Gizi

2 Desember 2021

7+ Makanan untuk Mengencangkan Payudara secara Alami, Yuk Coba!

Cari tahu juga apa saja penyebab payudara kendur!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pascamelahirkan biasanya perempuan mengalami perubahan bentuk tubuh, salah satunya berefek pada bentuk payudara. Oleh karena itu, makanan untuk mengencangkan payudara akan menjadi pilihan.

Apalagi, jika Moms memberikan ASI eksklusif untuk Si Kecil, mengharapkan payudara kencang kembali rasanya sangat mustahil.

Memilih menggunakan makan terutama dilakukan agar suplai ASI tetap terjaga dengan baik, juga untuk menjaga agar payudara tetap kencang selama atau setelah menyusui.

Baca Juga: Waspada Moms, Ini 3 Makanan Penyebab Kanker Payudara

Penyebab Payudara Kendur

apakah dengan diremas payudara akan kendur

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui apa saja makanan untuk mengencangkan payudara, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengapa payudara Moms bisa saja kendur.

Secara umum, penyebab payudara kendur tidak dapat diketahui dengan jelas. Namun, penelitian telah memberikan beberapa petunjuk tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kondisi itu.

Sebuah penelitian dari di Annals of Plastic Surgery, telah mensurvei 132 perempuan yang menghadiri klinik untuk operasi rekonstruksi payudara karena payudara kendur.

Para peneliti mencatat beberapa faktor yang terkait dengan hal tersebut. Faktor-faktor penyebabnya adalah:

  • Usia
  • Penurunan berat badan yang signifikan, yakni sekitar 22,6 kilogram atau lebih
  • BMI yang lebih tinggi
  • Ukuran cup bra yang lebih besar
  • Jumlah kehamilan
  • Riwayat merokok

Faktor lain yang menurut orang dapat menyebabkan payudara kendur meliputi:

  • Riwayat menyusui
  • Penambahan berat badan selama kehamilan
  • Kurangnya latihan tubuh bagian atas secara teratur

Namun, para peneliti yang melakukan penelitian di atas tidak menemukan hubungan yang signifikan antara faktor-faktor ini dan payudara kendur.

Studi lain yang dipublikasikan oleh PRS Global Open, menyelidiki beberapa kemungkinan faktor penyebab payudara kendur.

Dalam hal ini, para peneliti mensurvei 125 perempuan yang datang ke klinik untuk konsultasi rekonstruksi payudara karena memiliki payudara yang kendor.

Para peneliti menyimpulkan bahwa faktor penyebab payudara kendor meliputi:

  • Usia
  • BMI
  • Berat jaringan payudara
  • Jumlah kehamilan

Faktor terpenting untuk payudara kendur menurut penelitian ini, adalah jaringan payudara yang lebih besar. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, para peneliti tidak menemukan bahwa merokok merupakan faktor penting.

American Society of Plastic Surgeons percaya bahwa faktor-faktor berikut dapat menyebabkan payudara kendur karena hilangnya elastisitas kulit:

  • Kehamilan
  • Menyusui
  • Fluktuasi berat badan
  • Penuaan
  • Gravitasi
  • Keturunan

Baca Juga: Tak Perlu Minder, Pahami Penyebab Wanita Memiliki Payudara Kecil

Makanan untuk Mengencangkan Payudara

tahu-kuning.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jangan sedih Moms, ternyata banyak, lho, cara untuk Moms bisa membentuk payudara supaya kencang kembali. Berikut makanan untuk mengencangkan payudara yang bisa Moms konsumsi.

1. Tahu

Selain tempe, tahu menjadi makanan favorit keluarga pastinya Moms. 

Makanan yang berbahan baku kedelai ini juga bisa membuat payudara Moms kencang lagi, lho. Di dalam tahu terdapat protein yang baik untuk memperbaharui jaringan termasuk otot-otot di bagian payudara.

2. Avokad

Banyak yang mengandalkan kandungan dari buah alpukat sebagai meals replacement saat sedang diet.

Tidak hanya itu Moms, buah avokad yang lezat ini pun bisa berfungsi untuk mengencangkan payudara. Karena buah avokad mengandung lemak baik, asam amino, dan kaya akan nutrisi.

3. Kecambah

Jangan sepelekan kandungan yang terdapat dalam kecambah atau yang lebih familiar disebut tauge. Pengolahan sayur ini pun bisa dibilang tergolong mudah.

Tapi ternyata, di dalam sayuran kecambah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dimana dapat membantu mengencangkan payudara Moms.

4. Seafood

Tidak semua orang bisa menikmati seafood, banyak yang alergi setelah makan seafood. Tapi ada kabar gembira untuk Moms yang tidak alergi seafood.

Makanan laut seperti udang, cumi-cumi, kepiting, atau lobster mengandung protein yang sangat tinggi. Sehingga bisa membantu mengencangkan otot-otot bagian payudara sehingga payudara menjadi semakin kencang walau pasca menyusui.

Tapi, ingat Moms, jangan makan seafood berlebihan, ya!

5. Rumput Laut

Di Jepang atau Korea, rumput laut menjadi salah satu makanan pendamping pokok yang biasa dimakan setiap hari. Rumput laut memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

Yaitu fosfor, kalium, nitrogen, yang bisa mencegah radikal bebaa, mengencangkan payudara, juga mencegah kanker payudara.

6. Umbi-umbian

Umbi-umbian seperti singkong dan ubi jalar sangat baik untuk mengencangkan payudara Moms. Karena mengandung magnesium, kalium, juga mineral.

7. Kedelai

Jenis kacang yang satu ini memang banyak dijadikan bahan baku berbagai makanan. Dengan begitu, kandungan protein pada kedelai bisa Moms rasakan dalam berbagai macam cara.

Bisa makan tempe yang di goreng, atau minum es susu kedelai rasanya. Kedelai juga memiliki protein dengan kadang yang tinggi, sehingga membantu mengencangkan payudara.

8. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan untuk mengencagkan payudara yang pertama adalah sayuran hijau. Misalnya Kubis Brussel, Brokoli, Kale, Bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Ini kaya akan fitoestrogen yang umumnya dikenal untuk membantu mempromosikan lebih banyak jaringan payudara.

Seiring dengan fitoestrogen, sayuran hijau kaya akan zat besi, kalsium, dan antioksidan yang bagus untuk tampilan payudara dan kesehatan secara keseluruhan.

Sayuran ini juga akan mengurangi produksi testosteron laki-laki dan perempuan yang akan memungkinkan lebih banyak hormon estrogen yang mengambil alih.

Salah satu sayuran hijau terbaik yang perlu makan lebih banyak adalah kecambah alfalfa. Tunas tanaman alfalfa mengandung banyak nutrisi berbeda karena ukurannya sangat kecil.

Alfalfa kaya akan senyawa fitoestrogen yang biasa dikenal sebagai isoflavon; yang umumnya dikenal untuk membantu stimulasi ASI dan perkembangan payudara.

Baca Juga: Mengenal Perubahan Payudara Saat Hamil

Peran Vitamin untuk Mengencangkan Payudara

Bentuk payudara.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam makanan untuk mengencangkan payudara, terdapat juga kandungan vitamin yang mendukung dalam menjaga kesehatan payudara.

Berbagai vitamin dan makanan penambah payudara dapat melindungi payudara dari kerusakan dan meningkatkan ukuran dan kekencangan payudara. Vitamin tersebut yakni:

  • Vitamin A adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi payudara dari radikal bebas yang merusak yang dapat menunda pertumbuhan payudara.
  • Vitamin C merupakan salah satu antioksidan larut air yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi payudara dari radikal bebas berbahaya yang dapat mengganggu pertumbuhan payudara.
  • Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang membantu pengkodean genetik mendorong pertumbuhan payudara, meningkatkan tonus otot, membantu penyerapan kalsium, memperbaiki jaringan yang rusak, dan menurunkan risiko kanker payudara.
  • Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang larut dalam lemak yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi payudara dari kerusakan sel.

Mengkonsumsi makanan untuk mengencangkan payudara secara rutin bukan hanya bagus untuk payudara saja, tapi juga untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, Moms.

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/saggy-breasts
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20354434/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5147386/
  • https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/breast-lift
  • https://www.inlifehealthcare.com/breast-growth-foods/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait