Jalan-jalan

19 Juli 2021

20 Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi, Enak Banget!

Banyak sekali makanan khas Sulawesi yang enak untuk dicoba Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms mungkin tidak asing dengan makanan khas Sulawesi seperti coto Makassar, es pisang ijo atau kapurung. Menu-menu tersebut memang sangat terkenal hampir di seluruh Indonesia lho Moms.

Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, pulau Sulawesi memiliki banyak sekali ragam kuliner sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

Yuk Moms, simak kumpulan kuliner dari semua kota di pulau Sulawesi berikut ini.

Baca juga: Ini 10+ Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Harus Dicoba

Makanan Khas Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan yang memiliki tiga kota besar, yaitu Makassar, Palopo dan Parepare. Selain memiliki banyak penduduk, wilayah yang berada di bagian bawah pulau Sulawesi ini juga memiliki kuliner khas yang terkenal dan wajib untuk dicoba.

Nah Moms, biar enggak makin penasaran, berikut daftar makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba!

1. Coto Makassar

Resep Coto Makassar makanan khas Sulawesi

Foto: Orami Photo Stock

Salah makanan khas Sulawesi Selatan yang paling terkenal adalah Coto Makassar. Sajian ini terbuat dari isi perut sapi (jeroan) yang direbus dalam waktu lama dengan tambahan racikan rempah khas Indonesia.

Makanan khas Sulawesi Selatan ini biasanya dihidangkan dengan burasa atau lontong yang dibuat dengan santan dan rempah. Pada Desember 2008, Coto Makassar menjadi salah satu menu utama dalam penerbangan domestik Garuda Indonesia dari dan ke Makassar

2. Sop Konro

sop konro

Foto: Orami Photo Stock

Sajian khas ibu kota Sulawesi Selatan yang terkenal lainnya adalah sop konro. Menu ini sangat mudah untuk Moms temukan bahkan di luar kota Makassar.

Makanan khas Sulawesi ini dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Kemudian disajikan dengan kuah berwarna cokelat dan disantap bersama ketupat.

Walaupun sajian aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah, tetapi belakangan terdapat variasi kering yang disebut "Konro bakar" yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.

3. Jalangkote

makanan khas sulawesi jalangkote

Foto: pinterest.com

Kuliner khas Makassar lain yang tak kalah terkenal adalah jalangkote. Kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan pastel, hanya saja kulitnya lebih tipis dan kering.

Kulit jalangkote menggunakan bahan dasar terigu, telur, santan, mentega, garam, dan bahan-bahan tambahan lainnya dan dibuat tipis. Tak hanya kulit, isinya pun beda. Jalangkote biasanya hanya diisi dengan sayur-sayuran.

4. Es Pisang Ijo

makanan khas sulawesi es pisang ijo

Foto: Orami Photo Stock

Selain makanan utama, Makassar juga memiliki sajian es yang terkenal yaitu Es Pisang Ijo. Sesuai namanya, menu ini terdiri dari pisang raja yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau.

Makanan khas Makassar ini sangat terkenal di luar kota Makassar. Kuliner ini juga sangat cocok disantap saat cuaca panas karena perpaduan rasa manis dan juga dingin dari serutan esnya.

5. Pallu Butung

palu butung

Foto: Orami Photo Stock

Pallu Butung adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang sering dijadikan hidangan berbuka puasa. Menu yang satu ini hampir mirip dengan pisang ijo, hanya saja bahan baku yang digunakan agak berbeda.

Pallu Butung terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam yang kemudian sampai matang dan kental. lalu dimasukkan potongan-potongan pisang raja yang juga sudah masak lalu diaduk.

Kuliner khas Makassar ini juga dapat dihidangkan hangat atau dingin dingin dengan menambah parutan es di atasnya. Selain itu, Pallu Butung juga bisa ditambahkan sedikit sirup untuk menambah warna dan rasa manis

Baca juga: Resep Coto Makassar Lezat dan Mudah untuk Sahur Istimewa

Makanan Khas Sulawesi Utara

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan kulinernya. Banyak sekali kuliner khas ibu kota Sulawesi Utara yang sangat terkenal di Indonesia.

Salah satu ciri khas makanan khas Sulawesi Utara adalah rasa yang sangat pedas. Nah, Moms yang suka pedas, yuk coba makanan khas Sulawesi Utara berikut ini.

6. Cakalang Fufu

Cakalang fufu makanan khas sulawesi utara

Foto: Orami Photo Stock

Makanan khas Sulawesi Utara yang wajib dicoba adalah Cakalang Fufu. Hidangan ini terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui kemudian diasap dan dijeput dengan kerangka bambu. Menu ini merupakan kuliner khas Minahasa.

Cakalang fufu dapat dikonsumsi tersendiri; dengan cara dipanaskan dan digoreng sebentar dalam minyak panas dan langsung dimakan dengan nasi dan dabu-dabu (sambal Minahasa), atau menjadi bahan untuk memasak hidangan lainnya.

Suwiran daging cakalang fufu dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mi cakalang, atau dimasak rica-rica dengan cabai.

7. Dabu-dabu

Sambal dabu dabu

Foto: Orami Photo Stock

Sulawesi Utara juga memiliki sambal khas yang disajikan sebagai makanan utama, yaitu dabu-dabu. Kuliner asal Manado ini pasti akan Moms temukan saat menyantap sajian khas Manado.

Sambal dabu-dabu membuatnya sangat mudah lho Moms. Karena bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan hanya diris dan diaduk menjadi satu. Biasanya sambal satu ini sering dijadikan penyedap untuk makanan laut khususnya ikan bakar.

8. Pangi

makanan khas sulawesi pangi

Foto: pinterest.com

Selain ikan, Sulawesi Utara juga memiliki menu dengan bahan daun kluwak atau biasa dikenal dengan sayur pangi. Kuliner yang dimasak bersama rempang dan bahan lain ini sering menjadi sajian wajib acara penting masyarakat Manado seperti pernikahan, ulang tahun, pembaptisan dan lainnya.

Resep asli sayur Pangi dibuat menggunakan campuran daging, lemak dan darah babi. Namun, belakangan ini sudah banyak restoran Manado yang menyajikan makanan ini dengan bahan baku ikan, daging sapi atau ayam.

9. Klappertaart

kelapa klapertart makanan khas sulawesi utara

Foto: Orami Photo Stock

Selain sajian pedas, Sulawesi Utara juga memiliki sajian manis yang cocok untuk makanan penutup lho Moms namanya Klappertaart. Kue khas Manado ini terbuat dari kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur.

Makanan khas Manado memiliki pengaruh kental dari Belanda, karena memang sudah ada sejak masa itu. Saat ini ada banyak macam klappertaart sesuai dengan bahan dan cara membuatnya.

Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya.

Sementara, klapppertaart yang dipanggang akan menghasilkan tekstur yang lembut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

10. Panada

kue panada

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin tidak asing dengan kue Panada. Menu satu ini ternyata berasal dari Sulawesi Utara lho. Kue ini juga disebut memiliki pengaruh kuliner Portugis karena bentuknya yang mirip pastel.

Makanan khas Sulawesi ini memang serupa dengan pastel, hanya saja adonannya berbeda. Isinya pun berbeda, panada biasanya diisi dengan ikan cakalang bumbu pampis. Pembuatan panada terdiri atas bahan dan isi, kemudian digoreng dalam minyak hangat.

Baca juga: Dari Pedas Sampai Manis, Ini 12 Makanan Khas Manado yang Begitu Menggoda

Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara juga memiliki kuliner yang tak kalah enak dengan daerah lainnya. Bahkan, wilayah ini memiliki macam hidangan unik dan sulit ditemukan di daerah lainnya.

Salah satu ciri khas makanan khas Sulawesi Tenggara adalah rempah dengan aroma tajam yang menggugah selera. Yuk Moms, simak daftar kuliner dari provinsi dengan ibu kota Kediri ini.

11. Sinonggi

makanan khas sulawesi singonggi

Foto: blogspot.com

Sinonggi merupakan hidangan khas dari suku Tolaki yang sudah ada sejak lama. Kuliner ini terbuat dari sarupati sagu yang diolah hingga mencapai kekenyalan tertentu. Di daerah asalnya, Sinonggi disajikan bersama lauk dan juga sayuran.

12. Sate Gogos

makanan khas sulawesi sate gogos

Foto: pinterest.com

Masakan khas Sulawesi lain yang bisa Moms coba adalah Sate Gogos. Berbeda dengan olahan sate di daerah lainnya yang menggunakan daging ayam atau sapi, Sate Gogos terbuat dari olahan kerang yang ditusuk tusuk menggunakan bambu dan dibakar.

Uniknya lagi, menu sate ini tidak disajikan dengan bumbu tambahan. Moms hanya perlu menikmati sate yang sudah dibumbui sebelum dimasak.

13. Kasoami

makanan khas sulawesi kasoami

Foto: pinterest.com

Kasoami merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara yang terbuat dari ubi dan disajikan sebagai makanan utama. Pembuatan menu ini juga terbilang cukup mudal Moms. Ubi hanya perlu direbus kemudian disajikan dengan berbagai menu, seperti sayur, ikan, dan lauk lainnya.

14. Karasi

makanan khas sulawesi karasi

Foto: blogspot.com

Karasi merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara yang memiliki cita rasa khas manis. Menu ini terbuat dari jagung muda yang dicampur dengan gula merah cair.

Namun, belakangan Karasi juga bisa disajikan dengan gula pasir yang dicampur tepung beras.

Kuliner satu ini juga memiliki bentuk yang unik. Karena dicetak menggunakan batok kelapa, sehingga berbentuk seperti kepala yang berongga.

Setelah dibentuk Karasi harus digoreng minyak panas sampai berubah warna kuning keemasan. Jika sudah matang, maka hidangan ini siap disajikan sebagai kudapan yang lezat.

15. Halua Kenari

makanan khas sulawesi halua kenari

Foto: pinterest.com

Kuliner manis dari Sulawesi Tenggara yang perlu Moms coba lainnya adalah Halua Kenari. Makanan khas Sulawesi Tenggara ini terbuat dari kenari yang dicampur dengan lelehan gula merah kemudian dibentuk sesuai dengan selera. Halua Kenari sangat cocok untuk cemilah karena manis dan juga renyah.

Baca juga: 8 Makanan Khas Papua, Penasaran Ingin Coba Moms?

Makanan Khas Sulawesi Tengah

Saat Moms berkunjung ke Sulawesi Tengah jangan lupa untuk mencoba sajian kulinernya ya. Provinsi dengan ibu kota Palu ini memiliki banyak sekali ragam masakan yang sangat lezat dan sulit ditemui di kota lain. Yuk simak Moms.

16. Kaledo

makanan khas sulawesi kaledo

Foto: pinterest.com

Kaledo atau kaki lembu Donggala adalah makanan yang mirip seperti sop buntut, dan disajikan bukan dengan nasi melainkan dengan ubi. Kuliner ini dibuat dengan menggunakan rempah-rempah khas sehingga menyajikan makanan yang dapat menggugah selera pecinta makanan khas Sulawesi ini.

17. Palumara

makanan khas sulawesi palumara

Foto: pinterest.com

Pecinta makanan laut, wajib untuk mencoba Palumara. Makanan khas Sulawesi Tengah ini merupakan sup ikan kan laut yang terbuat dari ikan laut khas daerah Sulawesi Tengah dan dimasak menggunakan rempah-rempah rahasia yang bisa memikat hati dan menambah nafsu makan para pecinta kuliner juga pengunjung wisata daerah Sulawesi Tengah.

18. Milu Siram

makanan khas sulawesi milu siram

Foto: pinterest.com

Milu siram merupakan makanan khas Sulawesi Tengah yang terbuat dari jagung muda yang dicampur dengan bahan lainnya seperti ikan atau udang.

Kuliner satu ini memiliki beberapa varian rasa seperti pedas, asin, dan manis sehingga bisa disesuaikan dengan selera pengunjung. Milu siram dipercaya ampuh untuk menghancurkan kolestrol jahat yang ada pada tubuh.

19. Nasi Jagung

makanan khas sulawesi nasi jagung

Foto: cookpad.com

Moms mungkin tidak asing dengan sajian nasi jagung. Ternyata menu ini sering dijadikan pengganti nasi putih. Cara membuatnya juga cukup mudah, biji jagung yang sudah tua ditumbuk kasar hingga menjadi sebesar biji beras.

Setelah itu halus, biji jagung kemudian dicampur dengan beras dan dikukus menggunakan kukusan dari bamboo.

20. Duo Sale

makanan khas sulawesi duo sale

Foto: cookpad.com

Selain dabu-dabu, Sulawesi juga memiliki sambal kahs yaitu Duo Sale. Makanan khas Sulawesi Tengah merupakan kuliner khas Palu, terbuat dari ikan teri yang dikeringkan dan kemudian dimasak dengan bumbu cabai merah, bawang merah, dan juga tomat.

Bagi kalian pecinta makanan pedas manis, Duo sale yang mirip dengan makanan sambal goreng, dan menyajikan cita rasa pedas manis ini, menarik untuk dicoba oleh para pengunjung Sulawesi Tengah.

Baca juga: Bukan dari Manado, Ini Asal Mula Panada yang Gurih dan Lezat!

Demikian rekomendasi makanan khas Sulawesi yang bisa Moms coba. Semoga bermanfaat ya.

  • http://pkk.sulselprov.go.id/berita/detail/beberapa-makanan-khas-sulawesi-selatan
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait