Rupa-rupa

12 Juni 2021

20 Makanan Khas Sunda yang Terkenal dan Nikmat, Sudah Coba Semua Moms?

Apakah Moms pernah mencicipinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Yuk, simak ragam makanan khas Sunda yang nikmat dan legendaris ini. Moms tentu pernah makan di sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Sunda. Ada banyak ragam makanan yang lezat dan pernah Moms cicipi sebelumnya.

Namun, ada juga makanan khas Sunda lainnya yang juga tidak kalah terkenal lho, Moms. Beberapa makanan ini memiliki cita rasa khas Sunda yang enak. Berikut ini daftarnya.

Makanan Khas Sunda yang Terkenal

Mulai dari makanan yang berat hingga camilan manis yang ringan, berikut ini daftar makanan khas Sunda yang nikmat. Apakah Moms sudah pernah mencoba semuanya?

1. Nasi Tutug Oncom

makanan khas Sunda-nasi tutug oncom.jpg

Foto: instagram.com/dapur.ambu.cihanjuang

Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Sunda dengan menyajikan nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom ini merupakan masakan khas Tasikmalaya.

Nasi tutug oncom dibuat dengan mengaduk dan menumbuk nasi dan oncom. Penyajiannya bersama lauk pendamping seperti tahu dan tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur, dan sambal terasi.

Nasi tutug oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat.

Baca Juga: 7 Makanan Khas dari Aceh

2. Nasi Timbel

makanan khas Sunda-nasi timbel.jpg

Foto: travelingyuk.com

Nasi timbel adalah makanan khas Sunda yang mempunyai cita rasa kuat dan unik. Sehingga, sangat identik dengan masakan orang Sunda.

Nasi timbel biasanya dijual di warung-warung, yang disajikan dengan menggunakan daun pisang.

Ada macam-macam lauk untuk mendampingi nasi timbel seperti ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, tawes, dan japuh, serta lalapan dan sambal yang super lezat.

3. Kupat Tahu

makanan khas Sunda-kupat tahu.jpg

Foto: instagram.com/e_ndro

Moms tentu sudah mengetahui makanan khas Sunda yang satu ini. Kupat tahu dibuat dengan memadukan lontong atau ketupat dengan bahan pelengkap lain seperti irisan tahu goreng, tauge rebus, dan bumbu kacang.

Untuk membuat kupat tahu, pilih tahu kuning yang agak lembek dan digoreng setengah matang untuk memberikan cita rasa lembut tetapi tetap gurih dan sedap.

4. Bakakak Hayam

makanan khas Sunda-bakakak hayam.jpg

Foto: instagram.com/sandiyudac

Namanya saja sudah terdengar Sunda ya, Moms. Bakakak hayam adalah menu masakan yang mudah dijumpai di tanah Sunda.

Seperti pada namanya "hayam", makanan khas Sunda ini menggunakan bahan utama berupa ayam yang diberikan bumbu khusus dengan rasa kuliner khas Sunda, kemudian dipanggang.

Ayam yang digunakan pada makanan bakakak hayam ini yaitu satu ekor ayam utuh, agar bisa disantap untuk beberapa orang sekaligus. Biasanya, orang-orang memakannya dengan sambal merah atau hijau, dilengkapi lalapan sayur.

Baca Juga: 5 Restoran Instagrammable Terbaru Di Bandung

5. Mie Kocok

makanan khas Sunda-mie kocok.jpg

Foto: instagram.com/kulinerbandungoke

Mie kocok menggunakan bahan dasar mie kuning yang dihidangkan bersama kuah dari kaldu sapi. Moms banyak menemukan makanan khas Sunda ini di daerah Bandung.

Mie kocok biasanya disajikan dengan tauge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, dengan taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Nama mie kocok berasal dari cara memasak kuliner ini, yaitu pada proses memasaknya dengan mengocok-ngocok mie dalam wadah khusus sambil dicelupkan ke dalam air panas.

6. Batagor

makanan khas Sunda-batagor.jpg

Foto: tokomesin.com

Meskipun merupakan camilan yang sering dijumpai tidak hanya di tanah Sunda, tetapi batagor merupakan makanan khas Sunda yaitu jajanan yang dibuat oleh orang Bandung.

Batagor sendiri merupakan jajanan khas yang penamaannya dimabil dara singkatan "bakso tahu goreng", dibuat dari daging ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan kulit pangsit.

Sulit untuk menolak gurih dan renyahnya batagor ketika disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa ya, Moms.

7. Gepuk

makanan khas Sunda-empal gepuk.jpg

Foto: brambang.com

Gepuk, atau empal gepuk juga menjadi salah satu makanan khas Sunda lainnya yang wajib dicoba. Pastinya Moms sudah tidak asing dengan empal, yang merupakan irisan daging sapi yang sudah digoreng dengan bumbu.

Biasanya, empal gepuk umumnya digoreng dengan bumbu-bumbu dan kelapa, sehingga rasanya sangat nikmat dan gurih. Gepuk sangat cocok disajikan dengan nasi hangat.

Selain itu, Moms juga bisa menyantapnya dengan sambal yang pedas sekaligus lalapan agar rasanya makin nikmat. Rasa gurih gepuk sering membuat banyak orang ketagihan memakannya.

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 17 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

8. Soto Bandung

makanan khas Sunda-soto Bandung.jpg

Foto: diahdidi.com

Ada banyak soto di Indonesia, salah satunya Soto Bandung sebagai makanan khas Sunda. Tetapi, apa yang membedakan dengan soto lainnya, soto Bandung terbuat dari tetelan daging sapi.

Selain itu, agar cita rasanya sedap, ada ragam bumbu yang digunakan seperti jahe, serai, lengkuas, gula, serai, bawang merah, merica, bawang putih, dan berbagai rempah lainnya.

Soto Bandung juga biasanya disajikan dengan irisan lobak, kacang kedelai, bawang goreng, dan irisan seledri. Untuk menambah cita rasanya, Moms bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan juga sambal.

9. Lotek

makanan khas Sunda-lotek.png

Foto: tvberita.co.id

Rasanya tidak lengkap bila melewatkan lotek sebagai salah satu makanan khas Sunda. Lotek dan karedok sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Sunda. Makanan ini juga cocok untuk Moms yang ingin makan ragam sayuran.

Dengan bumbu kacang yang lezat, lotek terbuat dari sayuran yang sudah direbus, seperti kol, kacang panjang, taoge, dan kangkung. Tetapi, apa yang membedakan lotek dari karedok yaitu rasa sayuran yang matang, sehingga lebih empuk.

Sementara, pada karedok biasanya disajikan dengan menggunakan sayuran mentah yang tentunya sudah dicuci sebelum disajikan.

Moms bisa menyantap lotek dengan nasi hangat atau lontong, dan kerupuk untuk memberikan sensasi makan yang lebih nikmat lagi.

10. Empal Gentong

makanan khas Sunda-empal gentong.jpg

Selain empal gepuk, ada juga empal gentong sebagai salah satu makanan khas Sunda. Berbeda dengan empal gepuk, empal gentong dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong. Bahan utamanya juga berupa daging, usus, dan babat sapi.

Biasanya, empal gentong disajikan dengan nasi atau lontong, dan kucai. Tetapi, ada juga yang menikmati makan empal gentong dengan kuah santan yang gurih.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Madura yang Menggiurkan

11. Surabi

makanan khas Sunda-surabi.jpg

Foto: pikiran-rakyat.com

Tidak melulu makanan gurih, ada juga makanan khas Sunda yang manis lainnya, yaitu surabi. Surabi biasanya dapat dengan mudah ditemukan di kawasan Bandung.

Makanan khas Sunda ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dalam tungku yang terbuat dari tanah liat. Dengan bahan dan cara membuat yang sederhana, ternyata rasanya sangat unik, lho Moms.

Awalnya, surabi hanya disajikan dengan gula yang telah dicairkan. Namun kini, banyak pedagang yang sudah mengkreasikan surabi menjadi makanan yang sangat nikmat.

Moms bisa menikmati atau membuat surabi dengan ragam topping menarik, seperti keju, selai strawberry, atau bahkan isian asin seperti telur, ayam, dan kornet.

12. Tahu Gejrot

gejrot.jpg

Foto: indoblognet.com

Terakhir, ada tahu gejrot sebagai makanan khas Sunda yang juga tidak kalah enak. Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon yang terkenal sebagai makanan khas Sunda juga.

Tahu gejrot dibuat dari tahu Sumedang yang sudah dipotong-potong, kemudian disajikan dengan bumbu cabai yang segar. Bumbu segar umumnya terbuat dari kencur, bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Sate, Bolehkah?

13. Sate Maranggi

makanan khas Sunda yang terkenal-sate maranggi

Foto: instagram.com/verenasusan

Moms tentu sudah familiar dengan makanan khas Sunda yang terkenal, sate Maranggi. Sate ini bisa banyak ditemui di daerah Purwakarta hingga Cianjur.

Meskipun daging yang digunakan biasanya daging kambing atau sapi, tetapi cara pembuatannya sedikit berbeda dari sate biasa. Sebelum dibakar, daging terlebih dahulu dimarinasi agar rasa bumbunya lebih meresap.

Makan sate Maranggi memang lebih cocok dinikmati bersama nasi putih atau lontong, dan bisa juga disantap bersama dengan nasi timbel.

Moms juga bisa menyertakan irisan tomat segar dan sambal oncom. Menu ini pun cocok disajikan sebagai menu keluarga.

14. Basreng

makanan khas Sunda-basreng

Foto: instagram.com/angkaputfood

Basreng, atau bakso goreng adalah makanan khas Sunda yang terkenal. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari olahan bakso sapi atau bakso ayam yang diiris tipis kemudian digoreng.

Basreng lebih enak jika ditaburi bumbu pedas dan dijadikan camilan saat Moms menghabiskan waktu bersama keluarga sembari menonton film bersama.

15. Peuyeum

peuyeum.jpg

Foto: adira.co.id

Makanan khas Sunda yang terkenal ini memiliki rupa yang mirip dengan tape, tetapi yang membedakan adalah peuyeum ini mempunyai tekstur lebih kering karena proses pembuatannya.

Selain itu, peuyeum juga bisa disajikan dengan tambahan topping yang bervariasi dan bisa Moms pilih sesuai selera.

Baca Juga: 5+ Makanan Khas Lampung yang Tidak Boleh Dilewatkan, Maknyus!

16. Dodol Garut

makanan khas Sunda yang terkenal-dodol garut

Foto: instagram.com/keranjang_djawa

Tentuya Moms sudah familiar dengan dodol garut sebagai makanan khas Sunda yang terkenal. Biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jawa Barat, Moms juga akan menemukan banyak camilan manis ini bila berkunjung ke daerah Garut.

Meskipun tidak diberi bahan pengawet, dodol garut ini bisa bertahan sampai tiga bulan, lho!

Apalagi, bahan dan proses pembuatan dodol garut sangat sederhana. Terbuat dari tepung beras ketan, gula putih, susu, serta kelapa yang mudah diperoleh.

17. Kue Gemblong

makanan khas Sunda-kue gemblong

Foto: instagram.com/bandungfoodsociety

Moms tentunya juga sudah familiar dengan kue gemblong sebagai makanan khas Sunda yang terkenal. Camilan ini memiliki bentuk bulat-bulat kecil yang berlapis gula karamel.

Kue tradisional gemblong sebenarnya lebih banyak dijual di daerah Puncak, Jawa Barat, dan identik sebagai oleh-oleh dari sana. Kue gemblong pada bagian dalamnya terdapat campuran ketan dan kelapa.

18. Kue Cucur

makanan khas Sunda yang terkenal-kue cucur

Foto: instagram.com/resepjajananpasar

Pada dasarnya, bahan untuk kue cucur memiliki bahan baku khas camilan khas Sunda pada umumnya. Seperti tepung beras, terigu, dan gula merah.

Kue cucur memiliki bentuk yang pipih berwarna cokelat khas gula merah. Proses pembuatan kue ini yaitu dengan cara digoreng.

Baca Juga: 5+ Makanan Khas Bali yang Wajib Dicicipi

19. Apem Putih

makanan khas Sunda-apem putih

Foto: instagram.com/dwi_djulian

Apem putih merupakan makanan khas Sunda yang biasanya dijadikan menu berbuka puasa. Biasanya, camilan ini disajikan dengan dicampur gula merah, madu dan sirup orson.

Sebagai informasi, apem putih biasanya dibuat di daerah Cimanuk, Pandeglang.

20. Es Goyobod

makanan khas Sunda yang terkenal-es goyobod

Foto: instagram.com/rikaekawati

Terakhir, ada minuman khas Sunda yaitu es goyobod yang terkenal sebagai jajanan populer di era 90an.

Tetapi, Moms bisa menemukan minuman ini di pasar-pasar tradisional. Es goyobod memiliki bahan dasar olahan tepung sagu aren yang dibuat menyerupai agar-agar.

Selanjutnya, dicampur dengan es serut, susu kental manis, dan topping seperti kacang merah, agar-agar, dan juga kelapa muda yang disisir. Wah, menyegarkan sekali ya, Moms!

Nah, itu dia minuman dan makanan khas Sunda yang terkenal dan tidak kalah nikmat dari masakan Sunda lainnya. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait