Kesehatan Umum

14 Juni 2021

Selain Kentang, Ini 8 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Kita Coba

Makanan pengganti nasi ini juga tak kalah lezat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Makanan pengganti nasi wajib untuk diketahui untuk apra penderita diabetes. Seperti yang diketahui, nasi mengandung glukosa yang tinggi dan berbahaya bagi para penderita diabetes.

Tak sampai sana, Moms! Makanan pengganti nasi sendiri sangat diperlukan untuk Moms atau orang-orang yang sedang memiliki rencana diet atau menurunkan berat badan.

Nasi yang dimasak dari beras putih adalah salah satu makanan pokok Indonesia. Tapi tahukah Moms bahwa nasi putih memiliki 89% karbohidrat dengan angka glikemik yang tinggi. Hal ini membuat gula dalam darah Moms akan langsung naik dengan cepat setelah makan nasi.

Kadar gula yang tinggi ini tentu saja akan berakibat buruk jika terjadi terus menerus. Salah satu efeknya adalah diabetes melitus. Namun hal ini bisa Moms.hindari dengan cara mengonsumsi menu pengganti nasi putih dengan karbohidrat selain nasi. Menu-menu tersebut juga sekaligus bisa Moms padukan untuk clean eating.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh British Medical Journal menemukan bahwa orang yang menyantap nasi putih bisa meninngkatkan risiko perkembangan diabetes tipe 2.

Jadi, jika Moms sudah memiliki keturunan diabetes, sebaiknya mulai untuk mengatur pola makanan yang sehat agar tidak terkena kondisi diabetes tipe 2.

Salah satu makanan yang sudah kita ketahui bisa menjadi pengganti nasi adalah kentang. Kandungan karbohidrat kentang jauh lebih kecil dibandingkan nasi.

Tak hanya itu, banyak nutrisi penting yang ada dalam kentang seperti vitamin B6, B1, B3 dan B5, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi.

Nah, selain kentang, berikut makanan pengganti nasi yang bisa kita coba.

Baca juga: Makan 6 Makanan Ini Malah Bikin Tambah Lapar, Kok Bisa?

Makanan Pengganti Nasi

Seperti yang tadi sudah dibahas Moms, makanan pengganti nasi sangat diperlukan ketika Moms memiliki kondisi diabetes. Tak hanya itu, makanan pengganti nasi pun dibutuhkan untuk Moms yang ingin diet.

Dilansir dari American Diabetes Association, sebaiknya Moms mengonsumsi gandum untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun, gandum yang seperti apa dan jenis makanan apa lagi yang bisa dikonsumsi pun harus dipilih dengan tepat ya!

Jangan sampai nggak tahu, ini berbagai bahan makanan pengganti nasi yang baik untu untuk diet dan juga penderita diabetes.

1. Barley

makanan pengganti nasi (4)

Foto: cleanplates.com

Barley atau jelai adalah salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan serat, protein dan mineral. Barley cocok untuk penderita diabetes karena barley mengenyangkan namun juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak membuat gula dalam darah meroket.

Tak hanya mengenyangkan, jelai juga membuat Moms tidak cepat lapar sehingga cocok untuk diet bahkan clean eating karena barley mengandung beta glukan yang mampu mengurangi kolesterol jahat.

Cara mengolahnya pun mudah, Moms cukup merebus barley hingga empuk dan menjadikannya salah satu bahan dalam sup. Tak hanya itu, barley juga bisa dimakan bersama salad dan sebagai pengganti oatmeal untuk sarapan.

2. Sorgum

makanan pengganti nasi (1)

Foto: today.com

Sorgum juga termasuk dalam biji bijian. Sebenarnya, sorgum sudah banyak digunakan oleh masyarakat NTT. Kandungan sorgum tidak jauh berbeda dengan jelai yakni kaya akan serat dengan nilai glikemik rendah.

Selain itu, sorgum juga mengandung magnesium yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Moms bisa membuat bubur sorgum atau menjadikannya tepung untuk dibuat berbagai macam panganan.

Baca juga: Kriteria Beras Sehat Layak Konsumsi untuk Si Kecil

3. Talas

makanan pengganti nasi (5)

Foto: quickeasycook.com

Siapa yang tak kenal talas? Umbi-umbian ini ternyata bisa dijadikan menu pengganti nasi karena mengenyangkan dan mengandung 54 persen indeks glikemik.

Talas bahkan sudah menjadi makanan pokok beberapa daerah di Indonesia seperti Papua. Jika Moms ingin mengonsumsi talas, Moms bisa mengukus atau merebus talas hingga empuk.

4. Ubi

makanan pengganti nasi (3)

Foto: parade.com

Kalau menu ini rasanya sudah cukup populer sebagai menu pengganti nasi. Ubi banyak dijadikan panganan dengan direbus atau kukus dan dibakar. Varian ubi pun beragam mulai dari ubi ungu, ubi merah dan ubi cilembu.

Kandungan karbohidrat di ubi termasuk karbohidrat komplek yang lama diproses dalam tubuh sehingga Moms tidak cepat lapar dan kandungan gula darah tidak melonjak secara tiba-tiba.

Tak hanya itu ubi juga mengandung serat, vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi.

Baca juga: Lebih Sehat dan Bergizi, Ikuti Cara Buat Resep Nugget Tahu Berikut

5. Jagung

makanan pengganti nasi (2)

Foto: splendidtable.org

Menu pengganti nasi berikutnya adalah jagung. Jagung juga salah satu menu pengganti nasi yang sudah populer terutama di NTT dan Madura. Kandungannya antara lain 71,3% pati, 3,7% protein, 1,0% lemak, 86,7% serat kasar, dan 0,34 % gula.

Jagung kaya akan kandungan vitamin A, B, serta vitamin E. Sifatnya yang rendah glikemik membuat Moms tak cepat lapar. Jagung biasanya diolah dengan cara direbus atau dibakar.

Ternyata pilihan menu pengganti nasi di Indonesia sangat beragam ya! Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Sup Krim Jagung yang Cocok Dinikmati Saat Hujan

6. Quinoa

Quinoa untuk pengganti nasi

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari WebMD quinoa sendiri bisa menjadi salah satu makanan pengganti nasi untuk Moms yang sedang diet untuk menurunkan berat badan atau agar terhindar dari diabetes tipe 2.

Quinoa sendiri mengandung karbohidrat yang tinggi. Satu cangkir quinoa yang sedang dimasak mengandung 39 gram karbohidrat. Itu adalah 50% lebih dari karbohidrat yang dikandung oleh beras cokelat dan hampir sama tinggi dengan nasi putih.

Namun Moms mengalami potensi terkena diabetes tipe 2 atau sudah memilikinya, sebaiknya Moms mengatur pola makan dan asupan karbo yang diperlukan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua karbo sama, Moms. Quinoa sendiri dianggap sebagai gandum utuh dan bisa menimbulkan efek baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Quinoa Untuk Bayi, Apa Saja Manfaatnya?

7. Nasi Merah

beras merah sebagai pengganti nasi

Foto: Orami Photo Stock

Nasi merha bisa menjadi salah satu alternatif makanan pengganti nasi. Nasi merah memiliki infeks glikemik yang rendah yang bisa membuat para penderita diabetes tipe 2 pun lega.

Tak sampai sana, rasanya yang hampir mirip dengan nasi putih pun membuat nasi berah banyak disukai. Pasalanya, orang Indonesia sendiri sangat suka makan nasi dan sulit untuk berpindah mengonsumsi makanan laiN.

Nasi merah pun mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama.

Jadi, nasi merah pun cocok untuk orang-orang yang sedang berencana diet nih, Moms!

Baca Juga: Bukan Nasi Putih, Ini 5 Jenis Beras Terbaik untuk Kesehatan

8. Oatmeal

makanan pengganti nasi

Foto: Orami Photo Stock

Oatmeal bisa dijadikan salah satu alternatif makanan pengganti nasi yang terakhir nih, Moms! Namun perlu diingat bahwa Moms harus memilih oat yang terbuat dari gandum utuh, ya!

Jangan sampai membeli oatmeal yang sudah diberikan gula dan macam-macam rasa lainnya. Moms pun bisa menyantap oatmeal dengan potongan buah atau taburan granola serta susu agar terasa lebih nikmat.

Nah itu dia Moms berbagai makanan pengganti nasi yang bisa Moms manfaatkan!

  • diabetesforecast.org/2012/jul/choose-whole-grains-over-white-rice-to-lower-type-2-risk.html
  • https://www.bmj.com/content/344/bmj.e1454
  • https://www.webmd.com/diabetes/quinoa-benefits-low-carb-gi-friendly-diets#:~:text=vitamins%20and%20minerals.-,Quinoa%20and%20Carbs,how%20many%20carbs%20you%20eat.
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait