Kesehatan

9 Mei 2020

6 Makanan yang Bisa Menguras Energi, Hindari Mengonsumsinya Siang Hari!

Beberapa makanan sehat justru bisa menguras energi lebih banyak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Konsumsi makanan sehat sangat baik untuk kesehatan dan kepuasan hati. Tetapi, tidak semua makanan yang terbaik itu sehat atau bermanfaat bagi tubuh.

Makanan tertentu dapat membantu Moms atau Dads tetap fokus dan termotivasi. Sedangkan makanan lainnya bisa menguras energi Moms ketika mengonsumsinya.

Makanan yang bisa menguras energi ini biasanya mengandung gula tambahan dan bahan-bahan tidak sehat lainnya. Jadi mengonsumsinya terlalu banyak akan menguras energi kita lebih banyak.

Baca Juga: Ternyata Segini Takaran Gula yang Bisa Dikonsumsi per Hari

"Secara umum, jika kita merasa lelah dan perlu tidur siang sekitar 30-45 menit setelah makan. Kita mungkin perlu mengubah komposisi makanan siang," kata Pelatih Kesehatan Nutrisi Integratif, Cindy Santa Ana dikutip dari bustle.com.

Cindy Santa Ana menyarankan orang mengubah menu makannya yang karbohidrat menjadi lebih banyak protein, serat dan lemak. Karena, menu makanan seperti itu bisa membuat kita lebih lama kenyang dan menyeimbangkan gula darah.

Makanan yang Membuat Cepat Lelah

Makan dengan komposisi makanan yang seimbang dapat membantu mencegah energi kita terkuras. Tapi, bagi Moms yang masih merasa lelah dan lesu, maka pola diet Moms yang mungkin salah.

Berikut ini dilansir oleh thehealthy.com, 9 makanan yang harus dihindari untuk mencegah energi kita terkuras banyak di siang hari.

Baca Juga: 6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Memberi Energi Lebih!

1. Makanan Goreng, Keripik

Makanan menguras energi - makanan gorengan.jpg

Foto: gettyimages.com

Keripik kentang, kentang goreng atau makanan apapun yang digoreng pasti lezat untuk disajikan sebagai cemilan siang hari. Sayangnya, Moms lebih baik menghindari makanan yang digoreng karena berkaitan dengan hipertensi.

Studi 2016 di British Medical Journal (BMJ) juga menemukan makanan goreng mengandung tinggi lemak dan rendah protein yang bisa menguras energi di siang hari.

"Meskipun tidak ada rasio makronutrien yang ideal untuk semua orang. Orang yang sangat aktif mungkin membutuhkan lebih banyak karbohidrat. Sedangkan orang yang bekerja dengan membutuhkan tenaga fisik perlu sedikit lebih banyak protein. Karena, diet tinggi karbohidrat cenderung membuat mengantuk," kata Rania Batayneh, MPH, ahli gizi di Beaverton, Oregon.

Menurut Rania Batayneh, orang yang mengonsumsi karbohidrat maka gula darahnya akan meningkat. Setelah itu, tubuh akan melepaskan insulin untuk memindahkan gula-gula dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

Proses itulah yang bisa menyebabkan orang merasa kelelahan di sore hari. Makan terlalu banyak karbohidrat yang cepat dicerna, seperti kentang goreng atau keripik akan membuat gula darah melonjak dan Moms mengantuk.

Baca Juga: McDonald's Mengunggah Resep Kentang Gorengnya, Yuk Coba Buat!

2. Buah Pisang

Makanan menguras energi - pisang.jpg

Foto: gettyimages.com

Buah pisang mengandung kadar kalium tinggi, tetapi juga memilik L-tryptophan yang akan berubah menjadi 5-HTP di otak. Kemudian, otak akan mengubahnya menjadi hormon serotonin dan melatonin.

Menurut The National Sleep Foundation, hormon serotonin dapat meningkatkan suasana hati. Sedangkan hormon bertugas melatonin mengatur jam internal dan membuat seseorang mengantuk.

Cobalah konsumsi pisang dengan segenggam kacang atau campurkan dengan yogurt. Karena, cara mengonsumsi pisang seperti itu bisa membantu menghindari lonjakan gula darah yang menyebabkan kelelahan di siang hari.

Baca Juga: Resep Puding Pisang Kukus yang Lembut dan Enak

3. Buah Ceri

Makanan menguras energi - ceri.jpg

Foto: gettyimages.com

Ceri kaya akan melatonin, yakni hormon tidur yang memicu rasa kantuk. Karena itu, Moms disarankan tidak mengonsumsi ceri ketika masih memiliki pekerjaan di siang hari.

Menurut penelitian tahun 2019 dalam jurnal Nutrients, ceri juga mengandung cukup melatonin untuk meningkatkan tidur. Jadi buah ceri ini bisa membuat Moms mengantuk atau kelelahan di siang hari yang sibuk.

4. Salad

Makanan menguras energi - salad.jpg

Foto: gettyimages.com

Salad hijau bisa menjadi salah satu makan siang yang memicu kelelahan sore. Meskipun hampir semua makanan bisa menyebabkan kelelahan jika tidak dikonsumsi dengan makanan seimbang atau camilan.

Salad hijau dengan campuran saus khusus itu bisa mengandung banyak gula. Misalnya saus Rusia, yang dikemas dalam 10,5 gram gula menurut basis data foodData Central USDA. Artinya, sudah hampir satu sendok makan penuh gula dalam salad, tidak termasuk yang mungkin bersembunyi di kacang atau biji manisan.

Meski begitu, bukan berarti Moms tidak bisa makan salad hijau di siang hari. Makanlah salad dengan saus buatan sendiri yang rendah gula sendiri dan tambahkan sedikit protein.

Studi tahun 2018 dalam Jurnal International Society of Sports Nutrition mengatakan sekitar 25 gram protein per makan adalah semua yang bisa dimanfaatkan tubuh untuk tetap berenergi dan fokus.

Baca Juga: Agar Salad Lebih Nikmat, Ini Dia Macam-Macam Saus Salad untuk Pelengkapnya

5. Smoothies

Makanan menguras energi - smoothies.jpg

Foto: Getty Image

Smoothies dengan tambahan gula dari madu, agave, yogurt atau pemanis lainnya dapat mengemas 610 kalori, 154 gram karbohidrat dan 104 gram gula tambahan. Artinya, ada 7 sendok makan gula tambahan.

Jika Moms tetap menjaga keseimbangan nutrisi makro, seperti karbohidrat, protein dan lemak. Maka lemak, protein dan serat akan menambahkan energi.

Jika Moms hanya mengandalkan karbohidrat sederhana, seperti buah dan makanan yang mengandung banyak gula. Makanan pola makan seperti itu bisa membuat Moms merasa lesu karena tidak seimbang.

Cobalah pilih karbohidrat kompleks yang tinggi serat alami untuk menambahkan energi. Adapun pilihan karbohidrat komplek termasuk lentil, kacang hitam, biji chia, jelai dan banyak lainnya. Konsumsi makanan ini bisa membantu mengatasi kelelahan di siang hari.

Baca Juga: 4 Resep Smoothies untuk Ibu Hamil yang Penuh Nutrisi

6. Kopi

Makanan menguras energi - kopi.jpeg

Foto: gettyimages.com

Konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat memberikan efek fisik dan mental yang positif.

Sebuah penelitian dari jurnal PubMed menunjukkan bahwa kopi membantu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson sebesar 26-34 persen.

Penelitian lebih lanjut melaporkan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi seseorang per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 7 persen.

Kafein dalam kopi berkerja sebagai stimulan yang meningkatkan energi dan fungsi otak jangka pendek. Karena itu, kopi diandalkan saat merasa lelah.

Tetapi, keseringan minum kopi bisa menyebabkan tubuh membangun toleransi. Sehingga efek stimulan dari kopi akan semakin tidak terasa. Terlalu banyak kafein juga bisa memengaruhi kualitas tidur.

Pada akhirnya, kualitas tidur yg buruk akan mengurangi tingkat energi dalam jangka panjang. Orang perlu membatasi minum kopi sekitar 4 cangkir per hari.

Baca Juga: Ini Dia Efek dan Aturan Minum Kopi Ibu Hamil yang Wajib Diperhatikan

Itulah yang makanan yang menguras energi dan harus dihindari jika ingin mempertahankan energi Moms di siang hari. Jadi, coba dihindari ya, Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait