Balita dan Anak

23 Juni 2020

Catat! Makanan Yang Harus Dihindari Saat Anak Mengalami Gangguan Pencernaan

Hindari berbagai makanan ini sampai kondisi pencernan Si Kecil membaik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, memperhatikan makanan yang harus dihindari saat terjadi gangguan pencernaan bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman dan mempercepat pemulihan kondisi Si Kecil yang sedang mengalaminya.

Pasalnya, beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat dalam keadaan sehat ternyata bisa memberikan efek negatif bagi pencernaan yang sedang bermasalah.

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Terjadi Gangguan Pencernaan

Nah, inilah berbagai makanan yang sebaiknya tidak Moms berikan pada Si Kecil yang sedang mengalami gangguan pencernaan.

1. Produk Olahan Susu

5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Anak Mengalami Gangguan Pencernaan 1.jpg

Foto: Freepik.com

Susu dan produk olahannya memang sangat baik untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, tapi sebaiknya dihentikan dulu konsumsinya sampai gejala gangguan pencernaan Si Kecil mereda.

Bagi sebagian orang, susu bisa menjadi lebih sulit dicerna karena kandungan laktosa di dalamnya. Susu yang tidak tercerna dengan benar karena kondisi intoleransi laktosa bisa menyebabkan perut kembung dan bergas.

Di sisi lain, konsumsi susu berlebihan bisa membuat laktosa masuk ke dalam usus besar sehingga memicu atau memperparah diare. Sebagai alternatif, Moms bisa memberikan yogurt atau jenis keju keras yang tidak mengandung laktosa.

Baca Juga: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

2. Makanan Bersifat Asam

5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Anak Mengalami Gangguan Pencernaan 2.jpg

Foto: Freepik.com

Mengutip informasi dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, makanan bersifat asam juga termasuk makanan yang harus dihindari saat terjadi gangguan pencernaan.

Mengonsumsi jenis makanan bersifat asam seperti buah sitrus, saus tomat, minuman bersoda, dan lainnya, bisa membuat iritasi dan radang pada lapisan lambung menjadi semakin parah.

3. Makanan Berlemak

5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Anak Mengalami Gangguan Pencernaan 3.jpg

Foto: Freepik.com

Makanan berlemak bisa menstimulasi kontraksi di saluran pencernaan, yang bisa berefek melambatkan pengosongan lambung dan memperparah sembelit atau sebaliknya mempercepat gerakan usus dan memperparah diare.

Contoh makanan berlemak yang harus dihindari sampai kondisi Si Kecil membaik di antaranya adalah gorengan, mentega, es krim, daging merah, dan keju.

Baca Juga: Awas, 5 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Pencernaan Anak

3. Makanan Terlalu Manis atau Asin

5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Anak Mengalami Gangguan Pencernaan 4.jpg

Foto: Freepik.com

Saat pencernaan sedang bermasalah, hindari memberikan makanan dengan rasa manis atau asin berlebihan. Sampai kondisi Si Kecil normal, lebih baik Moms memberikan makanan dengan rasa netral dan ringan yang lebih mudah dicerna.

Untuk sementara, hentikan pula konsumsi makanan dengan kandungan sorbitol, yaitu salah satu jenis gula yang sulit dicerna. Selain terkandung secara alami dalam buah seperti apel, prune, dan peach, sorbitol juga banyak digunakan sebagai pemanis buatan dalam produk permen karet dan makanan diet.

Baca Juga: 3 Cara Agar Pencernaan Anak Tetap Sehat, Tengok di Sini!

Ingat ya Moms, segala makanan pedas, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga termasuk makanan yang harus dihindari saat terjadi gangguan pencernaan.

Menurut rekomendasi Academy of Culinary Nutrition, Moms bisa memberikan makanan rendah lemak, makanan kaya protein, makanan fermentasi, sayuran matang, pisang matang, roti, nasi putih, kaldu, dan oatmeal yang mudah dicerna sekaligus membantu mengembalikan kesehatan pencernaan.

Nah, apa yang biasanya Moms lakukan saat Si Kecil sedang mengalami gangguan pencernaan?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait