Jalan-jalan

12 Juli 2021

11 Makanan Khas Padang yang Nikmat, Sudah Coba Semua Moms?

Identik dengan cita rasa gurih, pedas dan kaya rempah.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Bagi orang-orang luar, makanan khas Padang digunakan untuk menyebut semua jenis makanan yang berasal dari Sumatera Barat, baik itu dari Padang, Bukittinggi, Solok, Padang Pariaman, Payakumbuh dan daerah-daerah lainnya.

Identik dengan cita rasa gurih, pedas dan kaya rempah, membuat makanan khas Padang menjadi favorit tidak hanya oleh orang-orang Sumatera Barat, tetapi juga orang-orang di seluruh penjuru Nusantara.

Terlebih lagi, dengan adanya restoran Padang di mana-mana, menjadikan makanan khas Padang kian populer dan bisa dinikmati siapa saja.

Mungkin Moms sudah cukup familiar dengan rendang, ayam pop dan dendeng batokok yang selalu tersedia di restoran atau rumah makan Padang. Selain makanan-makanan tersebut, ternyata masih banyak ragam makanan Padang yang tak kalah enak, lho.

Baca Juga: Bukan Hanya Mie, Berikut 16 Makanan Khas Aceh yang Harus Moms Coba

Ragam Makanan Khas Padang

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Sudah pernah mencicipi makanan khas Padang yang mana saja, Moms?

Nah, berikut adalah jenis makanan Padang, baik yang umum dijumpai di rumah makan Padang, maupun yang hanya tersaji bila ada perayaan khusus orang-orang lokal Sumatera Barat. Simak, yuk!

1. Soto Padang

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Tidak hanya daerah-daerah di Pulau Jawa yang memiliki hidangan soto. Di Sumatera Barat juga ada, lho. Makanan khas padang ini terbuat dari irisan daging sapi. Daging sapi yang dipergunakan tidak sembarangan, melainkan hanya bagian khas dalam saja, sehingga memiliki tingkat kekenyalan yang pas namun tetap terasa empuk.

Masakan ini biasanya dijadikan sebagai hidangan pembuka ataupun sebagai menu utama.

Kelezatan soto padang terletak pada variasi bumbunya yang lengkap. Ada satu ciri khas soto padang yang membedakannya dengan sajian soto lainnya di nusantara yaitu, penggunaan kerupuk beras berwarna merah jambu sebagai pelengkapnya.

Baca Juga: Variasi Resep Soto Betawi yang Menggiurkan!

2. Sate Padang

makanan padang

Foto: Pinterest.com

Sate padang adalah salah satu makanan khas Padang yang otentik. Cita rasanya gurih dan asin bikin ketagihan untuk menyantapnya.

Kuah sate padang berbeda dengan kuah sate yang yang sering ditemui. Kuah sate berwarna kuning merupakan khas Padang Panjang, sementara kuah berwarna merah merupakan khas Pariaman.

Pilihan daging satenya beraneka macam seperti daging, lidah dan jeroan. Menyantapnya bersama lontong atau bisa diganti nasi.

3. Rendang

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Moms pasti sudah sangat familiar dengan makanan khas Padang ini. Pada 2017 lalu, rendang dinobatkan menjadi makanan paling enak sedunia pilihan pembaca internasional CNN.

Istilah rendang berasal dari kata marandang dalam bahasa Minangkabau yang berarti secara lambat. Sebutan ini sesuai dengan cara mengolah rendang yang memerlukan waktu cukup lama agar bumbu serta santan bisa meresap dengan sempurna. Dengan begitu akan dihasilkan rendang yang punya cita rasa tinggi dan aroma khas.

Saking populernya hidangan ini, setiap tahunnya diadakan Festival Rendang atau lomba memasak rendang oleh pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, lho.

Baca Juga: 4 Resep Rendang Ayam Gurih dan Nikmat!

4. Gulai Pangek Masin

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Pernah mencoba makanan khas Padang yang satu ini, Moms? Gulai Pangek Masin bahan dasar utamanya berupa ikan laut dan air tawar, seperti ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan mas dan ikan kakap.

Kuahnya berwarna kuning kental karena menggunakan kunyit. Sementara cita rasanya merupakan perpaduan antara gurih, asam, asin dan agak pedas.

5. Dendeng Batokok

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Dalam bahasa Padang, batokok memiliki arti memukul. Sesuai namanya, dendeng batokok berupa daging sapi yang sudah direbus dengan bumbu-bumbu, dipukul-pukul hingga pipih.

Dengan dipukul-pukul bumbu akan makin meresap ke dalam daging, sehingga dendeng batokok cenderung punya aroma kuat.

Kalau dendeng balado menggunakan campuran cabai merah, dendeng batokok memakai campuran cabai hijau, tomat hijau, bawang merah dan garam yang diulek kasar.

6. Gulai Cancang

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Gulai cancang merupakan masakan padang dengan bahan utama berupa daging dipotong kecil-kecil atau kadang dipotong dalam ukuran besar. Lalu diberi santan dan cabai merah giling. Rasanya pedas dan aromanya sangat khas. Biasanya daging yang digunakan adalah daging kambing.

Baca Juga: Resep Gulai Ikan Mas, Lauk Teman Nasi yang Mantap dan Bergizi

7. Dendeng Balado

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Dendeng balado merupakan salah satu makanan khas Padang yang terbuat irisan daging sapi tipis, lebar dan kering. Kemudian disiram dengan sambal cabai merah.

Untuk membuatnya dendeng harus direbus, lalu dijemur dan digoreng hingga haring. Sedangkan sambalnya dibuat dari campuran bawang merah, cabai merah dan garam yang ditumis.

Dendeng khas Padang ini berbeda dengan olahan dendeng Jawa yang manis dan lunak, dendeng balado mempunyai tekstur yang tipis, keras dan juga pedas.

8. Cancang Karini

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Cancang karini adalah makanan khas padang yang menyerupai bakso. Makanan ini jarang dijumpai di rumah makan Padang di luar Sumatera Barat, karena lebih sering disajikan pada perayaan adat Minangkabau ataupun acara khusus keluarga.

Daging dicincang halus lalu dibentuk menyerupai bakso. Kalau bakso diberi campuran tepung, bola daging cancang karini tanpa tepung. Itulah kenapa perlu keahlian khusus dalam memasaknya, agar bisa terhidang cancang karini yang sempurna. Untuk kuahnya berupa santan dan kadang ditambahkan kentang sebagai pelengkap sajian.

9. Gulai Kapalo Lauak

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

Satu lagi kuliner Sumatera Barat yang tak luput dari hidangan yang disajikan di restoran atau rumah makan Padang. Gulai kapalo lauak sering disajikan oleh masyarakat pesisir pantai karena bahan utamanya berupa ikan laut jenis ikan karang.

Bagian kepala ikan karang disisihkan dan dibumbui dengan jahe dan jeruk nipis. Kemudian dimasak bersama santan yang sudah dibumbui dengan bawang merah dan bawang putih, jahe, kunyit, asam kandis, cabe rawit dan cabai merah dan daun-daunan.

Gulai kapalo lauak atau gulai ikan karang dapat disantap di restoran mana saja di Kota Padang, Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan (Painan).

Camila Khas Padang

Bukan hanya kudapan berat yang bikin kenyang, Sumatera Barat juga memiliki banyak camilan khas yang tak kalah lezat. Moms sudah pernah coba?

10. Katan Durian

makanan khas padang

Foto: Pinterest.com

"Ado katan ado lo durian tu baru sero". Begitulah orang Minang menyebut tentang kuliner yang satu ini. Artinya, ada ketan ada juga durian, ini baru nikmat . Ya, bagi masyarakat Sumatera Barat menikmati durian belum lengkap rasanya tanpa kehadiran ketan. Katan merupakan olahan beras ketan yang dikukus hingga matang. Dalam proses pengukusan beras ketan ditambahkan irisan daun pandan agar wangi.

Dalam penyajiannya, katan ditaburi kelapa parut yang telah ditambahkan garam halus secukupnya. Buah durian yang telah dikupas disajikan diatas piring dengan katan dan kelapa parut. Legitnya buah durian yang manis dan lembut disantap bersama gurihnya katan, bikin santapan terasa lebih nikmat.

Baca Juga: 17 Manfaat Buah Durian, Bisa Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tulang, Luar Biasa!

11. Es Tebak

makanan khas padang

Foto: Lh3.googleusercontent.com

Es tebak adalah es campur khas Sumatera Barat yang kerap dijadikan sebagi hidangan penutup atau jajanan biasa.

Es tebak terdiri dari aneka campuran. Bahan utamanya berupa tepung berasa ketan yang dicampur dengan tepung sagu dan dibentuk menyerupai cendol berwarna putih. Lalu dilengkapi dengan potongan buah seperti alpukat, nangka, kelapa muda, serta cincau, kolang kaling dan tape singkong. Tak lupa diatasnya diberi serutan es, dan disiram dengan kuah santan, susu kental manis dan sirup merah. Rasanya manis dan segar, cocok disantap setelah makan siang.

Baca Juga: Dari Pedas Sampai Manis, Ini 12 Makanan Khas Manado yang Begitu Menggoda

Itu dia jenis-jenis makanan khas Padang yang terkenal akan kelezatanya. Cobain yuk, Moms!

  • https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailCatat=1437
  • https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id
  • https://kemlu.go.id/kabul/en/read/indonesian-cuisine-rendang/396/information-sheet
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait