Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

6 Makanan Mengandung Beta-Karoten yang Baik Untuk Ibu Hamil

Bagikan


makanan mengandung beta karoten

Beta karoten adalah pigmen yang biasa ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan berwarna orange dan hijau tua. Beta karoten sendiri adalah bentuk tidak aktif dari Vitamin A, yang merupakan antioksidan kuat dan dibutuhkan oleh tubuh Moms untuk kesehatan mata.

Dikutip dari European Journal of Nutrition, vitamin A memegang peran penting untuk kesehatan, terutama selama kehamilan dan masa menyusui. Vitamin A berperan penting dalam perkembangan janin dan bayi baru lahir. 

Bagi janin, Vitamin A juga penting untuk pertumbuhan, termasuk pengembangan organ internal, mata, tulang, sirkulasi, pernapasan, dan sistem saraf pusat. Vitamin A akan membantu memperbaiki jaringan setelah proses persalinan sehingga sangat penting untuk Moms.

German Nutrition Society (DGE) merekomendasikan peningkatan 40 persen asupan vitamin A untuk ibu hamil dan 90 persen peningkatan untuk ibu menyusui. Ada cukup banyak makanan mengandung beta karoten yang bisa Moms konsumsi. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

Wortel

sayur dan buah mengandung beta karoten

Sayuran yang satu ini dikenal kaya akan vitamin A. Bahkan mungkin sejak Moms masih kecil, orang tua sering menyajikan wortel sebagai makanan yang mendukung pertumbuhan. Wortel memang mengandung vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan. Tak hanya itu, makanan ini juga mudah diolah untuk menjadi sup maupun jus.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Lebih Banyak Vitamin C dibanding Jeruk

Labu Kuning

sayur dan buah mengandung beta karoten

Selain wortel, labu kuning juga menjadi sumber beta karoten yang baik bagi ibu hamil. Di Indonesia, tidak sulit menemukan makanan yang mengandung labu kuning. Labu kuning banyak diolah menjadi kue kering dan berbagai minuman seperti kolak.

Bayam

sayur dan buah mengandung beta karoten

Beta karoten tidak terdapat pada sayur atau buah berwarna merah dan orange, tapi juga pada sayuran dan buat berwarna hijau tua, salah satunya bayam. Moms tentu sudah tak asing bukan dengan sayuran yang satu ini?

Brokoli

sayur dan buah mengandung beta karoten

Selain bayam, sayuran hijau lainnya yang juga mengandung beta karoten adalah brokoli. Banyak yang menyantap sayuran ini hanya dengan direbus, namun banyak juga yang mengolahnya bersama bumbu dan menjadi santapan yang lezat.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Pentingnya Menambah Asupan Kalsium Bagi Ibu Hamil

Melon

sayur dan buah mengandung beta karoten

Selain sayuran, buah juga mengandung beta karoten lho Moms, salah satunya melon. Buah yang memiliki rasa manis ini tidak hanya bisa disantap begitu saja, tetapi juga dapat diolah menjadi jus.

Ubi Manis

sayur dan buah mengandung beta karoten

Terakhir ada ubi manis yang tak kalah nikmat untuk Moms santap. Makanan yang satu ini banyak dikonsumsi sebagai camilan di sore hari. Bagi Moms yang suka ubi manis, memang cocok sekali bukan menyantapnya dalam keadaan hangat?

Itulah tadi beberapa pilihan makanan dengan kandungan beta karoten yang dapat Moms pilih untuk menunjang kesehatan ibu dan janin. Selain beta karoten, jangan lupa juga untuk penuhi kebutuhan nutrisi yang lain ya agar Si Kecil bisa tumbuh dengan sehat ya Moms!

(MDP)

Foto: Pixabay.com

 

 

 

 

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.