Kesehatan Umum

26 November 2021

7 Makanan Penyebab Miss V Becek, Hindari ya Moms!

Bisa disebabkan oleh makanan juga lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Vagina yang selalu lembap memang baik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik. Namun, jika cairan di organ tersebut akan membuat Moms merasa tidak nyaman ya. Ada banyak faktor yang membuat cairan di organ ini berlebih, salah satunya adalah makanan penyebab miss v becek.

Moms yang sering mengalami kelebihan cairan pada vagina, sebaiknya mulai mengurangi makanan penyebab miss v becek. Karena beberapa ahli menyebut, mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut akan membaut vagina tetap sehat dan tidak terlalu basah.

Baca juga: 13+ Cara Merawat Miss V agar tetap Sehat, Moms Wajib Tahu!

Makanan Penyebab Miss V Becek

Daftar makanan penyebab miss v becek

Foto: Orami Photo Stock

Lalu, apa saja sih makanan penyebab miss v becek? Simak daftar lengkapnya berikut ini yuk Moms.

1. Makanan Tinggi Gula

Gula pada permen dan makanan tinggi gula lainnya dapat meningkatkan pertumbuhan jamur pada vagina. Hal ini terjadi karena vagina melepaskan sekresi yang mengandung gula, sehingga membuka jalan bagi jamur untuk menumpuk di daerah yang lembab.

Makanan penyebab miss v becek ini juga dapat mengubah tingkat pH vagina, yang dapat memicu lebih banyak jamur dan pertumbuhan bakteri di vagina.

2. Makanan Olahan

Makanan olahan yang memerlukan proses tinggi juga dapat menyebabkan miss v becek. Jenis makanan seperti popcorn, daging asap dan buah-buhan kering yang melalui proses tinggi dapat sistem kekebalan tubuh.

Jika sistem kekebalan tubuh tertekan oleh nutrisi ini dapat menyebabkan bakteri memenuhi area tersebut, menyebabkan gatal-gatal, infeksi, termasuk vaginosis bakteri.

3. Daging dan Susu yang Diawetkan

Saat Moms makan daging atau mengonsumsi produk yang berasal dari hewan yang telah diawetkan dengan hormon pertumbuhan seperti xenoestrogen, yang termasuk dalam kelompok xenohormon, senyawa biasanya dibuat secara artifisial untuk meniru karakteristik hormon.

Hormon tersebut dapat dapat mengganggu fungsi endokrin dan jalur estrogen ke vagina, sehingga rentan terhadap infeksi.

Baca juga: 8 Manfaat Susu Kedelai bagi Tubuh, Sehat Banget!

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji, seperti burger keju dan kentang goreng merupakan makanan penyebab miss v becek. Lemak tinggi—terutama makanan yang digoreng—dapat memengaruhi keseimbangan bakteri di vagina dan juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena bakterial vaginosis. Ketika Moms terinfeksi bakteri ini vagina akan becek dan mengeluarkan bau tidak sedap.

5. Roti Putih

Karbohidrat olahan seperti roti putih dapat menyebabkan lonjakan cepat gula darah. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko vaginosis bakteri atau mengembangkan infeksi jamur.

Jika Moms ingin konsumsi roti, sebaiknya pilih yang terbuat dari gandu, karena lebih sehat untuk tubuh.

6. Asparagus

Makan asparagus mungkin lebih dari sekadar membuat urin Moms berbau. Terlalu banyak konsumsi makanan ini dapat memengaruhi pH vagina yang membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

7. Steak

Steak juga disebut sebagai makanan penyebab miss v becek. Karena kandungan lemak jenuh, yang ada di dalamnya dapat menyebabkan peradangan, sehingga dianggap tidak sehat untuk vagina.

Peradangan umum secara negatif mengubah kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, meningkatkan risiko tertular infeksi vagina

Baca juga: 9 Bentuk Miss V dengan Beragam Bentuk Labia, Bagaimana Jika Mirip Jengger Ayam?

Makanan untuk Kesehatan Miss V

Makanan untuk kesehatan vagina

Foto: Orami Photo Stock

Vagina cukup bagus dalam melindungi dan membersihkan dirinya sendiri. Perawatan vagina yang tepat, seperti kebersihan yang baik, seks yang aman, dan kunjungan ginekologi secara teratur, semuanya berperan dalam menjaga pH tetap terkendali.

Tetapi cara termudah untuk meningkatkan kesehatan Miss V adalah dengan konsumsi makanan berikut ini.

1. Jus Cranberries

Cranberry segar atau jus cranberry 100 persen bukan yang kemasan kaya akan antioksidan dan senyawa, Kandungan ini dapat membantu infeksi dan dapat membantu bakteri menempel pada dinding kandung kemih.

The American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan, cranberry sangat bermanfaat dalam mencegah ISK (infeksi saluran kencing) pada wanita. Namun, Moms harus mengkonsumsi jus cranberries yang murni tanpa campuran gula ya.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar dengan rasa manis memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama bagi wanita yang ingin hamil. Kandungan beta karoten dan vitamin A, ubi jalar membantu memperkuat dan melindungi dinding rahim.

Advance in Experimental Medicine and Biology menyebutkan Beta karoten dan vitamin A memiliki efek langsung pada kesuburan dan reproduksi pada pria dan wanita, serta perkembangan janin yang sehat.

Nutrisi yang ditemukan dalam ubi jalar juga membantu produksi hormon seks dan sering direkomendasikan untuk wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

3. Makanan Kaya Prebiotik

Makanan kaya probiotik, seperti makanan fermentasi seperti kimchi dan yogurt, baik untuk lebih dari sekadar usus. Mereka menyeimbangkan tingkat pH dan membantu menangkal infeksi.

Kultur hidup dan aktif dalam makanan ini memberi tubuh kita dorongan bakteri baik, yang sangat membantu dalam mencegah infeksi jamur. Lebih baik lagi, kalsium (banyak terdapat dalam yogurt) telah terbukti membantu mengatasi gejala PMS.

Baca juga: 10 Makanan Prebiotik yang Bisa Bantu Sehatkan Pencernaan

4. Minyak Ikan

Minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 membantu sirkulasi dan aliran darah, yang merupakan kabar baik untuk gairah seks \. Asam lemak esensial ini, serta yang lain yang ditemukan dalam minyak buckthorn laut, seperti palmitoleat, linoleat, oleat, dan palmitat, ditunjukkan dalam sebuah studi tahun 2014 untuk membantu mengatasi kekeringan vagina pada wanita pascamenopause.

5. Apel

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa wanita yang makan apel sekali sehari memiliki kehidupan seks yang lebih baik.

Salah satu fitoestrogen phloridzin yang ditemukan dalam apel dianggap meningkatkan fungsi seksual, gairah, pelumasan, dan kemampuan untuk orgasme serta kesehatan pada vagina Moms.

6. Alpukat

Makanan untuk kesehatan vagina lainnya adalah alpukat. Buah satu ini kaya akan lemak sehat, vitamin B-6, dan kalium. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan vagina Moms.

Selain itu, buah ini dapat meningkatkan pelumasan dan kadar estrogen, memperkuat dinding vagina, dan bahkan dapat meningkatkan keberhasilan IVF karena lemak tak jenuhnya.

Baca juga: Apakah Memasukkan Jari Ke Miss V Berbahaya? Cek Kebenarannya!

Demikian daftar makanan penyebab miss v becek dan juga makanan yang dapat menyehatkannya. Semoga artikelnya bermanfaat ya Moms.

  • https://www.eatthis.com/worst-foods-vaginal-health/
  • https://www.healthline.com/health/womens-health/food-for-vagina#avocados
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7832047/
  • https://academic.oup.com/ajcn/article/103/6/1434/4569625
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait