Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
9 Maret 2020

4 Makanan yang Harus Dihindari setelah Operasi Caesar

Hindari makanan pedas ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Persalinan caesar tidak pernah direncanakan sebelumnya dan akibatnya dapat menyebabkan keadaan dan komplikasi yang tidak terduga.

Operasi caesar adalah prosedur yang menyakitkan dan ternyata menjadi operasi yang sulit bagi ibu baik secara mental maupun fisik.

Baca Juga: Mempertimbangkan Operasi Caesar untuk Kelahiran Anak? Ini Waktu Tepat dan Risikonya!

Agar bisa segera pulih dari operasi caesar, tubuh akan membutuhkan istirahat yang cukup dan diet yang terkontrol. Ada beberapa makanan yang harus dihindari, agar tubuh kita bisa cepat pulih usai menjalani operasi caesar.

Makanan yang Harus Dihindari setelah Operasi Caesar

Karena Moms tidak dapat melakukan banyak aktivitas fisik apa pun, penting untuk mengontrol apa yang akan dimakan dan menghindari mengonsumsi apa pun yang akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan meningkatkan kelelahan.

Makanan-makanan apa saja yang harus dihindari usai kita menjalani operasi caesar? Simak di bawah ini yuk, Moms.

1. Makanan Pedas

makanan yang dihindari setelah operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pertama yang harus Moms hindari setelah operasi caesar adalah makanan pedas karena dapat menyebabkan masalah lambung pada Moms, yang mana akan memicu kontraksi.

Baca Juga: Sering Memberikan Makanan Pedas Untuk Balita, Apa Efeknya?

Selain itu, Moms juga harus menyusui, jadi rasa pedas ini mungkin juga akan dirasakan oleh bayi yang meminum ASI.

2. Minuman Berkafein

makanan yang dihindari setelah operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Hal selanjutnya yang harus Moms hindari setelah operasi caesar adalah minum minuman berkafein. Minuman berkarbonasi dan jus jeruk juga tidak boleh dikonsumsi setelah kita melakukan operasi caesar karena dapat menyebabkan gas.

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh harus dibatasi karena kafein dapat menyebabkan masalah dalam pertumbuhan bayi.

3. Minuman Alkohol

makanan yang dihindari setelah operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Minuman beralkohol juga harus dihindari setelah operasu caesar karena dapat mengganggu kemampuan Moms untuk menyusui, dan mengganggu pertumbuhan serta perkembangan bayi yang disusui ASI.

Baca Juga: Kebiasaan Minum Alkohol Turunkan Kualitas Sperma!

4. Makanan yang Mengandung Gas

makanan yang dihindari setelah operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Makanan yang mengandung gas harus Moms hindari setelah operasi caesar ya. Makanan seperti ubi, kol, bawang, apel, pir, acar, kacang hijau, kacang polong, brokoli, harus dihindari setidaknya selama 40 hari sejak melakukan operasi caesar.

Itulah makanan-makanan yang harus dihindari setelah operasi caesar. Menurut American Pregnancy Association, pastikan bahwa kita mendapatkan banyak cairan untuk membuat tubuh tetap terhidrasi, dan makan makanan yang sehat untuk memulihkan energi dan mencegah sembelit.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar pascamelahirkan, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait