Bayi

16 Februari 2020

4 Jenis Makanan Penyebab Ruam Popok Pada Bayi, Harus Dihindari!

Tomat dan jeruk ternyata jadi peicu ruam popok lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kebanyakan Moms dengan anak bayi pasti sudah familiar dengan ruam popok. Ruam popok terjadi ketika bayi mengalami iritasi pada kulit di area yang tertutup popok.

Ruam popok memang merupakan kondisi yang umum terjadi pada bayi. Kondisi ini biasanya ditandai dengan bercak kemerahan, kulit kering dan melepuh, serta luka lecet pada bokong, paha, maupun alat kelamin.

Penyebab ruam popok bisa beragam. Penyebab paling umum ruam popok adalah karena pemakaian popok yang terlalu lama dan ketat. Selain itu, infeksi bakteri atau iritasi kulit karena produk bayi juga bisa menjadi penyebabnya.

Tapi ternyata, Moms, ruam popok juga bisa disebabkan oleh jenis makanan tertentu, terutama makanan yang mengandung asam.

Sehubungan dengan makanan bayi dan ruam popok, Mayo Clinic menjelaskan bahwa ketika bayi mulai makan makanan padat, feses bayi berubah.

Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan ruam popok. Dan jika bayi masih diberikan ASI, ada kemungkinan bayi mengalami ruam popok sebagai respons terhadap sesuatu yang telah dimakan ibu.

Baca Juga: Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi

Makanan Penyebab Ruam Popok pada Bayi

Ketika usia bayi sudah di atas 6 sampai 9 bulan, Moms biasanya memutuskan memberikan asupan pendamping ASI berupa asupan makanan padat.

Nah, beberapa jenis makanan bisa mempengaruhi feses bayi sehingga mudah mengiritasi kulit di daerah bokong dan menimbulkan ruam.

Berikut adalah empat makanan yang paling sering menyebabkan ruam popok.

1. Buah-buahan Jenis Citrus

Photo by freestocks.org on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/freestocks.org

Buah-buahan jenis citrus bisa menyebabkan ruam popok pada bayi. Buah-buahan jenis ini mengandung asam yang sangat banyak, sehingga cukup melelahkan sistem pencernaan bayi.

Yang termasuk jenis buah-buahan citrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan lain-lain.

Jenis buah-buahan citrus ini dapat memperburuk kondisi ruam popok pada bayi. Moms bisa mengamati ketika bayi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung buah jeruk, seperti jus jeruk atau bubur yang mengandung jeruk.

Bayi yang mengkonsumsi buah-buahan citrus akan membuat fesesnya cenderung asam, sehingga saat terjebak dalam popok, bereaksi dengan kulit yang sensitif.

Karena itu, usahakan Moms mengurangi pemberian makanan atau minuman yang mengandung buah-buahan citrus pada si Kecil untuk mencegah agar ia tidak mengalami ruam popok lagi.

2. Tomat dan Produk yang Mengandung Tomat

Photo by Lars Blankers on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/Lars Blankers

Tomat adalah salah satu bahan makanan yang sangat asam. Karena itulah tomat dan produk makanan yang mengandung tomat dapat memperparah gejala ruam popok pada bayi.

Moms juga harus berhati-hati agar Si Kecil tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tomat, seperti saus spageti, sup tomat, saus tomat, dan apa pun yang memiliki dasar bahan tomat.

Tomat adalah salah satu jenis buah yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi yang mengalami ruam popok. Sebab, kandungan asam dalam buah tomat akan memperburuk rasa gatal dan peradangan pada area kulit yang memiliki ruam.

Bukan hanya bayi yang harus mengurangi mengonsumsi tomat. Jika bayi masih menerima asupan ASI, sebaiknya Moms mengurangi konsumsi tomat maupun produk olahannya (saus tomat, misalnya).

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Ruam Popok Pada Bayi, Masih Percaya?

3. Buah-buahan Jenis Beri

Photo by William Felker on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/William Felker

Buah-buahan jenis beri memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, jenis buah-buahan ini ternyata dapat juga memperparah kondisi ruam popok pada bayi.

Contoh buah-buahan jenis beri, antara lain stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry.

Meskipun jenis buah-buahan ini rasanya enak, tetapi kandungan asam yang terkandung di dalamnya bisa mengiritasi sistem pencernaan bayi sehingga mengubah kondisi feses bayi.

Sebagian besar bayi yang mengonsumsinya pertama kali, ruam popoknya semakin parah karenanya.

4. Nanas

Photo by Phoenix Han on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/Phoenix Han

Buah lezat lain yang juga disinyalir sebagai penyebab ruam popok adalah nanas. Kandungan asam yang banyak pada nanas bisa menjadi pemicu terjadinya ruam popok pada bayi.

Melon dan blewah bisa menjadi alternatif buah yang bisa diberikan kepada bayi, menggantikan nanas.

Baca Juga: 4 Cara Cepat Mengilangkan Bekas Ruam Popok

Nah, itulah beberapa jenis buah yang jadi penyebab ruam popok pada bayi. Untuk sementara, kurangi jumlah pemberian jenis-jenis makanan di atas ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait