Kesehatan

4 Oktober 2021

7 Rekomendasi Makanan Pembersih Usus, Mudah Didapat!

Ternyata, makanan tertentu juga bisa membersihkan usus, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Karinta Ariani
Disunting oleh Karla Farhana

Faktanya, makanan tertentu bisa bantu memindahkan "sampah" di dalam tubuh melalui usus besar untuk kemudian dikeluarkan melalui anus. Kira-kira, apa saja ya makanan pembersih usus?

Yuk, simak ulasannya!

Daftar Makanan Pembersih Usus

Usus memegang peranan penting dalam proses mencerna dan menyerap sari-sari makanan yang Moms konsumsi.

Untuk itu, kesehatan usus, baik usus besar maupun halus perlu dijaga dengan baik.

Usus yang "bersih" dan sehat bantu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah risiko kanker, hingga terhindar dari obesitas.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh sebagian besar dicerna di usus kecil. Setelah itu, makanan bergerak ke usus besar.

Usus besar bantu mengeluarkan kelebihan air. Tak hanya itu, bakteri di dalam usus besar bantu memecah makanan dan limbahnya akan diproses untuk dikeluarkan melalui anus.

Jadi, usus besar berfungsi sebagai "agen pembersih" untuk tubuh.

Nah, tak hanya mencukupi kebutuhan gizi harian, makanan tertentu juga bisa jadi "agen pembersih".

Berikut ini makanan yang bisa bantu membersihkan usus.

1. Brokoli

makanan pembersih usus

Foto: Orami Photo Stock

Selain enak, brokoli adalah makanan pembersih usus pertama yang bisa Moms konsumsi. Ini karena brokoli kaya akan serat.

Serat adalah senyawa yang tidak dapat diuraikan oleh enzim dalam sistem pencernaan manusia.

Ini membantu membersihkan usus besar karena bisa memindahkan makanan melewati sistem pencernaan hingga terdorong ke anus.

Dengan mengonsumsi brokoli sebagai makanan pembersih usus, Moms akan terhindar dari sembelit dan bisa buang air besar secara teratur.

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk makan makanan tinggi serat setiap hari.

2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

makanan pembersih usus

Foto: Orami Photo Stock

Makanan berdaun hijau gelap seperti bayam dan kangkung termasuk makanan pembersih usus yang bisa dikonsumsi.

Melansir dari laman Mind Body Green, sayuran jenis ini penuh mineral, serat, dan antioksidan yang bisa bantu tubuh menghilangkan racun dalam tubuh.

Oleh karena itu, Moms bisa membuat olahan sayuran ini untuk sajian keluarga. Bisa ditumis, di buat campuran sup, bahkan dikukus untuk dimakan sebagai lalapan.

Jangan lupa untuk mengolahnya dengan lemak sehat seperti minyak zaitun dan sedikit perasan lemon untuk bantu menyerap vitamin yang ada di dalamnya.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Bantu Lawan Infeksi Virus

3. Chia Seed

makanan pembersih usus

Foto: Orami Photo Stock

Meski kecil, chia seed punya segudang manfaat untuk tubuh, salah satunya sebagai makanan pembersih usus.

Biji chia sangat baik dikonsumsi karena mengandung serat dan asam lemak omega 3 yang bantu menghalau peradangan di dalam tubuh.

Cara mengonsumsinya pun mudah, Moms hanya perlu menambah satu sendok biji chia ke dalam segelas jus atau perasan air lemon dan biarkan mengembang.

Selain itu, Moms juga bisa membuat puding dari chia seed dengan campuran susu kedelai atau cokelat.

Chia seed juga bisa ditaburkan langsung di dalam smoothie atau oatmeal untuk sarapan. Mudah bukan?

4. Prebiotik

makanan pembersih usus

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau di dalam usus ada banyak sekali mikroorganisme yang melancarkan fungsi pencernaan?

Tak hanya itu, mikroorganisme ini juga membantu melindungi tubuh dari infeksi dan bantu penyerapan nutrisi serta tingkatkan sistem imun.

Nah, prebiotik adalah makanan yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik di dalam usus agar jumlahnya tetap tercukupi.

Dengan begitu, kesehatan dan kebersihan usus pun akan tetap terjaga dengan baik.

Daun bawang, bawang merah, bawang putih, apel, pisang, dan ubi jalar termasuk makanan kaya prebiotik.

Secara bergantian, cobalah berbagai makanan ini demi kesehatan usus yang lebih baik. Tentunya juga sebagai makanan pembersih usus.

5. Probiotik

makanan pembersih usus

Foto: Orami Photo Stock

Probiotik adalah makanan fermentasi yang mengandung bakteri baik untuk tubuh dan sistem pencernaan.

Biasanya makanan kaya probiotik akan terasa sedikit asam, sebut saja kimchi, yoghurt, dan kefir.

Makanan kaya probiotik bantu mengisi usus dengan bakteri baik. Dengan begitu, usus memiliki kekuatan untuk melawan berbagai bakteri penyebab penyakit.

Selain itu, probiotik juga membantu usus mengeluarkan feses dari usus besar secara teratur.

Dengan begitu, risiko perut kembung, sembelit, hingga infeksi bisa berkurang.

Selain dari makanan, Moms juga bisa mengonsumsi probiotik dalam bentuk suplemen, lho!

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak, Gampang Kok!

6. Makanan Pati Resisten

makanan pembersih usus

Foto: Orami Photo Stock

Sudah tahu apa itu pati resisten? Melansir dari laman Medical News Today, pati resisten adalah jenis pati yang sulit dicerna oleh tubuh.

Saat masuk ke usus kecil, makanan pati resisten ini justru akan difermentasi sebelum masuk ke usus besar.

Nah, hasil fermentasi ini nantinya akan menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus besar.

Semakin banyak bakteri baik, ini bantu mendorong feses keluar dari tubuh sehingga membersihkan usus besar.

Kira-kira apa saja ya makanan pati resisten itu? Ternyata ini makanan yang sering Moms konsumsi lho, yaitu:

  • Jagung manis
  • Ubi jalar
  • Kentang
  • Cornflakes
  • Nasi putih
  • Kacang merah

Tidak seperti jenis pati lainnya, menurut penelitian dalam jurnal Advances in Nutrition, beragam manfaat makanan pati resisten sebagai makanan pembersih usus, yaitu:

  • Mencegah kanker usus besar.
  • Mencegah atau mengendalikan diabetes.
  • Mengubah kadar hormon tubuh, berpotensi meningkatkan kesehatan mental dan fisik.
  • Mencegah atau mengendalikan obesitas.

Mulai sekarang, jangan lupa makan makanan yang mengandung pati resisten, ya Moms!

7. Air lemon

makanan pembersih usus

Foto: Orami Photo Stock

Meski bukan makanan, minum air lemon secara teratur bisa berefek baik pada pencernaan.

Ini karena lemon bantu membersihkan usus berkat kandungan vitamin C nya.

Usahakan untuk minum air lemon dalam kondisi perut kosong, yaitu pagi hari saat bangun tidur untuk memaksimalkan manfaatnya.

Penelitian dalam jurnal Gastrologia Y Hepatologia melakukan penelitian seputar kolonoskopi, yaitu prosedur untuk memeriksa gangguan pada usus besar dan rektum.

Dalam penelitian disebutkan, peserta yang sebelumnya diberikan asam askorbat atau vitamin C memiliki kondisi usus yang lebih baik dibanding yang tidak.

Ini membuktikan bahwa vitamin C dalam lemon bisa jadi makanan pembersih usus alami yang cukup efektif.

Selain minum air lemon, mencukupi kebutuhan cairan dengan air putih juga bantu membersihkan usus secara alami.

Ini karena air membasahi feses dan membuatnya lunak sehingga mudah dikeluarkan.

Orang yang mengalami dehidrasi cenderung lebih jarang BAB karena tubuhnya berusaha menahan air.

Akibatnya, usus menyerap kembali air di feses yang membuatnya menjadi kering, keras, dan sulit dikeluarkan.

Padahal, feses berisi limbah tubuh yang perlu dikeluarkan secara teratur.

Baca Juga: Simak Deretan Makanan yang Mengandung Lemak Baik dan Jahat, Jaga Pola Makan Tetap Sehat!

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari makanan pembersih usus, sebaiknya konsumsi sedikit demi sedikit.

Jika Moms tidak terbiasa mengonsumsinya, jangan dikonsumsi sekaligus dalam jumlah besar.

Pasalnya, ini bisa menyebabkan berbagai gangguan pencernaan mudah dari diare, kembung, hingga sembelit.

Konsumsilah beragam makanan pembersih usus ini dengan porsi sedikit tetapi setiap hari secara konsisten.

Semoga Moms dan keluarga sehat selalu, ya!

  • https://www.healthline.com/health/digestive-health/colon-cleanse-diet#fiber-benefits
  • https://www.mindbodygreen.com/0-16884/7-gutcleansing-foods-to-add-to-your-diet.html
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323746#fermented-foods
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25458542/
  • https://academic.oup.com/advances/article/4/6/587/4595564
  • https://www.webmd.com/balance/guide/natural-colon-cleansing-is-it-necessary
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait