Jalan-jalan

16 Juli 2021

10 Makanan Khas Solo yang Enak Disantap dan Cocok Jadi Oleh-oleh

Ada banyak makanan khas Solo yang bisa Moms coba, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Solo atau Surakarta adalah salah satu kota besar di Jawa Tengah. Namun, ternyata tidak banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi lho, Moms.Sebagai gantinya, ternyata makanan khas Solo adalah tujuan utama dari banyaknya wisatawan datang ke kota itu.

Penasaran Moms apa saja destinasi kuliner yang bisa dikunjungi jika ke Solo? Yuk, simak informasi berikut!

Baca Juga: Ini 5 Tempat Wisata di Solo yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

Makanan Khas Solo Tengkleng

xx makanan khas solo

foto: javatravel.net

Belum ke Solo namanya, kalau belum mencoba tengkleng. Makanan sejenis sup berbahan dasar tulang kambing ini, sudah terkenal sejak zaman Belanda dulu, lho Moms.

Menurut sejarah, makanan khas Solo ini dulunya dibuat oleh para tukang masak kerajaan yang tidak bisa menikmati daging kambing. Tidak hilang akal, akhirnya para juru masak tersebut memasak tulang kambing tersebut menjadi sajian yang nikmat dan terkenal sampai sekarang.

Tekstur tengkleng hampir mirip dengan dengan gulai kambing, hanya saja kuahnya lebih encer. Namun, saat ini juga terdapat tengkleng dengan sedikit kuah.

Di Solo ada banyak sekali warung tengkleng yang terkenal, salah satunya adalah Tengkleng Klewer Bu Edi. Dari namanya saja sudah ketahuan dimana letak warung tengkleng ini, ya Moms, yaitu pasar Klewer.

Selain sudah berdiri dari tahun 1970an, tengkleng klewer Bu Edi terkenal karena cara penyajiannya yang unik. Tengkleng disajikan menggunakan pincuk dari daun pisang dan Moms dapat menikmati kuahnya. Moms yang ingin mencoba tengkleng satu ini sangat mudah untuk dicari karena berada tepat dibawah gapura Pasar Klewer.

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 17 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

Tak hanya tengkleng Bu Edi, masih ada lagi warung tengkleng di Solo yang enggak kalah enak. Sebut saja Tengkleng Bu Jito Dlidir yang terkenal dengan sajian tengkleng dengan daging kambing melimpah setiap porsinya. Kemudian ada tengkleng Pak Manto yang terkenal dengan sajian tengkleng pedas.

Kemudian ada tengkleng bu Pon dengan varian yang cukup lengkap untuk setiap sajian tengklengnya, mulai dari iga, sumsum hingga bagaian kepala kambing. Menariknya lagi, semua sajian itu juga bisa Moms pesan dalam bentuk sate, lho.

Terakhir ada tengkleng langganan Presiden Jokowi, yaitu tengkleng Bu Diah. Selain jadi langganan presiden, tengkleng ini juga memiliki menu khas yaitu tengkleng kepala kambing. Kuahnya gurih, rasanya kuat dan porsinya juga melimpah. Karena jadi langganan presiden, tengkleng Bu Diah ini juga terjamin mutunya, lho Moms.

Baca Juga: Ini 5 Tempat Wisata di Solo yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

6 Makanan Khas Solo yang Wajib Dicoba

Selain tengkleng, masih banyak makanan khas solo yang bisa Moms coba saat berkunjung. Menu yang disajikan juga terbilang cukup beragam dan pastinya cocok di lidah. Berikut makanan khas Solo yang wajib dicoba saat berkunjung.

1. Selat Solo

xx makanan khas solo

foto: javatravel.net

Belum ke Solo namanya kalau belum mencoba Selat Solo. Menu yang satu ini sangat wajib dicoba saat Moms berkunjung, karena disebut sebagai salad-nya Jawa tengah.

Makanan khas Solo ini terdiri daging dan juga sayuran rebus, sangat mirip dengan hidangan steak ala Barat. Sajian ini merupakan perpaduan antara sajian khas solo dan juga Eropa.

2. Nasi Liwet

xx makanan khas solo

foto: javatravel.net

Kalau Yogya terkenal dengan Nasi Gudeg, Solo juga punya sajian bernama nasi liwet.

Makanan khas Solo ini terdiri dari nasi berbumbu dengan suwiran ayam, telur pindang, sayur labu siam dan disajikan dengan daun pisang. Kalau Moms berkunjung ke Solo jangan lupa untuk mencoba nasi liwet ya.

3. Timlo Solo

xx makanan khas solo

foto: javatravel.net

Timlo merupakan gabungan antara sup dan soto yang banyak dijumpai di rumah makan ketika Moms berkunjung ke Solo.

Makanan khas Solo yang satu ini terdiri dari semur telur bebek, daging ayam, sosis solo, martabak telur dan juga ati ampela.

Kuah menu satu ini memberikan sensasi hangat dan segar saat disantap, cocok untuk Moms yang sudah lelah berkeliling Solo seharian.

4. Sate Kere

xx makanan khas solo

foto: javatravel.net

Sate Kere merupakan makanan yang paling diburu oleh turis saat berkunjung ke Solo. Makanan khas Solo ini cukup unik, karena terbuat dari tempe, tetapi rasanya mirip dengan sate daging pada umumnya, ditambah dengan bumbu kacang semakin membuat Moms terkecoh saat menikmatinya.

Menu ini merupakan kreasi masyarakat Solo jaman dulu dan tergolong makanan mewah.

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 17 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

5. Sate Buntel

sate buntel.jpg

Foto: pinterest.com

Setela mencoba sate kere, apakah Moms jadi ketagihan dengan bumbu sate di kota Solo? Untuk memanjakan lidah Moms, yuk coba makanan khas solo berikutnya yaitu sate buntel.

Sate buntel terbuat dari daging kambing cacah yang kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan kemudian dibakar, memang memberikan nuansa tersendiri bagi penikmatnya.

Lemak pembungkus yang terbakar menambah aroma, yang mengundang Moms untuk segera menikmatinya. Dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan, dijamin nagih!

6. Tahu Kupat Solo

xx makanan khas solo

foto: javatravel.net

Saat berkunjung ke Jawa Tengah, Moms pasti akan menemukan menu Tahu Kupat, begitu juga saat berkunjung ke Solo. Ini karena tahu kupat adalah makanan khas Solo yang sudah melegenda sejak puluhan tahun.

Namun, sajian Tahu Kupat Solo berbeda dengan Tahu Kupat lainnya, karena terdapat potongan bakwan, kembang kol dan juga midan di setiap sajiannya. Saat Moms ke Solo sangat mudah mendapatkan makanan ini di pinggir jalan protokol.

7. Es Dawet Telasih

xx makanan khas solo

foto: javatravel.net

Saat berjalan-jalan di siang hari, Moms pasti akan merasa haus apalagi di Solo yang terbilang cukup panas.

Nah, Moms bisa mencoba minuman segar khas solo satu ini, Es Dawet Telasih. Menu ini terdiri dari bubur sumsum, cendol, tape hijau dan juga biji selasih. Sangat cocok untuk menghilangkan dahaga.

Baca Juga: Resep Garang Asem Ayam Khas Jawa Tengah, Nikmat!

8. Tahok

tahok_20180708_103719.jpg

Foto: javatravel.net

Kuliner tradisional Tionghoa ini juga menjadi salah satu makanan khas Solo yang harus Moms coba.

Jika di Singkawang, kuliner ini disebut kembang tahu, namun di Solo, tepatnya di Pasar Gede lebih dikenal dengan tahok.

Teksturnya lembut seperti puding, sementara rasanya manis dan hangat. Bahan dasar gula merah, daun sereh, daun pandan dan jahe yang menjadikan tahok memiliki citarasa ini.

Konon kabarnya, mengonsumsi tahok secara rutin bisa menunda datangnya menopouse bagi wanita, mencegah kanker prostat, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sangat berguna untuk program diet menurunkan berat badan. Banyak sekali manfaatnya ya, Moms!

9. Lenjongan

lenjongan.jpg

Foto: pinterest.com

Mengakhiri wisata kuliner di Solo, akan tepat rasanya ditutup dengan yang manis-manis. Nah, makanan khas Solo ini adalah lenjongan, camilan manis bertekstur kenyal.

Lenjongan adalah jajanan tradisional gabungan dari sejumlah cemilan manis khas Solo, seperti tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil dan klepon.

Sebagai pelengkapnya, lenjongan akan ditaburi dengan parutan kelapa dan gula jawa cair yang kental. Jika Moms pernah mencoba cenil, makanan khas Solo ini hampir serupa.

Baca Juga: Resep Lumpia Semarang, Gurih dan Manis!

Makanan Khas Solo untuk Oleh-oleh

Saat berkunjung ke suatu kota, seperti Solo tak lengkap rasanya kalau tidak bawa buah tangan atau oleh-oleh.

Di kota kelahiran Presiden Jokowi ini juga banyak jenis makanan yang bisa Moms bawa untuk oleh-oleh. Melansir mytrip123.com berikut makanan khas solo yang cocok untuk oleh-oleh.

1. Serabi Notosuman Solo

xx makanan khas solo

foto: serabinotosuman.blogspot.com

Makanan khas solo untuk oleh-oleh yang wajib Moms bawa adalah Serabi Notosuman Solo. Kue tradisional Solo yang sudah sangat terkenal di Indoensia.

Makanan satu ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan santan kemudian dimasak dengan menggunakan tungku dan arang. Cara memasak menggunakan tungku sudah dilakukan secara turun temurun sejak lama.

Berbeda dengan serabi kebanyakan, serabi notosuman juga menyajikan berbagai kreasi dengan topping seperti coklat, keju, pisang dan juga Nangka.

Harga jual juga sangat murah, yaitu hanya Rp2.000 per porsi. Saat akan dibawa untuk oleh-oleh, serabi akan dikemas dengan plastik vakum agar lebih awet.

2. Abon Sapi Mesran

xx makanan khas solo

foto: javatravel.net

Selain serabi notosuman, makanan khas solo untuk oleh-oleh yang wajib Moms beli adalah abon sapi mesran. Kuliner yang terbuat dasar daging sapi yang dicampur daging ayam ini juga sangat legendaris di Solo.

Karena terbuat dari daging sapi dan ayam, makanan khas solo untuk oleh-oleh ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Walaupun tidak menggunakan bahan pengawet, abon sapi mesaran juga dapat disimpan dalam waktu lama.

Hal ini karena proses pemasakan dan pengemasan yang sangat aman. Moms bisa membeli abin sapi mesran hanya dengan harga Rp40.000 dan paket besar Rp70.000 saja.

Baca Juga: Liburan ke Jogja? Wajib Bawa Pulang 7 Oleh-oleh Ini

3. Intip Solo

xx makanan khas solo

foto: tripzilla.com

Solo dikenal dengan kota yang kaya akan budaya, temasuk untuk sajian kulinernya. Makanan khas solo untuk oleh-oleh yang terkenal lain adalah intip. Makanan ini terbuah dari nasi yang dikeringkan kemudian disiram dengan gula merah cair.

Makanan ini berbentuk seperti mangkok, kemudian digoreng hingga garing dengan minyak panas. Rasa dari makanan ini juga sangat enak, karena perpaduan antara rasa manis dan gurih sangat bersatu saat masuk ke dalam mulut.

Intip sangat cocok untuk cemilan sore hari ditemani oleh secangkir teh hangat atau kopi. Harga jual intip berkisar Rp10.000 sampai Rp50.000 tergantung ukuran jual.

4. Brem

Brem_Solo.jpg

Foto: instagram.com/tentangsolo

Makanan khas Solo ini adalah jajanan tradisional yang Moms bisa jadikan buah tangan ketika mengunjungi kota Surakarta.

Brem ini sangat unik dan berbeda dengan brem yang biasa Moms temui, terutama soal rasa yang terbilang menjadi brem yang paling enak. Brem ini berbentuk bulat dan padat dengan warna putih.

Moms bisa menemukan brem ini di beberapa toko oleh-oleh, atau kamu juga bisa mengunjungi Pasar Gede yang juga menjual panganan satu ini.

5. Wedang Serbat

xx makanan khas solo

foto : shopee.com

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya rempah-rempah sejak masa kolonial Belanda. Enggak heran, ya Moms, kalau saat ini banyak sekali olahan rempah khas Indonesia yang diolah menjadi makanan atau minuman, seperti wedang serbat.

Wedang serbat adalah minuman khas solo yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Minuman ini terbuat dari jahe dan rempah-rempah. Lucunya, minuman ini berbentuk tablet yang bisa dicairkan menggunakan air panas.

Cocok sekali diminum saat cuaca dingin atau saat tubuh sedang flu. Harga jual serbat juga tergolong murah dan sangat ramah di kantong Moms.

Baca Juga: Resep Sosis Solo

6. Ampyang

xx makanan khas solo

foto: tripzilla.com

Kalau makanan khas solo untuk oleh-oleh satu ini pasti Moms sudah tidak asing lagi, yaitu Ampyang. Panganan satu ini terbuat dari gula merah, kacang dan air jahe. Sekilas bentuknya mirip peyek kacang, tetapi rasanya sangat berbeda, lho Moms.

Ada beberapa jenis rasa yang ditawarkan oleh setiap penjual Ampyang di Solo, yaitu pedas manis dan manis gurih. Harga jual Ampyang juga terbilang ramah di kantong, mulai dari Rp4.000-50.000 untuk kemasan besar. Jangan lupa masukin Ampyang sebagai oleh-oleh yang akan dibawa pulang dari Solo ya Moms.

7. Kue Solo Prabu

xx makanan khas solo

foto: instagram.com/soloprabu

Selain makanan tradisional, Solo juga menyediakan berbagai panganan kekinian yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Kue Solo Prabu salah satunya. Makanan ini terdiri dari kulit pastry berlapis krim bertabur toppung.

Varian kue yang sudah ada sejak 2017 ini juga sangat unik karena diambil dari tokoh perwayangan, seperti Semar keju, Petruk tiramisu dan Gareng Black Velvet. Harga jual makanan khas solo untuk oleh-oleh satu ini juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp.40.000 hingga Rp.55.000 per kotaknya.

Baca Juga: 7 Makanan Khas dari Aceh

8. Solo Pluffy

xx makanan khas solo

foto: instagram.com/solopluffy

Solo Pluffy adalah makanan khas solo untuk oleh-oleh milik Jessica Mila. Kuliner yang satu ini berbentuk bulat besar dengan tekstur lembung dan rasa yang sangat enak. Varian dari makanan satu ini juga cukup beragam, yaitu original, green tea, cornflake, cocho cornflake, cheese dan stroberi.

Harga satu kotak kue Solo Pluffy juga tidak terlalu mahal, yaitu Rp40.000-58.000 tergangung varian dan ukuran.

9. Klengkam Solo

klengkam solo

Foto: instagram.com/nunahabsyii

Klengkam adalah camilan nikmat yang terbuat dari kentang kering yang diolah menggunakan bumbu rempah khas Solo. Klengkam merupakan salah satu camilan khas Solo yang paling populer, Moms. Tak heran kalau Moms tak perlu bersusah payah untuk mendapatkan Klengkam Solo ini.

Klengkam Solo sangat digemari karena rasanya yang renyah. Camilan ini juga kerap kali disebut-sebut sebagai potato chips dari Solo. Meski termasuk kudapan tradisional, Klengkam Solo tak kalah nikmat dari makanan ala Barat keriping kentang.

Moms bisa mencarinya di berbagai pusat oleh-oleh seperti Pasar Klewer, Pasar Gede, PGS, dan juga BTC.

10. Kue Lapis Mandarin

lapis mandarin.jpg

Foto: pinterest.com

Ingin membawa pulang oleh-oleh khas Solo? Lapis Mandarin bisa menjadi pilihan yang menarik lho, Moms.

Kue lapis Mandarin terkenal sejak beberapa dekade silam karena rasanya yang lembut dan manis, juga karena teknik pembuatan dan penyajian yang fresh from the oven.

Meski di Surabaya juga tersedia kue spiku yang mirip dengan ini, selai yang digunakan untuk kue mandarin Solo adalah selai nanas yang juga menjadi alasan mengapa banyak peminat kue ini. Kamu harus mencobanya!

Baca Juga: Nikmati 6 Gelato Terenak di Yogyakarta

Gimana Moms, sudah menetukan makanan khas solo yang akan dicoba?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait