Rupa-rupa

RUPA-RUPA
28 Oktober 2020

18 Makanan Khas Indonesia dengan Filosofi Unik

Siapa tahu salah satunya merupakan makanan favorit Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Indonesia memang kaya akan berbagai macam hal. Kaya akan tempat-tempat wisata yang indah, kaya akan beraneka ragam budaya, serta kulinernya yang lezat.

Berbicara mengenai kuliner Indonesia, makanan-makanan ini tidak hanya merupakan santapan biasa lho. Ternyata ada beberapa makanan khas Indonesia yang memiliki filosofi menarik di baliknya.

Memiliki bentuk yang menarik hingga warna yang diatur, filosofi kuliner khas Indonesia ini akan selalu mengingatkan kita pada nilai-nilai kehidupan ketika menikmatinya. Yuk Moms cek di bawah ini makanan apa saja yang memiliki filosofi unik.

Baca Juga: 6 Makanan Indonesia yang Paling Disukai Orang Asing

Makanan Khas Nusantara Indonesia dengan Filosofi Unik

Apa saja makanan-makanan khas nusantara yang memiliki filosofi unik di baliknya ya Moms? Yuk kita tengok!

1. Nasi Tumpeng

makanan khas indonesia

Foto: indoindians.com

Nasi tumpeng biasa disajikan dalam acara-acara khusus atau acara penting. Nasi tumpeng biasa terbuat dari nasi kuning berbentuk kerucut tinggi dengan berbagai lauk pelengkap di sekelilingnya.

Meskipun saat ini telah disajikan dengan berbagai macam bentuk, namun bentuk asli dari nasi tumpeng adalah kerucut yang menyerupai gunung. Masyarakat Jawa melambangkan gunung sebagai tempat yang dekat dengan langit dan surga. Maksudnya adalah menempatkan Tuhan pada posisi tertinggi yang menguasai alam dan manusia. Semua yang berasal dari Tuhan dan akan kembali pula ke Tuhan.

Bentuk menggunung nasi tumpeng juga dipercaya mengandung harapan agar hidup kita semakin naik dan memperoleh kesejahteraan yang tinggi.

Nama nasi tumpeng memiliki kepanjangan ‘yen metu kudu mempeng’ atau kalau keluar harus bersemangat. Lauk-pauk yang ada di tumpeng berjumlah tujuh dalam Bahasa Jawa berarti pitu, makna dari kata pitu adalah pitulungan atau pertolongan.

2. Lontong

Siapa yang tidak mengenal makanan satu ini? Lontong juga memiliki filosofi menarik di baliknya lho. Lontong menurut ajaran Jawa memiliki filosofi “olo e dadi kotong” atau dalam bahasa Indonesianya, kejelekannya sudah tidak ada atau hilang.

Jadi jika kita memakan lontong, diharapkan bisa jadi pengingat yang baik agar kita selalu bertaubat agar terampuni semua dosa-dosa.

3. Ketupat

makanan khas indonesia

Foto: sajiansedap.grid.id

Makanan berbentuk segiempat yang identik dengan bulan Ramadan ini juga memiliki filosofi yang menarik. Tahukah Moms mengapa makanan khas Indonesia satu ini hanya disajikan di bulan Ramadan saja?

Idul Fitri identik dengan momen untuk saling memaafkan dan makanan yang paling cocok menggambarkan hal ini adalah kupat.

“Ngaku lepat” adalah filosofi di balik makanan ini yang bisa diartikan mengakui kesalahan. Makanya, ketupat hanya afdol dimakan ketika satu sama lain saling meminta maaf dan mengakui kesalahan.

Dan ada empat hal yang bisa diresapi yaitu Lebaran artinya usai yang mengibaratkan pintu ampunan terbuka lebar, luberan artinya melimpah yang menyimbolkan ajaran untuk bersedekah, leburan artinya melebur yang mengajarkan untuk saling memaafkkan, dan laburan artinya kapur yang melambangkan kesucian lahir dan batin.

Baca Juga: 3 Resep Masakan Indonesia yang Bergizi dan Cepat Dibuat

4. Kolak

Satu lagi makanan yang seringnya kita temui di bulan Ramadan adalah kolak. Bahkan kolak juga memiliki 2 filosofi sekaligus lho.

Kolak biasanya berisikan campuran umbi-umbian pendam yang bahasa Jawanya disebut “polo pendem”. Filosofi ini mengingatkan kita jika pada akhirnya setiap manusia akan dipendam atau dikubur.

Filosofi keduanya ada pada santan. Bahan satu ini mengandung arti “sing salah nyuwun ngapunten” yang artinya adalah siapa pun yang bersalah haruslah meminta maaf. Jadi selain beramal, jangan lupa maaf juga hal yang penting.

5. Dawet

makanan khas indonesia

Foto: sajiansedap.grid.id

Siapa yang tidak tahu minuman bersantan yang dicampur dengan gula jawa dan cendol ini? Apalagi kalau bukan es dawet. Minuman segar satu ini, selain rasanya yang enak dan lezat, makanan khas Indonesia ini juga memiliki filosofi yang unik lho.

Nama cendol sendiri berasal dari jendol yang memiliki arti gumpalan. Merepresentasikan sensasi saat menyantap isian dawet yang bergumpal-gumpal. Sedangkan di minuman dawet ayu, ada lambang Semar dan Gareng yang memiliki makna harapan agar dagangannya laris manis.

Pada pernikahan adat Jawa, dawet tak hanya dihidangkan di atas meja, namun disajikan sebagai rangkaian upacara pernikahan yang dikenal dengan dodol dawet artinya berjualan dawet. Mengapa? Karena ternyata bentuk cendol yang bulat melambangkan kebulatan kehendak orangtua untuk menjodohkan anak.

Para tamu undangan diperkenankan untuk membeli dawet tersebut tapi tidak menggunakan uang, melainkan menggunakan kreweng (koin yang terbuat dari tanah liat). Hal ini menandakan bahwa sebenarnya hidup manusia berasal dari bumi.

Ibu calon mempelai wanita bertindak melayani pembeli, sementara sang ayah menerima pembayaran. Hal ini mengajarkan kepada pasangan yang menikah tentang bagaimana mencari nafkah sebagai suami istri , harus saling membantu satu sama lain.

Ada yang berencana menikah dengan adat Jawa?

6. Sate Lilit

Makanan dari Bali ini sudah tak asing ditelinga kita, mungkin sebagian besar dari Moms pasti pernah mencicipinya. Umumnya sate lilit ini terbuat dari ikan tuna yang dicincang dan diberi bumbu serta kelapa muda parut. Disebut sate lilit karena daging ikan tuna tersebut dililitkan pada potongan pipih daun kelapa.

Hidangan ini sering disajikan pada upacara adat di Bali. Ternyata, istilah lilit ini berasal dari kata kilit atau ikat yang melambangkan pemersatu. Harapannya adalah masyarakat Bali tidak dapat dipecahbelah oleh apapun dan akan terus bersatu.

7. Sayur Lodeh

makanan khas nusantara

Foto: Orami Photo Stock

Siapa di sini yang merupakan penggemar berat sayuran lodeh yang gurih ini? Sayur lodeh umum disajikan sebagai hidangan di rumah. Namun sayur satu ini memiliki arti unik jika disajikan dalam sebuah acara lho.

Pada acara selametan, sayur lodeh dihidangkan karena dilambangkan sebagai tolak bala. Hal ini tidak terlepas dari 12 komponen penyusunnya yaitu labu kuning, kacang panjang, terong, kluwih, daun so, kulit mlinjo, labu siam, pepaya muda, nangka muda, kobis, sayur bayung dan kecambah kedelai.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Sunda yang Terkenal dan Nikmat!

Ternyata, angka 12, juga dapat dijumlah sebagai 1+2 menghasilkan angka 3. Angka ini dalam filosofi Jawa berarti upaya meraih kehidupan masyarakat yang dilindungi oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

Sementara, komponen pokok sayur lodeh yaitu labu kuning yang dalam bahasa Jawa disebut waluh memiliki arti wal (lepas) dan luh (air mata). Maksudnya membebaskan manusia dari tetes air mata, peluh atau penderitaan.

Santan sayur kelapa hijau biasa digunakan oleh masyarakat tradisional untuk penawar racun. Santan dalam sayur ini juga menjadi simbol penawar racun duniawi. Karena kemewahan duniawi bisa menjadi racun bagi manusia.

8. Rendang Padang

Rendang yang lezat terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam waktu lama hingga berjam-jam dengan berbagai rempah sebagai bumbunya dan tidak lupa santan, sehingga menghasilka rasa yang membuat ketagihan.

Ternyata, secara filosofi adat dan budaya Minangkabau, rendang yang terdiri atas tiga bahan pokok, yaitu daging sapi, sebagai bahan utama, melambangkan niniak mamak (paman) dan bundo kanduang (ibu) yang akan memberi kemakmuran kepada anak dan keponakan, kelapa (karambi) melambangkan kaum cerdik dan pandai, sedangkan cabai (lado) merupakan lambang dari alim ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan agama.

Ketiga aspek bahan utama rendang itu diikat oleh bumbu yang melambangkan keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Makanan Khas Nusantara yang Menggoda

Nah, untuk Moms yang suka kulineran, berikut ini adalah makanan khas nusantara yang menggoda dan patut dicoba jika Moms menemukannya.

9. Mie Kocok Bandung

makanan khas nusantara di Indonesia

Foto: Orami Photo Stock

Orang Bandung pasti sudah sangat mengenal makanan satu ini. Sesuai namanya, mie kocok merupakan makanan khas dari kota bandung yang memiliki rasa segar, gurih, dan juga nikmat.

Dalam mie kocok, Moms akan menemukan beberapa bahan makanan seperti mie gepeng, sayur tauge, dan juga potongan kikil. Penasaran bagaimana rasa semangkok mie kocok Bandung? Jika sedang berkunjung ke kota ini, jangan lupa mencicipinya ya Moms. Banyak dari masyarakat bandung bahkan dari luar daerah yang sangat menyukai mie kocok, lho.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Madura yang Menggiurkan

10. Ayam Betutu Bali

Makanan berikutnya yang masuk sebagai salah satu makanan khas nusantara yang lezat adalah ayam betutu Bali yang terkenal. Makanan ini sangat khas Indonesia karena kaya akan rempah-rempah.

Cara masak ayam ini pun sangat unik sehingga menjadikan rasanya terasa berbeda dengan makanan dan bahan ayam lainnya. Cara memasak ayam betutu ini adalah dengan ayam utuh yang di beri bumbu special kemudian dibakar. Makanan ini merupakan makanan khas dari pulau bali.

Rasa ayam yang lembut dan juga kaya akan rempah akan membuat pengalaman Moms selama di bali semakin terasa lengkap dan tak terlupakan.

11. Gudeg Jogja

gudeg khas Jogja

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms berkunjung ke Jogjakarta, merupakan sebuah kewajiban untuk Moms mencoba hidangan Jogja satu ini. Gudeg merupakan hidangan yang terbuat dari bahan nangka muda yang dimasak dengan rempah yang lengkap dan juga diberi gula merah sehingga rasanya manis.

Gudeg biasanya disajikan bersama dengan berbagai macam lauk lainnya yang tidak kalah lezat, seperti ayam, telur, tempe atau tahu bacem istimewa.

12. Pempek Palembang

Wah kalau makanan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Moms mungkin salah satu penggemarnya dan hampir selalu menjadikannya sebagai camilan.

Pempek merupakan makanan yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia baik di wilayah Palembang atau di daerah lain. Makanan yang terbuat dari ikan dan tepung kemudian dinikmati dengan kuah cuka yang dicampur gula dan garam sedikit ini selalu mengundang selera.

Apakah Moms salah satu penggemar pempek Palembang?

Baca Juga: Ragam Hidangan yang Cocok Dimakan Bersama Ketupat dan Lontong

13. Lumpia Semarang

lumpia khas Semarang

Foto: tripzilla.id

Jika berkunjung ke Semarang, biasanya kita akan membeli lumpia sebagai oleh-oleh. Seperti Moms ketahui, kulit lumpia terbuat dari tepung gandum, kemudian diisi dengan berbagai macam sayuran segar dan daging. Biasanya lumpia memiliki cita rasa gurih dan asin.

Kualitas kulit dan pengolahan bahan isi lumpia menjadi kunci kenikmatan makanan khas Semarang ini. Ada dua jenis lumpia yang bisa Moms cicipi jika datang ke Semarang, yakni lumpia goreng dan lumpia basah. Sudahkah Moms mecicipi keduanya? Mana yang Moms suka?

14. Sop Buntut Jakarta

Moms yang tinggal di Jakarta mungkin sudah sering mencoba hidangan satu ini. Sop buntut merupakan masakan berkuah kaldu bening yang sudah menjadi salah satu menu ikonik asal Betawi sejak lama.

Konon sop dari irisan daging buntut sapi ini berawal dari masa kolonial Belanda lho. Pada saat itu masyarakat Jakarta hanya mampu membeli tangkar (tulang iga), buntut dan kaki sapi yang hanya memiliki sedikit daging, oleh karena itu dinamakan sop buntut. Siapa sangka, ternyata olahan pada masa itu telah menjadi sajian favorit hingga sekarang.

15. Lempah Ikan Tenggiri dengan Belimbing Wuluh

makanan khas nusantara di Indonesia

Foto: mstechgraded.blogspot.com

Lempah ikan tenggiri dengan belimbing wuluh merupakan sajian makanan laut khas Pulau Bangka Belitung yang menggunakan ikan kakap atau tenggiri sebagai bahan utamanya.

Bayangkan lezatnya ikan kakap atau tenggiri yang dilumuri dengan kuah bumbu kuning kemerahan dari kunyit dan cabai, serta ditambahkan irisan belimbing wuluh dan nanas yang memberikan aroma dan rasa yang segar.

Jika berkungjung ke Bangka Belitung, jangan lupa mencoba hidangan satu ini ya Moms. Atau jika ingin mencoba memasak sendiri di rumah dengan resep dari internet juga bisa Moms.

16. Gulai Ikan Patin

Satu lagi hidangan dari ikan yang harus Moms coba adalah gulai ikan patin. Hidangan satu ini adalah masakan yang populer di Jambi.

Jika Moms penasaran, gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat.

Baca Juga: Yuk Bikin Sate Daging Sapi yang Cocok Disajikan untuk Keluarga!

17. Papeda

papeda makanan khas Papua

Foto: picssr.com/LauraJacobsen

Sering mendengar nama hidangan ini, namun belum pernah mencicipinya? Wajar saja, karena papeda merupakan masakan khas dari Papua, jadi Moms perlu singgah di Papua untuk mencicipinya.

Makanan ini sangat unik karena memiliki tekstur layaknya lem yang lengket. Bahan utama dari papeda adalah sagu yang dimasak dengan air. Meskipun tawar papeda ini akan terasa sangat nikmat bila dinikmati dengan sayur atau pelengkap seperti ikan bumbu kuning, sambal, gulai dan yang lainnya.

Moms yang belum pernah mencoba makanan ini harus banget mencobanya jika memiliki kesempatan, karena makanan ini jarang ditemukan di Jakarta. Sebagai makanan tradisional khas dari papua, papeda memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga akan sangat mengenyangkan sama seperti makan nasi.

18. Tempe Mendoan

Siapa penggemar tempe mendoan di sini? Tempe ini juga merupakan salah satu makanan khas nusantara terbaik yang banyak penggemarnya lho Moms.

Tempe mendoan merupakan makanan khas JawaTengah. Sebenarnya Tempe Mendoan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Banyumas. Dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahan utama dari makanan khas satu ini.

Tempe Mendoan merupakan sebuah makanan yang dibuat dari tempe dengan ukuran teme yang lebar. Langkah berikutnya adalah dengan melumuri tempe tersebut dengan tepung yang tentu saja sudah bercampur dengan bumbu khas dari Tempe Mendoan ini. Setelah itu di tempat tersebut digoreng hingga mendo atau garing.

Tempe Mendoan merupakan makanan khas Jawa Tengah yang cukup sederhana akan tetapi jika dicampur dengan cabai atau sambal rasanya akan sangat lezat. Meskipun khas Jawa Tengah, di Jakarta tempe mendoan bisa kita temukan dengan mudah lho, jadi bisa mengobati rasa rindu kita.

Itu dia beragam makanan khas nusantara Indonesia yang menggoda maupun yang memiliki filosofi unik didalamnya. Mana yang menjadi makanan favorit Moms?

Artikel Terkait