Kesehatan

7 Juni 2021

Sering Dianggap Sehat, 5 Makanan yang Membuat Gemuk Ini Bisa Mengecoh

Berpotensi membuat gemuk jika dikonsumsi berlebihan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Dina Vionetta

Apapun yang berlebihan memang tidak baik. Namun, makanan yang membuat gemuk ini sering kali dikira menyehatkan. Seseorang tidak merasa bersalah saat mengonsumsi satu jenis makanan secara berlebihan.

Yang mereka pikirkan adalah mereka mengonsumsi makanan sehat, dan mendapat manfaat dari nutrisi makanan tersebut.

Padahal faktanya, satu jenis makanan terdiri dari berbagai komposisi.

Bisa saja satu jenis makanan memiliki beberapa nutrisi yang baik dan zat yang kurang baik sekaligus.

Jika dikonsumsi berlebihan, dampak tidak baiklah yang akan didapat.

Supaya tidak salah, simak jenis makanan yang membuat gemuk tapi sering dianggap menyehatkan berikut ini.

Ragam Makanan yang Membuat Gemuk

Orang yang makan berlebihan, alhasil berat badan bertambah karena berbagai alasan. Salah satu penyebab utamanya adalah makan terlalu banyak kalori.

Meski begitu, makanan yang membuat gemuk ini tidak sehat, termasuk makanan olahan yang tinggi lemak, gula, dan garam.

Berikut jenis makanan yang membuat gemuk jika dikonsumsi berlebihan, antara lain:

1. Salad

salad adalah makanan yang membuat gemuk

Foto: dietdoctor.com

Ini adalah makanan favorit para wanita saat sedang diet. Isinya adalah berbagai jenis sayuran, seperti selada, wortel, timun, tomat, dan beberapa iris ayam panggang.

Sepertinya, sih, sehat, ya? Tapi ternyata ini salah satu masuk ke daftar jenis makanan yang membuat gemuk, Moms.

Salad sayuran tersebut biasanya akan diberi topping keju dan siraman mayonaise.

Inilah yang membuat status salad sebagai makanan sehat berubah menjadi makanan yang berpotensi menggemukkan jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: 8 Makanan untuk Kesehatan Organ Reproduksi

2. Avokad

alpukat adalah makanan yang membuat gemuk

Foto: jstor.com

Phil Lempert, seorang analis industri makanan, berkata bahwa manfaat buah avokad sudah cocok membuatnya digadang-gadang sebagai superfood.

Alasannya, buah ini mengandung 10 gram serat dan memiliki kadar kalium dua kali lipat lebih tinggi daripada pisang.

Avokad juga telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko kanker dan diabetes, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Akan tetapi, Lempert juga mengatakan bahwa avokad punya kekurangan, yaitu kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

Sehingga ini menjadi makanan yang membuat gemuk, meskipun terlihat sehat.

Ya, meskipun jenis lemak pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung, tapi masih tetap berpotensi menggemukkan.

3. Kacang-Kacangan

makanan yang membuat gemuk 4.jpg

Foto: quicklypopular.com

Inilah snack favorit semua orang kala berkumpul, entah saat nobar pertandingan bola, ngobrol, atau santai.

Pilihannya juga banyak, mulai dari kacang tanah, kacang mede, atau kacang almond.

Dalam National Center for Biotechnology Information, ternyata kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang membuat gemuk, lho.

Faktanya, makan kacang-kacangan dan kacang tanah telah dikaitkan dengan penurunan berat badan dan kesehatan yang lebih baik.

Namun, selai kacang yang dijumpai di pasaran, sering kali mengandung tambahan gula, minyak nabati terhidrogenasi, dan banyak garam, sehingga membuatnya tidak sehat dan makanan yang membuat gemuk.

Selai kacang juga sangat tinggi kalori dan sangat mudah bagi sebagian orang untuk makan berlebihan.

Satu porsi kacang, atau kira-kira segenggam, mengandung 135 kalori. Sekali makan kacang, berapa genggam yang bisa Moms habiskan?

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 7 Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

4. Buah Kering

daftar makanan yang membuat gemuk

Foto: theepochtimes.com

Buah kering dianggap sehat karena kandungan seratnya yang tinggi.

Ditambah lagi, proses pengeringan tidaklah menghilangkan kandungan vitamin dan mineral pada buah.

Tapi, proses pengeringan menambahkan kadar gula buah, membuatnya menjadi tak lagi terlalu sehat.

Ini menjadi salah satu makanan yang membuat gemuk dan tak baik untuk kesehatan. Jadi lebih baik konsumsi buah segar langsung ya Moms.

5. Cokelat

chocolate bar

Foto: health.com

Menurut seorang peneliti, Thea Magrone, dalam artikel jurnal kesehatan berjudulCocoa and Dark Chocolate Polyphenols: From Biology to Clinical Applications, cokelat adalah sebagai makanan sehat yang kaya polifenol.

Menurut penelitian, zat ini dapat menjaga pembuluh darah melebar dan membantu menurunkan tekanan darah.

Akan tetapi, sebelum memutuskan ngemil cokelat banyak-banyak, perlu diingat bahwa ini hanya berlaku pada cokelat hitam murni yang tidak ditambahkan dengan gula dan susu.

Cokelat camilan yang banyak dijual di supermarket sudah diolah sedemikian rupa sehingga tinggi kalori.

Sehingga cokelat yang berlebihan adalah makanan yang membuat gemuk.

6. Kentang Goreng

McDonald's Mengunggah Resep Kentang Gorengnya, Yuk Coba Buat!

Foto: Orami Photo Stocks

Kentang goreng ataupun keripik kentang adalah pilihan camilan populer di sela-sela menonton film ataupun bersantai.

Namun, porsi rata-rata kentang goreng biasanya mengandung sekitar 427 kalori, menjadikannya makanan berkalori tinggi dan makanan yang membuat gemuk, lho.

Dalam National Library of Medicine, sebagian keripik kentang mengandung tinggi lemak dan garam dan meningkatkan risiko obesitas.

Terlebih lagi, kentang goreng sebagai pendamping junk food lainnya dan biasa disantap dengan saus tinggi gula seperti saus tomat.

Mengonsumsi kalori dalam jumlah yang sangat tinggi dalam sekali makan, dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi makan kentang goreng ataupun keripik kentang yang tinggi garam dan penyedap.

Baca Juga: 6 Khasiat Buah Semangka Bagi Anak-Anak

7. Kue dan Donat

donat, makanan yang membuat gemuk.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kue dan donat mengandung banyak gula, tepung olahan, dan lemak tambahan.

Dengan tinggi kalori, ini menjadi salah satu makanan yang membuat gemuk. Untuk menjaga berat badan tetap terkendali, Moms harus membatasi asupan makanan manis ini.

Ketika sedang mengidam, Moms bisa memakan satu porsi kecil, untuk membatasi kandungan kalori dan gula yang tinggi.

Untuk kesehatan dan berat badan yang optimal, donat dan kue harus dihindari sebisa mungkin, ya.

8. Kopi Susu

Benarkah-Minum-Kopi-Bermanfaat-untuk-Kesehatan-Mental-.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kopi bisa menjadi minuman yang sangat sehat, namun juga makanan yang membuat gemuk, lho.

Kopi susu cukup tren saat ini dan dikonsumsi hampir setiap hari. Kopi yang dicampur dengan tambahan gula, susu atau sirup mengandung kalori setara dengan sekaleng soda, lho.

Layaknya soda, minuman kopi tinggi gula dapat berdampak buruk pada kesehatan dan memicu berat badan bertambah.

9. Diet Soda

ibu hamil minum soda diet

Foto: Orami Photo Stocks

Berbicara tentang soda sebagai makanan yang membuat gemuk, nyatanya soda dengan berlabel 'diet' juga tak sehat untuk tubuh, lho.

Banyak penelitian menemukan hubungan antara konsumsi soda diet dan berat badan bertambah signifikan.

Journal of American Geriatrics Society menemukan kandungan dalam diet soda ternyata juga tinggi kalori.

Maka dari itu, lebih baik minum air putih untuk memblokir pembentukan sel-sel lemak baru dan membantu tubuh memecah lemak yang tersimpan.

Dengan begitu, tubuh akan sulit dalam menyimpan kalori yang berlebihan.

10. Daging Merah

steak daging makanan yang membuat gemuk

Foto: Orami Photo Stocks

Siapa sangka, makanan yang membuat gemuk satu ini berasal dari daging merah.

Daging merah atau steak, pada potongan rib eye, ternyata salah satu dari tiga potongan memicu penambahan berat badan.

Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya lemak, daging merah segar berhubungan dengan obesitas dan lingkar pinggang yang lebih besar.

Maka dari itu, jangan sering-sering konsumsi makanan yang bikin gemuk ini ya Moms.

Baca Juga: Benarkah Daging Kambing Bisa Jadi Obat Darah Rendah?

Nah, itu dia 10 makanan yang bikin gemuk tapi sering dikira menyehatkan. Moms harus bisa selektif memilih mana makanan yang baik untuk tubuh dan juga tahu porsi pasnya untuk diri Moms, ya.

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20456815/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5465250/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21999689/

https://agsjournals.onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1111/jgs.13376

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait