Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
1 Maret 2021

26 Makanan untuk Memperbanyak ASI, Alami dan Menyehatkan!

Moms bisa menemukan makanan-makanan ini dengan mudah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Apakah Moms bertanya-tanya adakan makanan untuk memperbanyak ASI dan bahkan meningkatkan produksi? Nah, ada banyak makanan yang dianggap galaktagog, yang membantu Moms menghasilkan lebih banyak asi.

Tak hanya itu, Menurut Center of Disease Control and Prevention, Ibu menyusui umumnya membutuhkan lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya selama menyusui.

Tambahan 450 hingga 500 kilokalori (kkal) kalori makanan ikon eksternal sehat per hari direkomendasikan untuk ibu menyusui yang bergizi baik, dibandingkan dengan jumlah yang mereka konsumsi sebelum kehamilan.

Ditambah, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar bayi disusui secara eksklusif selama sekitar 6 bulan pertama dengan terus menyusui bersama dengan memperkenalkan makanan pendamping yang sesuai selama 1 tahun atau lebih.

Orgaisasi Kesehata Dunia (WHO) juga merekomendasikan pemberian asi eksklusif hingga usia 6 bulan dengan pemberian ASI lanjutan disertai makanan pendamping yang sesuai hingga usia 2 tahun atau lebih.

Jadi, tentu Moms penasaran makanan untuk memperbanyak asi, bukan?

Makanan untuk Memperbanyak asi

ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi kebanyakan bayi.

Saat bayi tumbuh, ASI berubah untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Menyusui juga dapat membantu melindungi bayi dan ibu dari penyakit dan penyakit tertentu seperti asma, obesitas hingga diabetes tingkat 1.

Nah, berikut ini beberapa makanan untuk memperbanyak asi yang bisa Moms konsumsi.

1. Oatmeal

Oatmeal menjadi makanan yang memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Oat adalah makanan biji-bijian dengan profil nutrisi yang luas.

Ini bisa menjadi makanan untuk memperbanyak asi sekaligus sarapan enak serta sehat untuk ibu menyusui.

Selain itu, oatmeal dapat digunakan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI dengan meningkatkan kadar hormon oksitosin.

Moms bisa menggunakan oatmeal untuk menyiapkan berbagai jenis makanan, seperti kue kering, kue, roti, dan bubur.

2. Jelai

Jelai adalah nutrisi dan biji-bijian kaya serat yang dapat meningkatkan nilai gizi makanan untuk memperbanyak asi paling ampuh.

Selain itu, jelai dapat digunakan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI dengan meningkatkan kadar prolaktin serum. Moms dapat menambahkan barley kupas yang paling sedikit diproses ke resep, seperti sup, semur, kari, dan bubur.

Menggunakan tepung barley untuk menyiapkan biskuit barley, kerupuk, atau pancake adalah cara lain untuk menambahkan barley ke dalam menu makanan harian.

3. Aprikot

Aprikot jadi sumber makanan yang memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Aprikot termasuk dalam keluarga almond dan menawarkan beberapa nutrisi dan senyawa bioaktif yang meningkatkan kesehatan.

Makanan untuk memperbanyak asi agar bayi gemuk ini juga diyakini dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin untuk meningkatkan suplai asi.

Moms dapat menambahkan aprikot segar atau kering ke dalam bubur, sereal, dan makanan penutup untuk mendapatkan manfaatnya.

Hindari menggunakan aprikot kalengan dengan sirup karena tinggi gula.

Baca Juga: Hamil Saat Masih Menyusui, Amankah?

4. Wortel

Wortel adalah sayuran akar kaya serat yang dapat menambah warna dan nutrisi penting untuk makanan untuk memperbanyak asi.

Moms bisa makan wortel mentah dengan kulitnya di salad dan sandwich atau memasaknya dengan makanan lain.

Konsumsi wortel secara teratur akan memberikan nutrisi dan juga sebagai makanan untuk memperbanyak ASI Moms.

Fitoestrogen yang ada dalam wortel mungkin bertanggung jawab atas efek laktogenik wortel.

5. Fenugreek

Makanan untuk memperbanyak asi yaitu fenugreek

Foto : Orami Photo Stock

Daun dan biji fenugreek biasa dikonsumsi sebagai makanan laktogenik di beberapa budaya.

Tanaman dapat meningkatkan suplai susu dan memiliki beberapa khasiat obat dan nutraceutical yang dapat bermanfaat bagi kesehatan seiring waktu.

Moms bisa menambahkan fenugreek ke sup, semur, dan kari.

Penting untuk dicatat bahwa fenugreek adalah ramuan yang manjur, dan terkadang dapat menyebabkan kembung dan iritasi perut.

Namun, makanan untuk memperbanyak asi yang manjur ini juga dapat mengganggu pengobatan, sehingga bicarakan terlebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

6. Bawang putih

Bawang putih terkenal karena khasiat terapeutik dan pengobatannya.

Dalam beberapa budaya, bawang putih biasanya digunakan untuk efek galactagogue yang diklaim.

Moms dapat menambahkan bawang putih ke dalam makanan untuk menambah rasa dan mendapatkan manfaat kesehatannya. Namun, hal itu dapat mengubah rasa ASI dan dapat memicu kolik pada bayi.

Oleh karena itu, waspadai setiap perubahan pola dan perilaku makan bayi Moms setelah mengonsumsi bawang putih sebagai makanan untuk memperbanyak asi agar bayi gemuk.

7. Kelor

Manfaat daun keloruntuk memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Tanaman kelor, juga dikenal sebagai stik drum, banyak dikonsumsi di beberapa bagian Asia dan Afrika.

Daun dan buah kelor kaya akan zat gizi mikro, seperti kalsium dan zat besi. Ibu menyusui membutuhkan nutrisi ini untuk pemulihan dan kesehatan pasca melahirkan.

Selain itu, kelor dapat digunakan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI dengan merangsang kelenjar susu.

Moms dapat memasukkan manfaat daun kelor ke dalam diet laktasi dengan menambahkan polong atau daunnya ke dalam sup, semur, dan kari pilihan.

Baca Juga: 4 Posisi Menyusui yang Salah Ini Membuat Payudara Kendur dan Nyeri

8. Alfalfa

Alfalfa termasuk keluarga kacang-kacangan dan mengandung isoflavonoid estrogenik. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa alfalfa dapat digunakan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI.

Moms bisa menambahkan kecambah alfalfa ke dalam salad dan sup untuk menjadikannya bagian dari makanan untuk memperbanyak asi paling ampuh.

Namun bicarakan terlebih dulu ke dokter atau konselor asi sebelum menjadikannya menu harian.

9. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau jadi makanan untuk memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber mikronutrien, serat makanan, dan senyawa bioaktif yang sangat baik yang dapat meningkatkan pemulihan pascapersalinan dan nutrisi ibu.

Selain itu, buah ini mengandung fitoestrogen yang dapat meningkatkan suplai ASI.

Moms dapat menambahkan beberapa sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi, ke dalam menu makanan untuk memperbanyak asi agar bayi gemuk.

10. Adas

Konsumsi adas selama menyusui lazim karena efek laktogeniknya yang diklaim sehingga cocok menjadi makanan untuk memperbanyak asi.

Ramuan tersebut mengandung fitoestrogen yang dapat meningkatkan suplai ASI. Juga, penelitian menyoroti manfaat kesehatannya, seperti menghilangkan keluhan pencernaan.

Moms dapat meminum air adas, teh adas, atau menambahkan bubuk adas dalam sup, semur, kari, dan bubur.

Baca Juga: Apa Boleh Diet Saat Menyusui?

11. Biji jintan

Ibu menyusui sering mengonsumsi biji jintan karena dapat digunakan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI

Moms bisa mengonsumsi air jinten atau menggunakannya sebagai bumbu untuk berbagai macam olahan.

12. Pare

Pare untuk memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Meski pahit, manfaat kesehatan dan khasiat obat dari pare tak tertandingi.

Bukti anekdot menunjukkan bahwa pare bahkan dapat menjadi makanan untuk memperbanyak asi.

Moms dapat mengonsumsi kari pare dan keripik panggang untuk mendapatkan manfaatnya.

13. Salmon

Salmon adalah ikan rendah merkuri yang kaya akan protein berkualitas tinggi, vitaminD, B12, dan nutrisi asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi ibu dan bayi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi salmon secara teratur dapat meningkatkan suplai ASI dan meningkatkan komposisi ASI sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk memperbanyak asi agar bayi gemuk.

14. Buncis

Makanan untuk memperbanyak asi adalah buncis

Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buncis kaya akan protein, mikronutrien, dan senyawa bioaktif berkualitas tinggi.

Fitoestrogen yang ada di dalamnya dianggap memberikan manfaat laktogenik. Moms bisa menambahkan buncis ke dalam olahan, seperti kari dan sup, dan saus, seperti hummus.

15. Blessed Thistle

Blessed thistle adalah tanaman yang bunga, batang, dan daunnya digunakan untuk tujuan pengobatan.

Penggunaannya lazim di banyak budaya karena sifat galactagogue yang diklaim.

Moms dapat mengonsumsi teh atau kapsul berkah thistle untuk meningkatkan suplai asi setelah berkonsultasi dengan konsultan laktasi.

16. Kemangi

Kemangi untuk memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Kemangi adalah ramuan obat aromatik yang melayani beberapa tujuan kuliner dan pengobatan.

Penggunaan kemangi untuk makanan untuk memperbanyak asi adalah hal biasa di beberapa budaya.

Moms dapat menambahkan kemangi dalam jumlah kecil ke dalam makanan atau mengonsumsinya dengan secangkir susu hangat.

17. Tahu

Tahu merupakan produk kedelai yang kaya protein dan mikronutrien esensial yang dapat meningkatkan kesehatan ibu.

Bukti anekdot menunjukkan bahwa tofu dapat menjadi makanan untuk memperbanyak asi yang paling ampuh karena kandungan fitoestrogennya.

18. Biji Wijen

Biji wijen

Foto : Orami Photo Stock

Biji wijen kaya akan protein, kalsium, serat, dan beberapa nutrisi penting lainnya. Fitokimianya, seperti quercetin dan sesamin, dapat meningkatkan sekresi prolaktin dan meningkatkan suplai asi.

Moms bisa makan satu sendok teh biji wijen dengan air hangat atau menambahkannya ke resep, seperti salad, roti, pasta, sandwich, dan camilan buatan sendiri.

19. Biji rami

Biji rami kaya akan asam alfa-linolenat (ALA) dan zat gizi mikro penting lainnya yang dibutuhkan ibu dan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Selain itu, biji rami mengandung fitoestrogen yang dapat meningkatkan suplai ASI Anda.

Moms dapat mengonsumsi biji rami panggang dengan air hangat, menambahkan tepung biji rami ke dalam sup dan semur, atau membuat saus salad dengan minyak biji rami untuk mendapatkan manfaatnya.

20. Almond

Makanan untuk memperbanyak asi yaitu almond

Foto : Orami Photo Stock

Kacang almond manis sering dipilih sebagai makanan untuk memperbanyak asi agar bayi gemuk karena aktivitas estrogeniknya yang potensial.

Moms bisa makan segenggam almond selama tengah hari, menambahkannya ke makanan sebagai tepung almond atau mentega almond, atau minum susu almond.

Almond menawarkan nutrisi penting, seperti protein, kalsium, dan lemak sehat.

21. Biji Labu

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa biji labu dapat digunakan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI.

Mereka juga kaya akan protein, zat besi, serat, dan senyawa bioaktif yang meningkatkan kesehatan.

Moms dapat mengonsumsi satu sendok teh biji labu sebagai bagian dari campuran jejak atau memotongnya dan menambahkannya ke salad, sup, dan bubur.

Bubuk biji labu adalah produk lain yang dapat Moms tambahkan ke makanan dengan berbagai cara.

22. Jahe

Jahe bermanfaat untuk memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Jahe segar dikenal luas untuk kesehatan dan manfaat pengobatannya.

Jahe juga bisa sebagai makanan untuk memperbanyak asi yang paling ampuh. Moms dapat menambahkan potongan atau jus jahe segar ke berbagai makanan dan minuman.

Jika ingin mengonsumsi suplemen jahe, konsultasikan terlebih dahulu dengan konsultan laktasi atau dokter.

23. Daun kari

Daun kari segar dan bubuknya sering digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada makanan.

Selain itu, penggunaannya umum dalam Ayurveda dan obat alternatif lainnya untuk mengobati beberapa penyakit. Ibu menyusui di beberapa budaya menggunakan daun kari untuk meningkatkan suplai ASI mereka.

24. Kunyit

Manfaat kunyit untuk makanan memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Kunyit digunakan dalam kuliner dan pengobatan alternatif atau tradisional.

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kunyit, bersama dengan fenugreek dan jahe, dapat meningkatkan volume ASI. Moms bisa menambahkan kunyit sebagai bumbu untuk sup, semur, dan kari.

25. Daun ubi jalar

Daun ubi jalar menawarkan serat, mikronutrien, dan fitokimia yang meningkatkan kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa daun ubi jalar dapat meningkatkan kadar prolaktin dan bisa dipilih sebagai makanan yang memperbanyak asi agar bayi gemuk.

Daun atau sayuran ubi jalar dapat digunakan untuk membuat resep tumis dan salad yang lezat.

26. Pepaya

Khasiat pepaya sebagai makanan untuk memperbanyak asi

Foto : Orami Photo Stock

Pepaya tidak dianjurkan selama kehamilan, tetapi penggunaannya selama menyusui populer karena potensi efek laktogeniknya.

Penelitian menunjukkan bahwa jus daun pepaya dan pepaya dapat meningkatkan produksi asi.

Moms bisa makan buah pepaya sebagai camilan atau menambahkannya ke makanan lain, seperti bubur.

Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Produksi ASI Melimpah?

Jadi, makanan untuk memperbanyak asi mana yang akan Moms konsumsi? Jangan lupa untuk beritahu Dads tentang makanan untuk memperbanyak asi agar bayi gemuk, selamat makan!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait