17 Mei 2024

8+ Rekomendasi Makanan Nol Kalori, Bantu Program Diet Moms!

Makanan nol kalori ini sehat, lho

4. Makanan Kaya Serat

Serat yang Dibutuhkan Tubuh
Foto: Serat yang Dibutuhkan Tubuh (Shutterstock.com)

Makanan nol kalori yang keempat adalah makanan yang kaya akan serat.

Serat tidak hanya berkontribusi pada kesehatan pencernaan, tetapi juga membantu Moms merasa kenyang lebih lama.

Misalnya oatmeal mengandung sekitar 68 kalori per 100-gram dan merupakan sumber beta-glukan, serat larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

Kacang-kacangan seperti lentil memiliki sekitar 116 kalori per 100 gram nya namun kaya akan protein dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan pengendalian gula darah.

5. Mentimun

Mentimun
Foto: Mentimun (https://www.tasteofhome.com/article/seeding-a-cucumber/)

Makanan nol kalori selanjutnya adalah ketimun atau mentimun.

Mentimun sangat rendah kalori, hanya sekitar 16 kalori per 100 gram, dan memiliki kandungan air yang tinggi, mencapai sekitar 95%.

Ini membantu menjaga hidrasi, yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal, dan membantu Moms merasa kenyang tanpa menambah banyak kalori.

Mentimun juga mengandung sedikit vitamin K dan potasium.

6. Selada

Selada
Foto: Selada

Makanan nol kalori atau rendah kalori selanjutnya adalah sayur selada.

Selada memiliki sangat sedikit kalori, sekitar 15 kalori per 100 gram, namun kaya akan vitamin A dan vitamin K, menjadikannya tambahan yang bagus untuk salad.

Vitamin A penting untuk penglihatan yang baik dan kesehatan kulit, dan vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah.

Selain itu, selada menambah jumlah besar pada makanan Moms tanpa menambahkan terlalu banyak kalori, membuat Moms merasa lebih kenyang.

7. Tomat

Tomat
Foto: Tomat (Orami Photo Stock)

Makanan nol kalori yang ketujuh adalah tomat.

Tomat rendah kalori, hanya sekitar 18 kalori per 100 gram, dan kaya akan antioksidan likopen.

Memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker dengan manfaat kesehatan yang signifikan.

Tomat juga mengandung vitamin C, potassium, folat, dan vitamin K.

Kandungan air yang tinggi dalam tomat membantu Moms tetap terhidrasi dan meningkatkan rasa kenyang.

8. Paprika

Paprika
Foto: Paprika (Orami Photo Stock)

Makanan nol kalori selanjutnya adalah paprika. Meskipun tidak benar-benar nol kalori, namun dengan kalorinya yang sangat rendah, paprika masuk dalam kumpulan makanan nol kalori lho!

Paprika dianggap rendah kalori sekitar 31 kalori per 100-gram dan kaya akan vitamin C dan serat.

Vitamin C yang terdapat pada paprika mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati, dan berperan dalam pembentukan kolagen yang penting untuk kesehatan kulit.

Serat makanan dalam paprika meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Paprika menambah warna dan rasa pada makanan Moms, membuat diet Moms lebih menarik dan menyenangkan.

9. Asparagus

Asparagus
Foto: Asparagus (Freepik.com/racool_studio)

Maknanan nol kalori selanjutnya adalah asparagus.

Asparagus adalah sayuran berbunga yang hadir dalam varietas hijau, putih, dan ungu.

Semua jenis asparagus sehat dan mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta senyawa tumbuhan antioksidan dan anti-inflamasi.

Sebagai contoh, studi tentang Metabolites menunjukkan bahwa asparagus mengandung senyawa fenolik seperti flavonoid, serta senyawa yang mengandung belerang seperti asam asparagusic.

Satu cangkir (180 gram) asparagus yang dimasak hanya mengandung 38 kalori dan kaya akan vitamin K dan folat, menyediakan masing-masing 67% dan 21% dari Nilai Harian (DVs).

10. Brokoli

Brokoli
Foto: Brokoli (Simplyrecipes.com)

Brokoli adalah sayuran cruciferous yang sangat bergizi.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak sayuran cruciferous seperti brokoli mungkin memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan kondisi seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Satu cangkir (155 gram) brokoli yang dimasak hanya mengandung 54 kalori dan menyediakan lebih dari 100% kebutuhan harian vitamin C bagi kebanyakan orang.

Memasukkan makanan rendah kalori ini ke dalam pola makan harian Moms dapat membantu Moms menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Moms secara keseluruhan tanpa mengorbankan rasa atau kepuasan.

Baca Juga: 6 Fungsi Batang pada Tumbuhan, Utamanya Mengangkut Nutrisi

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.