Gizi

1 November 2021

Sering Dianggap Sehat, 10+ Makanan yang Membuat Gemuk Ini Bisa Mengecoh

Berpotensi membuat gemuk jika dikonsumsi berlebihan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apapun yang berlebihan memang tidak baik. Namun, makanan yang membuat gemuk ini sering kali dikira menyehatkan. Seseorang tidak merasa bersalah saat mengonsumsi satu jenis makanan secara berlebihan.

Yang mereka pikirkan adalah mereka mengonsumsi makanan sehat, dan mendapat manfaat dari nutrisi makanan tersebut. Padahal faktanya, satu jenis makanan terdiri dari berbagai komposisi.

Bisa saja jenis makanan berikut memiliki beberapa nutrisi yang baik dan zat yang kurang baik sekaligus. Jika dikonsumsi berlebihan, dampak tidak baiklah yang akan didapat.

Supaya tidak salah, simak jenis makanan yang membuat gemuk tapi sering dianggap menyehatkan berikut ini.

Baca Juga: 15 Makanan Tinggi Gula yang Jarang Disadari!

Ragam Makanan yang Membuat Gemuk

Orang yang makan berlebihan, alhasil berat badan bertambah karena berbagai alasan. Salah satu penyebab utamanya adalah makan terlalu banyak kalori.

Meski begitu, makanan yang membuat gemuk ini tidak sehat, termasuk makanan olahan yang tinggi lemak, gula, dan garam.

Berikut jenis makanan yang membuat gemuk jika dikonsumsi berlebihan, antara lain:

1. Salad

salad adalah makanan yang membuat gemuk

Foto: dietdoctor

Ini adalah makanan favorit para wanita saat sedang diet. Isinya adalah berbagai jenis sayuran, seperti selada, wortel, timun, tomat, dan beberapa iris ayam panggang.

Sepertinya, sih, sehat, ya? Tapi ternyata ini salah satu masuk ke daftar jenis makanan yang membuat gemuk, Moms.

Salad sayuran tersebut biasanya akan diberi topping keju dan siraman mayonaise.

Inilah yang membuat status salad sebagai makanan sehat berubah menjadi makanan yang berpotensi menggemukkan jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: Kalori Capcay Ternyata Tinggi, Sisihkan dari Menu Diet Moms, Yuk!

2. Alpukat

alpukat adalah makanan yang membuat gemuk

Foto: jstor

Phil Lempert, seorang analis industri makanan, berkata bahwa manfaat buah alpukat sudah cocok membuatnya digadang-gadang sebagai superfood.

Alasannya, buah ini mengandung 10 gram serat dan memiliki kadar kalium dua kali lipat lebih tinggi daripada buah pisang.

Alpukat juga telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko kanker dan diabetes, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Akan tetapi, Lempert juga mengatakan bahwa alpukat punya kekurangan, yaitu kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

Sehingga ini menjadi makanan yang membuat gemuk, meskipun terlihat sehat.

Ya, meskipun jenis lemak pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung, tapi masih tetap berpotensi menggemukkan.

3. Kacang-Kacangan

makanan yang membuat gemuk 4.jpg

Foto: quicklypopular

Inilah snack favorit semua orang kala berkumpul, entah saat nobar pertandingan bola, ngobrol, atau santai.

Pilihannya juga banyak, mulai dari kacang tanah, kacang mede, atau kacang almond.

Dalam National Center for Biotechnology Information, ternyata kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang membuat gemuk, lho.

Satu porsi kacang, atau kira-kira segenggam, mengandung 135 kalori. Jadi, jika memilihnya sebagai camilan, Moms perlu memerhatikan porsinya agar tak membuat tubuh lebih gemuk.

Baca Juga: Tinggi Lemak, Ini Kalori Kerupuk Putih dan Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan

4. Buah Kering

daftar makanan yang membuat gemuk

Foto: theepochtimes

Buah kering dianggap sehat karena kandungan seratnya yang tinggi.

Ditambah lagi, proses pengeringan tidaklah menghilangkan kandungan vitamin dan mineral pada buah.

Tapi, proses pengeringan menambahkan kadar gula buah, membuatnya menjadi tak lagi terlalu sehat.

Ini menjadi salah satu makanan yang membuat gemuk dan tak baik untuk kesehatan. Jadi lebih baik konsumsi buah segar langsung ya Moms.

5. Cokelat

chocolate bar

Foto: health

Menurut seorang peneliti, Thea Magrone, dalam artikel jurnal kesehatan berjudulCocoa and Dark Chocolate Polyphenols: From Biology to Clinical Applications, cokelat adalah sebagai makanan sehat yang kaya polifenol.

Menurut penelitian, zat ini dapat menjaga pembuluh darah melebar dan membantu menurunkan tekanan darah.

Akan tetapi, sebelum memutuskan ngemil cokelat banyak-banyak, perlu diingat bahwa ini hanya berlaku pada cokelat hitam murni yang tidak ditambahkan dengan gula dan susu.

Cokelat camilan yang banyak dijual di supermarket sudah diolah sedemikian rupa sehingga tinggi kalori.

Sehingga cokelat yang berlebihan adalah makanan yang membuat gemuk.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bisa Bikin Kita Gemuk, Moms Perlu Tahu!

6. Kentang Goreng

McDonald's Mengunggah Resep Kentang Gorengnya, Yuk Coba Buat!

Foto: Orami Photo Stock

Kentang goreng ataupun keripik kentang adalah pilihan camilan populer di sela-sela menonton film ataupun bersantai.

Namun, porsi rata-rata kentang goreng biasanya mengandung sekitar 427 kalori, menjadikannya makanan berkalori tinggi dan makanan yang membuat gemuk, lho.

Dalam National Library of Medicine, sebagian keripik kentang mengandung tinggi lemak dan garam dan meningkatkan risiko obesitas.

Terlebih lagi, kentang goreng sebagai pendamping junk food lainnya dan biasa disantap dengan saus tinggi gula seperti saus tomat.

Mengonsumsi kalori dalam jumlah yang sangat tinggi dalam sekali makan, dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi makan kentang goreng ataupun keripik kentang yang tinggi garam dan penyedap.

7. Kue dan Donat

donat, makanan yang membuat gemuk.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kue dan donat mengandung banyak gula, tepung olahan, dan lemak tambahan.

Dengan tinggi kalori, ini menjadi salah satu makanan yang membuat gemuk. Untuk menjaga berat badan tetap terkendali, Moms harus membatasi asupan makanan manis ini.

Ketika sedang mengidam, Moms bisa memakan 1 porsi kecil, untuk membatasi kandungan kalori dan gula yang tinggi.

Untuk kesehatan dan berat badan yang optimal, donat dan kue harus dihindari sebisa mungkin, ya.

Baca Juga: Tak Cuma Makanan Manis, Ini 6 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Gigi

8. Kopi Susu

kopi susu

Foto: Orami Photo Stock

Kopi bisa menjadi minuman yang sangat sehat, namun juga makanan yang membuat gemuk, lho.

Kopi susu cukup tren saat ini dan dikonsumsi hampir setiap hari. Kopi yang dicampur dengan tambahan gula, susu atau sirup mengandung kalori setara dengan sekaleng soda, lho.

Layaknya soda, minuman kopi tinggi gula dapat berdampak buruk pada kesehatan dan memicu berat badan bertambah.

9. Diet Soda

ibu hamil minum soda diet

Foto: Orami Photo Stock

Berbicara tentang soda sebagai makanan yang membuat gemuk, nyatanya soda dengan berlabel 'diet' juga tak sehat untuk tubuh, lho.

Banyak penelitian menemukan hubungan antara konsumsi soda diet dan berat badan bertambah signifikan.

Journal of American Geriatrics Society menemukan kandungan dalam diet soda ternyata juga tinggi kalori.

Maka dari itu, lebih baik minum air putih untuk memblokir pembentukan sel-sel lemak baru dan membantu tubuh memecah lemak yang tersimpan.

Dengan begitu, tubuh akan sulit dalam menyimpan kalori yang berlebihan.

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Soda, Ketahui 11 Bahayanya!

10. Daging Merah

steak daging makanan yang membuat gemuk

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka, makanan yang membuat gemuk satu ini berasal dari daging merah.

Daging merah atau steak, pada potongan rib eye, ternyata salah satu dari tiga potongan memicu penambahan berat badan.

Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya lemak, daging merah segar berhubungan dengan obesitas dan lingkar pinggang yang lebih besar.

Maka dari itu, jangan sering-sering konsumsi makanan yang bikin gemuk ini ya Moms.

11. Selai Kacang

selai kacang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selai kacang memang menyehatkan, tetapi jika dikonsumsi dalam porsi sedang. Apabila disantap dalam jumlah berlebihan, selai kacang dapat membuat Moms gemuk.

Hal ini karena selai kacang yang ada dipasaran cenderung dibuat dengan tambahan gula, minyak sayur terhidrogenasi, dan banyak garam, sehingga membuatnya agak tidak sehat.

Selai kacang juga sangat tinggi kalori. Rasanya yang lezat sebagai topping roti atau saus untuk teman makan buah apel ini pun mudah membuat seseorang untuk mengonsumsinya dalam porsi berlebihan.

Oleh sebab itu, Moms perlu membatasi asupan selai kacang. Jika sulit untuk mengontrol porsinya, Moms mungkin harus benar-benar menghindarinya.

Baca Juga: 3+ Kebiasaan Penyebab Obesitas pada Anak, Simak di Sini

12. Jus Buah

Jus Buah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jus buah sering kali dipandang sebagai minuman yang sehat. Padahal secara tak disadari, jus buah bisa membuat Moms menjadi gemuk.

Pasalnya, jus buah kemasan yang dijual di pasaran diperkaya dengan gula yang sama banyaknya seperti minuman bersoda. Jus buah kemasan juga kekurangan serat dan nutrisi lain yang ditemukan dalam buah utuh.

Maka, Moms sebaiknya tidak terlalu sering membeli jus buah kemasan. Minum jus buah dalam jumlah berlebihan juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, terutama pada anak-anak.

Buah utuh adalah pilihan yang jauh lebih sehat dan lebih ramah jika Moms sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Jika Moms ingin memasukkan jus buah ke dalam diet, pilihlah jus buah 100% tanpa pemanis dan pertahankan ukuran porsi maksimal 5 ons (150 ml) per hari.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Jadi Penyebab Berat Badan Naik

13. Es Krim

es krim

Foto: Orami Photo Stock

Es krim biasanya dibuat penuh dengan gula dan lemak. Maka, makanan ini termasuk yang bisa membuat Moms gemuk dan harus dihindari.

Terlebih, es krim sering dimakan sebagai makanan penutup sehingga dapat menambah banyak kalori ekstra bagi tubuh Moms.

Jika Moms ingin menikmati es krim, pastikan untuk tak memakannya terlalu sering. Makanlah es krim sebagai suguhan sesekali saja.

Untuk memilih es krim yang lebih sehat, carilah es krim dengan kadar gula kurang dari 15 gram per sajian. Juga, pastikan untuk memperhatikan ukuran porsi yang Moms santap.

Nah, itu dia daftar makanan yang bikin gemuk tapi sering dikira menyehatkan. Moms harus bisa selektif memilih mana makanan yang baik untuk tubuh dan juga tahu porsi pasnya untuk diri Moms, ya.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20456815/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5465250/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21999689/
  • https://agsjournals.onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1111/jgs.13376
  • https://www.healthline.com/nutrition/10-highly-fattening-foods
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait