Jalan-jalan

23 Agustus 2021

9+ Makanan Khas Gresik yang Tidak Boleh Dilewatkan, Enak dan Menggoda!

Miliki wilayah geografi pantai, makanan khas Gresik tak lepas dari bahan dasar ikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Wisata kuliner adalah salah satu kegiatan yang paling menarik untuk dilakukan dan tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi suatu tempat. Tak terkecuali saat Moms dan Dads mengunjungi Kota Gresik. Ya, makanan khas Gresik pun menjadi incaran.

Menurut buku The History of Java, nama Gresik berasal dari kata giri gisik, yang berarti gunung di tepi pantai, merujuk pada topografi kabupaten yang berada di pinggir pantai. Uniknya, Di Kota Gresik, Ada festival makanan khas Gresik yang bertajuk “Festival Badhogan dan Budaya Gresik” dimana pada event tersebut disajikan beragam sajian kuliner unik yang hanya bisa didapatkan di kota Gresik.

Sehingga festival ini menjadi salah satu acara kuliner yang tidak boleh Moms dan Dads lewatkan. Biasanya festival ini diadakan setiap tahunnya sekitar bulan Maret hingga Mei. Festival makanan khas Gresik ini juga bermanfaat untuk menjaga kelestarian budaya Gresik agar tidak punah tergerus arus globalisasi.

Makanan Khas Gresik

Dibanding menunggu lama, berikut ini beberapa makanan khas Gresik yang patut Moms dan Dads coba dilansir dari disparbud.gresikkab.go.id:

1. Nasi Krawu

Nasi Krawu

Foto: dispardbud.gresikkab.go.id

Nasi krawu merupakan satu makanan kuno yang sampai hari ini masih bisa ditemui di kota Santri, Gresik, Jawa Timur. Meski berkembang di Gresik, ada pendapat bahwa makanan ini merupakan masakan leluhur dari Madura. Salah satunya didasarkan pada banyaknya pedagang nasi krawu yang berasal dari Madura.

Kata krawu sendiri sebenarnya berasal dari kata krawukan yang artinya diambil dengan jari tangan atau krawuk. Makanan khas Gresik ini disajikan dengan daun pisang dan diambilkan oleh sang pembuat dengan jari-jari tangannya. Untuk menikmatinya, disarankan untuk menggunakan tangan, bukan dengan sendok atau garpu.

Makanan ini terdiri dari nasi putih pulen dengan lauk suwiran daging sapi yang dimasak agak pedas dengan kadar minyak tinggi. Biar lengkap, bisa ditambahkan semur babat maupun semur ikan bandeng yang dicampur tahu serta kentang.

2. Pudak

Pudak

Foto: dispardbud.gresikkab.go.id

Pudak adalah kue atau makanan khas kota Gresik. Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras, gula pasir atau gula jawa dan santan kelapa yang dimasukan kemasan terbuat dari bahan yang disebut “ope” yaitu pelepah daun pinang.

Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut pudak sagu. Pada perkembangannya, ragam pudak tidak terbatas tiga rasa macam saja seperti sebelumnya yaitu pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu.

Pembuat kue pudak untuk merebut pasar, maka ragam dan rasa pudak pun bertambah, diantaranya pudak pandan yang berwarna hijau dan harum karena campuran sari daun pandan. Tak jarang, para pembuat pudak memilih menggunakan daun suji sebagai perwarna pengganti, mengingat warnanya yang lebih kuat hijaunya, sensasinya juga tak kalah dengan daun pandan. Disamping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun.

Dari bahan yang sudah mulai langka, pembuatannya pun tidak sederhana. Pangkal pelepah daun pinang harus disamak lebih dahulu untuk memisahkan kulit luar dan kulit dalam. kulit bagian dalam inilah yang dimanfaatkan. Setelah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit dengan alur seperti huruf L tanpa sudut, sehingga sisi dan dasarnya tertutup dan membentuk ruang seperti gelas. Setelah adonan dituangkan, ujung kemasan yang terbuka dikuncupkan dan diikat. Baru dikukus

Kue pudak merupakan jajanan yang kaya kalori dan mengenyangkan. Disamping itu kue ini bisa bertahan selama tiga hari, bila diangin-anginkan. Konon kue ini dibuat sesuai kebutuhan masyarakat Gresik yang saat itu yang bermata pencaharian sebagai pedagang, yang cenderung bepergian jauh

Baca Juga: Yuk, Moms Cobain 16 Makanan Khas Semarang yang Memanjakan Lidah Ini!

3. Sego Roomo

Sego Roomo

Foto: ispardbud.gresikkab.go.id

Nama Sego Roomo diambil dari desa asal kuliner tersebut yaitu dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sebagian orang Gresik menyebutnya Bubur Roomo. Disebut demikian karena memang bentuk atau teksturnya yang memang mirip dengan bubur.

Makanan ini juga punya cerita sejarah tersendiri. Alkisah, ada seorang wanita warga Desa Roomo yang serba kekurangan. Dia kemudian berkeluh kesah kepada seorang dari Sembilan Wali. Sang Wali kemudian menyarankan agar si wanita menjual desanya. Si wanita itu kebingunan menerjemahkan petunjuk tersebut.

Sehingga, si wanita menemukan jawaban teka-teki tersebut. Dia diminta untuk menjual Sego Roomo yang memang menjadi makanan khas desa setempat. Lalu, jadilah kebiasaan warga Roomo berjualan Sego Roomo jika berada di luar desa tersebut.

Sego Roomo punya karakter yang berbeda dengan makanan khas Gresik lainnya. Makanan ini disajikan di atas wadah dari daun pisang yang disebut takir yang dituangi sayur dan kerupuk dan diberi bubur berwarna kuning yang disebut dengan Roomo.

Di bagian atas ditaburi koya yang terbuat dari parutan kelapa goreng yang juga dicampuri resep sambal. Rasanya ada gurih, ada pedasnya dan bercampur rasa bubur yang dominan rempahnya.

Baca Juga: Nikmat, 14 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Moms Coba!

4. Jubung

Jubung

Foto: dispardbud.gresikkab.go.id

Jubung adalah jajanan mirip jenang terbuat dari ketan hitam yang di taburi wejan. Biasanya Jubung ditempatkan dalam Jubung atau selongsong warna putih kecoklatan yang terbuat dari kulit pohon pinang.

Dari proses awal, pembuatan makanan khas Gresik yaitu Jubung sendiri memerlukan waktu sedikitnya 24 jam, mulai dari merendam ketan, mengggiling, memasak hingga membungkusnya. Mula-mula, ketan yang sudah di rendam selama 12 jam ini, di giling hingga halus. Saat bersamaan, parutan kelapa di ambil sarinya, kemudian di masak hingga kental. Kemudian, tepung ketan di masukkan wajan sambil di campur sari kelapa yang sudah masak. Untuk memperoleh rasa yang lebih enak, adonan juga di tambah telur ayam.

Proses memasak adonan ini, adalah proses paling lama. Untuk menghasilkan Jubung terbaik, membutuhkan waktu 6 jam hingga adonan benar-benar kental. Tak heran, jika juru masaknya adalah kaum lelaki, karena adonan jubung harus di aduk terus menerus. Seusai kental, adonan Jubung di tambah gula pasir secukupnya. Untuk 5 kilogram ketan, perlu 2 kilogram guka pasir. Adonan kemudian di bungkus untuk siap di jual.

Ciri khas bungkusan Jubung adalah daun pinang muda atau miliki panggilan akrab ope yang di lilit mirip gelas mini.

Baca Juga: Ini 15 Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Harus Dicoba

5. Otak-otak Bandeng

Otak-otak Bandeng

Foto: dispardbud.gresikkab.go.id

Otak-otak ikan bandeng juga merupakan makanan khas Gresik yang wajib dicicipi. Salah satu otak-tak bandeng Gresik yang terkenal adalah buatan bu Muzanah yang berdiri sejak tahun 1969.

Dalam sehari, otak-otak bandeng bu Muzanah diproduksi sebanyak 150 ekor. Proses pembuatan otak-otak bandeng memakan waktu kurang lebih tiga jam. Bandeng yang dipilih pun ukurannya sama yaitu dengan berat rata-rata 4 ons dan bandengnya adalah jenis bandeng yang tidak bau tanah. Otak-otak bandeng bisa bertahan sampai dua hari, ini dikarenakan otak-otak tersebut tidak memakai bahan pengawet.

Namun jika dimasukkan ke dalam lemari es bisa bertahan sampai lima hari sampai satu minggu.Bagi Moms dan Dads yang ingin membeli otak-otak bandeng sebagai oleh-oleh, pilihlah yang sudah dingin sehingga akan lebih awet dan jangan memilih yang masih hangat.

6. Sanggring (Kolak Ayam)

Sanggring (Kolak Ayam)

Foto: dispardbud.gresikkab.go.id

Sanggring atau Kolak Ayam adalah salah satu makanan khas Gresik. Dari namanya terkesan tidak asing namun bentuk dan rasanya berbeda dengan kolak pada umunya. Sanggring atau Kolak Ayam terbuat dari daging ayam yang disuwir tipis dengan kuah atau kaldu mirip seperti resep soto atau bakso namun rasanya manis.

Cara pembuatannya pun harus dilakukan oleh para pria yang terlebih dahulu harus berwudlu. Konon menu masakan tersebut berasal dari makanan obat yang dibuat oleh Sunan Dalem (Putra Sunan Giri) pada saat beliau menderita sakit yang berkepanjangan.

7. Legen

Legen

Foto: dispardbud.gresikkab.go.id

Selain makanan, ada juga minuman khas Gresik yaitu Legen. Legen merupakan minuman yang disadap dari ujung pohon siwalan, rasanya manis dan segar, apalagi kalau disajikan dalam keadaan dingin. Pohon siwalan merupakan tanaman sejenis kelapa yang hanya bisa dijumpai di daerah Gresik dan Tuban. Buah siwalan dapat dimakan , bentuk awalnya seperti waktu dipetik dari pohon berbentuk bulat dan berwarna seperti buah manggis tetapi relatif lebih besar.

Setelah dikupas kulit luarnya, isinya diambil, lalu dikupas lagi kulit arinya, baru bisa dinikmati buahnya.Rasa buah siwalan manis dan rasa dagingnya kenyal seperti kelapa muda.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Madura yang Pantang Dilewatkan Saat Melancong

8. Bonggolan

Bonggolan

Foto: dispardbud.gresikkab.go.id

Nama makanan khas Gresik ini terasa asing dan aneh bagi sebagian orang, yaitu Bonggolan. Makanan khas Gresik ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Berbahan dasar ikan lantaran kondisi geografis Gresik yang dekat dengan pantai dan laut.

Sepintas, makanan khas Gresik ini menyerupai sosis atau otak-otak. Bentuknya kecil lonjong, dan warna putih keruh cenderung ke warna cokelat. Terbuat dari bahan ikan yang dicampurkan dengan tepung kanji atau aci. Penyajiannya, bonggolan dibungkus menggunakan daun pisang layaknya lemper.

Daging ikan yang dipakai untuk membuat bonggolan biasanya daging ikan tenggiri. Sehingga, tak heran jika rasanya gurih dan nikmat. Moms dan Dads, bisa menikmati bonggolan dengan saos sambal.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Sumatera Barat Selain Rendang dan Sate Padang

9. Sego Karak

Sego Karak

Foto: gotravelly

Makanan khas gresik yang ketiga yaitu sego karak, di daerah lain sego karak disebut sebagai nasi aking. Nasi yang masih bagus dikeringkan kemudian ditanak kembali untuk dimakan.

Di masa lalu, hal ini dilakukan untuk mengawetkan nasi karena masih sulit mendapatkan beras yang layak dikonsumsi. Makanan khas Gresik ini bisa menjadi salah satu list untuk segera dicicipi oleh Moms dan Dads.

Sego karak biasa disajikan dengan berbagai pendamping seperti ketan hitam, poya atau serundeng, parutan kelapa, dan juga gorengan. Kuliner khas Gresik ini biasa disantap sebagai menu sarapan.

10. Sego Menir

Sego Menir

Foto: gotravelly

Sego menir merupakan salah satu makanan khas Gresik yang lumayan langka dan hanya ada beberapa penjual saja di Gresik.

Sego sendiri artinya nasi sedangkan menir adalah beras kecil-kecil hasil dari pecahan gilingan padi dan sudah dihaluskan.

Makanan ini berupa nasi yang dicampur dengan sayuran kuah bening yang mirip dengan sayur bayam. Kemudian ditambah pelengkap seperti rempeyek dan dadar jagung.

Tentunya, merasakan makanan khas Gresik atau berbagai daerah lainnya itu menyenangkan. Selain dapat mengisi perut yang lapar di sisi lain juga cocok untuk menjajal keunikan rasa makanan yang berada pada setiap daerah. Yuk, dicoba makanan khas Gresik!

  • https://foodnesia.net/makanan-khas-gresik/
  • https://www.instagram.com/pemkabgresik/?hl=id
  • https://gresikkab.go.id/
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/page/2/?s=makanan+khas
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2021/03/04/nasi-krawu/
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/12/23/pudak/
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/07/22/legen/
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/06/17/sego-roomo/
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/05/27/jubung/
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/05/20/otak-otak-bandeng/
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/06/17/sanggring/
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/04/29/festival-makanan-khas-gresik/
  • https://gresikkab.go.id/berita/8-tasyakuran-opini-wtp-dari-bpk-bupati-suguhkan-makanan-khas-gresik
  • https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/04/29/festival-makanan-khas-gresik/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Gresik
  • https://www.gresik.info/kuliner-menarik-yang-dapat-anda-jumpai-di-festival-makanan-khas-gresik.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait