Kesehatan

KESEHATAN
28 Februari 2021

10 Makanan Pantangan Kolesterol yang Bisa Perburuk Kondisi Kesehatan

Hindari makanan-makanan berikut ini supaya kadar kolesterol di tubuh tetap terkendali ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Untuk menjaga kadar kolesterol normal, Moms tentunya perlu punya pola hidup sehat dan mengetahui makanan pantangan kolesterol.

Kolesterol adalah adalah zat lilin yang ditemukan di tubuh dan produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Ia memainkan peran penting dalam produksi hormon, vitamin D dan empedu yang diperlukan untuk mencerna lemak.

Mengutip U.S. National Library of Medicine, kolesterol adalah komponen penting dari setiap sel dalam tubuh, ini karena mereka memberikan kekuatan dan fleksibilitas membran sel.

Namun, untuk pengidap kolesterol tinggi, ada beberapa makanan pantangan kolesterol yang perlu dihindari untuk mencegah berbagai penyakit kronis.

Organ hati menghasilkan semua kolesterol yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi, tetapi kolesterol juga dapat dimasukkan melalui konsumsi produk hewani.

Karena kolesterol tidak bercampur dengan baik dengan cairan (darah), kolesterol akan diangkut oleh partikel yang disebut lipoprotein, termasuk lipoprotein densitas rendah dan densitas tinggi - atau LDL dan HDL.

Mengutip jurnal Annals of New York Academy of Science, LDL sering disebut sebagai "kolesterol jahat", karena dikaitkan dengan penumpukan plak di arteri, sementara HDL ("kolesterol baik") membantu mengeluarkan kelebihan kolesterol dari tubuh.

Saat Moms mengonsumsi kolesterol ekstra, tubuh mengimbanginya dengan mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat secara alami.

Sebaliknya, ketika asupan kolesterol makanan rendah, tubuh akan meningkatkan produksi kolesterol untuk memastikan selalu ada cukup zat penting ini. Hanya sekitar 25 persen kolesterol dalam sistem tubuh yang berasal dari sumber makanan, dan sisanya diproduksi oleh hati.

Yuk, cari tahu apa saja makanan pantangan kolesterol yang sebaiknya mulai dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Penurun Kolesterol Alami yang Aman untuk Ibu Menyusui

Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi

The American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa berusia 20 tahun ke atas memeriksakan kolesterol mereka dengan tes darah lipoprotein setiap empat hingga enam tahun sekali.

Namun untuk pengidap kolesterol tinggi, mungkin dibutuhkan tes yang lebih sering untuk memantau kondisi kolesterol.

Untuk pengidap kolesterol tinggi, berikut ini adalah daftar makanan pantangan kolesterol yang bisa semakin meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh yang perlu dihindari:

1. Jeroan

Jeroan

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai makanan yang tinggi zat besi, jeroan seperti hati bisa menjadi hidangan yang menyehatkan bagi sebagian orang.

Namun bagi orang lain, hati dapat menambah kadar kolesterol tinggi karena organ ini adalah sumber utama kolesterol tubuh, dan di situlah zat lilin dibuat dan disimpan.

Kadar kolesterol pada hewan tertinggi terkonsentrasi dalam daging organ, sehingga jika Moms atau anggota keluarga lain ada yang mengidap kolesterol tinggi, jeroan seperti hati harus dihindari.

2. Gorengan

Gorengan

Foto: Orami Photo Stock

Makanan yang digoreng, seperti ayam atau ikan goreng mengandung kolesterol tinggi dan harus dihindari jika memungkinkan.

Itu karena makanan pantangan kolesterol ini sarat dengan kalori dan dapat mengandung lemak trans, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan merusak kesehatan dalam banyak hal lainnya.

Selain itu, mengutip Pakistan Journal of Medical Science, konsumsi makanan yang digoreng telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji

Foto: Orami Photo Stock

Belakangan ini, konsumsi makanan cepat saji merupakan faktor risiko utama berbagai penyakit kronis termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Ini juga menjadi makanan pantangan kolesterol yang tentunya sudah Moms ketahui.

Mengutip jurnal yang dipublikasikan oleh Shahid Beheshti University of Medical Sciences, mereka yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol yang lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan gangguan regulasi gula darah.

Semua jenis makanan cepat saji adalah makanan pantangan kolesterol yang sebisa mungkin harus dihindari.

Sebaliknya, makan lebih sedikit makanan olahan dan memasak lebih banyak makanan di rumah dikaitkan dengan penurunan berat badan, lebih sedikit lemak tubuh, dan pengurangan faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol LDL tinggi.

4. Daging Olahan

Daging Olahan

Foto: Orami Photo Stock

Daging olahan, seperti sosis, chicken nugget, bacon, dan hot dog, adalah makanan pantangan kolesterol selanjutnya yang harus dibatasi.

Konsumsi tinggi daging olahan telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat penyakit jantung dan kanker tertentu seperti kanker usus besar.

Sebuah penelitian besar yang dipublikasikan di Journal of Oncotarget, dengan melibatkan lebih dari 614.000 peserta menemukan bahwa setiap tambahan 50 gram porsi daging olahan per hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 42 persen lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dari Hidangan Bersantan

5. Kue Muffin

Kue Muffin

Foto: Orami Photo Stock

Bagi beberapa orang, kue muffin juga bisa menjadi pilihan sarapan yang sehat, tapi itu bisa bergantung pada cara pembuatan muffin.

Misalnya, makan muffin rendah lemak yang dibuat dengan tepung terigu utuh dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Namun, muffin yang dipanggang dengan susu dan telur utuh dan diisi dengan suguhan ekstra, seperti chocolate chip, dapat memiliki hingga 8 gram lemak dalam satu porsi.

Mengutip jurnal Nutrients, penambahan asupan gula dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan kognitif, dan kanker tertentu.

Ditambah lagi, makanan pantangan kolesterol ini seringkali tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jadi, sebaiknya beralihlah ke sarapan sehat lainnya seperti buah atau sayur untuk menghindari kenaikan kadar kolesterol tubuh.

6. Margarin

Margarine

Foto: Orami Photo Stock

Setelah dianggap sebagai alternatif mentega yang sehat, margarin bisa juga mengandung kolesterol dan menjadi salah satu makanan pantangan kolesterol.

Ini karena margarin dibuat dari minyak nabati tak jenuh, dan kebanyakan orang beranggapan akan lebih baik untuk kesehatan jangka panjang daripada mentega.

Namun asumsi itu ternyata salah, beberapa bentuk margarin, khususnya margarin keras, ternyata lebih buruk bagi jantung daripada mentega. Ini karena mereka mengandung lemak trans dalam jumlah besar dari minyak terhidrogenasi parsial.

7. Popcorn

Popcorn

Foto: Orami Photo Stock

Berondong jagung adalah camilan yang baik dan buruk bagi kesehatan tergantung pada cara Moms menyiapkannya.

Popcorn microwave yang diisi dengan mentega, minyak, dan garam bukanlah pilihan yang sehat. Bahan ekstra ini yang merupakan penyebab kenaikan kadar kolesterol tubuh dan perlu dihindari.

Namun, memilih semangkuk popcorn tanpa garam dan tanpa mentega adalah cara yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Jika Moms membutuhkan sedikit tambahan rasa untuk popcorn, disarankan untuk menyemprotkan sedikit minyak zaitun dan menaburkan keju parmesan di atasnya.

8. Mac And Cheese

Mac and Cheese.jpg

Foto: inspiredtaste.net

Makanan pantangan kolesterol selanjutnya adalah salah satu makanan favorit orang Amerika, yakni mac n' cheese.

Namun, betapapun Moms menyukai perpaduan keju dan pasta makaroni yang lengket ini, Moms harus sadar bahwa makanan ini terbuat dari bahan tinggi kolesterol. Mulai dari susu murni, mentega, dan keju.

9. Kerang

Kerang

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun ada banyak manfaat kesehatan dari makan kerang, namun mereka yang menderita penyakit jantung atau kolesterol tinggi harus menghindari makanan ini.

Sebanyak 85 gram lobster ternyata bisa mengandung 61 mg kolesterol.

10. Hamburger

Hamburger

Foto: Orami Photo Stock

Selain mac n' cheese, warga Amerika juga sangat gemar makan hamburger dan ini pun menjadi salah satu makanan paling populer di dunia dan dapat ditemukan dengan mudah.

Patty sapinya tergolong sebagai daging olahan, yang sebelumnya sudah disebutkan sebagai salah satu makanan tinggi kolesterol.

Apalagi hamburger jiga biasanya diisi dengan banyak bahan lain yang kurang sehat seperti keju. Jadi, jangan terlalu sering makan hamburger, karena ini adalah salah satu makanan pantangan kolesterol tinggi yang sangat wajib dihindari.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat Dalam Waktu Cepat

Cara Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Cara Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki kadar kolesterol LDL "jahat" yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah, dan ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Perubahan gaya hidup dan pola makan tertentu ternyata dapat mengurangi kadar LDL dan menciptakan rasio LDL-ke-HDL yang lebih menguntungkan. Berikut adalah cara sehat yang sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol:

  • Makan Serat Lebih Banyak. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak serat, terutama serat larut yang ditemukan dalam buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum - dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL.
  • Tingkatkan Aktivitas Fisik. Menjadi lebih aktif secara fisik adalah cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol. Latihan aerobik intensitas tinggi tampaknya menjadi cara paling efektif untuk menurunkan LDL.
  • Menurunkan Berat Badan. Menurunkan berat badan berlebih adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol. Ini dapat mengurangi LDL sekaligus meningkatkan HDL, yang optimal untuk kesehatan.
  • Kurangi Kebiasaan Tidak Sehat. Berhenti dari kebiasaan tidak sehat seperti merokok dapat menurunkan kadar LDL secara signifikan. Merokok meningkatkan kadar kolesterol LDL dan sangat meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, dan emfisema.
  • Meningkatkan Konsumsi Omega-3. Mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya omega-3 seperti salmon liar atau mengonsumsi suplemen omega-3 seperti minyak ikan telah terbukti mengurangi LDL dan meningkatkan kadar HDL.
  • Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung daripada mereka yang makan lebih sedikit.

Baca Juga: Tidak Disangka, 5 Bahan Dapur Ini Bisa jadi Obat Kolesterol Ampuh

Mencoba hanya beberapa dari saran di atas dapat menghasilkan penurunan kolesterol yang signifikan dan menghasilkan manfaat kesehatan lainnya, seperti penurunan berat badan dan kebiasaan makan yang lebih baik.

Jadi, untuk kualitas kesehatan yang lebih baik, yuk hindari makanan pantangan kolesterol seperti yang disebutkan di atas dan lakukan juga beberapa saran gaya hidup sehat.

Apakah Moms juga suka mengonsumsi makanan pantangan kolesterol? Sebaiknya mulai kurangi dari sekarang, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait