Kesehatan

7 Mei 2021

17+ Makanan Penyebab Asam Urat, Wajib Dihindari ya Moms!

Mulai hindari dan kurangi makanan ini ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memiliki penyakit asam urat memang menyulitkan. Karenanya Moms dan Dads perlu menghindair makanan penyebab asam urat bisa timbul.

Menurut jurnal yang berjudul, Gout, A Comprehensive Review, Journal of the American Academy of Physician Assistants: September 2014 - Volume 27 - Issue 9 - p 26-31, penyakit asam urat sendiri adalah sebuah kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan. Pembengakak dan rasa panas di area persendian bisa terjadi.

Penyakit sendiri ini timbul karena peningkatan kadar asam urat dalam darah melebihi ambang batas. Nah asam urat yang berlebihan dan menumpuk di ruang sendiri bisa menyebabkan gangguan jaringan persendian nih, Moms.

Apakah Moms menderita penyakit asam urat? Tahukah Moms jika ada jenis makanan penyebab asam urat? Termasuk makanan-makanan yang kerap disajikan saat Lebaran. Karenanya, penting untuk mengurangi konsumsi makanan ini.

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan yang terjadi ketika kadar asam urat tinggi dalam darah, ini menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi.

Pola makan yang menjaga asam urat penting agar dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Karenanya, ketahui makanan penyebab asam urat yang bisa membentuk atau memperparah asam urat.

Dikutip dari Healthline, ternyata cukup banyak makanan yang bisa menjadi penyebab asam urat lho Moms. Selain makanan penyebab asam urat, apa saja yang bisa memicunya? Yuk kita simak ulasannya.

Baca Juga: Cek! 5 Kondisi Kuku yang Menunjukkan Ada Penyakit di Tubuh

Faktor Pemicu Asam Urat

asam urat

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui makanan penyebab asam urat, ada baiknya mengetahui penyebab orang terkena asam urat secara keseluruhan terlebih dahulu.

Tahukah Moms kalau penyakit asam urat ternyata lebih mudah menyerang pria? Ya, pria yang berusia di atas 30 tahun lebih mudah terserang asam urat dibandingkan perempuan.

Pada perempuan, biasanya kondisi ini bisa hadir ketika perempuan tersebut sudah mengalami masa menopause.

Ketika asam urat terjadi, bisanya orang tersebut akan merasakan nyeri pada persendiannya selama kurang lebih 3 hingga 10 hari, Moms. Namun banyak juga yang salah mengira asam urat dengan penyakit rematik.

Nah, selain laki-laki yang lebih berpotensi terkena kondisi ini, sebenarnya apa saja sih yang menjadi penyebab asam urat?

Central for Disease Control and Prevention (CDC) mengemukakan ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab dan pemicu asam urat. Ini dia Moms!

1. Berat Badan

Orang yang memiliki berat badan berlebihan atau bisa dibilang obesitas akan cenderung memiliki risiko terkena asam urat lebih tinggi. Jadi, ada baiknya untuk mengatur pola makan sejak saat ini sebelum berat badan tumbuh tidak terkontrol ya, Moms!

2. Keturunan

Ternyata asam urat juga bisa menjadi penyakit turunan. Jika orang tua, kerabat, atau saudara dekat mengalami asam urat, maka garis keturunannya akan lebih mudah terkena kondisi ini, Moms!

Jadi, harap diperhatikan pemicunya agar keturunan selanjutnya tidak memiliki risiko terkena asam urat lebih tinggi, ya!

3. Pola Makan

Nah, terdapat banyak makanan penyebab asam urat nih, Moms. Cobalah menghindari makanan yang mengandung purin yang tinggi agar tidak terkena asam urat.

Makanan dengan purin tinggi bisa membuat tubuh memecahnya menjadi uric acid dan meningkatkan risiko terkena asam urat.

4. Gula Sebabkan Asam Urat

Mengonsumsi gula terlalu banyak ternyata bisa menjadi pangkal asam urat, Moms! Jadi, cobalah untuk menghindari pemakaian gula yang banyak dalam asupan harian, ya!

5. Mengonsumsi Alkohol

Selain gula, alkohol juga bisa memicu Moms terkena asam urat. Hal itu dikarenakan alkohol meningkatkan nukleotida. Nukleotida adalah sumber purin yang bisa diubah tubuh dan memicu asam urat. Jika berlebihan, tubuh kita memiliki risiko tinggi terkena asam urat Moms.

Makanan Penyebab Asam Urat

makanan penyebab asam urat-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms rentan terhadap serangan asam urat mendadak, hindari penyebab asam urat utama yaitu makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu.

Moms juga harus menghindari makanan tinggi fruktosa, karena kedua kategori makanan ini dapat memicu serangan asam urat. Berikut daftarnya!

1. Bayam

Bayam memang bisa menjadi sayuran yang bermanfaat untuk tubuh. Namun sayuran ini bisa menjadi penyebab asam urat karena memiliki kandungan purin yang tinggi.

Dalam 100 gr bayam terdapat 57 gram purin, Moms! Jadi harus hati-hari dalam menyantapnya, ya!

2. Kangkung

Lagi-lagi dari sayuran hijau nih, Moms! Purin dalam 100 gr sayur kangkung sendiri bisa memiliki 9-10 mg purin. Jadi, perlu diperhatikan lagi, ya!

3. Kembang Kol

makanan penyebab asam urat

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi makanan ini memang menyehatkan. Namun, jangan coba untuk menyantapnya jika Moms memiliki asam urat yang tinggi, ya!

Kandungan purin dalam kembang kol bisa sebanyak 51 gr dalam 100 gramnya. Yuk dihindari mulai sekarang, Moms!

4. Asparagus

Aspragus ternyata termasuk dalam makanan penyebab asam urat nih, Moms! Sayuran ini mengandung 23 gr purin dalam 100 gr sayurnya.

Meski angka kandungan purinnya lebih rendah jika dibandingkan dengan kembang kol, namun Moms perlu berhati-hati dalam menyantapnya, ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Asparagus untuk Kesuburan, Ini Faktanya

5. Emping

Emping adalah salah satu makanan penyebab asam urat yang paling terkenal nih! Dalam 100 gr bahannya terdapat 150-800 mg purin, Moms!

Meski rasanya enak, Moms sebaiknya menghindari untuk menyantap emping ya!

6. Jamur

makanan penyebab asam urat

makanan penyebab asam urat

Tak bisa dipungkiri bahwa jamur memiliki rasa gurih yang cocok digabungkan ke berbagai macam makanan. Namun, siapa sangka jamur juga bisa menjadi salah satu makanan penyebab asam urat?

Dalam 100 gr jamur terdapat 12-17 gram purin. Sebaiknya mulai dibatasi dalam mengonsumsinya ya, Moms!

7. Tape Ketan

Tape ketan adalah sebuah makanan hasil dari fermentasi. Nah, ketika difrementasi, makanan ini akan mengandung alkohol.

Meski alkohol membuat tape ketan terasa manis dan menyegarkan, namun tape ketan bisa menjadi salah satu makanan penyebab asam urat lho, Moms! Kandungan purin yang dimiliki setiap 100 gr tape ketan adalah 100 - 1000 mg. Moms perlu berhati-hati!

Baca Juga: Rematik Saat Hamil Bisa Menyerang, Ini Penjelasannya

8. Nangka

Nangka adalah salah satu jenis buah yang sering dijadikan topping untuk es krim tradisional. Siapa sangka buah ini bisa menjadi salah satu makanan penyebab asam urat?

Bukan hanya sebagai topping, berbagai makanan seperti gudeg dan sayur nangka pun menjadi favorit banyak keluarga.

Nah, untuk Moms yang sakit asam urat, yuk mulai hindari!

9. Nanas

makanan penyebab asam urat

makanan penyebab asam urat

Meski segar ketika dimakan, nanas juga perlu dihindari, Moms! Buah ini termasuk salah satu makanan penyebab asam urat karena memiliki kandungan purin yang tinggi.

Nanas yang mengalami farmentasi di pencernaan akan menjadi alkohol dan berbahaya untuk penderita asam urat.

10. Durian

Meski rasanya enak, durian pun menjadi makanan penyebab asam urat. Selain memiliki kandungan purin yang tinggi, durian pun punya kandungan kolesterol yang tinggi dan bisa menimbulkan komplikasi penyakit seperti jantung, stroke dan hipertensi.

11. Kacang Tanah

Tidak semua kacang boleh dimakan oleh penderita asam urat. Kacang yang perlu dihindari adalah kacang tanah karena mengandung 79 mg per cangkir.

Jadi, untuk Moms yang menderita asam urat sebaiknya mengganti kacang tanah dengan kacang lain seperti almond, kenari, atau mete saja ya!

12. Daging Merah

makanan penyebab asam urat

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau daging merah bisa menjadi salah satu makanan penyebab asam irat yang harus diwaspadai? Berbagai macam daging merah memang memiliki kandungan purin tinggi yang berbahaya untuk tubuh.

Jika terus dikonsumsi, dampaknya bisa membuat peradangan penderita asam urat semakin parah. Jadi, batasi mulai sekarang ya, Moms!

13. Daging Ayam

Bukan hanya danging merah, penderita asam urat juga perlu mengatur konsumsi ayam ya! Purin sendiri banyak ditemukan dari dada hingga kulit ayam.

Jadi, jangan konsumsi ayam secara berlebihan ya, Moms

14. Udang

Tahukah Moms kalau setiap 100 gram udang memiliki 9-10 gram purin? Jadi, makanan laut ini pun termasuk makanan penyebab asam urat yang patut untuk dihindari.

Terlebih, udah pun mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Moms sebaiknya mulai menghindari konsumsi udang agar tidak terjadi komplikasi, ya!

15. Jeroan

makanan penyebab asam urat

Foto: Orami Photo Stock

Untuk Moms yang suka jeroan namun memiliki asam urat, mari mulai mengontrol pola makannya. Jeroan bisa menjadi berbahaya karena termasuk dalam jenis makanan penyebab asam urat.

16. Daun Pepaya

Daun pepaya memang nikmat sekali untuk disantap sebagai lalapan ya, Moms. Namun jika Moms memiliki asam urat, menyatap daun pepaya bisa berbahaya,

Saama seperti kol, kangkung dan asparagus, sayuran ini pun memiliki kandungan purin yang tinggi.

17. Ikan Teri

Banyak orang yang mengatakan harus menghindari makan ikan teri agar tidak darah tinggi. Namun tahukah Moms kalau ikan teri jiga termasuk dalam salah satu makanan penyebab asam urat?

Ya, makanan laut ini tinggi purin dan harus dihindari oleh penderita asam urat.

18. Alkohol

Alkohol memiliki kandungan purinyang cukup banyak Moms. Orang yang minum terlalu banyak alkohol berpotensi tinggi terserang asam urat.

Nah apalagi untuk yang sudah memiliki kondisi tersebut nih! Mengonsumsi alkohol sebaiknya dihindari atau tidak sama sekali ya, Moms!

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Penyakit Lupus

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Asam Urat

makanan penyebab asam urat-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun ada banyak makanan yang menjadi penyebab asam urat, masih ada makanan lain yang rendah purin dan bisa Moms nikmati.

Beberapa makanan dengan kadar purin rendah yaitu seperti:

  • Semua jenis buah-buahan umumnya baik untuk asam urat
  • Semua jenis sayuran bisa Moms konsumsi, termasuk kentang, kacang polong, jamur, terong dan sayuran berdaun hijau gelap
  • Semua kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Biji-bijian utuh, termasuk gandum, dan beras merah
  • Semua produk susu juga aman dikonsumsi, tetapi produk susu rendah lemak lebih baik
  • Telur
  • Minuman seperti kopi, teh, dan teh hijau
  • Semua bumbu dan rempah-rempah.
  • Minyak nabati seperti minyak kanola, kelapa, atau zaitun

Baca Juga: Makanan Penyebab Asam Urat

Dalam sebuah studi yang berjudul Effect of Green Tea Extract on Serum Uric Acid and Urate Clearance in Healthy Individuals mengungkapkan bahwa teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang bisa mencegah prodeski molekul yang menjadi penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada penderita asam urat.

Jadi, Moms bisa mengganti teh yang biasa Moms konsumsi setiap hari dengan teh hijau sebagai tindakan pencegahan asam urat.

Selain menjaga pola makan agar tetap sehat, penting juga untuk menjaga perubahan gaya hidup lain yang dapat membantu mencegah asam urat.

Hal ini termasuk menjaga berat badan tetap sehat, berolahraga, tetap terhidrasi, kurangi minuman alkohol dan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati kan Moms? Makanan penyebab asam urat memang bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari. Hal tersebut membuat kita harus berhati-hati dan mulai mengurangi konsumsi makanan penyebab asam urat.

  • https://www.researchgate.net/publication/265095983_Effects_of_Green_Tea_Extract_on_Serum_Uric_Acid_and_Urate_Clearance_in_Healthy_Individuals
  • https://www.cdc.gov/arthritis/basics/gout.html#:~:text=The%20risk%20of%20gout%20is,breaks%20down%20into%20uric%20acid
  • https://journals.lww.com/jaapa/fulltext/2014/09000/gout__a_comprehensive_review.5.aspx
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait