3-5 tahun

20 Desember 2019

Berikan 4 Makanan Ini Saat Balita Demam Supaya Cepat Sembuh

Makanan terbaik untuk anak yang sedang sakit adalah makanan yang mereka sukai, tapi kaya akan energi dan nutrisi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Pilihan makanan saat balita demam itu sangat penting lho, Moms. Dengan makanan yang tepat, tubuh Si Kecil akan mendapatkan cukup asupan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memerangi penyakit dan kembali pulih.

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), organisasi pangan dan pertanian PBB, makanan terbaik untuk anak yang sedang sakit adalah makanan yang mereka sukai, tapi kaya akan energi dan nutrisi.

Yuk Moms, lihat dulu daftar berikut untuk tahu apa saja yang baik untuk diberikan saat Si kecil demam.

Pilihan Makanan Saat Balita Demam

1. Sup Ayam Hangat

Berikan 4 Makanan Ini Saat Balita Demam Supaya Cepat Sembuh 01.jpg

Foto: wonderchef.ae

Walau terlihat sederhana, pilihan makanan saat balita demam ini bisa memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh Si Kecil yang sedang sakit.

Menurut dokter William Schaffner dari Vanderbilt School of Medicine, kaldu hangat dari semangkuk sup ayam memberikan asupan cairan dan elektronik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena Si Kecil sering buang air kecil atau berkeringat akibat demam.

Selain itu, uap panas dari sup ayam juga membantu mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat, sehingga Si Kecil bisa bernapas dan beristirahat dengan lebih nyaman.

Baca Juga: Mudah dan Bergizi, Ini Resep Sup Ayam Makaroni untuk Buka Puasa!

2. Buah Kaya Akan Vitamin C

Berikan 4 Makanan Ini Saat Balita Demam Supaya Cepat Sembuh 02.jpg

Foto: priyanamd.com

Kandungan vitamin C dalam berbagai jenis buah juga sangat baik dijadikan pilihan makanan balita saat demam.

Makan buah dengan kandungan vitamin C tinggi seperti strawberry, kiwi, mangga, nanas, pepaya, atau jeruk, akan menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih efektif dalam memerangi penyakit sehinga demam bisa cepat reda.

3. Makanan Mengandung Probiotik

Berikan 4 Makanan Ini Saat Balita Demam Supaya Cepat Sembuh 03.jpg

Foto: gokorea.kr

Dari hasil berbagai studi ilmiah, diketahui kalau konsumsi makanan mengandung probiotik dapat mencegah sekaligus meringankan gejala demam.

Seperti disebuahkan dalam sebuah studi yang dilansir oleh National Institutes of Health, anak yang mengonsumsi makanan mengandung probiotik sembuh dua hari lebih cepat dan gejala yang dirasakannya 55% lebih ringan.

Selain yogurt, makanan mengandung probiotik lain yang bisa Mom berikan saat Si Kecil demam diantaranya adalah kefir, roti sourdough, atau kacang polong.

Baca Juga: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

4. Makanan Kaya Protein

Berikan 4 Makanan Ini Saat Balita Demam Supaya Cepat Sembuh 04.jpg

Foto: hsph.harvard.edu

Makanan saat balita demam juga sebaiknya mengandung banyak protein, sebagai sumber energi bagi sistem kekebalan tubuh untuk memerangi virus atau bakteri penyebab demam.

Moms bisa memberikan makanan kaya protein seperti fillet dada ayam tanpa kulit, daging merah tanpa lemak, keju, salmon, kacang-kacangan, tahu, dan telur.

Semua makanan tadi sebaiknya diolah dengan cara dikukus, dipanggang, atau direbus supaya lebih mudah dicerna dan kandungan nutrisinya tidak hilang seperti bila digoreng ya, Moms.

Nah, yang tidak kalah penting untuk melengkapi makanan saat balita demam adalah rutin minum setiap 1-2 jam sekali agar tubuh Si Kecil terhindar dari dehidrasi akibat sering buang air kecil dan berkeringat saat demam.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

(WA)

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait