Kesehatan

3 September 2021

13 Makanan Penyebab Sinusitis yang Perlu Dihindari, Waspada!

MSG jadi salah satu makanan penyebab sinusitis kronis lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Gluten, karbohidrat olahan, dan MSG serta makanan ringan seperti gandum, kentang tumbuk instan, sup olahan, dan kue kering dapat menjadi makanan penyebab sinusitis. Tak heran, banyak dokter percaya bahwa susu, produk susu, dan kafein juga harus dihindari oleh pasien sinusitis.

Percaya atau tidak, makanan memainkan peran penting dalam menenangkan dan memperparah masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Ini berlaku dalam kasus sinusitis dimana terdapat beberapa makanan penyebab sinusitis.

Jika Moms kerap menderita sakit kepala yang parah disertai dengan pilek dan batuk, maka inilah saatnya untuk mencari bantuan medis karena bisa jadi itu adalah gejala sinusitis. Sayangnya, seringkali kita tidak menyadari bahwa terkadang justru kondisi semakin parah setelah mengkonsumsi makanan penyebab sinusitis.

Sinusitis adalah alergi kronis yang disebabkan pembengkakan pada rongga dan lapisan jaringan setelah terinfeksi. Dikutip dari Healthline, sinusitis biasanya disebabkan oleh virus dan sering menetap bahkan setelah gejala saluran pernapasan atas lainnya hilang.

Dalam beberapa kasus, bakteri, atau jamur, juga dapat menyebabkan infeksi sinusitis. Kondisi lain seperti alergi, polip hidung, dan infeksi gigi juga dapat menyebabkan nyeri dan gejala sinusitis

Bayangkan saja penderita sinusitis akan bersin terus menerus dan menyeka mata bengkak merah yang berair. Tentu saja menderita sinusitis akan membuat kita menjadi tidak nyaman.

Namun, gejala sinusitis bervariasi dari orang ke orang. Beberapa merasakan sakit di sekitar area hidung, beberapa mungkin mengalami sakit kepala parah, hidung tersumbat, dan bahkan sesak napas.

Situasi menjadi lebih rumit, jika penderita sinusitis mengkonsumsi makanan penyebab sinusitis terus menerus. Karena itulah penderita sinusitis harus menghindari makanan penyebab sinusitis.

Baca Juga: Waspadai Sinusitis Pada Anak!

Makanan Penyebab Sinusitis

Dikutip dari Health Shots, ahli gizi, Dr Lovneet Batra berharap orang-orang yang memiliki sinusitis, menjauhi aneka makanan penyebab sinusitis, yaitu:

1. Yoghurt

sinusitis

Foto: healthyfood.com

Yogurt mungkin bagus untuk usus, tetapi sayangnya tidak untuk penderita sinusitis. Rupanya makanan penyebab sinusitis pertama yang harus Moms ketahui adalah yoghurt.

Kenapa yogurt termasuk dalam makanan penyebab sinusitis? Rupanya yogurt dapat meningkatkan produksi dahak, yang menyebabkan lebih banyak hidung tersumbat. Namun, jika Moms benar-benar ingin memasukkan yogurt ke dalam menu diet harian, hindari mengonsumsinya di malam hari.

2. Pisang

Jangan terkejut ketika melihat pisang masuk dalam daftar makanan penyebab sinusitis. Ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi pisang juga dapat membuat hidung tersumbat dengan memengaruhi produksi dahak.

Selain itu, satu hal yang perlu Moms pahami adalah perhatikan waktu dan musim, dimana pisang dapat menjadi makanan penyebab sinusitis. Meskipun itu biasanya terjadi pada musim dingin, dokter juga kerap merekomendasikan pasien sinusitis untuk tidak makan pisang di malam hari atau sebelum tidur.

Pisang dianggap menjadi makanan penyebab sinusitis karena ketika dikonsumsi malam hari, pisang bisa menyumbat rongga hidung dan penderita sinusitis bisa mengalami sesak napas.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengobati Sinusitis?

3. Nasi

sinusitis

Foto: everydayhealth.com

Menurut Dr Batra, banyak makanan penyebab  sinusitis sebenarnya tergantung pada apa yang seseorang gabungkan dengan nasi. Nasi bersifat dingin, sehingga menjadi makanan penyebab sinusitis.

Oleh karena itu, makanan yang menenangkan ini hanya boleh dimakan saat jam makan siang.  Makan nasi untuk makan malam akan menyebabkan peradangan dan memicu alergi sinus.

Sama halnya dengan buah-buahan, kebanyakan buah-buahan memiliki efek mendinginkan dan dapat menyebabkan sakit kepala atau hidung meler. 

Buah-buahan juga merupakan makanan penyebab sinusitis. Buah-buahan di malam hari juga tidak dianjurkan, terutama bagi orang-orang yang rentan terhadap sinusitis.

“Jika Anda makan nasi dan minum yogurt atau makan buah dalam waktu bersamaan, maka ini sebenarnya hal-hal yang dapat meningkatkan peradangan. Akan tetapi jika Anda makan nasi dengan ghee dan dal, maka kedua kombinasi makanan ini bersifat anti-inflamasi. Waktu terbaik untuk makan nasi adalah pada siang hari,” saran dr. Batra.

4. Anggur

Saat seseorang minum-minuman beralkohol seperti anggur, tubuh akan melepaskan histamin. Hal ini menyebabkan peningkatan kemacetan, dan gejala sinusitis menjadi lebih jelas dari biasanya. Itulah kenapa anggur menjadi makanan penyebab sinusitis.

Baca Juga: Ini Dia 13 Jenis Anggur di Penjuru Dunia, Sudah Pernah Coba yang Mana, Moms?

5. Tomat

sinusitis

Foto: lovemysalad.com

“Tomat juga dapat menyebabkan peradangan karena menjadi makanan penyebab sinusitis, meskipun itu tergantung dari kasus ke kasus. Hal yng sama, berlaku juga pada pasien radang sendi yang harus menghindari tomat mentah, karena dapat menyebabkan peningkatan peradangan,” ujar dr. Batra memperingatkan.

Tomat mungkin buah yang baik, tetapi mungkin tidak jika seseorang memiliki gejala sinusitis.

6. Daging Merah

Ketika berbicara tentang daging merah, maka itu adalah salah satu makanan yang kaya protein. Namun, siapa yang mengura daging merau menjadi salah satu makanan penyebab sinusitis.

Sangat disayangkan karena sumber protein tinggi ini rupanya dapat menyebabkan akumulasi lendir dalam tubuh. Daging sapi menjadi makanan penyebab sinusitis karena dapat meningkatkan hidung tersumbat dan lalu memperburuk gejala sinusitis yang sudah ada.

7. Amla

sinusitis

Foto: gaiagoodhealth.com

“Tanpa diragukan lagi, amla adalah makanan super, tetapi salah satu makanan penyebab sinusitis. Banyak pasien datang kepada saya dan menceritakan bahwa setelah makan atau minum jus amla, mereka mengalami gatal-gatal di tenggorokan dan setelah beberapa saat, hidung tersumbat menjadi memperburuk pada kasus mereka. Ini terjadi karena asam. Jadi, jika Anda juga merasakan hal yang sama, maka sebaiknya hindari amla,” kata Dr Batra.

Jika seseorang ingin mengurangi gejala sinusitis, hindari makanan penyebab sinusitis tersebut. Jika Moms benar-benar mau mengurangi gejala, Moms dengan penyakit sinusitis dapat menikmati teh herbal hangat, sup, dan semangkuk makanan hangat lainnya. Minyak kelapa, teh atau jus jahe, dan madu juga ampuh menurunkan respons peradangan tubuh. 

Baca Juga: 4 Makanan Terbaik Untuk Anak Yang Menderita Sinusitis

Makanan Penyebab Sinusitis Kronis

Selain gejala sinusitis biasa, terdapat pula kondisi sinusitis kronis. Sinusitis kronis disebabkan oleh peradangan pada sinus atau saluran hidung.

Di tengah kekhawatiran yang berkembang, para peneliti telah mempelajari bagaimana makanan yang menyebabkan peradangan dalam tubuh atau makanan penyebab sinusitis kronis dapat mempengaruhi membran sinus.

Dikutip dari News24.com, sebuah artikel baru-baru ini dari University of Warsaw Polandia menyebutkan bahwa diet berat juga dikaitkan dengan proses inflamasi kronis yang terlibat dalam semua tahap perkembangan aterosklerosis dan semakin diakui sebagai mekanisme universal dari berbagai penyakit degeneratif kronis.

Makan berlebihan dalam makanan inflamasi dapat berkontribusi pada pembunuh global seperti obesitas, kanker dan diabetes dan menyebabkan peradangan kronis jangka panjang, yang juga dapat menyebabkan sinusitis. Itulah kenapa beberapa pola diet atau makanan tertentu dapat menyebabkan sinusitis kronis. 

Anggur merah, produk susu, dan makanan manis mungkin berada di urutan teratas daftar makanan yang lezat. Namun, makanan ini sayangnya dapat memicu hidung tersumbat kembali sehingga makanan penyebab sinusitis kronis ini harus dihindari. 

Berikut enam makanan penyebab sinusitis kronis atau peradangan di dalam tubuh, yaitu: 

8. Gula Olahan

sinusitis

Foto: foodadvisor.my

Gula olahan biasa tersembunyi di makanan penutup favorit orang dewasa, jus anak-anak, kue kering, dan cokelat.  Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Parenteral and Enteral Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi gula tambahan dapat menyebabkan peradangan tingkat rendah dan kondisi seperti obesitas dan resistensi insulin. Ini juga dapat menyebabkan peradangan sehingga termasuk dalam daftar makanan penyebab sinusitis kronis.

Baca Juga: 7 Obat Alami Hidung Tersumbat Ini Bisa Jadi Pilihan

9. Asam Lemak Trans

Menurut sebuah studi oleh University of Washington, asam lemak trans ditemukan dalam makanan cepat saji, produk yang digoreng dan makanan beku. Makanan sejenis ini merupakan makanan penyebab sinusitis kronis, karena lemak trans diketahui memicu peradangan sistemik. 

10. Monosodium Glutamat (MSG)

sinusitis

Foto: foodnavigator-asia.com

Aditif makanan penambah rasa ini paling sering ditemukan dalam makanan Asia dan kecap. Tidak hanya itu, zat aditif makanan juga terdapat dalam makanan cepat saji, sup siap saji, saus salad, dan daging deli.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Toyama melaporkan bahwa MSG dapat mempengaruhi kesehatan hati dan memicu peradangan kronis, itulah kenapa makanan ini termasuk makanan penyebab sinusitis kronis. 

Selain itu, rupanya hingga saat ini peneliti mempertanyakan mengapa bahan kimia ini belum ditarik dari rantai makanan. Perlu Moms ketajui bahwa banyak yang menuntut agar profil keamanan MSG dievaluasi kembali.

11. Asam Lemak Omega-6

Apakah Moms masih memasak dengan minyak sayur dan menimbun mayones di dapur? Maka Moms mungkin harua mempertimbangkannya kembali jika kini tahu bahwa bahan makanan ini adalah bahan makanan penyebab sinusitis kronis. 

Memasak dengan minyak bukanlah pilihan yang paling sehat untuk kesehatan. Sebuah studi di Medical University of Warsaw, menunjukkan bahwa karena kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi, minyak olahan ini dapat meningkatkan peradangan dan menjadi sumber makanan penyebab sinusitis kronis.

Baca Juga; Pentingnya Asam Lemak Esensial Bagi Balita, Ini 4 Kegunaan Utamanya

12. Gluten dan Produk Susu

sinusitis

Foto: dairyreporter.com

Biji-bijian yang biasa digunakan seperti gandum, barley dan rye yang mengandung gluten, dapat  menyebabkan reaksi peradangan pada banyak orang. Reaksi peradangan ini juga dapat memicu sinusitis kronis.

Sementara yoghurt dapat dikaitkan dengan melawan agen inflamasi, bukti klinis mengungkapkan bahwa produk susu secara umum dapat menjadi sumber lemak jenuh yang memicu peradangan dan menjadi makanan penyebab sinusitis kronis. 

13. Karbohidrat Olahan

Camilan favorit seperti kentang goreng, roti gulung, kentang putih, sereal, dan beberapa menu lainnya penuh dengan karbohidrat olahan. Konsumsi karbohidrat olahan yang berlebihan mendorong pertumbuhan bakteri usus dan menyebabkan inflamasi yang dapat membuat orang berisiko obesitas dan penyakit radang usus.

Ini juga termasuk menyebabkan peradangan seperti sinusitis, sehingga makanan olahan masuk dalam daftar makanan penyebab sinusitis kronis.

Baca Juga: 7 Pilihan Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi dan Sehat, Salah Satunya Buah Mangga!

Untuk itu, hindari makanan penyebab sinusitis termasuk sinusitis kronis. Beralihlah ke makanan yang lebih sehat dan kurangi risiko penyakit dengan konsumsi bawang putih, jahe, kunyit, makanan yang kaya antioksidan dan vitamin C, teh hijau, dan minyak zaitun.

  • https://www.news24.com/health24/medical/sinusitis/about-sinusitis/6-foods-that-can-cause-inflammation-20190916-2
  • https://www.sinusreliefny.com/sinusitis-treatments/dietary-influences/
  • https://www.healthshots.com/preventive-care/self-care/sinus-causes-these-are-the-7-worst-foods-for-sinus/
  • https://www.pristyncare.com/blog/foods-to-avoid-in-sinusitis/#How_Food_help_in_Curing_Sinusitis
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait