Kesehatan

25 November 2020

10+ Makanan untuk Penderita Radang Usus Buntu dan Radang Usus Besar

Makanan untuk penderita radang khusus harus diperhatikan agar gejalanya tidak semakin parah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Radang usus adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Melansir medicinenet.com peradangan pada usus besar ini sering dikaitkan dengan diare, sakit perut kembung dan juga buang air besar berdarah.

Peradangan usus dapat disebabkan oleh beberapa faktor, infeksi, kekruangan darah di dalam usus (ischemia), penyakit radang usus besar (Crohns’s disease, ulcerative colitis), reaksi alergi dan adanya invasi dinding usus besar dengan sel darah putih limfositik atau kolagen.

Seperti kebanyakan penyakit sistem pencernaan lain, penderita radang usus juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut 10+ makanan untuk penderita usus.

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Crohn? Kenali Gejala Penyakit Radang Usus Kronis Ini

Makanan Sehat untuk Penderita Radang Usus

Menurut para ahli, radang usus disebabkan oleh faktor generik, lingkungan atau sistem imun yang terlalu aktif di saluran pencernaan. Ketidakseimbangan bakteri di dalam usus dapat dikaitkan dengan jenis peradangan tertentu.

Dokter biasanya akan menyarankan jenis makanan tertentu untuk dikonsumsi oleh penderita radang usus. Melansir greatest.com berikut sederet makanan sehat untuk penderita radang usus.

1. Oatmeal

Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Diet tinggi serat memang disarankan oleh kepada beberapa orang, tetapi tidak dengan penderita radang usus. Asupan serat yang terlalu banyak dapat meningkatkan pergerakan usus, sehingga memicu kambuhnya gejala radang usus..

2. Buah-buahan yang Tidak Mengandung Gas

Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Buah-buahan seperti melon, pisang, blueberry, stroberi, jeruk dan anggur merupakan makanan sehat untuk penderita radang usus.

Selain mengandung vitamin dan antioksidan, kandungan fruktosa yang ada di dalam buah-buahan ini juga dapat mencegah kambuhnya gejala radang usus, seperti diare, muntah atau sakit perut.

3. Dada Ayam Tanpa Kulit

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Selain telur dan ikan, daging dada ayam tanpa kulit merupakan protein tanpa lemak yang kaya akan gizi. Selain itu daging dada ayam tanpa kulit disarankan sebagai makanan sehat untuk penderita radang usus. Moms bisa mengolahnya menjadi sup ayam yang mengenyangkan.

4. Buah dan Minyak Zaitun

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Buah dan daun zaitun mengandung zat yang disebut biofenol, yang merupakan sumber antioksidan paling melimpah dari buah dan sayuran dalam makanan manusia.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan biofenol menjanjikan sebagai anti inflamasi dalam pengobatan radang usus. Walaupun masih perlu penelitian terhadap manusian, tetapi buah dan minyak zaitun dianggap baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Kunyit

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Kurkumin adalah zat yang ditemukan dalam kunyit dan memiliki sifat anti-inflamasi. Zat ini juga disebut dapat mengurangi hampir semua jenis penyakit.

Beberapa penelitian kecil telah menemukan bahwa itu dapat membantu mendorong dan mempertahankan remisi bagi mereka yang mengalami radang usus.

6. Sayuran Fermentasi (Kimchi)

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Pecinta drama Korea pasti tidak asing dengan Kimchi, makanan khas korea yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, Kimchi juga disebut sebagai makanan sehat untuk penderita radang usus loh Moms.

Sayuran fermentasi ini merupakan sumber probiotik yang baik dan dapat membantu proses pencernaan serta penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Moms bisa mengkonsumsi kimchi secara langsung dengan nasi hangat atau mie instan. Selain itu, Moms juga dapat mengolahnya menjadi pancake atau sup Kimchi.

Baca Juga: Waspadai Radang Usus Buntu! Kenali Penyebab dan Gejalanya

Makanan untuk Penderita Radang Usus Buntu

Usus buntu merupakan salah satu organ yang ada di sistem pencernaan dan mudah sekali mengalami peradangan. Jurnal The BMJ menjelaskan radang usus buntuk paling sering dialami pada usia 10 hingga 20 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan usia yang lebih tua juga dapat mengalami radang usus buntu.

Radang usus buntu disebabkan karena adanya penyumbatan pada lapisan usus buntu. Penyumbatan bisa karena tinja, cacingan, luka traumatis atau tumor. Infeksi yang dipicu oleh penyumbatan menyebabkan radang usus buntu karena terisi oleh nanah. Penundaan dalam pengobatan apendisitis dapat mengakibatkan komplikasi seperti pecahnya usus buntu, atau abses nanah di perut.

Peradangan usus buntu sebenarnya dapat dikurangi dengan cara natural. Walaupun cara ini tidak begitu disarankan, Moms bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan usus buntu dengan konsumsi makanan untuk penderita radang usus buntu berikut ini. Seperti yang ditulis oleh medlife.com.

7. Biji Fenugreek

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Biji fenugreek atau biasa disebut biji klabat dipercata mampu membantu mencegah pembentukan lendir dan nanah di dalam usus buntu. Hal itupun dapat meredakan sakit perut akut yang ditimbulkan akibat perdangan usus buntu.

8. Olahan Mint

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Olahan daun mint juga dipercaya dapat mengurangi gejala peradangan usus buntu. Sensai dingin yang dikeluarkan saat konsumsi daun mint yang direbus dengan air dapat mengurangi gejala radang usus buntuk, seperti sakit kepala dan juga muntah-muntah.

9. Buttermilk

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Buttermilk merupakan makanan untuk penderita usus buntu karena ringan untuk dicerna. Jenis makanan ini juga menawarkan probiotik penting yang membantu mengurangi pertumbuhan bakteri atau infeksi apa pun.

10. Bawang Putih

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat-sifat ini menjadikannya pilihan yang efektif melawan radang usus buntu.

11. Buah Segar dan Jus Sayur

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi, kalau buah dan sayur merupakan makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan.

Saat memiliki gejala radang usus buntu, dokter biasanya akan menyarankan untuk konsumsi buah segar dan jus sayur agar mengurangi gejala peradangan.

12. Sayuran Kukus

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Selain diolah menjadi jus, dokter juga biasanya akan menyarankan Moms untuk konsumsi sayuran kukus. Metode memasak dengan cara ini dianggap sangat baik karena dapat mempertahankan nutrisi yang ada di dalam sayuran.

Baca Juga: Penyebab Radang Usus Buntu dan Penanganannya

Makanan untuk Penderita Radang Usus Besar

Pola makan mungkin dapat memicu terjadinya peradangan di usus besar. Penderita radang usus mungkin bisa konsumsi makanan apa saja saat kondisi mereka sedang sehat.

Namun, saat radang usus Moms kambuh, Moms mungkin akan kesulitan dalam mencerna makanan termasuk makanan berserat. Karena saat penyakit ini kambuh, Moms akan merasakan ketidaknyamanan di bagian perut dan sulit untuk mengkonsumsi makanan.

Penderita radang usus besar dirasankan untuk banyak konsumsi makanan yang mengandung kalium, folat, magnesium, kalsium dan zat besi. Berikut makanan untuk penderita radang usus besar seperti dilansir dari medicalnewstoday.com.

13. Saus Apel

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Makanan untuk penderita radang usus yang disarankan adalah saus apel atau pure apel. Menu ini memiliki kandungan serat dan fruktosa yang tinggi. Cara membuatnya pun cukup mudah, Moms hanya perlu menghaluskan apel kemudian rebus hingga apel empuk dan berbentuk pure.

Walaupun makanan ini disarankan untuk penderita radang usus, tapi Moms tidak disarankan untuk konsumsi saat sedang kambuh. Karena dapat membuat perut semakin sakit dan menyiksa Moms.

14. Salmon

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Salmon merupakan jenis makanan yang laut yang paling baik untuk kesehatan. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi membuat salmon disarankan sebagai makanan untuk penderita radang usus besar. Selain baik untuk pencernaan, masih banyak kandungan salmon yang bermanfaat untuk tubuh lainnya.

15. Labu Squash

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Banyak varietas labu yang mengandung serat tinggi, dan mungkin bisa dipilih oleh penderita radang usus besar. Meskipun tinggi serat, tetapi jenis labu squash dapat ditolerir oleh penderita radang usus besar.

16. Alpukat

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Alpukat merupakan makanan yang kaya akan nutrisi dan banyak mengandung lemak baik dan sehat. Moms yang memiliki penyakit radang usus besar dapat menjadi alpukat sebagai cemilan sehari-hari ya Moms.

17. Yogurt

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

World Journal of Gastroenterology menjelaskan bahwa konsumsi probiotik secara rutin dapat membantu mengurangi gejala radang usus besar.

Makanan untuk penderita radang usus yang mengandung probiotik adalah yogurt. Bakteri baik yang ada di dalam yogurt dapat membantu pencernaan dan menyehatkan usus.

18. Telur

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Selain omega-3, telur juga menawarkan beberapa nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Teksturnya yang lembut membuat telur lebih mudah dicerna, sehingga sangat baik untuk penderita radang usus besar. Selain itu, telur juga sangat mudah untuk diolah dan mudah untuk dikonsumsi dimana saja.

18. Makanan yang Mengandung Banyak Cairan

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Penderita radang usus besar sangat membutuhkan banyak cairan, seperti air putih. Karena saat mengalami radang usus besar yang dibarengi dengan diare, Moms kehilangan banyak sekali cairan.

Sehingga, Moms disarankan untuk banyak konsumsi air putih dan juga makanan yang kandungan cairannya tinggi. misalnya Moms bisa mencoba buah-buahan atau sayuran yang kandungan airnya tinggi ya.

Baca Juga: Radang Usus saat Hamil, Ketahui Penyebab dan Cara Penanganannya

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Radang Usus

Makanan merupakan faktor utama timbulnya gejala radang usus. Pola makan akan berbeda setiap individunya karena tidak semua orang akan merespons makanan tertentu dengan cara yang sama.

Karena penyakit yang menyerang sistem pencernaan akan sangat sensitif terhadap makanan. Bahkan, salah konsumsi makanan dapat memperparah kondisi tubuh Moms yang menderita radang usus.

Menurut para ahli, berikut makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita radang usus. Perhatikan ya Moms!

19. Kafein

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Meskipun tidak banyak data tentang efek kafein pada gejala radang usus, tetapi penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menjelaskan bahwa kafein dapat memperburuk gejala radang usus.

Kafein adalah salah satu komponen dari kopi, teh, soda, dan coklat. Selain penderita radang usus, kafein juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita GERD atau gangguan lambung lainnya.

20. Minuman Karbonasi

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Beberapa soda dan bir mengandung karbonasi yang dapat mengiritasi saluran pencernaan dan menimbulkan gas. Banyak minuman berkarbonasi juga mengandung gula, kafein, atau pemanis buatan, yang juga bisa memicu gejala radang usus.

21. Popcorn

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Moms yang memiliki radang usus sepertinya tidak bisa makan popcorn saat nonton bioskop. Karena menurut ahli, popcorn dapat menimbulkan sakit perut sama seperti kacang.

22. Kentang Goreng dan Keripik Kentang

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Kandungan glikoalkaloid yang ada di dalam kentang dapat mengganggu integritas membran sel usus. Kandungan banyak terdapat di dalam kentang goreng dan keripik kentang.

23. Makanan Pedas

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto : freepik.com

Penderita radang usus juga tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas, karena dapat menyebabkan diare. Makanan pedas juga dapat menimbulkan sensai panas di perut dan memicu timbulnya peradangan pada usus.

24. Gluten

XX Makanan untuk penderita radang usus

foto: freepik.com

Kandungan ini terdapat dalam gandum, gandum hitam, dan barley. Terkadang dapat memicu gejala radang usus. Meskipun oat tidak mengandung gluten, mereka memiliki protein serupa yang dapat bereaksi silang pada individu yang sensitif terhadap gluten.

Baca Juga: Mengenal Kolitis Ulseratif, Radang Usus pada Anak

Moms, sudah tahukan makanan untuk penderita radang usus dan makanan yang tidak boleh. Mulai sekarang, mulai berhati-hati dalam konsumsi makanan ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait