merupakan makanan yang tidak hanya enak namun memiliki gizi yang tinggi.

Mengutip dari Healthline, jagung merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Meskipun jagung juga diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah, namun faktanya, jagung memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Jagung juga mengandung Vitamin B, serta berbagai mineral seperti magnesium, tembaga, zat besi, mangan dan seng.

2. Ayam Iloni

Ayam Iloni khas Gorontalo berbeda dengan ayam bakar biasa

Foto: Sajiansedap.grid.id

Makanan khas Gorontalo yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu ayam iloni. Ayam iloni merupakan ayam bakar khas Gorontalo yang memiliki cita rasa berbeda dari ayam bakar pada umumnya.

Keunikan ayam bakar iloni terletak pada cara mengolahnya. Jika ayam bakar pada umumnya dipanggang setelah dibersihkan, ayam iloni harus ditambahkan bumbu khas terlebih dahulu sehingga meresap ke dalam daging dan dicampur dengan santan. Setelah bumbu meresap, barulah ayam dibakar hingga siap untuk disantap.

3. Tili Aya

Tili aya adalah hidangan khas Gorontalo

Foto: Resepyummy.com

Tili aya merupakan makanan khas Gorontalo yang bercita rasa manis dan sering ditemui pada saat bulan Ramadhan. Uniknya, tili aya merupakan makanan wajib yang disantap saat hari pertama sahur.

Namun sayangnya, saat ini keberadaan kue tili aya sudah sangat sulit untuk ditemui karena menjamurnya makanan siap saji yang dianggap lebih praktis dan membantu menahan lapar lebih lama saat berpuasa.

Baca Juga: 9 Makanan Khas China yang Halal dan Nikmat, Mau Coba?

4. Sashimi Tuna

Ikan Tuna adalah komoditi utama di Gorontalo

Foto: Freepik.com

Makanan khas Gorontalo satu ini mungkin membuat banyak orang bertanya-tanya karena sashimi lebih terkenal sebagai makanan yang berasal dari negeri sakura, Jepang.

Gorontalo memang memiliki sashimi sebagai salah satu makanan khas Gorontalo yang terkenal, namun cita rasa sashimi khas Gorontalo dengan khas Jepang berbeda.

Masyarakat Gorontalo memilih ikan tuna karena ikan tuna adalah hasil laut paling banyak di Gorontalo. Selain itu, ikan tuna memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Mengutip dari Selenium in Tuna Protects Against Mercury, tuna kaya akan sumber protein berkualitas tinggi, omega 3 dan selenium. Tuna memiliki ragam manfaat untuk kesehatan di antaranya adalah baik untuk jantung, serta menjaga kesehatan otak baik anak-anak, orang dewasa dan manula.

5. Sate Tuna

Sate tuna yang lezat juga khas Gorontalo

Foto: Factsofindonesia.com

Selain sashimi tuna, makanan khas Gorontalo yang terkenal dan berbahan dasar tuna adalah sate tuna. Indonesia memang terkenal akan kuliner satenya.

Namun, sate tuna sangat jarang terdengar. Di Gorontalo, sate tuna cukup banyak dijumpai karena tuna merupakan hasil laut terbesar di Gorontalo. Keunikan sate tuna terletak pada dagingnya yang sangat lembut.

6. Bilenthango

Menikmati Bilenthango hidangan ikan khas Gorontalo

Foto: Factsofindonesia.com

Makanan khas Gorontalo yang terkenal dari hasil lautnya selain ikan tuna adalah bilenthango. Bilenthango merupakan makanan khas Gorontalo yang bahan utamanya ikan.

Ikan dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat untuk jantung. Dalam jurnal penelitian Fish consumption and risk of major chronic disease in men, menemukan bahwa lebih dari 40.000 pria di Amerika Serikat, kelompok yang secara rutin makan satu atau lebih porsi ikan per minggu memiliki risiko penyakit jantung 15% lebih rendah.

Ikan yang digunakan sebagai bahan dasar bilenthango adalah ikan goropoa atau yang dikenal dengan ikan kerapu. Keunikan dari kuliner khas Gorontalo satu ini adalah proses pengolahannya yang terletak pada keberadaan daun pisang yang digunakan sebagai alas minyak dan ikan ketika digoreng. Hal ini bertujuan agar meminimalisir risiko ikan gosong akibat terlalu lama digoreng.

7. Ilabulo

Mirip pepes, namun ilabulo punya keistimewaan tersendiri

Foto: Pospena.com

Meskipun nama ilabulo sangat jarang terdengar, namun di Gorontalo ilabulo merupakan makanan yang wajib dicoba ketika mengunjungi kota ini.

Ilabulo merupakan makanan khas Gorontalo yang berbahan ati ayam, ampela ayam dan lemak ayam yang nantinya dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar atau dikukus. Hidangan ini sekilas memang mirip dengan pepes.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Madura yang Menggiurkan

8. Sayur Putungo

Sayur putungo khas Gorontalo terbuat dari jantung pisang

Foto: Cookpad.com (Sri Suharyaningsih)

Sayur putungo merupakan makanan khas Gorontalo yang terkenal selanjutnya. Hidangan satu ini berbahan dasar jantung pisang.

Sayur putungo menjadi makanan sederhana khas Gorontalo dan juga merupakan ikon kuliner kota ini. Sayur putungo memiliki cita rasa yang sangat pedas. Jantung pisang diketahui memiliki banyak manfaat.

Mengutip dari Medical News, jantung pisang memiliki manfaat untuk memperkuat uterus, mengurangi nyeri haid, mengurangi hipertensi dan masih banyak lagi.

Sementara itu, makanan yang pedas juga memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan. Pada jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine, menemukan bahwa capsaicin pada cabai dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran energi.

Selain itu, mengonsumsi makanan pedas setiap hari dapat berkontribusi pada penurunan berat badan melalui pengurangan asupan energi.

9. Perkedel Nike

Perkedel nike adalah perkedel dari ikan nike khas Gorontalo

Foto: Sindonews.com

Kalau mendengar kata perkedel, pasti yang terbayang di benak Moms dan Dads adalah kuliner yang berbahan baku kentang yang kemudian dihaluskan.

Berbeda dengan perkedel kebanyakan, perkedel khas Gorontalo ini merupakan perkedel yang terbuat dari ikan nike yaitu ikan yang berukuran kecil mirip seperti ikan teri.

Kuliner khas Gorontalo memang banyak yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Hal ini karena ikan menjadi salah satu komoditi terbesar di Gorontalo.

Selain enak, ikan memang mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, yodium, dan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 17 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

Makanan Khas Gorontalo untuk Oleh-Oleh

Jika berkunjung ke suatu daerah, tentu rasanya ada yang kurang jika tidak membawa sesuatu sebagai buah tangan untuk orang-orang terdekat.

Setelah puas menikmati makanan khas Gorontalo yang terkenal, Moms dan Dads juga bisa membawa makanan khas Gorontalo untuk oleh-oleh.
Lalu, apa saja makanan khas Gorontalo untuk oleh-oleh?

10. Kue Karawo

Kue kering Karawo cocok sebagai buah tangan dari Gorontalo

Foto: Kumparan.com

Salah satu makanan khas Gorontalo untuk oleh-oleh adalah Kue Karawo atau juga dikenal dengan Kue Karawang. Kue karawo merupakan kue kering yang hanya bisa ditemui di Gorontalo. Layaknya kue kering lainnya, kue karawo juga memiliki aneka varian rasa seperti rasa keju, coklat, kopi, atau strawberry.

11. Duduli

Duduli, dodol khas Gorontalo yang manis

Foto: Instagram (@putri71_gallery)

Makanan khas Gorontalo yang wajib dibawa pulang untuk oleh-oleh selanjutnya adalah duduli. Duduli merupakan dodol khas Gorontalo yang terbuat dari gula merah yang dicampur dengan ketan dan santan, kemudian diaduk 8 jam lamanya, sehingga rasa duduli sangatlah manis dan legit.

12. Kue Pia Gorontalo

Gorontalo juga memiliki kue pia khas Gorontalo

Foto: Instagram (@pia.saronde)

Kue pia memang bukan makanan yang berasal dari Gorontalo, tetapi Gorontalo memiliki kue pia yang khas dan cocok dijadikan oleh-oleh, namanya kue pia Saronde.

Nama Saronde sendiri merupakan nama pulau di Gorontalo. Kue pia saronde memiliki tekstur yang renyah dan bercita rasa gurih dengan banyak pilihan varian isi.

13. Sambal Sagela

Ikan sagela adalah ikan roa yang diasap khas dari Gorontalo

Foto: dinkes.gorontaloprov.go.id

Makanan khas Gorontalo yang terkenal dan patut dicoba ketika berkunjung adalah Sagela, yaitu olahan ikan asap dari ikan Roa. Olahan ikan ini biasanya dijadikan sambal dabu dabu sagela, dijadikan taburan bubur, atau campuran nasi goreng.

Olahan ikan ini kerap dibawa oleh para perantau yang pergi ke luar Gorontalo, sebab ikan yang diasapi selama beberapa jam ini mampu bertahan cukup lama tanpa pengawet.

Bagi penggemar pedas, tak lengkap jika tidak membawa pulang Sambal Sagela. Sambal kesukaan almarhum B.J. Habibie ini sering dibawa pulang ke Jakarta oleh beliau sebagai buah tangan karena kenikmatannya. Sambal sagela juga mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Gorontalo.

Baca Juga: Dari Pedas Sampai Manis, Ini 12 Makanan Khas Manado yang Begitu Menggoda

Nah, sudah berapa banyak yang masuk ke wishlist Moms dan Dads? Jadi tak sabar jalan-jalan ke Gorontalo!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait