Newborn

25 Oktober 2020

15 Makanan untuk ASI Booster Terbaik, Catat!

Pepaya ternyata merupakan ASI booster terbaik lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Wajar jika Moms yang sedang menyusui bertanya-tanya apa saja ASI booster terbaik. Sebelum kebingungan, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Memastikan posisi menyusui dengan baik, lebih sering memompa dan yang terpenting kondisikan mental benar-benar dalam keadaan baik atau hindari stres. Dalam hal meningkatkan suplai ASI, Moms pasti sering mendengar beberapa tips berharga seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Tetapi jika Moms sudah mencoba semuanya dan masih khawatir tidak menghasilkan cukup ASI, apakah ada solusi lain untuk memberikan dorongan atau menjadi booster lainnya? Banyak budaya lama yang bergantung pada makanan dan herbal dalam hal meningkatkan pasokan ASI yang cukup.

Setelah itu, Moms mungkin tergoda untuk mencoba pengobatan herbal yang menjanjikan dapat membuat ASI Moms menjadi melimpah. Sayangnya itu justru dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada efek positifnya.

Alicia C. Simpson, Konsultan Laktasi Bersertifikat Internasional dan ahli diet terdaftar yang berbasis di Atlanta, Georgia, memperingatkan bahwa suplemen herbal dan teh laktasi harus diperlakukan seperti obat. Ramuan tersebut mungkin 'alami', tetapi tidak otomatis bebas dari efek samping.

"Banyak daftar makanan dan herbal laktogenik yang baik dan berdasarkan penelitian. Namun, paling sering dari bukti pengalaman, yang dapat membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI yang dibuat oleh tubuh Anda," katanya dikutip dari buku barunya berjudul Boost Your Beastmilk.

Tidak bisa dipungkiri, Moms pasti juga pernah mendengar cerita dari ibu menyusui lainnya tentang bagaimana beberapa makanan tertentu seperti outmeal dapat menjadi booster ASI yang baik.

Namun kenyataannya, tidak banyak penelitian berkualitas tinggi di luar sana yang mengatakan dengan pasti apa saja makan-makanan yang tepat dan benar-benar dapat menjadi ASI booster terbaik.

Baca Juga: Perlukah Mengonsumsi ASI Booster saat Hamil?

Makanan untuk ASI Booster Terbaik

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa makanan yang memang secara ilmiah memberikan efek positif sebagai ASI booster. Nah, berikut ini adalah 15 makanan yang bisa menjadi ASI booster terbaik bagi Moms yang sedang menyusui Si Kecil:

1. ASI Booster Terbaik: Barley

Barley.jpg

Apakah Moms pernah mendengar bahwa segelas tinggi bir Guinness, bisa menjadi ASI booster terbaik yang sehat. Akan tetapi Simpson mencatat bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol sebenarnya justru dapat menghambat produksi ASI. Namun, perlu Moms ketahui bahwa sebenarnya barley adalah komponen bir yang mungkin mendorong suplai ASI agar lebih melimpah.

"Barley adalah sumber makanan terkaya dari beta-glukan dan polisakarida yang telah terbukti meningkatkan kadar prolaktin atau dikenal sebagai hormon menyusui pada manusia dan hewan," tulis Simpson.

Untuk menggunakan barley sebagai booster ASI, Moms hanya perlu menambahkannya ke sup, semur, salad, dan bahkan risotto. Gunakan serpihan barley untuk membuat susu atau tambahkan ke resep roti buatan Moms.

2. ASI Booster Terbaik: Oatmeal atau Susu Oat

makanan bayi 9 bulan, oat bayam avokad.jpg

Baik dalam bentuk semangkuk oatmeal jadul, oatmeal dengan milk latte atau oat cookies, ibu menyusui telah lama mengandalkan oat sebagai ASI booster terbaik.

Mengapa? Biji-bijian dari gandum utuh merupakan sumber zat besi dimana setengah cangkir oat kering mengandung hampir 2 mg zat besi atau sekitar 20 persen dari kebutuhan ibu menyusui per hari. Namun, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan gandum benar-benar membantu produksi ASI.

Jika ingin mencobanya, Moms dapat memasukan oat ke dalam menu makanan Moms, baik dimasak dan diberi topping buah. Tidak hanya itu, Moms juga bisa menggunakan granola atau meatloaf sebagai sumber inspirasi menu-menu lain yang lebih variatif.

3. ASI Booster Terbaik: Fenugreek atau Kelabat

biji-ini-jadi-rahasia-memperbesar-ukuran-payudara-secara-alami.jpg

Biji kelabat sering disebut-sebut sebagai galactagogue atau ASI booster terbaik yang ampuh. Hal ini mengingat bahwa kelabat mengandung senyawa seperti estrogen yang dianggap meningkatkan aliran ASI.

Dikutip dari Canadian Breastfeeding Foundation, rempah seperti fenugreek bisa memberikan efek sebagai ASI booster jika dikonsumsi paling sedikit selama tujuh hari.

Satu penelitian kecil menemukan bahwa wanita yang minum teh fenugreek atau kelabat tiga kali sehari menghasilkan lebih banyak ASI secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Akan tetapi karena tidak ada bukti luas yang menunjukkan bahwa kelabat bekerja untuk meningkatkan suplai ASI, beberapa dokter anak tidak merekomendasikan buah ini.

Hal lain yang perlu diingat adalah beberapa ibu yang memanfaatkan kelabat sebagai ASI booster terbaik melaporkan bahwa makanan ini tampaknya membuat bayi mereka lebih kembung. Kelabat juga dapat memperburuk asma, jadi perlu Moms tahu bahwa buah ini harus digunakan dengan hati-hati pada penderita asma.

Simpson merekomendasikan untuk menggunakan kelabat secara perlahan, jika memang ingin memanfaatkannya sebagai booster ASI. Meskipun buah ini adalah ramuan yang sangat populer, tetapi kenyataannya buah kelabat juga sering digunakan secara tidak benar, pada dosis yang salah, dan dengan mengabaikan efek sampingnya.

"Studi klinis telah mencoba untuk mengidentifikasi dosis yang tepat yang memberikan efek terapeutik  serta mekanisme yang benar dalam menggunakan ramuan ini untuk meningkatkan produksi ASI, tetapi buktinya masih belum meyakinkan," katanya seperti dikutip dari Todays Parent.

Dia memaparkan bahwa penderita diabetes tipe 1 atau 2, penyakit jantung atau alergi kacang serta kacang-kacangan juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan kelabat agar dapat menghindari efek yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Seribu Satu Manfaat Biji Anggur

4. ASI Booster Terbaik: Sereal atau Gandum Utuh

sarapan dengan sereal-3.jpg

Selain barley dan oat, gandum utuh dan beras merah juga kaya akan beta-glukan. Akan tetapi makanan ini sering diabaikan dalam penelitian tentang makanan laktogenik hanya karena keduanya merupakan makanan pokok yang standar.

Penting untuk diperhatikan bahwa tepung putih dan nasi putih tidak memiliki manfaat yang sama dengan gandum utuh dan beras merah. Oleh karena itu, tukar tepung putih Moms dengan tepung gandum ketika membuat roti, pancake, dan muffin. Serta pilihlah nasi merah kapanpun Moms ingin makan nasi putih.

5. ASI Booster Terbaik: Pepaya

6 Manfaat Biji Pepaya -3.jpg

Buah ini telah sering digunakan baik mentah maupun dimasak dalam sup sebagai ASI booster terbaik dalam budaya Asia selama berabad-abad, meskipun baru belakangan ini dipelajari lebih detail. Sayangnya memang hingga saat ini masih belum diketahui secara persis tentang apa, mengapa atau bagaimana pepaya dapat menjadi ASI booster terbaik.

Moms hanya perlu memakannya langsung sebagai topping yogurt, sereal atau salad bersama buah lainnya. Moms juga bisa memasukannya ke dalam sup atau masakan sayur di rumah dan bahkan mengolahnya menjadi hidangan mie yang terinspirasi dari Mie Thailand.

6. ASI Booster Terbaik: Biji Adas

biji adas - edemfood.jpg

Biji adas memiliki karakteristik cukup renyah dengan rasa licorice. Biasanya biji adas ditemukan dalam kue dan teh laktasi. Seperti kelabat, biji adas mengandung senyawa mirip estrogen yang diduga dapat menjadi ASI booster terbaik.

Dan memang, beberapa penelitian kecil telah mengaitkan konsumsi biji adas dengan volume ASI dan kandungan lemak yang lebih besar, serta penambahan berat badan bayi. Namun penelitian berskala besar seputar manfaat biji adas sebagai booster ASI masih dinilai kurang sehingga masih butuh saran dari dokter jika memang ingin memanfaatkannya.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Jintan dan Adas

7. ASI Booster Terbaik: Daging Tanpa Lemak

steak daging

Daging sapi, domba dan unggas lain tanpa lemak merupakan sumber utama zat besi. Jadi karena dapat memberikan pasokan mineral yang berlebih, maka daging tanpa lemak bisa menjadi salah satu ASI booster terbaik. Namun, sekali lagi diberatahukan bahwa hingga saat ini, tidak ada bukti atau penelitian langsung yang mengaitkan konsumsi daging dengan peningkatan produksi susu.

8. ASI Booster Terbaik: Bawang Putih

bawang putih dapat menjadi makanan program hamil untuk suami.jpg

Satu studi yang mengamati hubungan antara bawang putih dan suplai ASI menemukan fakta bahwa melengkapi makanan dengan bahan aromatik rupanya tidak membuat adanya perbedaan volume jumlah ASI yang dihasilkan. Tetapi banyak ibu-ibu mengatakan bahwa bawang putih benar-benar menjadi ASI booster terbaik bagi mereka.

Terlebih, satu atau dua siung tambahan bawang putih membuat hampir semua makanan gurih menjadi lebih enak dan sehat. Jadi mengapa tidak mencobanya jika memang ada manfaat lain selain sebagai ASI booster?

9. ASI Booster Terbaik: Daun Bayam dan Bit

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

Daun bayam dan bit baik sebagai salah satu ASI booster terbaik karena mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat. Kandungan-kandungan tersebut penting untuk memulihkan ibu yang anemia dan akan membantu membuat Si Kecil menjadi lebih kuat

Daun bayam dan bit juga mengandung agen detoksifikasi. Bayam mengandung bahan kimia tumbuhan tertentu yang dapat membantu mencegah kanker payudara.

Sertakan daun bayam dan bit dalam makanan Moms. Namun, ingatlah untuk makan bayam dalam jumlah sedang atau secukupnya saja karena terlalu banyak dapat menyebabkan diare pada Si Kecil.

Baca Juga: Nasi Bayam Kukus untuk Keluarga

10. ASI Booster Terbaik: Wortel

4 Efek Samping Makan Wortel Terlalu Banyak

Segelas jus wortel untuk menyertai sarapan atau makan siang akan menghasilkan keajaiban dalam menyusui. Seperti bayam, wortel juga memiliki kualitas yang dapat meningkatkan laktasi sehingga patut dimasukan dalam daftar ASI booster terbaik.

Wortel mengandung Vitamin A yang dapat melengkapi atau meningkatkan kualitas ASI. Moms dapat mengolah wortel mentah untuk dikukus atau bahkan dihaluskan menjadi bagian dari bubur atau sup.

Di musim dingin, cobalah bubur wortel yang diaduk dengan susu hangat dan gula. Ini dapat menjadi kombinasi makanan lezat dan sehat bagi Moms yang sedang menyusui.

11. ASI Booster Terbaik: Air & Jus

xx manfaat jus jambu

Minum air putih dan jus bisa meningkatkan kualitas ASI bahkan meningkatkan total volume ASI. Moms juga pasti tahu bahwa air putih dan jus dapat mencegah Moms dari dehidrasi dan menggantikan cairan yang hilang selama menyusui.

Minumlah segelas air saat Moms haus atau bahkan sebelum Moms mulai menyusui bayi Moms.

12. ASI Booster Terbaik: Salmon

13 Manfaat Ikan Salmon, Ternyata Bukan Hanya Bikin Pintar!

Salmon adalah sumber EFA (asam lemak esensial) dan Omega-3 yang bagus. Baik EFA dan Omega-3 sangat bergizi dan penting untuk ibu menyusui.

Memasukkan salmon dalam menu harian Moms akan meningkatkan hormon untuk memproduksi ASI dan membuat ASI yang diproduksi menjadi lebih bergizi.

Baca Juga: 5 Menu Salmon Mentai Paling Enak di Restoran Jakarta

13. ASI Booster Terbaik: Drumstick atau Paha Ayam

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ayam Bakar?

Paha ayam memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi dan dinilai bagus untuk menyusui. Paha ayam dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem saraf Moms.

Moms bisa mengolahnya sebagai aneka rupa makanan harian yang lezat dan bergizi, tetapi tetap bermanfaat sebagai ASI booster.

14. ASI Booster Terbaik: Ubi Jalar

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber utama kalium dan memiliki karbohidrat sebagai penghasil energi yang dibutuhkan untuk melawan kelelahan. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C dan B-complex, serta mineral pelemas otot yaitu magnesium.

Moms bisa menjadikan ubi jalar sebagai bagian makanan diet rendah serat. Kukus, rebus, goreng, dan panggang dapat menjadi solusi dalam mengolah makanan yang mengenyangkan ini.

15. ASI Booster Terbaik: Almond

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Bumil-4.jpg

Almond kaya akan Omega-3 dan vitamin E yang membantu menyembuhkan gatal yang disebabkan oleh stretch mark pasca kehamilan. Sementara omega-3, membantu meningkatkan hormon laktasi untuk membantu memproduksi lebih banyak susu.

Buat susu almond untuk hasil yang lebih maksimal sebagai ASI booster terbaik. Tidak hanya itu, menambahkan almond ke dalam mangkuk oat pada sarapan Moms di pagi hari juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Secara keseluruhan, tidak banyak bukti yang mendukung gagasan bahwa ibu menyusui dapat meningkatkan suplai ASI dengan mengonsumsi makanan yang tepat.  Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan tertentu mungkin bermanfaat dan banyak ibu menyusui percaya bahwa bahan-bahan tersebut membuat perbedaan.

Jadi, jika Moms merasa produksi ASI Moms membutuhkan sedikit bantuan, silakan mencoba menambahkan beberapa bahan makanan di atas yang menjadi ASI booster terbaik ke menu harian Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Minyak Almond yang Perlu Diketahui

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait